Pantai Bandengan, Pantai Pasir Putih yang Memesona di Jepara

Pantai Bandengan Jepara

Pantai Bandengan Jepara yang kerap disebut Tirto Samudro memiliki panorama alam yang indah mempesona. Termasuk dalam jajaran pantai pasir putih yang menawarkan banyak spot foto keren.

Lokasi: Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara.
Map: Cek Lokasi

Jepara terkenal dengan jajaran pantai pasir putihnya yang memukau. Salah satu pantainya yang ramai dibicarakan adalah Pantai Tirto Samudro, atau yang disebut Bandengan. Pantai ini dikelola oleh pemerintah daerah bersama dengan masyarakat setempat sehingga kualitas wisata serta keindahan alam pantainya yang ditawarkan tidak berubah sejak dahulu.

Selain pantainya yang indah, tempat ini juga memiliki banyak unsur sejarah yang dapat digali karena menarik. Konon R.A Kartini pernah berkunjung ke tempat ini bersama temannya. Selain itu, Sunan Nyamplungan, anak dari Sunan Muria yang sedang menyebarkan ajaran Islam kebetulan melewati pantai penuh ikan bandeng ini dan menamainya Bandengan.

Pantai Bandengan yang kental akan mitos ini selalu ramai pengunjung baik di hari biasa maupun hari libur. Pasalnya wisatawan yang datang dapat menikmati pemandangan pantai yang mempesona sembari menjajal banyaknya wahana yang ditawarkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bandengan

Daya Tarik Pantai Bandengan

Image Credit: Facebook.com @wisataweb

Pantai ini memiliki laut yang jernih, pasir putih kecoklatan yang menawan dan bersih yang tidak kalah dari pantai-pantai di Pulau Dewata. Kemudian tidak hanya menawarkan panorama yang mempesona tetapi juga berbagai hal seru yang membuat kunjungan lebih menggembirakan.

1. Pemandangan Pantai yang Mempesona

Pantai ini terkenal dengan pemandangannya yang mempesona yang bahkan bisa disandingkan dengan pantai-pantai terkenal di Indonesia. Apalagi dengan jajaran pohon kelapanya yang meneduhkan.

2. Sunset dan Sunrise yang Menawan

Berada di hamparan garis pantai Jepara yang luas membuat wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan indah sunset dan sunrise sekaligus dari satu tempat.

3. Pilihan Wahana yang Beragam

Pengelola Pantai Bandengan menyediakan pilihan wahana air yang beragam. Mulai dari wave house untuk berselancar, banana boat, pelampung unik, ski air, kano, dan masih banyak lagi. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan di pinggir pantai dengan ATV.

4. Pesona Pulau Panjang

Untuk Anda yang ingin mencoba berkunjung ke Pulau Panjang, Anda bisa mengikuti kapal Sapta Pesona yang disiapkan untuk wisatawan dari pantai ini ke pulau tersebut.

Daya Tarik dari Pantai Bandengan

Image Credit: Instagram.com @haidar_dzaky_kelik19

5. Spot Foto yang Menarik

Selain pemandangannya, wisatawan dapat memiliki spot-spot unik di tempat ini untuk berfoto. Salah satunya adalah icon hati yang menghadap ke arah pantai, sandal raksasa, serta tulisan nama pantai yang sangat ikonik.

6. Menjadi Tempat Penyelenggaraan Festival

Tempatnya yang strategis dan lengkap dengan pemandangan yang indah membuat banyak penyelenggara acara yang memilih tempat ini sebagai lokasi festival atau event hiburan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Pati Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Barbeque Pinggir Pantai dan Kuliner yang Lezat

Pantai ini terkenal dengan kekayaan lautnya yang melimpah. Anda bisa duduk di pinggir pantai sembari berpesta barbeque bersama keluarga atau memesan olahan kuliner ikan yang khas dari resto pinggir pantainya.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan

Harga Tiket Pantai Bandengan

Image Credit: Facebook.com @infojsr

Pantai cantik ini bertempat di Jl. Jepara-Bangsri, tepatnya di Desa Bandengan, Jepara dan dari tengah kota hanya berjarak 7 km saja. Rute perjalanannya bisa dengan mudah ditempuh baik dengan kendaraan pribadi maupun alat transportasi umum.

Kemudian 10 menit perjalanan dari Jl. Jepara-Bangsri, Anda akan menjumpai pertigaan ke arah pantai. Masuk saja ke pertigaan tersebut dan lurus sampai gapura masuk bertuliskan Pantai Bandengan terlihat.

