15 Tempat Wisata di Purworejo

Jawa Tengah memiliki Kabupaten kecil yang terletak berbatasan dengan Kebumen, Magelang, dan Wonosobo yang bernama Purworejo. Meski kecil, kabupaten ini memiliki pantai dan deretan perbukitan yang menjadi destinasi wisata andalan daerah ini. Dan letak wisatanya bisa dibilang cukup mudah dijumpai.

Meski kabupaten Purworejo terbilang belum cukup terkenal, namun banyak traveler dari lintas selatan yang sering melewati Purworejo sebelum menuju ke Yogyakarta. Destinasi wisata yang dimiliki Purworejo tidak kalah menarik dari tempat wisata di kota-kota lain.

Bagi Anda yang penasaran dengan Tempat Wisata di Purworejo, berikut rekomendasi beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat ingin berlibur.

1. Curug Silangit

Curug Silangit

Lokasi: Krajan, Jatirejo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Spadepicnic.wordpress.com

Curug Silangit merupakan salah satu tempat wisata yang menarik perhatian dengan keasrian dan keindahan alam yang dimiliki. Wisata ini terletak di Donorejo, Kaligesing, Purworejo, letaknya tersembunyi diantara perbukitan dan mengalir air dari tebing yang tinggi.

Untuk dapat menikmati surga tersembunyi ini, para pengunjung harus berjalan melewati jalur trekking yang cukup menantang. Kemudian pengunjung juga harus melewati jalur jembatan bambu yang cukup menantang, namun jalur jembatan ini menjadi salah satu spot foto yang menarik. Setelah melewati beberapa jalur, pengunjung bisa menikmati air terjun yang cantik dengan duduk di gazebo yang tersedia.

2. Geger Menjangan

Geger Menjangan

Lokasi: Kedung Dowu Kulon, Trirejo, Kec. Loano, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Love4indonesia.blogspot.com

Wisata Geger Menjangan terletak di Kedung Dowu Kulon, Trirejo, Loano, Purworejo. Meski memiliki nama yang sedikit aneh, namun Geger Menjangan menjadi salah satu destinasi yang menyuguhkan pemandangan puncak bukit yang sangat indah dan mempesona bagi para pengunjung.

Dari atas bukit Geger Menjangan, pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan bergelombang yang berderet. Selain itu ada rumah pohon dan gardu pandang yang tersedia sebagai tempat santai saat menikmati pemandangan, serta spot foto yang populer di bukit tersebut.

3. Goa Seplawan

Goa Seplawan

Lokasi: Katerban, Donorejo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Visitjawatengah.jatengprov.go.id

Goa Seplawan merupakan wisata alam unik yang dimiliki Kabupaten Purworejo. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan bebatuan, tetapi juga menyajikan pemandangan stalagmit dan stalaktit yang mempesona. Goa ini terletak di bawah pegunungan Menoreh yang cukup terkenal di daerah Purworejo.

4. Hutan Pinus Kusumo Asri

Hutan Pinus Kusumo Asri

Lokasi: Desa Mayung Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Klikhotel.com

Di Kabupaten Purworejo juga memiliki wisata alam yang sangat menarik bernuansa hutan. Salah satunya hutan pinus Kusumo Asri yang terletak Di Desa Mayungsari, Bener, Purworejo. Tempat wisata ini menunjukkan bahwa di Purworejo memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan berpotensial sebagai tempat wisata.

Hutan pinus ini dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah tersebut, sehingga aman di jadikan tempat wisata, outbound, dan kegiatan alam lainnya. Selain itu, hutan pinus ini juga menyediakan kebun binatang mini untuk tempat mengedukasi anak-anak tentang binatang.

5. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang

Lokasi: Sengoro Wetan, Ketawangrejo, Kec. Grabag, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Flickr.com

Pantai Ketawang merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki pasir hitam sebagai keindahan menarik pantai ini yang sangat indah. Pantai ini terletak di Ketawangrejo, Purworejo. Dari pantai pengunjung juga dapat menikmati pemandangan pegunungan Menoreh, Sewu, dan Karst Gombong. Selain itu terdapat rawa-rawa yang memiliki mercusuar di tengahnya.

