Candi Plaosan, Candi Kembar yang Kaya Pesona di Klaten

Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan situs budaya yang masih terjaga kelestariannya di Klaten. Kompleks candi yang kaya pesona peninggalan pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram.

Lokasi: Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten.
Map: Cek Lokasi

Candi kembar ini terletak di lokasi Jawa Tengah telah dibangun sejak pertengahan abad ke-9 dan didirikan oleh umat Hindu. Candi ini dilengkapi dengan lapangan atau biasa disebut dengan halaman yang cukup luas dengan rumput yang subur. Objek wisata ini memiliki 2 buah induk candi yang terletak saling bersebrangan.

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan kesini, Anda wajib menyiapkan kamera atau handphone untuk mengabadikan setiap spot pemandangan sebagai kenang-kenangan. Anda juga harus menyiapkan energi yang cukup agar bisa menjelajahi seluruh kawasan candi.

Sebelum mengunjungi objek wisata satu ini, Anda harus mengetahui seluk beluknya agar sesuai dengan ekspektasi Anda. Berikut ini beberapa informasi rinci mengenai objek wisata Candi Plaosan yang perlu Anda simak dengan baik.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Plaosan

Daya Tarik Candi Plaosan

Image Credit: Facebook.com @jogjaku

Candi ini tentunya memiliki suatu daya tarik tersendiri yang mampu membuat para wisatawan tertarik untuk melakukan kunjungan. Selain memiliki pesona alam yang tidak bisa diragukan keindahannya, candi ini juga memiliki kelebihan lain yang hanya bisa dijumpai disini.

1. Terdapat Candi Kembar

Objek wisata candi satu ini memiliki 2 buah candi atau tepatnya kembar yang disebut dengan Candi Plaosan Lor (Utara) dan juga Kidul (Selatan) yang keduanya sama-sama banyak dikunjungi oleh para pelancong. Candi yang terletak di utara memiliki 2 candi utama dimana terletak di bagian selatan dan utara.

Candi induk bagian selatan memiliki hiasan relief berupa gambar laki-laki. Untuk candi induk di bagian utara memiliki hiasan relief yang berbentuk wanita. Untuk candi yang terletak di selatan masih belum diketahui relief apa yang terbentuk karena gambar yang tidak terlalu jelas dan terdapat beberapa bagian yang sudah pudar.

2. Susunan Rapi

Daya tarik dari objek wisata ini berikutnya yaitu susunan batunya yang rapi dan menjulang ke atas. Batuan yang membentuk candi tersusun secara apik dan sejajar sampai ke atas. Hal ini yang seringkali membuat para wisatawan takjub. Candi ini dikisahkan dulunya merupakan tempat yang berupa teras dan digunakan oleh Rakai Pikatan sebagai tempat untuk melakukan ibadah atau sembahyang.

3. Simbol Kerukunan Agama

Candi yang terletak di tengah sawah ini merupakan candi yang dibuat umat beragama Hindu dan diberikan untuk umat Budha. Candi ini dulunya digunakan sebagai Vihara yang merupakan tempat suci untuk melakukan peribadatan bagi umat tersebut. relief yang terukir di dinding candi berasal dari penggabungan kedua arsitektur khas dari kedua agama ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Wonosobo Paling Populer

Unsur arsitektur itulah yang menjadi asal mula muncul simbol kerukunan agama di candi ini. Perlu Anda ketahui, kerukunan beragama telah berlangsung sejak zaman dulu tanpa adanya perebutan wilayah kekuasaan dan pertumpahan darah.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Candi Plaosan

Alamat Candi Plaosan

Image Credit: Google Maps (Mingky Herati)

Destinasi wisata candi ini terletak di kawasan perbatasan antara DIY dan juga Jawa Tengah. Candi Plaosan berlokasi di dekat candi prambanan, tepatnya di Desa Bugisan. Meskipun memiliki lokasi di dekat candi prambanan, akan tetapi candi satu ini masih termasuk dalam destinasi wisata milik Provinsi Jawa Tengah.

