25 Tempat Wisata di Purworejo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Purworejo

Jawa Tengah memiliki Kabupaten kecil yang terletak berbatasan dengan Kebumen, Magelang, dan Wonosobo yang bernama Purworejo. Meski kecil, kabupaten ini memiliki pantai dan deretan perbukitan yang menjadi destinasi wisata andalan daerah ini. Dan letak wisatanya bisa dibilang cukup mudah dijumpai.

Meski kabupaten Purworejo terbilang belum cukup terkenal, namun banyak traveler dari lintas selatan yang sering melewati Purworejo sebelum menuju ke Yogyakarta. Destinasi wisata yang dimiliki Purworejo tidak kalah menarik dari tempat wisata di kota-kota lain.

Bagi Anda yang penasaran dengan Tempat Wisata di Purworejo, berikut rekomendasi beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat ingin berlibur.

1. Curug Muncar

Curug Muncar

Image Credit: Instagram.com @inindonesiakua

Selain sumber daya alam Purworejo yang melimpah, nyatanya daerah yang satu ini juga menyimpan keindahan alam luar biasa. Salah satunya bisa Anda temukan pada Air Terjun Curug muncar. Wisata alam Curug Muncar masih terkesan alami dengan pemandangan yang asri.

Di sekeliling air terjun dipenuhi dengan tumbuhan hijau serta bebatuan yang terbentuk secara alami. Terletak di desa Bruno, Curug Muncar sangat cocok dijadikan lokasi penjelajahan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kalibang, Kaliwungu, Kec. Bruno, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

2. Curug Silangit

Curug Silangit

Image Credit: Spadepicnic.wordpress.com

Curug Silangit merupakan salah satu tempat wisata yang menarik perhatian dengan keasrian dan keindahan alam yang dimiliki. Wisata ini terletak di Donorejo, Kaligesing, Purworejo, letaknya tersembunyi diantara perbukitan dan mengalir air dari tebing yang tinggi.

Untuk dapat menikmati surga tersembunyi ini, para pengunjung harus berjalan melewati jalur trekking yang cukup menantang. Kemudian pengunjung juga harus melewati jalur jembatan bambu yang cukup menantang, namun jalur jembatan ini menjadi salah satu spot foto yang menarik. Setelah melewati beberapa jalur, pengunjung bisa menikmati air terjun yang cantik dengan duduk di gazebo yang tersedia.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Krajan, Jatirejo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

3. Puncak Geger Menjangan

Puncak Geger Menjangan

Image Credit: Google Maps (Galih Prabowo)

Purworejo tidak henti-hentinya menyuguhkan pemandangan alam yang begitu syahdu, salah satunya adalah Puncak Geger Menjangan. Deretan bukit berjajar menambah indah pemandangan. Di atas ketinggian 200 mdpl Anda akan melihat indahnya laut Pantai Selatan.

Selain wisata alam, di Geger Menjangan juga terdapat sebuah makam Kayai Imam Puro. Makam tersebut adalah makam seorang ulama besar Purworejo. Untuk area lainnya Anda bisa menikmati keseruan bermain di kolam juga tempat bermain yang mengasikkan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Trirejo, Kedung Dowu Kulon, Kec. Loano, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

4. Geger Menjangan

Geger Menjangan

Image Credit: Love4indonesia.blogspot.com

Wisata Geger Menjangan terletak di Kedung Dowu Kulon, Trirejo, Loano, Purworejo. Meski memiliki nama yang sedikit aneh, namun Geger Menjangan menjadi salah satu destinasi yang menyuguhkan pemandangan puncak bukit yang sangat indah dan mempesona bagi para pengunjung.

Dari atas bukit Geger Menjangan, pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan bergelombang yang berderet. Selain itu ada rumah pohon dan gardu pandang yang tersedia sebagai tempat santai saat menikmati pemandangan, serta spot foto yang populer di bukit tersebut.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kedung Dowu Kulon, Trirejo, Kec. Loano, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

5. Masjid Agung Purworejo

Masjid Agung Purworejo

Image Credit: Google Maps (Irvan Maulana)

Benda paling menarik yang bisa Anda temukan di Masjid Agung Purworejo adalah pemandangan sebuah beduk raksasa. Bahkan beduk tersebut di gadang-gadang sebagai beduk terbesar di dunia. Mulanya beduk tersebut dibuat dari bahan kulit banteng. Namun karena lapuk di makan usia, kulitnya diganti dengan kulit sapi.

Masjid Agung Purworejo telah ada dari tahun 1834. Sehingga selama itu pula beduk tersebut ada sebagai ikon Masjid yang awalnya bernama Masjid Darul Muttaqin.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lkasi
Alamat: Jl. Mayjen Sutoyo, Sindurjan, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

6. Goa Seplawan

Goa Seplawan

Image Credit: Visitjawatengah.jatengprov.go.id

Goa Seplawan merupakan wisata alam unik yang dimiliki Kabupaten Purworejo. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan bebatuan, tetapi juga menyajikan pemandangan stalagmit dan stalaktit yang mempesona. Goa ini terletak di bawah pegunungan Menoreh yang cukup terkenal di daerah Purworejo.

