Pantai Kartini, salah satu wisata bahari yang menakjubkan di Jepara. Kawasan pantai yang dilengkapi beragam wahana permainan menarik ditambah kehadiran Kura Kura Ocean Park.

Lokasi: Desa Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara.
Map: Cek Lokasi

Jepara merupakan daerah yang terkenal akan ukirannya. Namun, tidak hanya ukirannya saja, ternyata daerah ini juga menyimpan sebuah pantai yang Indah, yakni Pantai Kartini namanya. Nama Pantai Kartini berasal dari nama pahlawan pejuang emansipasi wanita Indonesia, yaitu Raden Adjeng Kartini.

R.A. Kartini lahir di Jepara, karena jasa beliau kini kaum wanita Indonesia memiliki kesetaraan derajat dengan kaum pria. Tidak heran jika namanya menjadi inspirasi lokasi wisata yang indah. Pantai dengan laut yang tenang ini terletak di sisi utara Pulau Jawa. Lokasi ini menyuguhkan panorama alam memesona yang dapat membuat wisatawan jatuh cinta.

Selain pantai, wisatawan dapat menemukan gazebo-gazebo yang menjorok ke arah laut menghiasi kawasan wisata ini. Wisatawan akan dibuat terpukau oleh berbagai macam keindahan alam dan wahana yang ada di objek wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kartini

Daya Tarik Pantai Kartini
Image Credit: Kompas.com

1. Pantai yang Eksotis

Pantai dengan air yang jernih dan bersih serta hamparan pasir putih akan memanjakan mata wisatawan yang berkunjung. Pada waktu-waktu tertentu wisatawan dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam dari pertemuan laut dan matahari ketika sunset atau matahari terbenam.

2. Pemandian

Di sisi barat dari Pantai Kartini terdapat sebuah pemandian. Orang-orang sekitar mempercayai jika seseorang mandi di pemandian itu maka segala macam penyakit yang di derita oleh orang tersebut akan hilang.

Penyakit-penyakit tersebut antara lain seperti rematik, paru-paru, dan berbagai penyakit kulit lainnya. Hal tersebut membuat para wisatawan yang berkunjung ikut mempercayai dan mencobanya.

3. Gazebo di Area Pantai

Yang menarik perhatian pantai ini yakni adanya gazebo-gazebo yang berjajar di pinggiran pantai. Gazebo atau balai bengong yang dibuat terpisah berjajar dihubungkan oleh sebuah jembatan melengkung semi permanen yang mempercantik kawasan wisata ini.

Duduk santai di gazebo saat matahari terbenam bisa jadi ide menarik untuk dilakukan. Apalagi jika sambil menyantap bekal dari rumah atau membelinya di area sekitar pantai.

Daya Tarik dari Pantai Kartini
Image Credit: Instagram.com @kemanaid

4. Kura-Kura Ocean Park

Terdapat gedung yang didesain berbentuk kura-kura raksasa dengan bagian dalamnya terbagi menjadi dua lantai. Wahana ini menawarkan sarana rekreasi sekaligus sarana edukasi. Wahana ini sangat bagus bagi anak-anak. selain berwisata, anak-anak dapat mempelajari ekosistem laut dengan cara yang asik.

Pada lantai satu wisatawan akan menjumpai taman laut berupa akuarium besar dengan lorong bawah laut. Ketika wisatawan menelusuri lorong tersebut, wisatawan akan menyaksikan kehidupan di bawah laut yang memukau dengan beraneka ragam biota laut.

Di tempat ini wisatawan akan disambut oleh ikan Kerapu, Ikan Buntal, ikan Pari, ikan hiu, Penyu, Angel Fish, Dotty back hingga aneka ragam terumbu karang. Selain akuarium berukuran besar, terdapat 12 akuarium dinding dengan 4 buah akuarium portabel yang isinya aneka jenis ikan air laut dan air tawar berukuran kecil.

Di lantai satu ini terdapat sebuah touch pool yang berisi ikan air tawar dan kura-kura sehingga wisatawan dapat menyentuh dan bercengkrama dengan kura-kura tersebut. Terdapat fish spa sehingga wisatawan dapat merefleksikan diri dengan merendam kaki di dalam kolam yang berisi ikan Garra Rufa dari Turki. Di spot ini tersedia papan informasi touch screen untuk belajar.

