9 Wisata Pantai di Pekalongan Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Pekalongan

Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Pekalongan, Jawa Tengah. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Populer dan Paling Hits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Memiliki Rencana Liburan ke Pekalongan.

Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terletak di pesisir pantai utara Provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan kerajinan batiknya. Sebagai sentra batik, tidak heran jika Pekalongan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang ingin berlibur di pantai utara Jawa Tengah ini.

Selain terkenal dengan kota batik, Pekalongan juga terkenal dengan wisata alamnya yang menarik untuk dikunjungi. Wisata tersebut tidak lain wisata pantai. Ada banyak pilihan wisata pantai yang bisa dikunjungi di kabupaten ini.

Letaknya yang berada di pesisir pantai membuat Pekalongan memiliki banyak destinasi pantai yang cantik. Jika Anda berkunjung kesini, berikut ini rekomendasi wisata pantai yang hits dan populer di Pekalongan yang wajib Anda kunjungi jika berkesempatan mampir ke kota ini.

1. Pantai Slamaran

Pantai Slamaran

Image Credit: Instagram.com @pekalongan_epic

Ingin menikmati suasana pantai yang sejuk dengan berada di bawah naungan pohon pinus? Pantai ini menjadi daftar wajib yang Anda kunjungi. Berlokasi di Kecamatan Krapyak Lor dan masih terletak dalam Kawasan PPN Pekalongan. Dengan harga tiket masuk kisaran 3000-5000 per orang, Anda bisa menikmati seluruh fasilitas yang di sediakan.

Tetapi ketika Anda berkunjung ke pantai ini, disarankan untuk tidak berenang karena ombaknya yang besar sangat berbahaya bagi keselamatan. Konon di Pantai Slamaran ini juga terdapat mitos yang dipercaya sebagai gerbang menuju istana penguasa pantai utara yang dikenal sebagai Dewi Lanjar.

Namun Anda masih bisa menikmati suasana pantai dengan fasilitas bermain pasir yang bersih, menikmati sajian makanan laut di rumah makan pinggir pantai, serta jasa sewa perahu yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling di laut lepas Pantai Slamaran. Pastikan Anda tidak melewatkan destinasi yang satu ini ya!

Lokasi: Kec. Krapyak Lor, Kab. Pekalongan.

2. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana

Image Credit: Twitter.com @ahmadnurussirot

Pantai yang terletak di Kota Pekalongan ini menjadi primadona wisata bagi masyarakat lokal loh. Pantai yang beroperasi mulai pukul 06.00-21.00 WIB ini memiliki banyak wahana dan taman bermain untuk anak-anak. Jadi sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Salah satu momen yang dinanti dan diminati adalah ketika tenggelam matahari, banyak pengunjung yang masih bertahan hingga larut malam demi melihat matahari terbenam di ujung pantai. Mereka menikmati momen tersebut di jembatan cinta yang terhubung dari bibir pantai.

BACA:  25 Tempat Wisata di Kudus Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pantai ini sangat layak dikunjungi karena kebersihan tempatnya. Selain itu, masih banyak fasilitas lain yang disediakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan untuk memanjakan para wisatawan.

Salah satunya hiburan berupa panggung kesenian terbuka yang digelar tiap Jum’at Kliwon. Tiap bulannya pada hari tersebut, pihak pengelola selalu menggelar acara pentas konser dangdut atau pun pagelaran bulanan.

Anda juga bisa menemukan fasilitas becak air dan banyak sekali warung makan yang menyediakan makanan ringan disertai tempat makan lengkap dengan batu yang terbuat dari beton, ala-ala restoran pinggir pantai gitu. Fasilitas ibadah seperti mushola dan dan kamar mandi juga tersedia di sini. Jangan sampai destinasi ini Anda lewatkan ya!

Lokasi: Panjang  Wetan, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan.

3. Pantaisari Pekalongan

Pantaisari Pekalongan

Image Credit: Google Maps (Budi Saputra)

Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Pekalongan. Wisata ini buka pada pukul 06.00-17.30 WIB dan dibuka untuk umum.

Fasilitas yang akan Anda dapatkan antara lain snorkeling, toilet, beragam kuliner di sepanjang jalan pantai dan lain-lain. Jadi, jika tidak membawa bekal, Anda tidak perlu khawatir kelaparan. Selain itu di wisata ini pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di pesisir pantai.

Untuk bisa menikmati pemandangan di pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir. Dan untuk Anda yang hobi memancing, Anda juga bisa memancing ikan di pinggir pantai.

Agar bisa menikmati suasana pantai yang cantik dan bermain pasir, sebaiknya Anda datang ke pantai ini di pagi hari. Pasalnya, jika sudah memasuki jam 11 siang ke atas, permukaan air laut akan naik.

Lokasi: Panjang Baru, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

4. Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto

Image Credit: Facebook.com @wisatapantaiwonokerto

Destinasi Andalan Kabupaten Pekalongan ini menjadi favorit banyak wisatawan baik lokal atau pun luar kota. Hamparan pasir pantai yang luas serta panorama indah di pagi hari menjadi poin plus wisata pantai ini.

Dengan harga tiket masuk 2000 rupiah Anda sudah bisa menikmati kesejukan pantai dengan rimbunnya pohon pinus yang tertelak di sekitar pantai. Untuk Anda yang ingin berburu foto, di sana juga tersedia spot foto menarik di rumah panggung, cukup membayar 2000 rupiah per orang, Anda bisa berfoto sepuasnya.

BACA:  Candi Pawon, Pesona Candi Peninggalan Masa Klasik di Magelang

Kelaparan? Anda tak perlu risau. Di sana terdapat banyak kedai dengan menyediakan makanan ringan dan gazebo yang menghadap ke pantai. Dengan begitu, kita bisa menikmati makanan bersama suasana pantai diiringi angin sepoi-sepoi.

