10 Wisata Kuliner di Wonosobo yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Wonosobo

Berwisata kuliner di daerah Wonosobo yang berhawa dingin memang sangat menyenangkan. Beragam jenis makanan khas dapat memanjakan lidah Anda.

Wonosobo merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan udaranya yang dingin dan sejuk. Alhasil, banyak wisatawan yang datang ke kabupaten di Jawa Tengah ini untuk menikmati kesegaran udara dan menikmati suasana yang jauh dari hingar-bingar serta polusi di kota besar.

Ternyata, di Wonosobo, pengunjung tidak hanya bisa melakukan wisata jalan-jalan. Terdapat banyak sekali tempat di Wonosobo untuk melakukan wisata kuliner alias jalan-jalan plus makan-makan. Bagi yang memang cinta makanan dan ingin memanjakan lidah di Wonosobo, ada beberapa warung atau tempat makan yang harus dikunjungi. Semuanya menyediakan sajian khas Wonosobo dan aneka kuliner lezat lainnya.

Jika ada agenda untuk pergi dan main ke Wonosobo, jangan lupa kunjungi restoran atau tempat kulineran yang ada di daftar ini. Semuanya cocok untuk melakukan wisata kuliner bersama dengan teman-teman atau dengan keluarga yang sama-sama berlibur di Wonosobo. Ini dia daftar wisata kuliner yang layak Anda coba.

1. Mie Ongklok Pak Muhadi

Mie Ongklok Pak Muhadi

Image Credit: Kulinerbangsakoe.blogspot.com

Sajian khas Wonosobo yang paling terkenal di pelosok Nusantara adalah mie ongklok. Semangkuk mie ongklok dijamin akan menghangatkan badan di tengah hawa dingin kota Wonosobo. Mie ongklok adalah sajian mie berkuah kental dengan aneka toping seperti kacang dan kerupuk di atasnya. Rasanya sangat lezat dan gurih ketika disantap.

Salah satu tempat paling wajib dikunjungi ketika ingin makan mie ongklok adalah warung Mie Ongklok Pak Muhadi. Tempat ini sudah sangat terkenal seantero Womosobo sebagai tempat makan mie ongklok dengan rasa terbaik dan juga dengan harga yang tidak membuat kantong kering. Tak heran jika warungnya selalu ramai dan padat pengunjung.

Lokasi: Jl. A. Yani No.1, Tosari, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

2. Soto Sapi Wonosobo EDS

Soto Sapi Wonosobo EDS

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Karena Wonosobo memang berhawa dingin, maka tak heran jika banyak jenis kuliner di kota ini yang melibatkan kuah panas dengan harapan akan menghangatkan tubuh. Salah satunya adalah soto. Di Wonosobo, soto memiliki ciri khas kuah yang bening namun sangat gurih dan kaya rasa. Daging yang digunakan juga biasanya berupa potongan daging sapi nan empuk.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Magelang Paling Populer

Untuk menikmati soto sapi paling lezat di daerah Wonosobo, datang saja ke Soto Sapi Wonosobo EDS. Di sini terdapat aneka jenis makanan untuk dibeli namun soto sapi adalah andalannya. Terdapat juga aneka lauk-pauk yang tersedia untuk menemani soto tadi, seperti aneka gorengan, sate telur, kerupuk dan lain-lainnya.

Lokasi: Jl. A. Yani No.118, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

3. Warung Bobor Mbak Pawit

Warung Bobor Mbak Pawit

Image Credit: 2Pos.asia

Satu lagi masakan berkuah di Wonosobo yang dirasa harus dicoba oleh para wisatawan. Namanya adalah sayur bobor. Bobor adalah masakan berupa sayuran yang dimasak dengan kuah santan. Biasanya bobor akan disajikan panas-panas dengan tambahan tempe goreng dan sambal berbahan dasar parutan kelapa.

Jika ingin menikmati semangkuk bobor dengan citarasa khas Wonosobo, datang saja ke Warung Bobor Mbak Pawit. Di sini, pengunjung bisa menikmati sayur bobor dengan rasa yang mantap dan dengan harga yang terbilang sangat murah untuk ukuran tempat yang biasa dijadikan tempat wisata kuliner bagi pengunjung.

Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.15, Wonosobo Timur, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

4. Ayam Goreng Bugisan

Ayam Goreng Bugisan

Image Credit: Grab.com

Ayam goreng sudah sangat terkenal di seluruh penjuru Indonesia sebagai masakan yang wajib dicoba di tiap daerah, tak terkecuali di Wonosobo. Ayam goreng di sini biasanya akan diungkep terlebih dahulu dengan aneka rempah dan bumbu. Setelah itu, ayam digoreng garing sehingga bagian luarnya renyah namun dalamnya sangat empuk.

Salah satu tempat untuk makan ayam goreng lezat di Wonosobo adalah resto Ayam Goreng Bugisan. Di sini ayamnya besar-besar, empuk, dan terasa sangat berbumbu. Banyak orang yang datang ke sini untuk membeli ayam goreng baik dalam bentuk potongan ataupun ayam goreng yang utuh dan bisa dibagi-bagi sendiri bersama keluarga di rumah.

Lokasi: Jl. Masjid II No.mor 28, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo.

5. Sego Jagung Wonosobo

Sego Jagung Wonosobo

Image Credit: Cookpad.com

Jika ingin menikmati wisata kuliner yang unik, cobalah makan sego jagung alias nasi jagung. Nasi jenis ini sudah tidak umum lagi dan membuatnya menjadi unik. Sego jagung biasanya dibuat dengan menambahkan pipilan jagung dalam liwetan nasi putih. Bumbu-bumbu untuk menyedapkan juga ditambahkan ke dalam masakan sehingga nasi menjadi gurih.