Bagi Anda yang berniat melakukan kunjungan kesini dengan kendaraan pribadi, Anda jangan khawatir karena akses jalannya yang sangatlah mudah. Anda cukup menyusuri jalan sepanjang Yogyakarta-Solo dan belok ke arah utara saat sampai di perempatan menuju daerah candi prambanan. Anda harus membelokkan kendaraan ke arah kanan saat melihat penampang dengan tulisan candi plaosan.

Bagi Anda yang memilih menaiki angkutan umum, Anda dapat menaiki bus umum di Terminal Prambanan dengan jurusan Yogyakarta-Solo. Anda juga dapat menaiki bus trans Yogyakarta dengan nomor rute 1A atau 2A. Anda harus berhenti atau turun di Halte Prambanan kemudian menaiki andong, ojek, ataupun jalan kaki untuk sampai ke lokasi wisata.

Syarat untuk memasuki kawasan wisata candi, Anda akan ditarif biaya sebesar Rp 5.000. Wisatawan lokal dan luar negeri atau asing memiliki tarif yang sama. Hanya dengan membayar uang Rp 5.000, Anda dapat menyusuri seluruh kawasan candi. Anda juga dapat secara bebas dan gratis mengambil gambar dengan sesuka hati. Dengan membayar tiket masuk Anda dapat sepuasnya menjelajahi tempat wisata ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Candi Plaosan

Kegiatan di Candi Plaosan

Image Credit: Instagram.com @bagusarf_

1. Menikmati Langit Sunrise dan Sunset

Bagi Anda yang ingin menyaksikan matahari saat terbit dan terbenam, maka wisata candi ini bukan pilihan yang tepat. Akan tetapi, jika Anda mencari spot untuk menikmati keindahan langit sunrise dan sunset sangat dianjurkan untuk mengunjungi objek wisata satu ini. Pemandangan langit jingga dengan pemandangan candi akan membuat Anda terbius dan takjub akan pesonanya.

Candi ini terletak di tengah-tengah ladang dan sawah yang tentunya memberikan efek sejuk dan asri. Suasana senja ataupun fajar akan semakin lengkap jika ditambah dengan pemandangan elok seperti persawahan. Hijaunya sawah yang dipadu dengan warna jingga menjadi salah satu waktu terbaik yang banyak diincar oleh para wisatawan.

BACA:  16 Tempat Wisata di Banjarnegara Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Untuk bisa menyaksikan sunrise dan sunset ini, Anda bisa menyewa penginapan di dekat candi ataupun menunggu hingga sore hari. Seberapa pun lama Anda berada di candi ini, tidak akan diusir atau membayar biaya tambahan. Oleh sebab itu, objek wisata candi menjadi salah satu tempat wisata favorit dengan budget yang minim.

2. Bersantai

Destinasi wisata candi menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin menjauh dari hiruk pikuknya perkotaan. Disini, Anda dapat bersantai sambil duduk di rumput lebat di halaman candi sambil menikmati pemandangan persawahan dan juga ladang penduduk. Dengan memanjakan mata, beban pikiran yang Anda pikul perlahan akan mulai terobati.

Candi ini juga masih jarang dikunjungi karena tempatnya yang tersembunyi, yaitu di tengah luasnya lahan persawahan. Oleh sebab itu, objek wisata cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin bersantai dan terbebas dari beban dan tugas untuk sementara waktu.

3. Bersepeda

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung di objek wisata candi adalah melakukan kegiatan bersepeda. Disini terdapat beberapa rute yang dapat bebas dilewati untuk para wisatawan yang ingin menjelajah dengan menaiki sepeda. Anda dapat memulai dengan melewati daerah Selokan Mataram.

Setiap pagi atau sore hari selalu ada beberapa wisatawan atau masyarakat lokal yang juga melakukan kegiatan bersepeda. Dari daerah Selokan Mataram, Anda akan dibawa untuk memasuki kawasan perkampungan dengan beberapa lahan persawahan yang luas. Disini Anda akan disuguhi pesona alami yang masih bebas dari polusi.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan rute yang terjauh, yaitu mulai dari kawasan Candi Sambisari. Dari candi ini Anda akan melewati candi-candi lainnya dan berakhir di objek wisata Candi Plaosan. Anda akan merasa puas karena mendapat pengalaman baru saat menelusuri dan melihat seluk beluk di sekitar atau di kawasan candi.

