20 Tempat Wisata di Pati Terbaru & Terhits Dikunjungi.

20 Tempat Wisata di Pati Terbaru & Terhits Dikunjungi.

Pati memiliki beragam pilihan tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi, mulai dari wisata sejarah, religi, hingga objek wisata alam yang memukau.

Anda tentu masih belum familiar dengan Pati, bukan? Pati merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah dan menyimpan banyak tempat wisata yang menarik dan daerah dengan banyak tempat wisata yang direkomendasikan.

Destinasi wisata di Pati cukup beragam yang pastinya dapat memanjakan mata Anda. Akan tetapi, kebanyakan adalah wisata pesisir karena ia berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Anda yang ingin melakukan travelling juga bisa pergi ke Pati untuk menikmati suasana alamnya yang indah, alami, dan memiliki pemandangan yang tidak bisa Anda temukan di daerah lain. Berikut ulasan tempat wisata menarik di Pati yang paling banyak direkomendasikan.

1. Waduk Seloromo

Waduk Seloromo

Image Credit: Kompasiana.com

Anda yang menyukai dunia fotografi dan sedang ingin membidik landskap alam alami, maka Waduk Seloromo adalah tempat yang tepat. Pasalnya tempat ini belakangan populer di kalangan fotografi karena memiliki pesona alam yang indah.

Lokasi ini juga banyak digunakan sebagai tempat melaksanakan foto pra-pernikahan karena pemandangan alamnya yang mendukung. Waduk ini masih belum banyak yang mengunjungi, Anda bisa melakukan aktivitas fotografi, bermain air, hingga bersantai tanpa khawatir adanya gangguan.

Lokasi: Waduk Gembong, Kec. Gembong, Kab.Pati.

2. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

Image Credit: tukangpantai.blogspot.com

Karena berdekatan dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa, maka pantai merupakan destinasi wisata khas Pati yang tidak boleh Anda lupakan. Pantai Banyutowo merupakan pantai yang juga berbatasan dengan Kabupaten Jepara.

Karena kondisi alamnya yang masih mendukung, pantai ini sering dijadikan sebagi tempat untuk melakukan piknik keluarga. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat berbagai tradisi masyarakat yang melakukan ritual sedekah laut disana pada waktu tertentu.

Lokasi: Banyutowo, Kec. Dukuhseti, Kab. Pati.

3. Desa Wisata Jolong Pati

Desa Wisata Jolong Pati

Image Credit: Radarkudus.jawapos.com

Jika Anda berencana untuk melakukan camping, baik untuk aktivitas keluarga ataupun aktivitas instansi, maka desa wisata Jolong Pati merupakan pilihan yang tepat. Ia memiliki bumi perkemahan dengan pemandangan alam yang indah dan tidak pernah sepi dari pengunjung.

Selain bumi perkemahan, Anda juga bisa menikmati air terjun kecil yang terdapat di dekatnya, yakni air terjun Grenjengan. Anda juga bisa mengunjungi kebun kopi secara langsung yang diolah dan dipelihara oleh warga desa.

Lokasi: Jolong, Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati.

4. Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo

Image Credit: Travelingyuk.com

Selanjutnya adalah destinasi wisata buatan manusia yang memiliki pesona alam yang menarik, yaitu Waduk Gunug Rowo. Waduk ini digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air utama untuk melakukan irigasi ke sawah dan kebun mereka.

Anda bisa mengunjungi waduk ini selama akhir pekan jika ingin mendapatkan banyak aktivitas menarik di sekitarnya. Jika ingin suasana yang lebih sepi, Anda bisa datang di hari kerja dan menikmati pesona waduk ini dengan lebih tenang.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Purbalingga Paling Populer

Lokasi: Mbangan, RT.3/RW.2, Area Waduk Gunungrowo, Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati.