Pantai Ketawang biasanya juga digunakan pacuan kuda, balap motor, dan acara lomba lainnya. Kemudian juga disediakan fasilitas lain seperti tempat parkir, tempat makan, dan tempat oleh-oleh, serta jalan paving sebagai akses menuju pantai.

6. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang

Lokasi: Patu, Jatimalang, Purwodadi, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai Jatimalang merupakan salah satu wisata pantai terkenal yang dimiliki Kabupaten Purworejo. Pantai ini memiliki keesokan dan keindahan paling menarik dibandingkan dengan wisata lain. Tidak heran banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang mengunjungi wisata pantai ini.

Selain menyimpan banyak keindahan, Objek Wisata di Purworejo ini cukup terjangkau bagi para pengunjung. Dengan dikenakan biaya masuk hanya 3000/ orang, pengunjung sudah bebas bermain air dan menikmati pemandangan di sekitar pantai. Selain itu, tersedia kolam renang air tawar dan tenda warna warni untuk bertarung pengunjung.

7. Alun-alun Purworejo

Alun-alun Purworejo

Lokasi: Jl. Proklamasi, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Coretandjawani.blogspot.com

Berkunjung ke Kabupaten Purworejo terasa tidak lengkap bila tidak mengunjungi alun-alun kabupaten ini. Alun-alun Purworejo memiliki beberapa area menarik dalam tanah seluas 6 hektar dan memiliki bentuk persegi ini. Selain itu juga terdapat bangunan penting di sekitar alun-alun Purworejo.

Bangunan penting di sekitar alun-alun antara lain Masjid Darul Muttaqin yang memiliki beduk raksasa terbesar di dunia, Kantor Setda Purworejo, Pendopo Purworejo dan gereja. Selain itu di tengah alun-alun terdapat dua pohon beringin yang di datangkan langsung dari Yogyakarta. Tidak heran alun-alun Purworejo selalu ramai.

8. Gunung Kunir

Gunung Kunir

Lokasi: Benowo, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelingyuk.com

Gunung Kunir terletak di Desa Benowo, Purworejo. Gunung ini menjadi salah satu wisata trekking yang banyak menarik pengunjung. Gunung Kunir memiliki pesona alam yang sangat indah dan sensasi pendakian gunung yang seru.

Gunung ini memiliki daya tarik yang membuat wisatawan ingin melakukan pendakian di gunung ini. Selain pemandangan alam yang luar biasa indahnya, gunung ini juga menyajikan kenikmatan sunrise yang cantik. Tidak heran banyak wisatawan yang datang ke gunung ini untuk menikmati sunrisenya.

9. Curug Lumbung

Curug Lumbung

Lokasi: Jl. Krandon, Randon, Karang Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Pesona.travel

Salah satu tempat wisata Curug yang indah dan unik, serta memberikan daya tarik tersendiri karena memiliki dinding-dinding sungai yang membentuk ornamen. Curug ini mulai populer saat ada beberapa wisatawan mengunduh pesona cantik curug ini ke akun media sosial.

Curug Lumbung terletak di Desa Karangsari, Bener, Purworejo. Banyak pengunjung menjadikan bagian sisi dalam sungai sebagai spot rotor terindah. Karena di sudut sisi dalam sungai foto yang diambil akan menampilkan dinding ornamen yang indah dari curug ini.

10. Pantai Pasir Puncu

Pantai Pasir Puncu

Lokasi: Keburuhan, Kec. Ngombol, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Pantainesia.com

Pantai Pasir Puncu terletak di Harjohinangub, Purworejo. Keindahan alam yang disuguhkan pantai ini tidak kalah cantik dengan pantai Jatimalang. Pantai ini masih terasa asri dan belum terlalu banyak pengunjung. Sehingga beberapa pengunjung yang datang menganggap tempat ini bisa memberikan ketenangan.

