Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Bagaimana jika wisata hutan pinus berada di kawasan pantai? Anda akan menemukannya di Bintan Blue Coral. Destinasi wisata ini tidak hanya menyajikan pepohonan pinus yang menjulang tinggi, namun juga berada di kawasan pantai. Keunikannya ini membuat pengunjung dapat merasakan dua objek wisata sekaligus di satu tempat.

Sebelumnya, kawasan yang baru saja dibuka untuk umum ini merupakan tempat kunjungan bagi turis-turis luar, terutama dari China. Namun semenjak pintu masuk dari Singapura ditutup, wisatawan turun dengan drastis. Hampir terbengkalai, pihak pengelola melihat bahwa tempat ini memiliki potensi mengingat Bintan belum memiliki hutan pinus sebagai destinasi wisata.

Setelah dibersihkan, kawasan Bintan Blue Coral mulai dibuka untuk umum. Dengan menyajikan keindahan hutan pinus dan juga dekat dengan bibir pantai, pengelola juga telah menyediakan fasilitas sehingga memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Kini, destinasi wisata ini menjadi tempat favorit masyarakat Bintan untuk rekreasi dan liburan bersama keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Bintan Blue Coral

Daya Tarik Bintan Blue Coral
Image Credit: Google Maps Channel CKL Lim

Meski baru dibuka untuk umum, tempat ini langsung menjadi destinasi pilihan untuk berlibur dengan keluarga. Sebagai wisata yang murah meriah, kawasan ini juga memiliki daya tarik yang unik dan berbeda dari kawasan-kawasan wisata lain di Bintan. Berikut beberapa daya tarik yang membuat kawasan ini menjadi ramai.

1. Dua Objek Wisata

Biasanya, destinasi wisata hanya memiliki satu objek saja. Berbeda dengan Bintan Blue Coral yang menawarkan dua objek wisata sekaligus. Hutan pinus merupakan objek yang menjadi daya tarik karena wisata yang menyajikan pepohonan pinus memang belum ada di Bintan. Pepohonan pinus yang banyak tumbuh, menjulang tinggi dan membuat kawasan tersebut menjadi sangat segar dan sejuk.

Tidak jauh dari kawasan hutan pinus, pengunjung dapat pergi ke pantai yang menjadi objek selanjutnya. Pantai di kawasan ini memang kecil sehingga tampak penuh oleh pengunjung, namun bersih dan cukup aman untuk bermain air di bibir pantai. Dan meski berada di pantai, pengunjung dapat merasakan udara yang sejuk berkat pepohonan pinus.

2. Tempat yang Nyaman

Destinasi wisata yang masih baru ini sangat nyaman untuk dijadikan tempat rekreasi. Tidak hanya tempatnya yang teduh, kawasan ini juga memiliki spot-spot untuk bersantai. Terdapat meja dan kursi kayu, hammock, dan juga pondok yang dapat disewa oleh pengunjung. Tempat yang nyaman membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati kesegaran dari pepohonan pinus.

3. Spot Foto

Hutan pinus ini juga memiliki spot foto yang menarik dan instagramable. Apalagi ada objek tempat yang dapat dipilih pengunjung sebagai latar foto. Karena banyak spot foto cantik, banyak anak-anak muda yang datang berburu spot foto untuk diunggah di sosial media. Objek hutan pinus yang masih belum ada di Bintan menjadi tempat yang unik dan banyak dicari pecinta fotografi.

Daya Tarik Dimiliki Bintan Blue Coral
Image Credit: Google Maps ardy aliman

4. Seafood

Bagi para pecinta seafood, destinasi Bintan Blue Coral memiliki daya tarik sendiri berupa restoran seafood yang banyak tersebar di kawasan hutan pinus. Banyak menu-menu makanan laut seperti kerang, gurita, udang dan lainnya yang disiram dengan saos khas. Harga yang ditawarkan juga murah meriah. Ada pilihan paket makanan untuk Anda yang datang bersama keluarga.

5. Mandi Busa

Mandi busa merupakan wahana yang disediakan untuk anak-anak. Keseruan mandi dengan busa menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak pengunjung membawa anak-anak untuk mandi dengan busa-busa yang menyenangkan. Wahana ini hanya ada saat Sabtu dan Minggu, hal ini karena pada akhir pekan pengunjung ramai membawa keluarga.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Bintan Blue Coral
Image Credit: Instagram Bintan Blue Coral

Bintan Blue Coral berada di Teluk Bakau yang berada di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Anda dapat menuju ke lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti roda dua maupun roda empat. Jalan untuk menuju ke sana cukup mudah di akses, jalannya juga mulus sehingga mudah dilalui. Di perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan keindahan pepohonan di kanan kiri jalan.

Blue Coral merupakan destinasi wisata yang murah meriah untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga. Bagaimana tidak? Biaya tiket hanya sebesar Rp10.000 saja per orangnya. Untuk anak-anak dibawah 10 tahun, tidak dipungut biaya. Di kawasan ini juga tersedia pondok yang dapat disewa pengunjung.