5. Hutan Mangrove Pantai Sambilawang

Hutan Mangrove Pantai Sambilawang

Image Credit: Destinasiku.com

Hutan bakau atau hutan mangrove belakangan menjadi tempat wisata yang populer karena menampilkan keindahan yang berbeda. Selain dapat menikmati suasana pantai, Anda juga dapat menikmati keindahan hutan bakau.

Di Pati Anda bisa mengunjungi hutan bakau dengan datang langsung ke Pantai Sambilawang. Pantai ini memiliki luas 8 hektar dan sebagian besar ditumbuhi hutan bakau di sekelilingnya.

Lokasi: Sambilawang, Kec. Trangkil, Kab. Pati.

6. Gua Pancur Jimbaran

Gua Pancur Jimbaran

Image Credit: Guapancur.blogspot.com

Wisata alam lain yang juga populer adalah Gua Pancur Jimbaran, yang memiliki banyak mitos dan cerita sejarah dari kalangan masyarakat desa setempat. Gua ini memiliki pemandangan alam yang indah, yang tidak bisa Anda temukan di gua daerah lain.

Di depan gua terdapat air mancur yang menurut mitos setempat akan membuat Anda yang mandi disana awet muda. Anda bisa masuk ke dalam gua pancur dengan menggunakan berbagai peralatan pendukung yang disiapkan oleh pihak pengelola untuk alasan keamanan.

Lokasi: Kayen, Sawah, Kec. Jimbaran, Kab. Pati.

7. Lorotan Semar

Lorotan Semar

Image Credit: Nikmatinhidup.wordpress.com

Anda yang menyukai pemandangan sungai dan hutan, bisa datang langsung ke Lorodan Semar. Ia merupakan sungai dengan tiga air terjun bertingkat yang memiliki pemandangan yang indah dan menarik.

Terdapat batu besar yang menjadi objek wisata di tempat ini, bau tersebut dialiri oleh air dan mirip dengan permainan plorodan anak-anak. Disana Anda bisa bermain air dan menikmati pemandangan sekitar. Sungainya juga tidak terlalu dalam, sehingga anak-anak bisa bermain dengan tenang.

Lokasi: Sumbersari, Kec. Kayen, Kab. Pati.

8. Alun-Alun Simpang Lima

Alun-Alun Simpang Lima

Image Credit: Youtube.com (agus armanto)

Anda yang ingin merasakan dunia kosmolitan, maka sebaiknya berkunjung ke alun-alun Simpang Lima, yang merupakan tempat unik dengan berbagai fasilitasnya. Di Pati, tempat ini sering digunakan sebagai tempat nongkrong untuk anak muda.

Seringkali di alun-alun ini sering dilakukan konser musik sebagai bentuk hiburan masyarakat sekitar. Karena tempatnya yang luas, Anda bisa menemukan berbagai bangunan di sekitarnya, dari masjid, kantor pemerintahan, dan juga pasar tradisional.

Lokasi: Jl. Tombronegoro, Pati Kidul, Kec. Pati, Kab. Pati.

9. Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan

Image Credit: Ksmtour.com

Kembali ke wisata alam, Pati ternyata juga menyimpan banyak air terjun yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah air terjun tadah hujan. Karena memiliki banyak kisah mistis, ia sering digunakan sebagai lokasi semedi oleh orang-orang yang hendak mencari keberkahan.

Terlepas dari hal tersebut, udara dan pemandangan alam di tempat ini tidak kalah menarik dengan air terjun lainnya. selain menikmati pemandangan alam, Anda juga dapat menikmati kuliner khas setempat yang dijual oleh masyarakat sekitar.

BACA:  10 Taman Keren di Semarang untuk Mengisi Akhir Pekan

Lokasi: Sukolilo, Kec. Sukolilo, Kab. Pati.

