13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan

Tempat Makan Manado

Kota Manado merupakan sebuah kota yang indah untuk dikunjungi bagi para wisatawan. Di sana Anda dapat menikmati jutaan pesona alam serta budaya yang sungguh indah. Selain wisata alam yang indah, Manado juga cukup dikenal sebagai pusat kuliner yang menyuguhkan makanan yang sungguh lezat.

Kelebihan berwisata kuliner di kota Manado yaitu memiliki varian makanan yang cukup banyak serta memiliki range harga yang cukup murah apabila dibandingkan dengan makanan di ibukota. Untuk itu bagi Anda yang pelesiran ke Manado sebaiknya mencoba berbagai makanan khas yang dapat menggoyang lidah Anda.

Beberapa makanan khas kota Manado yang wajib untuk Anda coba yaitu Bubur Manado, cakalang fufu saos, gohu, klapertart, sambal roa, ikan woku, dan berbagai jenis makanan lainnya. Bagi Anda yang membutuhkan referensi tempat makan makanan khas Manado tersebut berikut ini akan di ulas khusus untuk Anda.

1. Rumah Makan Raja Oci

Rumah Makan Raja Oci

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No.85, Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Tempat makan enak di Manado yang pertama yaitu rumah makan raja oci. Pemberian nama rumah makan ini karena menu utama yang disajikan yaitu ikan oci bakar yang siap menggugah selera makan Anda. Lokasi dari rumah makan ini cukup strategis di pusat kota Manado.

Menu lainnya yang tidak kalah lezat di restoran ini yakni ikan woku. Ikan woku bakar ditemani dengan perkedel nike dan cah kangsung khas Manado membuat santap siang Anda semakin sempurna.

2. Rumah Makan City Extra

Rumah Makan City Extra

Lokasi: Jl. Raya Tanawangko Kalasey No.55, Kalasey Satu, Kec. Mandolang, Kab. Minahasa. – Image Credit by Tripadvisor.com

Rumah makan city extra juga dapat menjadi salah satu alternatif pilihan Anda dalam mencari rumah makan enak di Manado. Lokasinya di pinggir pantai membuatnya sangat ramai dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara.

Di restoran ini Anda dapat memesan berbagai jenis olahan sea food yang sangat lezat. Anda akan di sajikan berbagai menu sea food segar yang merupakan hasil tangkapan dari nelayan sekitar.

3. Rumah Makan Nasi Kuning Saroja

Rumah Makan Nasi Kuning Saroja

Lokasi: Lawangirung, Kec. Wenang, Kota Manado. – Image Credit by Ciarciar.com

Kuliner Manado yang banyak di bahas oleh banyak orang di dunia sosial yaitu rumah makan nasi kuning sarojo. Tempat ini populer karena pernah tercatat di museum rekor Indonesia (MURI) sebagai pembuat nasi kuning terbanyak di Indonesia.

Selain penghargaan dari MURI, ketertarikan orang dengan rumah makan ini karena memiliki nasi kuning yang lezat. Anda dapat makan nasi kuning ini bersama dengan variasi makanan seperti keripik ubi, abon cakalang, semur daging, sampai dengan sambal goreng.

4. Deep Sea Tuna House Café and Resto

Deep Sea Tuna House Café and Resto

Lokasi: Kawasan Mega Mas,Jl. Laksda John Lie, Titiwungan Utara, Kec. Sario, Kota Manado. – Image Credit by Zonautara.com

Deep sea tuna house café and resto merupakan tempat makan ideal yang wajib Anda kunjungi. Pasalnya di tempat ini Anda dapat menyantap makanan di tepi laut nan indah. Letak restoran ini menambah daya tarik tersendiri.

Ketika Anda memutuskan makan di tempat ini sebaiknya pesan lah ikan tuna bakar. itu merupakan salah satu menu Andalan di restoran ini. Menu terkenal lainnya yaitu sashimi yang siap memanjakan lidah Anda.

5. Raja Sate Restaurant

Raja Sate Restaurant

Lokasi: Jl. Piere Tendean, Titiwungan Utara, Kec. Sario, Kota Manado. – Image Credit by Mikelly2000.wordpress.com

Bagi Anda yang sedang liburan di pusat kota Manado, mampir lah sejenak ke jalan boulevard. Hal itu karena di sana Anda dapat menemukan restoran yang sungguh menggunggah selera makan Anda yakni raja sate restaurant.

Di sana Anda dapat memesan berbagai jenis satu baik sate kambing, sate ayam hingga sate daging. Resto ini tidak hanya menjual sate, melainkan menjual menu lainnya seperti makanan khas Manado, makanan asia hingga western.

6. Wisata Bahari Seafood Restaurant

Wisata Bahari Seafood Restaurant

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.1, Bahu, Kec. Malalayang, Kota Manado. – Image Credit by Seputarsulut.com

Ketika Anda menginginkan untuk makan lezat dengan view pantai yang amat cantik disarankan untuk mengunjungi wisata bahari seafood. Di sana Anda dapat memperoleh olahan makanan laut yang fresh dan segar.

Menu wajib yang perlu Anda coba yakni salad goropa. Menu ini terdiri dari bahan ikan goropa yang digoreng garing serta disajikan dengan aneka salad buah yang sungguh lezat. Makan salad goropa ditemani dengan deburan ombak membuat liburan Anda semakin perfect.

7. Angle Fish Restaurant

Angle Fish Restaurant

Lokasi: Paal Dua, Kec. Tikala, Kota Manado. – Image Credit by Thetravel.me

Salah satu resto yang wajib untuk Anda kunjungi ketika ke Kota Manado yaitu Angel Fish Restaurant. Restoran ini menyajikan berbagai menu seafood yang beragam. Kelebihan dari restoran ini yaitu bahan pembuatan yang segar dan fresh.