BACA:  Alun-Alun Kidul, Taman Rekreasi & Tempat Kulineran Favorit di Boyolali
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Katerban, Donorejo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

7. Hutan Kusumo Asri

Hutan Kusumo Asri

Image Credit: Facebook.com @Purworejo2206

Udara sejuk di atas ketinggian 300 mdpl dengan deretan pohon pinus yang menjulang memang membuat pikiran rileks. Itulah nuansa yang bisa dirasakan ketika Anda berada di Hutan Kusumo Asri. Biasanya hutan ini dipenuhi dengan tenda perkemahan. Di mana kalangan muda berlibur melepas lelah dari rutinitas yang padat.

Tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja, di Hutan Kusumo Asri Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Beberapa di antaranya adalah memancing, berkunjung ke kebun binatang mini, juga panggung musik.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bagelen – Cangkrep No.32, Dusun V, Cangkrepkidul, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

8. Hutan Pinus Kusumo Asri

Hutan Pinus Kusumo Asri

Image Credit: Klikhotel.com

Di Kabupaten Purworejo juga memiliki wisata alam yang sangat menarik bernuansa hutan. Salah satunya hutan pinus Kusumo Asri yang terletak Di Desa Mayungsari, Bener, Purworejo. Tempat wisata ini menunjukkan bahwa di Purworejo memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan berpotensial sebagai tempat wisata.

Hutan pinus ini dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah tersebut, sehingga aman di jadikan tempat wisata, outbound, dan kegiatan alam lainnya. Selain itu, hutan pinus ini juga menyediakan kebun binatang mini untuk tempat mengedukasi anak-anak tentang binatang.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Mayung Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

9. Deret Mahoni

Deret Mahoni

Image Credit: Google Maps (Daryant)

Seperti namanya, wisata alam Purworejo selanjutnya menyuguhkan pemandangan deretan pohon mahoni di sejauh mata memandang.

Jika telah sampai di Desa Nampurejo, maka Anda akan melihat jalur utama yang dipenuhi deretan mahoni yang rimbun. Tempatnya juga cocok untuk dijadikan spot foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Krajan, Nampurejo, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

10. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang

Image Credit: Flickr.com

Pantai Ketawang merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki pasir hitam sebagai keindahan menarik pantai ini yang sangat indah. Pantai ini terletak di Ketawangrejo, Purworejo. Dari pantai pengunjung juga dapat menikmati pemandangan pegunungan Menoreh, Sewu, dan Karst Gombong. Selain itu terdapat rawa-rawa yang memiliki mercusuar di tengahnya.

Pantai Ketawang biasanya juga digunakan pacuan kuda, balap motor, dan acara lomba lainnya. Kemudian juga disediakan fasilitas lain seperti tempat parkir, tempat makan, dan tempat oleh-oleh, serta jalan paving sebagai akses menuju pantai.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sengoro Wetan, Ketawangrejo, Kec. Grabag, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

11. Curug Kaliurip

Curug Kaliurip

Image Credit: Instagram.com @tentangpurworejo.id

Curug Kaliurip berlokasi di Kecamatan Kemiri yang lokasinya masih sangat tersembunyi. Meski begitu destinasi wisata air ini sudah terkenal di kalangan wisatawan. Terdapat air terjun yang eksotis juga sungai luas di bawahnya. Tempatnya dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dengan tumbuhan hijau yang melekat padanya.

Selain itu, wisata Curug Kaliurip juga masih alami. Airnya segar dengan warna kehijauan yang menyejukkan mata.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurip, Kec. Kemiri, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

12. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang

Image Credi: Ksmtour.com

Pantai Jatimalang merupakan salah satu wisata pantai terkenal yang dimiliki Kabupaten Purworejo. Pantai ini memiliki keesokan dan keindahan paling menarik dibandingkan dengan wisata lain. Tidak heran banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang mengunjungi wisata pantai ini.

Selain menyimpan banyak keindahan, Objek Wisata di Purworejo ini cukup terjangkau bagi para pengunjung. Dengan dikenakan biaya masuk hanya 3000/ orang, pengunjung sudah bebas bermain air dan menikmati pemandangan di sekitar pantai. Selain itu, tersedia kolam renang air tawar dan tenda warna warni untuk bertarung pengunjung.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Jatimalang, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

13. Puncak Gunung Ijo

Puncak Gunung Ijo

Image Credit: Facebook.com @pendakigunungpage

Bagi Anda yang suka akan jalur pendakian ringan, Puncak Gunung Ijo Purworejo bisa menjadi spot yang tepat. Di atas puncaknya Anda dapat melihat jajaran persawahan yang mengelilingi alam Purworejo.