10. Gua Wareh

Gua Wareh

Image Credit: Ihategreenjello.com

Selanjutnya adalah gua wareh yang merupakan destinasi wisata lokal khas daerah Pati. Belum banyak masyarakat yang mengetahui destinasi wisata ini, sehingga ia masih menjadi wisata lokal bagi masyarakat yang tinggal di daerah Pati.

Disana, Anda bisa bermain air sekaligus mendatangi langsung sumber air yang dikatakan bisa membuat awet muda. Beberapa mitos lokal sering ditemukan disana, antara lain jika mandi di Gua Wareh, Anda akan lebih mudah menemukan jodoh.

Lokasi: Kedumulyo, Kec. Sukolilo, Kab. Pati.

11. Pulau Seprapat

Pulau Seprapat

Image Credit: Instagram.com @juwana_kuthoku

Pulau ini merupakan pulau buatan manusia yang dibuat oleh pemerintah kolonial pada jaman penjajahan dulu. Disana pemandangannya masih asri karena banyak pohon yang tumbuh, sehingga menimbulkan kesan yang sejuk dan rindang.

Banyak kisah yang beredar di pulau ini, dan kebanyakan merupakan kisah yang berasal dari masa kerajaan Majapahit. Namun sekarang, banyak wisatawan yang sudah asing dengan kisah tersebut dan datang ke pulau ini untuk menikmati keindahannya.

Lokasi: Bendar, Kec. Juwana, Kab. Pati.

12. Air Terjun Grenjengan Sewu

Air Terjun Grenjengan Sewu

Image Credit: Ticpati.com

Air terjun selanjutnya yang bisa Anda kunjungi di Pati adalah air terjun Grenjengan Sewu yang berada di desa wisata Pati. Disana tidak hanya hutan yang bisa Anda temui, namun juga area persawahan milik penduduk yang bisa dikunjungi.

Pemandangan di sekitar air terjun ini masih asri, sehingga menimbulkan rasa tenang pada wisatawan yang datang berkunjung. Anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang dijual oleh masyarakat sekitar di dekat air terjun tersebut.

Lokasi: Jrahi, Kec. Gunungwungkal, Kab. Pati.

13. Juwana Water Fantasy

Juwana Water Fantasy

Image Credit: Youtube.com (Een Khafid Nurrohman)

Permainan air merupakan tempat wisata yang bany ak disukai oleh anak-anak, dan di Pati terdapat tempat permainan air yang besar dan bisa Anda kunjungi, yakni Juwana Water Fantasy. Disana terdapat berbagai permainan air yang bisa dinikmati oleh anak-anak dan juga orang dewasa.

Berdiri di lahan seluas lima hektar, tempat wisata air buatan ini bisa Anda kunjungi pada akhir pekan. Selain permainan air, hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah bangunan dan gedungnya yang mirip dengan tembok benteng Eropa, membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk spot fotografi.

Lokasi: Jl. Juwana Rembang, Bumimulyo, Kec Batangan. Kab. Pati.

14. Wisata Pucakwangi

Wisata Pucakwangi

Image Credit: Ihategreenjello.com

Wisata pucakwangi merupakan wisata alam yang menonjolkan pemandangan dan nuansa asri dari hutan dan sungai. Disana pemandangan alam yang bisa dilihat pengunjung sangat indah dan sejuk, membuat pengunjung dapat berlama-lama menikmati pemandangan disana.

Udara di sekitar tempat wisata ini juga sejuk, sehingga cocok untuk Anda yang ingin melepaskan diri dari kepenatan udara perkotaan. Selain itu, terdapat area persawahan penduduk yang menampilkan pemandangan yang indah dan menarik.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Jepara Paling Populer

Lokasi: Desa Mojoagung, Kec. Pucakwangi, Kab. Pati.

15. Kebun Kopi Jolong

Kebun Kopi Jolong

Image Credit: Triptrus.com

Untuk Anda yang sebelumnya datang dan menikmati keindahan wisata di desa wisata Jolong, maka jangan lewatkan untuk mampir ke kebun kopi. Area perkebunan ini cukup luas dan bisa dikunjungi oleh wisatawan yang sebelumnya juga berkunjung ke desa wisata.