Ketika Anda berkunjung ke Angle Fish Restaurant, sebaiknya mencicipi menu ikan tude bakar. Menu tersebut merupakan salah satu menu Andalan restoran ini. Hal itu karena rasa daging yang manis dan gurih. Makanan ini akan semakin sempurna dengan campuran jeruk nipis, irisa cabai, tomat, dan garam.

8. Rumah Makan Wakeke

Rumah Makan Wakeke

Lokasi: Jl. Wakeke No.1, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado. – Image Credit by Travel.detik.com

Rumah makan wakeke dapat menjadi pilihan Anda ketika mencari rumah makan yang lezat. Rumah makan Wakeke menyajikan menu khas Manado salah satunya yaitu bubur tintuan. Menu ini merupakan ikon dari Kota Manado.

Restoran ini cukup lama berdiri di Kota Manado, diketahui sudah sejak 1980. Oleh karena itu maka restoran ini cukup populer dan menjadi destinasi wajib traveller. Jangan lupa untuk mencicipi cakalang fufu dan sambol roa sebagai teman makan dari bubur tintuan.

9. Rumah Kopi Gembira

Rumah Kopi Gembira

Lokasi: Jl. Minahasa, Langowan, Kec. Kawangkoan, Kabu. Minahasa. – Image Credit by Fr.tripadvisor.ca

Bagi Anda yang meninginkan tempat makan enak dengan sajian kopi khas Manado dapat mengunjungi rumah kopi Gembira. Meskipun tempat ini menyajikan menu utama berupa kopi, Anda juga dapat memesan berbagai menu makanan seperti bakpao aneka rasa, biapong, mie cakalang, dan menu lainnya.

Menu khas yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke rumah kopi gembira yaitu Kopi Susu Khas Kawangkoan. Kopi ini berasal dari biji kopi pilihan dari tanah Minahasa. Anda akan merasakan sensasi kopi yang berbeda dari lainnya.

10. Rumah Makan Dego Dego

Rumah Makan Dego Dego

Lokasi: Jl. Wakeke 3 No.11, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado. – Image Credit by Travelingyuk.com

Destinasi kuliner selanjutnya yaitu Rumah Makan Dego Dego. Anda dapat menemukan kuliner khas Manado di rumah makan ini. Menu Andalan yang dapat Anda pesan ketika berkunjung ke destinasi ini yaitu Tinutuan yang merupakan makanan khas Manado.

Selain Tintuan, Anda juga dapat memesan berbagai kuliner lainnya seperti perkedel noke, mie cakalang, dan menu khas Manado lainnya. Rumah makan ini cukup populer dan sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kota Manado.

11. Kios Pelangi

Kios Pelangi

Lokasi: Jl. Wakeke, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado. – Image Credit by Tripadvisor.com

Kios Pelangi merupakan destinasi tempat makan yang enak selanjutnya. Kios ini menyediakan menu khas Manado yakni Bubur Tinutuan. Bubur ini sungguh lezat dan mengunakan bumbu khas minahasa yang membuatnya khas.

Namun apabila Anda kurang menyukai rasa dari bubur tinutuan, Anda juga dapat memesan menu lainnya seperti Mie ayam, mie cakalang kuah, mie goreng pedas, dan berbagai kuliner lainnya. Harga yang ditawarkan juga cukup murah hanya berkisar Rp 3.000 hingga Rp 17.000.

12. Soto Rusuk Ba Ko Petrus

Soto Rusuk Ba Ko Petrus

Lokasi: Jl. Achmad Yani No. 24, Karombasan Utara, Sario Tumpaan, Kec. Sario, Kota Manado. – Image Credit by Wisatasyarta.blogspot.com

Soto Rusuk Ba Ko Petrus terletak di Jalan Laksda John Lie. Letaknya yang strategis membuat rumah makan ini cukup ramai dikunjungi khususnya pada waktu jam makan siang. Menu yang populer di restoran ini yaitu soto rusuk ba. Bahan utama pembuatanya yaitu daging babi.

Anda disarankan menyantap kuliner ini dalam keadaan panas. Hal itu karena soto rusuk ba akan lebih lezat ketika di konsumsi dengan nasi panas dan secangkir the hangat. Anda juga dapat memesan menu pelengkap seperti perkedel dan banana flitters yang tidak kala lezat.

13. Rumah Makan Ragey

Rumah Makan Ragey

Lokasi: Jl. Bethesda No.72a, Sario, Kec. Sario, Kota Manado. – Image Credit by Travelingyuk.com

Bagi Anda yang ingin menikmati kuliner dengan olahan daging babi, berkunjung ke rumah makan ragey merupakan sebuah pilihan yang tepat. Pasalnya olahan daging babi di rumah makan ini cukup terkenal. Restoran ini memadukan daging babi dengan bumbu khas minahasa serta dengan berbagai sambal seperti tomat Manado dan sambal dabu-dabu.

Anda dapat memesan berbagai olahan daging babi seperti sate babi dan babi panggang. Ketika pertama kali datang ke restoran ini Anda akan terkejut karena pelayanan yang begitu cepat meskipun kondisi restoran yang seringkali ramai.

Itulah 13 tempat makan di Manado yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berkunjung ke kota Manado. Tiap wisata kuliner di atas menyajikan berbagai menu yang berbeda-beda. Namun dari sisi citra rasa 13 rekomendasi di atas dijamin kelezatanya. Namun tempat di atas akan sangat ramai dikunjungi khususnya pada saat libur lebaran maupun libur panjang sehingga Anda harus sabar menunggu.