Sedangkan, pada lantai dua terdapat spot edukasi untuk anak-anak. Banyak hal menarik yang dapat ditemukan di tempat ini, antara lain kipas angin tanpa baling-baling, simulator pesawat terbang, peraga sensor tepuk dan sensor gerak serta sarana lainnya. Hal yang paling menarik dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah IMAX Deep Sea 3D.

5. Pulau Panjang

Di sekitar kawasan wisata ini terdapat objek wisata lain yang dapat disambangi salah satunya, yaitu Pulau Panjang. Pulau ini berperan sebagai suaka alam flora fauna yang dilindungi oleh pemerintah.

Pemandangan di pulau tersebut juga sangat memesona ditambah dengan pasir putih yang indah. Untuk bisa menuju lokasi, Anda harus menyebrangi lautan dengan menggunakan perahu motor yang disewa oleh pengelola pantai.

6. Aneka Macam Wahana

Selain Kura-Kura Ocean Park, pantai ini dilengkapi dengan aneka macam wahana menarik lainnya yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain. Wahana yang tersedia di area ini seperti spoor mini, pesawat terbang TNI AU, rumah kecek, dan lain-lain.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Kartini

Rute Pantai Kartini
Image Credit: Google Maps (Andre Jbs)

Pantai Kartini terletak di Kabupaten Jepara, Lebih tepatnya Desa Bulu, Kecamatan Jepara. Kawasan wisata ini dibuka setiap hari. Untuk jam operasional, kawasan ini dapat diakses 24 jam. Objek wisata ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Jalanan menuju Pantai Kartini sudah cukup bagus sehingga akan membuat nyaman dalam berkendara. Terdapat beberapa rute yang dapat dipilih oleh wisatawan. Jika berangkat dari pusat kota Jepara ambil arah barat dengan jarak tempuh kurang lebih sepanjang 3 Km.

Sedangkan, apabila berangkat dari Semarang rute yang ditempuh untuk menuju ke Pantai Kartini dengan menggunakan kendaraan pribadi adalah Semarang – Demak – Jepara. Di sepanjang terdapat petunjuk jalan untuk mempermudah dalam menuju ke lokasi objek wisata.

Setelah tiba di kota Jepara ambil arah barat dengan jarak tempuh kurang lebih sepanjang 3 Km. Jika berasal dari luar kota wisatawan bisa menggunakan kereta api dengan tujuan stasiun Tawang atau menggunakan pesawat terbang dengan mendarat di Bandar Udara Ahmad Yani. Kemudian melanjutkan perjalanan Semarang – Jepara dengan menggunakan travel atau taksi.

Pilihan lain wisatawan bisa menggunakan transportasi umum berangkat menggunakan bis dari Terminal Terboyo di Kota Semarang dan berhenti di Terminal Jepara. Dari Terminal Jepara dapat berjalan kaki dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit atau menaiki becak.

Harga Tiket Masuk Pantai Kartini Jepara

Harga Tiket Pantai Kartini
Image Credit: Facebook.com @infoseputarkudus

Harga tiket masuk area wisata ini terbagi menjadi dua kategori yaitu ketika hari biasa dan weekend. Pada hari biasa wisatawan akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- sedangkan, pada weekend wisatawan akan dikenai tarif Rp 7.500,-.

Bagi wisatawan yang ingin memasuki Kura-kura Ocean Park akan dikenai tarif Rp 12.500,- pada hari biasa sedangkan, ketika weekend akan dikenai tarif Rp 17.500,-. Untuk yang tertarik berkunjung ke pulau Panjang, Anda dapat menyewa perahu motor dengan tarif Rp 50.000 – Rp 70.000 per orang.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir. Biaya penyimpanan untuk motor sebesar Rp 2.000,- sedangkan, untuk mobil sebesar Rp 5.000,- Dan untuk bis sebesar Rp 10.000,-.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Kartini

Kegiatan di Pantai Kartini
Image Credit: Instagram.com @shelter_and_bivak

1. Bersantai dan Berjemur

Kegiatan asik yang dapat dilakukan di tempat ini adalah duduk santai ataupun berjemur di bibir pantai. Sembari bersantai dan berjemur bisa menikmati panorama indah dan desiran ombak yang bergulung memberikan ketenangan membuat rileks wisatawan.

