10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Mojokerto

Mojokerto merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Timur yang sedang berkembang dengan pesat dan memiliki berbagai atraksi wisata yang dapat Anda kunjungi.

Beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi saat memutuskan menghabiskan liburan di Mojokerto antara lain alun-alun kota Mojokerto, berbagai situs sejarah termasuk Trowulan, Musium Gubug Wayang, atau water land sebagai hiburan keluarga.

Berwisata ke Mojokerto belum lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan untuk kerabat dan saudara di rumah. Mojokerto memiliki beberapa makanan dan kudapan khas Mojokerto yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh.

1. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak

Image Credit by Elviradwianggraini.student.umm.ac.id

Kerupuk yang terbuat dari kulit sapi ini menjadi oleh-oleh khas Mojokerto yang banyak dicari para wisatawa. Anda akan dengan mudah mendapatkan kerupuk rambak di Mojokerto karena cemilan ini dijual di banyak toko di sudut kota Mojokerto, terutama di daerah Trowulan.

Kerupuk rambak ini memiliki cita rasa gurih. Anda dapat memilih membeli kerupuk rambak yang telah digoreng atau bisa juga membeli rambak yang masih mentah.

2. Onde-Onde

Onde-Onde

Image Credit by Resepkomplitmasakankampung.blogspot.com

Onde-onde menjadi oleh-oleh khas Mojokerto yang paling terkenal dan menjadi trademark kota ini. Kudapan ini terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau atau kacang yang ditumbuk. Semakin gurih dan lezat dengan taburan wijen di atas permukaannya.

Banyak Toko dan pusat oleh-oleh yang menjajakan kudapan ini. Bahkan ada yang menyajikannya dalam keadaan masih hangat, sehingga onde-onde terasa lumer di mulut saat di santap.

3. Sate Bangil

Sate Bangil

Image Credit by Jejakpiknik.com

Salah satu kuliner khas Mojokerto yang wajib Anda cicipi adalah sate bangil yang  berbahan utama daging kambing. Selain sate daging, Anda juga dapat memesan varian lain yaitu sate dengan jeroan dan lemak.

Satu porsi sate bangil biasanya berisi 10 tusuk yang disajikan dengan bumbu kacang dengan dominasi rasa gurih dan manis yang berasal dari kecap. Sebagai pelengkap ditambahkan sambal dan irisan bawang merah.

4. Sate Keong

Sate Keong

Image Credit by Putratravel.net

Jenis sate lain yang juga menjadi makanan khas Mojokerto adalah sate keong. Anda dapat membawa pulang sate ini sebagai oleh-oleh. Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa sate ini tidak tahan lama.

Bahan utama sate tentu saja keong yang banyak ditemukan di area persawahan. Keong direbus dan dilepas dari cangkangnya, setelah itu diolah menjadi sate dan ditusuk pada batang lidi. Semakin menggoda dengan siraman bumbu dengan cita rasa manis, gurih dan pedas.

5. Sinom

Sinom

Image Credit by Tokopedia.com (Minuman kesehatan tubuh)

Selain makanan, Kota Mojokerto memiliki minuman khas yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan, yaitu sinom. Minuman ini berasal dari daun asam muda yang dimasak sedemikian rupa hingga menghasilkan air sari dari daun tersebut.

Selain menyegarkan, minuman ini termasuk dalam minuman herbal sehingga sangat menyehatkan dan membuat tubuh kembali fit. Saat cuaca Mojokerto sedang panas-panasnya, minuman ini dapat mengembalikan energi dan kesegaran tubuh Anda.

6. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil

Image Credit by Facebook.com @Kerupuk Goreng Pasir Dhany Jaya

Selain rambak, Mojokerto mempunyai jenis kerupuk lain yang unik dan bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Pembuatan kerupuk upil melalui proses penggorengan menggunakan campuran pasir dan bukan minyak goreng.

Bahan pembuatan kerupuk ini hampir sama dengan kerupuk pada umumnya, yang membedakan adalah proses penggorengan tersebut. Anda bisa menikmati kerupuk upil sebagai pelengkap makan gado-gado, atau sebagai cemilan bersama sambal petis.

7. Keciput Wijen

Keciput Wijen

Image Credit by Bianca-meinweg.blogspot.com

Sekilas bentuknya mirip dengan onde-onde dengan ukuran lebih kecil. Yang membedakan dengan onde-onde, keciput wijen ini bertekstur kering dan renyah. Rasanya pun lebih gurih dibandingkan onde-onde yang memiliki cita rasa dominan manis.

Anda bisa mendapatkan keciput wijen ini dengan mudah. Hampir semua toko oleh-oleh menjual cemilan ini.

8. Kerupuk Memble

Kerupuk Memble

Image Credit by Jejakpiknik.com

Kerupuk memble bertekstur renyah dan berbentuk lonjong panjang. Yang istimewa dari kerupuk ini adalah, kerupuk memble harus mengalami proses penggorengan sebanyak dua kali di dalam minyak dengan temperatur yang berbeda untuk mendapatkan kerupuk yang mengembang sempurna.

