15 Oleh-Oleh Khas Temanggung Paling Populer

15 Oleh-Oleh Khas Temanggung Paling Populer

Temanggung memiliki banyak makanan tradisional yang terkenal lezat dengan beberapa makanan ringannya yang bisa menjadi buah tangan. Inilah oleh-oleh khas Temanggung yang wajib Anda beli saat berkunjung.

Temanggung menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang banyak dikunjungi wisatawan karena sebagian wilayahnya termasuk dalam kawasan wisata Dieng yang populer. Selain sebagai tujuan wisata alam, Temanggung juga memiliki daya tarik lain seperti makanan-makanan khasnya yang masih terjaga hingga kini.

Ada banyak makanan khas Temanggung yang bisa menjadi referensi untuk wisata kuliner di daerah bersuhu sejuk ini. Berburu kuliner tanpa khawatir budget karena Temanggung memiliki banyak makanan khas yang harganya terjangkau. Makanan berat hingga makanan ringan untuk camilan.

Sebelum pulang, jangan lupa mampir ke pasar atau toko untuk membeli oleh-oleh makanan khas Temanggung. Aneka jajanan manis hingga yang pedas bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Berikut beberapa pilihan oleh-oleh khas asal Temanggung yang bisa dibawa pulang.

1. Ketan Gudig

Ketan Gudig

Image Credit: Temanggungkuliner.blogspot.com

Kudapan manis yang terbuat dari beras ketan ini sering disajikan masyarakat Temanggung untuk jamuan pada pesta atau acara hajatan. Namun, sekarang ketan guding menjadi salah satu oleh-oleh khas yang wajib dibeli saat berkunjung ke Temanggung.

Ketan guding merupakan kuliner Temanggung yang memiliki tampilan khas layaknya kulit yang terkena guding yakni bentol-bentol. Motif tersebut terbentuk karena adanya campuran kacang delandang pada adonan beras ketan.

2. Tiwul

Tiwul

Image Credit: Satriabajahitam.com

Tiwul mungkin mudah dijumpai di pulau Jawa. Panganan berbahan dasar singkong ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas dari daerah Temanggung. Tepung singkong yang sudah disiapkan akan ditambah air dan diuleni hingga bentuknya menjadi butir-butir yang lebih kecil.

Adonan tiwul dimasak dengan cara direbus hingga matang dan teksturnya kenyal. Tiwul biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Sedangkan untuk oleh-oleh yang bisa dibawa pulang adalah tiwul instan yang lebih praktis.

3. Lento Temanggung

Lento Temanggung

Image Credit: Makananoleholeh.com

Makanan khas dari Temanggung yang bisa menjadi oleh-oleh selanjutnya adalah Lento. Memiliki tampilan yang hampir sama seperti perkedel, namun lento sendiri dibuat dengan bahan dasar singkong. Singkong ditumbuk dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung, kacang hijau, kacang tolo, dan kacang kedelai.

Rasanya manis dan gurih karena adanya kacang yang ditambahkan pada adonan lento. Makanan ini sangat cocok untuk camilan saat santai. Selain itu, lento juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Temanggung.

BACA:  20 Tempat Wisata di Rembang Terbaru & Terhits Dikunjungi

4. Ndas Borok

Ndas Borok

Image Credit: Twitter.com @ameliaprimarini

Selain ketan guding, makanan khas Temanggung dengan nama unik lainnya adalah ndas borok. Walaupun memiliki sebutan yang mirip penyakit, panganan ini banyak disukai karena rasanya yang legit. Panganan tradisional yang satu ini masih menggunakan bahan utamanya yaitu singkong.

Singkong diparut dan dicampur dengan irisan gula jawa dan parutan kelapa. Selanjutnya adonan dikukus hingga matang dan gula di dalamnya meleleh. Gula yang digunakan pada adonan ini membuat ndas borok memiliki tampilan yang menggoda.