BACA:  25 Tempat Wisata di Karanganyar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Puncak Gunung Ijo adalah spot yang tepat bagi pemburu sunrise. Di atas ketinggian 1000 mdpl mata akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu istimewa. Naiklah ke puncaknya dan saksikan lukisan Tuhan yang Maha Indah.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Durensari, Kec. Bagelen, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

14. Alun-alun Purworejo

Alun-alun Purworejo

Image Credit: Coretandjawani.blogspot.com

Berkunjung ke Kabupaten Purworejo terasa tidak lengkap bila tidak mengunjungi alun-alun kabupaten ini. Alun-alun Purworejo memiliki beberapa area menarik dalam tanah seluas 6 hektar dan memiliki bentuk persegi ini. Selain itu juga terdapat bangunan penting di sekitar alun-alun Purworejo.

Bangunan penting di sekitar alun-alun antara lain Masjid Darul Muttaqin yang memiliki beduk raksasa terbesar di dunia, Kantor Setda Purworejo, Pendopo Purworejo dan gereja. Selain itu di tengah alun-alun terdapat dua pohon beringin yang di datangkan langsung dari Yogyakarta. Tidak heran alun-alun Purworejo selalu ramai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Proklamasi, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

15. Air Terjun Kyai Kate

Air Terjun Kyai Kate

Image Credit: Google Maps (EsBe)

Nama Kyai Kate sendiri didapat dari nama sesepuh desa yang dulunya aktif menyebarkan agama Islam di daerah tersebut. Air Terjun Kyai Kate menyajikan sebuah pemandangan alam yang begitu asri. Di kelilingi oleh tebing tinggi, bebatuan, juga tumbuhan hijau yang menyejukkan mata.

Air terjun ini menjulang di ketinggian hingga 25 meter. Tidak heran debit airnya begitu deras mengalir ke kolam yang ada di bawahnya. Oleh karenanya pengunjung tidak disarankan mandi langsung di bawah Air Terjun Kyai Kate. Bahkan di musim kemarau pun air di curug tersebut tidak pernah mengering.

Untuk menuju lokasi pengunjung harus berjalan kaki melalui jalur yang cukup membutuhkan tenaga. Namun jangan khawatir, Anda tidak akan kecewa ketika sampai di tempat yang menjadi titik utama. Pengunjung bisa mandi di aliran sungai yang menampung air segar khas pegunungan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kepdang, Gn. Condong, kec. Bruno, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

16. Gunung Kunir

Gunung Kunir

Image Credit: Travelingyuk.com

Gunung Kunir terletak di Desa Benowo, Purworejo. Gunung ini menjadi salah satu wisata trekking yang banyak menarik pengunjung. Gunung Kunir memiliki pesona alam yang sangat indah dan sensasi pendakian gunung yang seru.

Gunung ini memiliki daya tarik yang membuat wisatawan ingin melakukan pendakian di gunung ini. Selain pemandangan alam yang luar biasa indahnya, gunung ini juga menyajikan kenikmatan sunrise yang cantik. Tidak heran banyak wisatawan yang datang ke gunung ini untuk menikmati sunrisenya.

Harga Tiket: 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Benowo, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

17. Bukit Sikepel

Bukit Sikepel

Image Credit: Google Maps (Aziz Dwi Arianto 06)

Wisata yang berada di Kembang Kidul ini menawarkan keindahan hutan pinus. Tidak lupa juga berbagai spot menarik yang instagramable.

Bukit Sikepel bisa menjadi lokasi yang tepat sebagai tempat wisata bersama teman, keluarga, dan juga saudara. Pasalnya di bukit ini tidak hanya terdapat ratusan pohon pinus yang menjulang, tapi juga area bermain anak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. kembangan kidul Jati, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

18. Curug Lumbung

Curug Lumbung

Image Credit: Pesona.travel

Salah satu tempat wisata Curug yang indah dan unik, serta memberikan daya tarik tersendiri karena memiliki dinding-dinding sungai yang membentuk ornamen. Curug ini mulai populer saat ada beberapa wisatawan mengunduh pesona cantik curug ini ke akun media sosial.

Curug Lumbung terletak di Desa Karangsari, Bener, Purworejo. Banyak pengunjung menjadikan bagian sisi dalam sungai sebagai spot rotor terindah. Karena di sudut sisi dalam sungai foto yang diambil akan menampilkan dinding ornamen yang indah dari curug ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Cilacap Paling Populer
Harga Tiket: Rp Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

19. Puncak Khayangan Sigendol

Puncak Khayangan Sigendol

Image Credit: Google Maps (Puncak Khayangan Sigendol)

Kata khayangan untuk Puncak Khayangan Sigendol memang bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya tempat yang satu ini memang menyuguhkan suasana seperti berada di atas awan. Di atas puncaknya Anda akan melihat hamparan hijau juga merasakan semilir angin yang sejuk.