Pantai yang berlokasi di Desa Wiradesa, Kabupaten Pekalongan ini mudah dijangkau karena aksesnya yang mudah serta letaknya yang tak jauh dari jalanan pantura. Jika Anda ingin menikmati tenggelam dan terbitnya matahari, pantai ini menjadi daftar wajib yang tidak boleh Anda lewatkan untuk mengunjungi.

Lokasi: Wonokerto Kulon, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan.

5. Pantai Krematorium

Pantai Krematorium

Image Credit: Twitter.com @kotabatik

Mungkin terdengar cukup aneh dan seram, tetapi pantai ini sama sekali tidak menyeramkan kok. Dinamakan krematorium karena menurut info yang beredar, pantai ini merupakan salah satu kawasan yang digunakan untuk membuang hasil pembakaran proses kremasi.

Meski pantai ini sering digunakan ritual yang demikian, tetap saja menarik perhatian wisatawan lokal maupun luar kota. Pantai ini cocok sekali untuk Anda yang mencari tempat instagramable. Selain itu kerap juga digunakan untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang keren banget.

Harga untuk masuk ke pantai ini gratis, Anda hanya cukup membayar parkir kendaraan saja. Lokasi pantai ini berada di Desa Kandang Panjang, Pekalongan Utara tak jauh dari Hutan Mangrove Pekalongan, dan masih satu garis pantai dengan Pantai Pasir Kencana serta Pantai Asri Api-Api.

Lokasi: Kandang Panjang, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

6. Wisata Mangrove Park Pekalongan

Wisata Mangrove Park Pekalongan

Image Credit: Twitter.com @salsachic_

Pekalongan pun juga punya ekowisata hutan mangrove loh. Dibangunnya mangrove park ini sebagai upaya pemerintah mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. Selain juga mencegah abrasi, tumbuhan mangrove ini juga sebagai pembentukan dasar rantai makanan ekosistem makanan laut.

Harga tiket masuk wisata yang berlokasi di Kelurahan Kedung Panjang ini senilai 4000 rupiah saja. Anda sudah mendapatkan banyak fasilitas di wisata ini, banyak fasilitas edukatif dan menyenangkan. Salah satunya adalah wahana lorong cinta, lorong ini terbuat dari deretan tanaman bakau yang rimbun sehingga membentuk lorong.

Untuk Anda yang ingin mengelilingi taman menggunakan banana boat, di wisata ini menyediakan fasilitas tersebut dengan biaya sebesar 10.000-15.000 per orang. Anda pun dapat melihat aneka jenis tanaman bakau dari dekat.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Wonogiri Paling Populer

Lokasi: Kandang Panjang, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

7. Pantai Asri Api-Api

Pantai Asri Api-Api

Image Credit: Google Maps (Totokcah Predator)

Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Ngisik ini terletak di sisi barat Pekalongan. Meskipun belum dikatakan layak untuk dikunjungi karena masih berupa potensi alam dan belum sepenuhnya dikelola, namun potensinya yang sangat menarik membuat wisatawan lokal atau pun luar kota ingin berkunjung dan menikmati keindahan alam.

Seperti pada umumnya, pantai ini memiliki ombak landai dan tidak terlalu tinggi. Sehingga aman untuk digunakan berenang atau bermain air. Pantai yang belum di patok harga tiket masuk alias gratis ini juga menjadi salah satu destinasi wisata untuk melihat matahari tenggelam. Wah, boleh nih masuk salah satu daftar kunjungan Anda!

Lokasi: Api-Api, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan.

8. Pantai Sunter Depok Indah

Pantai Sunter Depok Indah

Image Credit: Instagram.com @maulana.fadli.338

Pantai ini terletak di Kecamatan Siwalan, Pekalongan. Destinasi wisata pantai yang terus dikembangkan pembangunannya kini dilengkapi arena bermain anak dan shelter yang bisa digunakan untuk melihat panorama pantai dari jauh. Kabarnya obyek wisata tersebut akan dilengkapi arena olahraga futsal, voli pantai, dan sirkuit balap motor.

Pantai Depok memiliki pemandangan yang indah dan layak dijadikan destinasi wisata keluarga. Banyak wisatawan lokal yang sering mengunjungi wisata ini karena selain harga tiket masuk yang terjangkau, juga pemandangan pantai dengan nyiur yang berada di sekeliling pantai membuat Anda ingin berkunjung dan menetap di sini.

Lokasi: Depok, Kec. Siwalan, Kab. Pekalongan.

9. Pantai Rejo

Pantai Rejo

Image Credit: Google Maps (Jejak Si Gembul)

Pantai Rejo ini memang belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat sehingga nuansa alaminya masih terasa. Tergolong pantai yang masih baru, Pantai Rejo masih berupa potensi alam. Namun, keindahan pantai ini memang bisa membius siapa saja yang datang.

Mungkin beberapa wisatawan lokal tidak begitu mengenal pantai yang terletak di Wonokerto Kulon ini. Pantai yang berbatasan dengan Pantai Wonokerto ini bisa dibilang belum setenar pantai tetangga. Tetapi keindahan alamnya tidak kalah dengan pantai lainnya.

Lokasi: Wonokerto Kulon, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai di Pekalongan yang wajib Anda jelajahi untuk liburan yang seru. Keanekaragaman alam serta potensi wisata Jawa Tengah menjadikan Pekalongan sebagai salah satu destinasi utama yang tak kalah jauh dengan yang lainnya. Anda wajib memasukkan destinasi tersebut masuk ke daftar tujuan berlibur, jangan lupa ya!