Ndas borok biasanya dimasak dengan cara tradisional sehingga rasanya khas dan lezat. Banyak toko oleh-oleh yang menjual jajanan ini dengan harga yang murah meriah.

5. Gesing

Gesing

Image Credit: Instagram.com @ririnhd

Makanan tradisional ini masih eksis hingga sekarang dan mudah diperoleh di pasar-pasar daerah Temanggung. Jajanan khas yang bisa menjadi buah tangan ini memiliki rasa manis, gurih, dan segar.

Gesing termasuk kue tradisional yang dibuat dari tepung, santan kelapa, gula, dan buah pisang. Setelah adonan tepung selesai dibuat, selanjutnya dicampur dengan pisang yang sudah dipotong kecil-kecil.

Adonan dibungkus daun pisang untuk kemudian dikukus hingga matang. Selain gesing original, ada juga yang membuat gesing pandang dengan tambahan daun pandan. Aromanya pun semakin wangi dan gurih, cocok untuk camilan dengan teh.

6. Balung Kuwuk

Balung Kuwuk

Image Credit: Cookpad.com

Balung kuwuk merupakan sebutan untuk keripik singkong khas Temanggung. Singkong diiris tipis dengan panjang seperti jari kelingking. Irisan singkong tersebut kemudian dijemur di bawah terik matahari langsung hingga kering. Setelah kering, irisan singkong akan digoreng dengan minyak panas hingga garing.

Keripik singkong masih harus dimasak lagi untuk dicampur dengan bumbu pedas. Bumbunya terbuat dari cabai, gula, dan saus tomat. Rasanya pun semakin nikmat dan cocok untuk pecinta makanan gurih dan pedas.

Panganan ini tidak menggunakan campuran bahan pengawet sehingga aman dan lebih sehat. Walaupun tanpa pengawet, balung kluwuk dapat bertahan lama karena melalui proses penjemuran dan juga digoreng.

7. Jadah

Jadah

Image Credit: Inibaru.id

Terbuat dari beras ketan yang dimasak hingga matang dan kemudian langsung ditumbuk hingga halus. Nasi ketan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang sedikit manis. Setelah kalis, ketan dapat dipotong kotak-kotak dan dinikmati saat bersantai bersama teman atau kerabat.

BACA:  16 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Jadah atau ketan ini juga bisa digoreng terlebih dulu sebelum disajikan. Jadah goreng memiliki rasa manis dan tentunya gurih. Cocok untuk teman santai dengan secangkir teh hangat atau kopi.

Makanan tradisional ini sering dijumpai pada acara-acara hajatan hingga upacara adat. Sekarang, jadah banyak dijadikan oleh-oleh dari Temanggung. Harganya cukup terjangkau dan mudah didapatkan di toko oleh-oleh atau di daerah alun-alun kota.

8. Entho Chotot

Entho Cothot

Image Credit: Enthocotot.blogspot.com

Makanan dengan nama yang unik dan lucu ini terkenal memiliki rasa yang manis dan nikmat. Terbuat dari bahan dasar yaitu tepung singkong dan gula pasir. Adonan singkong yang sudah diuleni digoreng hingga matang dan berwarna kecokelatan.

Panganan tradisional yang memiliki tampilan sederhana ini sangat nikmat disantap saat hangat. Namun, bisa juga dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh dari Temanggung. Jajanan ini banyak dijual di daerah pasar Entho dan harganya pun sangat terjangkau.

9. Mendut

Mendut

Image Credit: Makananoleholeh.com

Bagi masyarakat Jawa mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Mendut atau kue mendut adalah jajanan tradisional yang dibuat dengan bahan utamanya yaitu beras ketan. Mendut khas Temanggung banyak dicari untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh.

Adonan beras ketan dibentuk bulat-bulat kecil dan bagian dalamnya diisi dengan parutan kelapa. Parutan kelapa di dalam kue mendut biasanya sudah dicampur dengan gula jawa sehingga rasanya manis. Mendut banyak dijual di pasar hingga di toko oleh-oleh dengan harga yang cukup murah.