Anda bisa berfoto ria dengan background kumpulan awan yang indah. Benar-benar terasa seperti di kayangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wutan, Giyombong, kec. Bruno, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

20. Pantai Pasir Puncu

Pantai Pasir Puncu

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Pasir Puncu terletak di Harjohinangub, Purworejo. Keindahan alam yang disuguhkan pantai ini tidak kalah cantik dengan pantai Jatimalang. Pantai ini masih terasa asri dan belum terlalu banyak pengunjung. Sehingga beberapa pengunjung yang datang menganggap tempat ini bisa memberikan ketenangan.

Pantai Pasir Puncu memang masih sangat alami dan asri, selain itu akses jalan menuju pantai belum begitu bagus karena belum banyak pembangunan yang dilakukan untuk mengelola pantai ini sebagai tempat wisata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Keburuhan, Kec. Ngombol, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

21. Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji

Image Credit: Situsbudaya.id

Museum Tosan Aji merupakan salah satu bangunan peninggalan budaya yang bersejarah zaman dulu yang mengandung nilai sejarah yang tinggi. Banyak warisan nenek moyang yang tersimpan didalam museum ini sebagai bukti identitas bangsa Indonesia.

Tosan Aji merupakan jenis pusaka yang terbuat dari logam besi. Tidak hanya itu, Tosan Aji juga mendapat pandangan terhormat di masyarakat. Jenis Tosan Aji antara lain pedang, menit, tombak, keris, dan kudi. Museum Tosan Aji didirikan 13 April 1987 oleh Gubernur Jateng dan diprakarsai Soepardjo Rustam. Selain benda pusaka, benda cagar budaya juga disimpan di dalam museum.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

22. Wisata Benteng Pendem

Wisata Benteng Pendem

Image Credit: Ihategreenjello.com

Wisata Benteng pendem terletak di Desa Dadirejo, Bagelen, Purworejo. Benteng pendem ini menjadi salah satu bangunan bersejarah peninggalan zaman penjajahan Jepang dulu. Benteng ini memiliki bentuk yang unik dan pemandangan asri yang indah di sekitarnya.

Kurangnya pengelolaan terhadap benteng pendem ini membuat benteng kurang terawat, sehingga jarang pengunjung yang datang berwisata ke benteng ini. Namun, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut selatan yang indah. Serta banyaknya pohon yang ditanam warga memberikan nuansa sejuk di sekitar benteng.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalimaro, Bapangsari, Kec. Bagelen, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

23. Taman Sidandang

Taman Sidandang

Image Credit: Iramakotapurworejo.blogspot.com

Taman Sidandang merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan wahana bermain air atau berendam air segar bagi para pengunjungnya. Namun, Taman Sidandang memiliki bentuk taman seperti umumnya terdapat beberapa pohon dan jenis bunga di area taman.

Taman ini terletak di Desa Kedungrantai, Kaligesing, Purworejo. Selain menyuguhkan tempat bermain air atau berendam, taman ini juga menawarkan sensasi outbond di alam. Harga tiket masuk taman ini cukup terjangkau hanya Rp 3.000/ orang untuk menikmati fasilitas yang tersedia.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jeketro, Kaligono, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

24. Kedung Gulo

Kedung Gulo

Image Credit: Angkisland.com

Kedung Ruko merupakan salah satu tempat wisata yang menarik dan wajib dikunjungi oleh wisatawan. Meski akses jalan menuju tempat ini cukup sulit dan membingungkan, namun Kedung Gulo memberikan pemandangan yang eksotis dan menyegarkan.

Letak kedung Gulo berada di Desa Kapitalis, Bener, Purworejo. Tempat ini masih kurang pengelolaan sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung.

Harga Tiket: Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Semranti, Kalitapas, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

25. Goa Sikantong

Goa Sikantong

Image Credit: Dinparbud.purworejokab.go.id

Goa Sikantong terletak di Desa Donorejo, Kaligesing, Purworejo. Pemandangan stalagtit dan stalagnit yang unik di mulut Goa menjadi daya tarik tempat ini. Selain itu tempat ini juga dikelola dengan baik oleh warga sekitar.

Daya tarik yang dimiliki goa ini menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung. Sehingga hal ini dapat memberikan pemasukan bagi warga sekitar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tlogoguwo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Demikian ulasan mengenai Destinasi Wisata di Purworejo terbaru. Banyak keindahan yang tersimpan di kabupaten Purworejo yang jarang di ketahui oleh masyarakat lokal dan asing. Dengan ini bisa dijadikan daftar destinasi untuk berkunjung ke Purworejo.