BACA:  10 Mall Keren di Semarang yang Wajib Anda Kunjungi

Warung makan “Sego Jagung Wonosobo” menyediakan jenis kuliner ini. Di sini para wisatawan bisa menyantap sepiring sego jagung dan memilih aneka lauk yang akan disajikan bersama nasinya, seperti ikan goreng, ayam goreng, dan lain-lainnya. Semuanya bisa didapatkan dengan harga yang super terjangkau di sini.

Lokasi: Jl. Sugondo, Kliwonan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

6. Warung Rujak & Lotek Mbak Yem

Warung Rujak & Lotek Mbak Yem

Image Credit: Makananoleholeh.com

Bagi penggemar rujak dan lotek, di Wonosobo ada banyak sekali tempat untuk mendapatkannya. Rujak memang menyegarkan karena terbuat dari aneka potongan buah dan lotek juga demikian namun dalam versi gurihnya. Lotek merupakan campuran aneka sayuran dan disiram dengan bumbu kacang yang sebelumnya telah diuleg.

Untuk mencoba lotek paling enak dan juga rujak paling segar, wisatawan Wonosobo bisa datang ke Warung Rujak & Lotek Mbak Yem. Tempatnya sederhana namun masakannya sangat lezat dan membuat banyak orang ketagihan dan ingin mencobanya lagi setiap datang ke Wonosobo.

Lokasi: Jl. Mayor Kaslam No.23, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

7. Restoran Asia

Restoran Asia

Image Credit: Kulinerbangsakoe.blogspot.com

Masakan Asia memang tak ada duanya. Biasanya yang sangat identik dengan makanan Asia adalah semacam Chinese food atau masakan-masakan khas Tiongkok. Di Wonosobo, terdapat banyak sekali tempat yang menyediakan masakan Asia dalam berbagai varian, cocok untuk wisata kuliner tentu saja.

Coba saja datang ke Restoran Asia. Ya, nama restoran ini sudah menyiratkan masakan atau kuliner apakah yang dijual di dalamnya. Aneka Chinese food dan juga masakan khas Asia lainnya dijual di warung makan atau di resto yang memiliki desain elegan ini. Tempatnya membuat cocok bagi seluruh anggota keluarga untuk wisata kuliner di sini.

Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.43, RT.04/RW.07, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

8. Bakmi Jawa Pak Blangkon

Bakmi Jawa Pak Blangkon

Image Credit: Tripadvisor.com

Meski sedang tidak berada di Jogja, namun tetap saja jika berkunjung ke Wonosobo, wisatawan tetap bisa merasakan hangat dan lezatnya semangkuk bakmi Jawa. Bakmi Jawa biasanya disajikan dalam keadaan panas sehingga bisa menghangatkan badan. Bakmi Jawa juga tersedia dalam varian gorengnya atau yang dicampur dengan nasi (magelangan).

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Wonosobo Paling Populer

Untuk menikmati bakmi Jawa yang murah dan lezat, pengunjung kota Wonosobo bisa datang ke Bakmi Jawa Pak Blangkon. Bakmi di sini sangat legit dan lezat rasanya. Aneka jenis bakmi Jawa pun tersedia, mulai dari yang goreng, kuah (godhog), maupun yang goreng namun ada kuahnya sedikit (bakmi nyemeg). Semuanya lezat dan harganya murah.

Lokasi: Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Puntuk Sari, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

9. Martabak Marparis

Martabak Marparis

Image Credit: Gramho.com

Untuk yang menggemari makanan manis, martabak bisa dijadikan pilihan. Wonosobo memiliki banyak sekali tempat untuk membeli martabak yang sangat enak dan legit. Martabak di sini biasanya terdiri dari dua jenis yaitu martabak manis (terang bulan) atau martabak telur (asin) yang biasanya dibuat dari campuran telur, daun bawang, dan isian daging cincang.

Jika ingin membeli martabak, datang saja ke Martabak Marpais. Warung martabak ini mejual martabak manis dan martabak telur dalam aneka varian. Untuk martabak manisnya, pengunjung bisa menikmati aneka jenis isian seperti coklat, pisang, kacang, serta coklat batangan dan topping kekinian yang bakal disukai oleh anak-anak muda.

Lokasi: Singkir, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

10. Ayam Geprek Bu Tini

Ayam Geprek Bu Tini

Image Credit: Hesmacuisine.blogspot.com

Ayam geprek adalah jenis makanan yang populer satu dekade belakangan ini. Jika ingin menikmati ayam geprek dengan cabe yang sangat menggugah selera tentunya, di Wonosobo ada banyak sekali tempat yang bisa dijadikan tujuan ketika ingin menyantap kuliner lezat ini. Di sana, pengunjung bisa menyantap ayam krispi yang diuleg bersama sambel ini.

Ayam geprek yang terkenal di Wonosobo adalah Ayam Geprek Bu Tini. Di tempat ini, siapapun bisa wisata kuliner dengan menyantap ayam geprek yang renyah dipadu dengan ulegan cabe yang pedas dan menggugah selera. Ini alasannya kenapa warung yang sebenarnya tidak terlalu luas ini selalu padat pengunjung sehari-harinya.

Lokasi: Tosari No 72, RT.04/RW.03, Sruni, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

Itulah rekomendasi tempat wisata kuliner yang cukup sering dikunjungi di Wonosobo. Semuanya cocok untuk menggoyang lidah Anda. Jadi, jika nanti sudah ada di Wonosobo, tak perlu lagi bingung mau makan apa dan di mana. Semuanya sudah tertulis di daftar di atas dan siap membantu wisatawan untuk melakukan wisata kuliner dengan mudah di Wonosobo.