10. Bajingan

Bajingan

Image Credit: Viva.co.id (Rintan Puspitasari)

Nama makanan khas Temanggung ini memiliki sejarahnya tersendiri. Banyak orang atau wisatawan yang tertarik dengan makanan ini karena namanya yang tidak biasa. Jajanan unik ini dibuat dari singkong sehingga dapat menjadi panganan yang mengenyangkan.

Selain bahan-bahannya yang mudah didapatkan, proses pembuatan bajingan khas Temanggung ini juga sangat mudah. Biasanya masyarakat di Temanggung menggunakan singkong berkualitas bagus untuk bahan dasar bajingan.

Singkong hanya perlu direbus hingga matang dan empuk. Selanjutnya singkong rebus tersebut disajikan dengan dilumuri lelehan gula jawa atau gula merah. Namun ada pula yang menambahkannya dengan santan. Rasanya sangat lezat, manis, dan gurih.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jepara yang Enak & Wajib Anda Coba

11. Tempong

Tempong

Image Credit: Zonamakan.com

Tempong menjadi salah satu makanan khas Temanggung yang menggunakan bahan utama yaitu tempe. Jenis tempe yang digunakan adalah tempe semanggit yaitu sebutan untuk tempe yang sudah sedikit busuk.

Adanya proses pembusukan tempe, membuat tempong memiliki rasa nikmat yang unik. Tempe dicampur kencur, cabai, dan daun kemangi. Selanjutnya adonan dibentuk bulat dan digoreng.

12. Kipo

Kipo

Image Credit: Zonamakan.com

Temanggung memiliki banyak jajanan manis dan salah satunya adalah kipo. Terbuat dari campuran tepung, kelapa, dan gula merah yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Proses memasang kipo selanjutnya adalah membakar adonan hingga matang.

Aroma kelapa yang dibakar membuat orang ingin segera menikmati kipo. Tekstur kipo empuk sedikit kenyal dengan rasa yang manis dan gurih. Cocok untuk camilan bersama teh hangat atau untuk oleh-oleh dari Temanggung.

13. Perkedel Kimpul

Perkedel Kimpul

Image Credit: Cookpad.com

Bahan utama perkedel ini bukan kentang, melainkan kimpul atau talas. Setelah talas direbus dan empuk, talas ditumbuk hingga halus dan kemudian dicampur bumbu. Ada campuran merica, bawang merah, dan pala untuk bumbu perkedel.

Proses memasaknya seperti perkedel pada umumnya yaitu digoreng. Rasanya tidak kalah lezat dengan perkedel kentang. Cita rasa rempah dan tekstur yang gurih membuat perkedel kimpul banyak disukai.

14. Corobikang

Corobikang

Image Credit: Zonamakan.com

Kue tradisional ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, dan tepung kanji. Tekstur kue ini lembut dan rasanya manis. Selain itu, tampilan kue corobikang cukup menarik dengan warna-warni seperti cokelat, hijau, dan merah.

Adonan corobikang dimasak hingga matang dan merekah. Jajanan lezat ini bisa menjadi oleh-oleh dari Temanggung yang murah meriah. Corobikang dapat dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat saat bersantai.

15. Jali Temanggung

Jali Temanggung

Image Credit: Satriabajahitam.com

Panganan yang satu ini berbahan dasar beras ketan yang direbus hingga matang seperti nasi biasa. Bedanya untuk jali ini teksturnya lebih lengket. Rasanya manis dan tentu mengenyangkan.

Penyajian jali ini umumnya diberi taburan kelapa parut dan gula merah cair. Rasanya semakin gurih dan legit untuk dinikmati dengan minuman hangat. Bisa juga dijadikan buah tangan atau oleh-oleh saat nanti akan pulang dari Temanggung.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Temanggung yang dapat dibeli sebagai buah tangan untuk orang dirumah. Sebagian besar makanan tradisional ini pun murah dan terjangkau sehingga bisa memborong banyak oleh-oleh khas dari daerah penghasil tembakau tersebut.