Di waktu sore menjelang malam wisatawan bisa menyaksikan keindahan langit berwarna oranye ketika matahari terbenam. Selain di tepi pantai, wisatawan dapat bersantai di Gazebo sembari bercengkrama dengan orang yang diajak ke tempat ini.

2. Berenang dan Berekreasi di Pantai

Kegiatan utama yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke pantai ini adalah berenang. Selain berenang banyak hal menarik lainnya yang berkaitan dengan air seperti melakukan permainan air. Wisatawan dapat berekreasi dengan bebas di tempat ini.

3. Berkunjung ke Wahana di Sekitar Pantai

Objek wisata ini dilengkapi wahana pantai seperti Wave House, Bianglala, Rumah Bajak Laut, dan sebagainya. Selain wahana pantai, tersedia aneka macam wahana rekreasi dan edukasi membuat wisatawan ingin berada disini dalam waktu yang lama.

4. Mengunjungi Pulau Panjang

Bagi wisatawan yang belum puas berwisata di satu tempat dapat berkunjung ke objek wisata lain di sekitar pantai ini, yakni Pulau Panjang. Untuk kesana, Anda bisa menaiki kapal motor yang sudah disediakan pengelola dengan membayar biaya sewa.

5. Mandi di Pemandian

Wisatawan bisa mandi di pemandian yang ada di kawasan pantai yang diyakini oleh penduduk setempat dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

6. Berburu Kuliner di Pantai

Setelah beraktivitas seharian di tempat wisata ini, berburu kuliner merupakan pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lapar sembari beristirahat. Di kawasan pantai tersedia warung makan yang menyajikan makanan laut atau berbagai menu lain. Wisatawan juga bisa menikmati es kelapa muda.

7. Berburu Oleh-Oleh

Wisatawan bisa membeli oleh-oleh di toko souvenir yang tersedia di area pantai ini untuk diri sendiri sebagai kenang-kenangan atau membagikannya sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman dekat.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Kartini

Penginapan di Pantai Kartini
Image Credit: Booking.com

1. Penginapan Mulyo Kartini

Penginapan Mulyo Kartini merupakan tempat penginapan yang berjarak kurang lebih 0,44 km dari Pantai Kartini. Penginapan ini tepatnya berlokasi di Pusat Kota Jepara. Selain dekat dengan pantai kartini Penginapan Mulyo Kartini dekat dengan Terminal Jepara berjarak kurang lebih 1,63 km.

2. Samudra Hotel & Resto

Samudra Hotel & Resto merupakan tempat penginapan yang berjarak kurang lebih 0,55 km dari Pantai Kartini. Penginapan ini tepatnya berlokasi di Pusat Kota Jepara. Penginapan ini memiliki berbagai macam fasilitas.

Fasilitas utama yang disediakan antara lain pendingin ruangan (AC), Resepsionis 24 jam, Wi-Fi, dan area parkir. Selain itu, masih banyak fasilitas lainnya yang tersedia disini.

3. Seaside Villa

Seaside Villa merupakan tempat penginapan yang berjarak kurang lebih 2,11 km dari Pantai Kartini. Jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi wisata.

Penginapan ini memiliki berbagai macam fasilitas yang memadai. Fasilitas utama yang disediakan antara lain restoran, pendingin ruangan (AC), Wi-Fi, dan area parkir yang nyaman.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Kartini Jepara

Fasilitas di Pantai Kartini
Image Credit: Google Maps (Andry Fernandus)

Fasilitas di kawasan wisata ini bisa dikatakan cukup lengkap. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya terdapat rumah makan, kamar mandi, gazebo, penginapan dan hotel di kawasan wisata ini, dan sebagainya.

Selain itu, disini juga tersedia jasa sewa permainan anak mulai dari sepatu roda hingga scooter. Untuk menikmati jasa sewa wisatawan akan dikenai biaya tambahan yang tentunya terjangkau.

Itulah beberapa info menarik mengenai wisata Pantai Kartini yang berlokasi di Kabupaten Jepara. Jika Anda sedang berada di sekitar Jepara, tidak ada salahnya jika Anda mampir ke pantai yang cantik ini. Selain murah, pemandangan laut yang ada disini tidak kalah dengan pemandangan laut di pulau Bali.