Di Pati, kebun kopi ini merupakan perkebunan yang paling besar dan menjadi penghasil kopi pokok daerah. Seperti area pegunungan lain, ia menjadi destinasi wisata yang menonjolkan pemandangan alam, udara yang sejuk, serta hutan yang asri.

Lokasi: Jolong, Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati.

16. Air Terjun Niagara Grodo

Air Terjun Niagara Grodo

Image Credit: Ksmtour.com

Terdapat air terjun yang bisa Anda kunjungi di daerah Grodo, salah satu kabupaten yang terdapat di Pati. Air terjun ini tidak begitu tinggi dan sungai yang mengalir di bawahnya tidak terlalu dalam, sehingga cocok sebagai tempat bermain.

Air terjun ini juga belum mendapatkan banyak perhatian dari pemerintah dan wisatawan lokal, sehingga masih belum banyak yang menunjungi. Anda bisa datang berkunjung dan hanya membayar tiket parkirnya saja.

Lokasi: Desa Gunungpanti, Kec. Winong, Kab. Pati.

17. Candi Kayen

Candi Kayen

Image Credit: Candi-kayen-ki-darmoyono.business.site

Berikutnya adalah destinasi wisata sejarah yang ada di Pati, yakni Candi Kayen. Candi ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi cagar alam kota Pati. Lokasi Candi ini berada di area persawahan, sehingga agak jauh dari penduduk.

Berdasarkan prasasti dan jenis tulisan, candi ini kemungkinan dibuat pada masa Hindu Budha akhir, karena menampilkan corak yang khas dari kedua agama tersebut. Anda bisa mengunjungi candi kayen di hari libur maupun di hari kerja.

Lokasi: kayen, Kec. Sumbersari, Kab. Pati.

18. Wisata Klating Pucakwangi

Wisata Klating Pucakwangi

Image Credit: Videoarsip.com

Jika sebelumnya Anda berkunjung ke Pucakwangi, maka tidak ada salahnya juga mampir ke Klating dari Pucakwangi tersebut. Ia merupakan destinasi wisata buatan manusia yang menampilkan pemandangan alam dari daerah tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa bersantai sekaligus menikmati pemandangan alam di sekitar Anda tanpa khawatir kepanasan. Area ini hanya dibuka untuk pengunjung dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore.

Lokasi: Desa Mojoagung, Kec. Pucakwangi, Kab. Pati.

19. Sendang Sani Pati

Sendang Sani Pati

Image Credit: Direktoridinaspariwisata.wordpress.com

Dulunya sendang sani ini hanya berupa kolam kecil tempat seekor bulus hidup. Namun belakangan ia ramai dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan, membuat area ini diperluas agar lebih mudah diakses.

Konon bulus yang hidup di area tersebut sudah ada sejak ratusan tahun, dan secara fisik mirip dengan kura-kura. Disamping sendang terdapat kolam yang dirawat dengan baik oleh pengelola.

Lokasi: Sani, Bongsri, Tamansari, Kec. Pati, Kab. Pati.

20. Makam Syekh Mutamakkin

Makam Syekh Muttamakin

Image Credit: Laduni.id

Terakhir adalah makam syekh Mutamakin yang bisa Anda kunjungi untuk wisata religi. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung kesana berniat untuk melakukan takziah di makam tersebut.

Destinasi wisata ini cukup populer di Pati dan beberapa wilayah di sekitarnya. Setiap bulannya, banyak wisatawan dan peziarah yang datang berkunjung, hingga 500 ribu orang bahkan bisa lebih.

Lokasi: Kajen, Kec. Margoyoso, Kab. Pati

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata di Pati yang patut Anda kunjungi. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda menemukan destinasi wisata yang tepat.