4. Menenangkan Hati dan Jiwa

Objek wisata tersembunyi di Jawa Tengah dapat dijadikan sebagai lokasi untuk menenangkan hati dan pikiran. Dengan menghirup udara segar sambil menutup mata, Anda akan merasa sedikit tenang. Suara kicau burung atau suara dari serangga dapat membuat hati Anda semakin menyatu dengan alam. Sehingga beban Anda akan sedikit terangkat dan merasa lega.

5. Hunting Foto

Destinasi Wisata Candi Plaosan memiliki banyak spot unik dan tentunya cocok dijadikan sebagai background foto Anda. disini terdapat beberapa reruntuhan bangunan yang aesthetic yang Anda gunakan untuk mengisi feed pada instagram Anda. Siapapun yang melihat foto Anda dijamin akan takjub dan ingin menyaksikan pemandangan tersebut secara langsung.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Demak Paling Populer

Objek wisata satu ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pemotretan untuk model pakaian atau untuk pre-wedding. Bahkan terdapat beberapa aktif yang melakukan pembuatan video klip di tempat ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa, candi ini memiliki pesona yang tak kalah cantik dengan candi lainnya yang ada di Jawa Tengah.

Anda dapat melakukan hunting foto di daerah yang terdapat banyak batu yang dililit dengan dedaunan. Dengan melakukan foto disini Anda akan mendapatkan hasil berupa kesan mistis yang lumayan kental.

6. Melakukan Penjelajahan

Candi satu ini memiliki halaman atau lapangan yang sangat luas yang dapat bebas Anda akses. Halaman ini ditumbuhi oleh rumput hijau yang lebat yang boleh Anda injak atau lewati. Bagi Anda yang suka menjelajahi banguna atau runtuhan bangunan di kawasan candi ini terdapat runtuhan bangunan yang dapat Anda jelajahi dan Anda telusuri.

Disini Anda akan menyaksikan pemandangan layaknya masa lampau karena reruntuhan bangunan tersebut yang sangat alami. Runtuhan tersebut ditumbuhi dan dililit oleh tumbuhan liar yang semakin menambah kesan sejarah. Anda dapat menelusuri seluruh kawasan candi sambil menikmati udaranya yang masih segar dan sejuk.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Candi Plaosan

Fasilitas di Candi Plaosan

Image Credit: Google Maps (Pradhita Wahyu Setyawan)

Pengelola kawasan wisata budaya situs candi ini menyediakan beberapa sarana dan prasarana yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan saat berada di Destinasi wisata ini. Fasilitas yang disediakan dibangun dengan tujuan untuk membuat para wisatawan merasa nyaman dan betah di wisata ini.

Disini Anda akan menjumpai pusat kuliner klaten yang menjajakan aneka makanan tradisional maupun jajanan ringan. Anda dapat membelinya dengan harga yang relatif murah. Banyak orang yang menjajakan dagangan mereka berbaris rapi di sepanjang jalan menuju kawasan candi. Anda dapat melakukan wisata budaya dan dibarengi dengan wisata kuliner.

Pihak pengelola juga menyediakan Layanan Pusat Informasi yang dapat membantu Anda saat ingin menanyakan lokasi tertentu. Bagi Anda yang beragama muslim, Anda jangan khawatir. Sebab, disini juga telah tersedia musholla yang dapat bebas digunakan untuk tempat beribadah.

Fasilitas umum lainnya yang disediakan di tempat wisata ini yaitu toilet umum berbayar dan juga area parkir yang sangat luas. Parkir disini dikenakan sedikit biaya sebagai bentuk keamanan dan penyewaan tempat.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda baca dan pahami sebelum melakukan perjalanan ke Candi Plaosan. Saat berada disini, Anda harus selalu menjaga sikap dan sopan santun saat menjumpai para penduduk disana. Pastikan juga Anda selalu menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya agar tidak merusak keasrian lingkungan tersebut.