Jika Anda dari luar Pulau Jawa, Anda bisa mengambil penerbangan ke Bandara A. Yani di Semarang. Baru kemudian melewati Jl. Komdor Yos Sudarso atau Jl. Pantura terus menuju arah Demak lewat Pasar Johar.

Anda lalu melewati Jl. Kudus-Semarang di arah kiri yang akan berlanjut ke Jl. Demak-Welahan dan terus ke Jl. Raya Jepara-Kudus. Begitu masuk ke rute tersebut tinggal mengikuti petunjuk jalan yang ada untuk ke Pantai Tirto Samudro atau Pantai Bandengan.

Wisatawan cukup membayar tiket masuk Rp 7.000,- di hari-hari biasa, dan untuk akhir pekan atau hari libur sebesar Rp 10.000,-. Biaya ini belum termasuk biaya parkir yang mungkin saja dikenakan pada kendaraan Anda dan biaya untuk menaiki wahana yang ada.

Meski buka hingga malam hari, loket pembelian tiketnya hanya buka pukul 08.00 hingga 17.00 WIB saja. Untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan malam di pantai harus datang dan membeli tiket sebelum loket ditutup. Dapat dijadikan catatan bahwa tiket masuk ke area pantai ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Bandengan

Kegiatan di Pantai Bandengan

Image Credit: Google Maps (Semarang Website)

1. Bersantai Sambil Menikmati Pemandangan Pantai

Pemandangannya yang mempesona dapat Anda nikmati sembari bersantai di gazebo, duduk di kursi-kursi pantai, beralaskan tikar ataupun duduk bersentuhan langsung dengan pasirnya yang bersih. Anda dapat menyewa gazebo dengan harga sekitar Rp 50.000,- atau tikar dengan biaya Rp 10.000,-.

2. Melihat Sunset dan Sunrise

Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang ditawarkan pantai ini sangatlah mempesona. Warna jingga yang terlihat di langit berpadu di pinggir pantai sangat indah dan kontras dengan warna biru lautnya sehingga menciptakan pemandangan luar biasa.

3. Bermain dan Berolahraga di Pinggir Pantai

Ada berbagai kegiatan olahraga yang menarik dilakukan di area Pantai Bandengan, seperti voli pantai, golf, jogging, atau bersepak bola.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara Paling Populer

4. Berkeliling Pantai Dengan ATV

Untuk wisatawan yang ingin berkeliling pantai dengan kendaraan, pengelola menyediakan ATV yang dapat digunakan dengan biaya sewa terjangkau. Anda bisa berkeliling selama 15 menit menggunakan ATV hanya dengan membayar Rp 25.000,- saja.

5. Bermain Banana Boat dan Kano

Wisatawan dapat mencoba bermain banana boat dan kano beramai-ramai di laut. Dengan membayar biaya Rp 50.000,- per orang Anda dapat merasakan serunya banana boat. Dan untuk kano wisatawan dikenakan biaya Rp 25.000,- per orang. Tentunya permainan ini sudah dilengkapi dengan alat pengaman dan instruktur yang sudah ahli.

6. Menyewa Jetski

Anda bisa menikmati keindahan yang tersaji dengan berkeliling di sekitar perairan pantai menggunakan Jetski. Anda dapat menyewa jetski seharga Rp 60.000,-.

Kegiatan Menarik di Pantai Bandengan

Image Credit: Google Maps (Birawa Pro)

7. Mencoba Berbagai Wahana Air yang Menegangkan

Wisatawan dapat mencoba wahana yang seru dan menegangkan yang ada dengan harga mulai dari Rp 25.000,-. Wahana yang patut dicoba adalah ski air, water jetpack, flyboard, dan hoverboard.

8. Berselancar dan Bermain Wahana Pelampung

Untuk yang ingin mencoba kegiatan berselancar, disediakan Wave House atau ombak buatan oleh pengelola Pantai Bandengan. Anda juga bisa menyewa pelampung unik bernama donuts dan duck buoy.

9. Kulineran

Wisatawan dapat bersantai sembari mencicipi kuliner pantainya yang lezat. Menu ikan bandeng bakar dan goreng yang ada di pantai ini menjadi pilihan utama yang wajib dicoba.

10. Bermain Bersama Anak di Taman Bermain

Para pengunjung yang datang bersama keluarga tidak perlu khawatir karena terdapat taman bermain di pinggir pantai lengkap dengan perosotan dan ayunan yang bisa di datangi bersama anak-anak.