Pantai Pasir Puncu memang masih sangat alami dan asri, selain itu akses jalan menuju pantai belum begitu bagus karena belum banyak pembangunan yang dilakukan untuk mengelola pantai ini sebagai tempat wisata.

11. Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji

Lokasi: Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Situsbudaya.id

Museum Tosan Aji merupakan salah satu bangunan peninggalan budaya yang bersejarah zaman dulu yang mengandung nilai sejarah yang tinggi. Banyak warisan nenek moyang yang tersimpan didalam museum ini sebagai bukti identitas bangsa Indonesia.

Tosan Aji merupakan jenis pusaka yang terbuat dari logam besi. Tidak hanya itu, Tosan Aji juga mendapat pandangan terhormat di masyarakat. Jenis Tosan Aji antara lain pedang, menit, tombak, keris, dan kudi. Museum Tosan Aji didirikan 13 April 1987 oleh Gubernur Jateng dan diprakarsai Soepardjo Rustam. Selain benda pusaka, benda cagar budaya juga disimpan di dalam museum.

12. Wisata Benteng Pendem

Wisata Benteng Pendem

Lokasi: Kalimaro, Bapangsari, Kec. Bagelen, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Wisata Benteng pendem terletak di Desa Dadirejo, Bagelen, Purworejo. Benteng pendem ini menjadi salah satu bangunan bersejarah peninggalan zaman penjajahan Jepang dulu. Benteng ini memiliki bentuk yang unik dan pemandangan asri yang indah di sekitarnya.

Kurangnya pengelolaan terhadap benteng pendem ini membuat benteng kurang terawat, sehingga jarang pengunjung yang datang berwisata ke benteng ini. Namun, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut selatan yang indah. Serta banyaknya pohon yang ditanam warga memberikan nuansa sejuk di sekitar benteng.

13. Taman Sidandang

Taman Sidandang

Lokasi: Jeketro, Kaligono, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Iramakotapurworejo.blogspot.com

Taman Sidandang merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan wahana bermain air atau berendam air segar bagi para pengunjungnya. Namun, Taman Sidandang memiliki bentuk taman seperti umumnya terdapat beberapa pohon dan jenis bunga di area taman.

Taman ini terletak di Desa Kedungrantai, Kaligesing, Purworejo. Selain menyuguhkan tempat bermain air atau berendam, taman ini juga menawarkan sensasi outbond di alam. Harga tiket masuk taman ini cukup terjangkau hanya Rp 3.000/ orang untuk menikmati fasilitas yang tersedia.

14. Kedung Gulo

Kedung Gulo

Lokasi: Semranti, Kalitapas, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Angkisland.com

Kedung Ruko merupakan salah satu tempat wisata yang menarik dan wajib dikunjungi oleh wisatawan. Meski akses jalan menuju tempat ini cukup sulit dan membingungkan, namun Kedung Gulo memberikan pemandangan yang eksotis dan menyegarkan.

Letak kedung Gulo berada di Desa Kapitalis, Bener, Purworejo. Tempat ini masih kurang pengelolaan sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung.

15. Goa Sikantong

Goa Sikantong

Lokasi: Tlogoguwo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Dinparbud.purworejokab.go.id

Goa Sikantong terletak di Desa Donorejo, Kaligesing, Purworejo. Pemandangan stalagtit dan stalagnit yang unik di mulut Goa menjadi daya tarik tempat ini. Selain itu tempat ini juga dikelola dengan baik oleh warga sekitar.

Daya tarik yang dimiliki goa ini menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung. Sehingga hal ini dapat memberikan pemasukan bagi warga sekitar.

Demikian ulasan mengenai Destinasi Wisata di Purworejo terbaru. Banyak keindahan yang tersimpan di kabupaten Purworejo yang jarang di ketahui oleh masyarakat lokal dan asing. Dengan ini bisa dijadikan daftar destinasi untuk berkunjung ke Purworejo.