Meski sempat berkurang peminatnya karena banyaknya kuliner baru dan lebih modern,kerupuk memble tidak kehilangan penggemarnya. Anda dapat membeli kerupuk ini di pasar tradisional dan warung-warung. Beberapa tempat makan di Mojokerto juga menyediakan kerupuk ini sebagai pelengkap menikmati sajian menu utama mereka.

9. Sambel Wader

Sambel Wader

Image Credit by Masakandapurku.com

Sambel khas Mojokerto ini tentu tidak boleh Anda lewatkan terutama bagi pecinta kuliner pedas. Bahan utama pembuatannya adalah ikan wader yang kini banyak dibudidayakan masyarakat lokal.

Ikan wader yang telah dicuci bersih kemudian dicampur dengan bahan-bahan sambel, lalu di goreng hingga matang. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama sepiring nasi hangat dan tambahan lauk lainnya.

10. Botok Tempe

Botok Tempe

Image Credit by Mesinparutkelapa.id

Botok tempe ini terbuat dari bahan utama yaitu ampas kelapa yang telah diambil sarinya. Bahan ini kemudian diberi bumbu-bumbu dan dicampur dengan teri, udang, tahu dan tentu saja tempe.

Botok tempe makin lezat jika dinikmati bersama nasi jagung. Cita rasa gurih yang dimiliki makanan ini membuatnya banyak dicari, bahkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Pusat Oleh-Oleh di Mojokerto

1. Onde-Onde Bo Liem

Onde-Onde Bo Liem

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.136 A, Mergelo, Balongsari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto. – Image Credit by Ksmtour.com

Onde-onde yang menjadi makanan sekaligus oleh-oleh khas Mojokerto dapat Anda dapatkan disini. Letaknya di Jalan Empu Nala, Onde-onde Bo Liem sudah menjadi cemilan legenda karena telah berjualan sudah sangat lama.

Satu kotak berisi 10 onde-onde Bo Liem dijual dengan harga 40 ribu. Harga yang cukup ekonomis dan bersahabat.

2. Pusat Oleh-Oleh Arasa

Pusat Oleh-Oleh Arasa

Lokasi: Jl. By Pass Mojokerto No.KM, Jokodayo, Jabon, Kec. Mojoanyar, Kab. Mojokerto. – Image Credit by News.detik.com

Jika Anda ingin membeli aneka oleh-oleh, Pusat oleh-oleh Arasa merupakan tempat yang cukup lengkap. Di sini Anda bisa menemukan berbagai cemilan dan kudapan khas Mojokerto, mulai dari aneka kerupuk serta keripik hingga onde-onde.

Pusat oleh-oleh Arasa memiliki beberapa cabang yang tersebar di Kota Mojokerto sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

3. Toko Taruna

Toko Taruna

Lokasi: Jl. Mojopahit No.223-225, Mergelo, Sentanan, Kec. Magersari, Kota Mojokerto. – Image Credit by Daerahwisata.com

Toko Taruna yang terletak di Jalan Mojopahit, juga menyediakan berbagai oleh-oleh khas Mojopahit. Anda bisa membeli kerupuk rambak, kerupuk upil, dan aneka jajanan lainnya.

Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat, dan oleh-oleh khas di sini juga cukup lengkap. Saat musim liburan, toko ini tidak pernah sepi pengunjung.

4. Pondok Sate Bangil Abah Soleh

Pondok Sate Bangil Abah Soleh

Lokasi: Jl. Mojopahit No.361, Mergelo, Kranggan, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. – Image Credit by Travelanmurah.blogspot.com

Sate bangil yang paling ternama di Mojokerto adalah sate bangil milik Abah Soleh. Berada di sekitaran Jalan Mojopait, kuliner ini menjadi jujukan para wisatawan.

Pondok sate ini buka mulai pukul delapan pagi hingga sepuluh malam. Tak hanya sate, di sini Anda juga bisa mencicipi gulai kambing dan kambing bakar.

5. Affan Al Badri

Affan Al Badri

Lokasi: Setoyo, Balong Lombok, Balongmojo, Kec. Puri, Kab. Mojokerto – Image Credit by Google.com (Afan Muzaki)

Selain kuliner, oleh-oleh khas Mojokerto lainnya adalah produk sepatu kulit yang bisa Anda dapatkan di dusun Setoyo. Dusun ini menjadi pusat sentra pengrajin sepatu kulit.

Selain membeli sepatu kulit, di sini Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan sepatu kulit mulai dari proses pemotongan, penjahitan hingga pengecatan.

Jika Anda sedang berkunjung ke Mojokerto, jangan lewatkan membeli berbagai oleh-oleh di atas sebagai buah tangan untuk sanak saudara, atau bisa Anda nikmati sendiri sebagai teman di perjalanan.