11. Berwisata ke Pulau Panjang

Dengan biaya mulai dari Rp 100.000,- per orang, Anda bisa berkunjung ke Pulau Panjang yang dekat dengan pantai dengan menggunakan kapal bersama rombongan.

12. Berfoto

Terdapat banyak spot berfoto yang unik di setiap sudut objek wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Bandengan

Penginapan di Pantai Bandengan

Image Credit: Pegipegi.com

1. Love In Hotel & Resort

Penginapan ini berjarak 347 meter dari Pantai Bandengan bisa menjadi pilihan utama Anda ketika menginap. Penginapan ini berada di lokasi yang strategis karena dekat dengan spot-spot wisata populer di Jepara dan wisatawan dapat berkunjung kapan saja karena ada resepsionis yang buka 24 jam.

Dengan harga mulai dari Rp 250.000,- Anda akan mendapatkan fasilitas wifi, transportasi antar-jemput, resto dan layanan kamar 24 jam. Untuk fasilitas kamarnya dilengkapi dengan ruang tv, shower, ac, dan fasilitas lain yang nyaman untuk penyandang disabilitas.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Wonosobo Paling Populer

2. Palm Beach Resort

Resort ini hanya berjarak 457 meter dari lokasi pantai. Selain dekat dengan lokasi wisata lainnya, tempat ini juga dekat dengan terminal dan cocok untuk pengunjung yang suka dengan nuansa menenangkan. Penginapan ini menyediakan pilihan kamar dengan harga mulai dari Rp 310.000,-.

Resort ini menawarkan fasilitas wifi, kolam renang, resto, spa, pantai pribadi, persewaan kendaraan dan jasa antar-jemput. Ada resepsionis dan layanan kamar 24 jam, juga fasilitas penunjang rapat yang lengkap.

3. Bandengan Beach Hotel

Hotel ini berlokasi di Kompleks Wisata Pantai Bandengan dan berjarak 408 meter saja dari pantainya. Berada di pusat kota, tempat ini dekat dengan lokasi-lokasi wisata dan terminal. Hotel ini terkenal murah namun tetap bermutu, bahkan cocok untuk kunjungan bisnis. Biaya kamar di hotel ini mulai dari Rp 175.000,- saja.

Dengan harga terjangkau pengunjung tetap mendapatkan fasilitas lengkap. Fasilitas tersebut antara lain wifi, kafe, resto, area khusus merokok, resepsionis dan layanan kamar 24 jam. Anda juga akan mendapatkan kamar lengkap dengan shower, ac dan tv.

4. Seaside Villa

Villa ini berlokasi di Desa Mulyoharjo dan dekat dengan pantai, terminal, Museum R.A. Kartini, dan berbagai wisata lain di Jepara. Tempat ini cocok untuk backpacker karena biaya kamarnya mulai dari Rp 442.000,- dan memiliki fasilitas lengkap dan nyaman. Villa ini juga terkenal dengan desainnya yang khas dan cantik.

Terdapat fasilitas bisnis lengkap, ruang aerobik, pantai pribadi, resto dan kafe, wifi, persewaan kendaraan dan bar pantai. Untuk kamarnya tersedia ac, pemanas, komputer, kulkas, shower, serta free breakfast. Villa ini mengizinkan membawa hewan peliharaan, memiliki akses lokasi yang mudah, dan sangat ramah terhadap penyandang disabilitas.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Bandengan Jepara

Fasilitas di Pantai Bandengan

Image Credit: Facebook.com @plunqme

Untuk wisatawan yang datang bersama keluarga maupun backpacker sendirian tidak perlu khawatir karena fasilitas di sekitar pantai sangatlah lengkap. Meski berada dekat dengan pusat kota, banyak penginapan dan transportasi dengan harga terjangkau.

Anda juga tidak perlu khawatir karena tersedia berbagai jajanan kuliner khas pantai dan toko souvenir dengan harga yang ramah di kantong. Wisatawan bahkan bisa melakukan tawar menawar harga di tempat ini. Terdapat juga mushola, gazebo, dan toilet atau tempat ganti untuk Anda yang ingin bermain air di pantai.

Pantai Bandengan yang memiliki nama lain Pantai Klein Scheveningen ini merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi di Jepara. Keindahan pantainya yang terlihat dari berbagai sisi selain menarik juga menyenangkan, terlebih dengan fasilitas dan wahananya yang beraneka. Pantai yang berada di sisi utara Kota Jepara ini sangat pas untuk mengisi momen liburan bersama keluarga.