Harga untuk pondok dengan kapasitas 8 orang hanya dibanderol dengan harga Rp90.000. Sedangkan untuk pondok 5 orang, harga yang dibanderol hanya Rp60.000 saja. Anda juga bisa sekalian menginap di pondok dengan harga yang cukup terjangkau. Sebaiknya Anda memesan pondok jauh-jauh hari karena seringkali habis dipesan oleh pengunjung lain.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bintan Blue Coral

Aktivitas Menarik di Bintan Blue Coral
Image Credit: Instagram Fransisca simanjuntak

Berlibur di Bintan Blue Coral, Anda akan merasakan liburan yang murah meriah namun juga menyenangkan. Anda bisa mengajak keluarga untuk menghabiskan waktu di kawasan destinasi wisata yang baru saja dibuka untuk umum ini. Ada beberapa kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di kawasan ini seperti berikut.

1. Bersantai

Bersantai di kawasan ini sangat nyaman karena udara yang segar. Hutan pinus juga membuat suasana di sekitar menjadi lebih teduh. Anda dapat menikmati makanan dan minuman yang sangat murah meriah sambil duduk di kursi kayu yang sudah tersedia. Anda juga dapat mencoba hammock atau bersantai di pondok yang sebelumnya dapat Anda pesan.

2. Bermain Air

Tidak hanya menikmati segarnya hutan pinus, Anda dapat menuju ke pantai untuk bermain air. Pantai sangat bersih dan cukup aman untuk menikmati segarnya air di bibir pantai. Walaupun pantai ini cukup kecil, sehingga tampak penuh oleh pengunjung, namun sayang sekali jika tidak merasakan air laut di kawasan destinasi wisata ini.

Aktivitas di Bintan Blue Coral
Image Credit: Instagram Bintan Blue Coral

3. Mandi Busa

Kegiatan ini memang hanya disediakan untuk anak-anak, namun sangat menyenangkan dilakukan. Kolam dengan banyak busa akan membuat liburan anak-anak menjadi jauh lebih seru. Untuk menikmati wahana ini juga dibanderol dengan harga yang murah meriah. Meski begitu, kegiatan ini hanya bisa dilakukan jika Anda dan keluarga datang pada hari Sabtu atau Minggu saja.

4. Wisata Kuliner

Pengelola Bintan Blue Coral memang tidak melarang pengunjung untuk membawa bekal makanan dari rumah sehingga lebih menghemat uang saku. Namun bagi Anda yang tidak membawa bekal, Anda masih dapat mengisi perut dengan berwisata kuliner di kawasan ini. Berbagai hidangan seafood dengan harga yang murah meriah disediakan. Makanan ringan juga tersedia untuk camilan.

Dengan harga paket Rp 100.000 hingga Rp 300.000 saja, Anda dapat menikmati berbagai sajian seafood dengan saos khas. Paket ini dapat dinikmati untuk 2 hingga 3 porsi. Ada juga paket untuk porsi yang 6 orang. Jika tidak ingin makanan laut, Anda juga dapat menikmati camilan seperti kentang, pisang goreng dengan minuman teh atau kopi dengan harga yang murah.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Bintan Blue Coral
Image Credit: Google Maps Dari Pengguna Google

1. Pondok

Pondok di sekitar kawasan ini dapat Anda pesan jauh-jauh hari sebagai tempat menginap. Anda tidak perlu lagi keluar kawasan wisata ini. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Anda tinggal menyewa pada pengelola yang nantinya akan menyiapkan kasur di tengah pondok. Per malamnya hanya Rp 200.000 saja untuk satu pondok dengan kapasitas beberapa orang.

2. Bintan Pearl Beach Resort

Penginapan ini cukup nyaman dan memberikan fasilitas yang memadai. Tempatnya tenang dan Anda juga akan mendapatkan kamar dengan view yang bagus. Fasilitas yang disediakan untuk Anda seperti Restoran, kolam renang, dan berada dekat dengan Bintan Blue Coral. Penginapan ini juga ramah anak sehingga Anda dapat membawa keluarga untuk bermalam.

3. LooLa Adventure Resort

Penginapan ini memiliki fasilitas yang sangat memadai dengan harga sewa per malamnya yang sangat terjangkau. Anda juga akan mendapatkan makanan yang lezat bahkan disediakan juga barbeque. Selain berlokasi dekat dengan pantai, Anda juga akan mendapat fasilitas berupa sarapan gratis, WiFi, dan akomodasi kendaraan dari bandara.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata Bintan Blue
Image Credit: Google Maps Radi El Guitarista

Fasilitas yang tersedia di kawasan Bintan Blue Coral cukup memadai. Terdapat toilet dan tempat parkir. Juga ada hammock dan meja kursi kayu untuk Anda bersantai sambil menikmati pemandangan dan suasana yang segar di sekitarnya. Lingkungan yang bersih juga merupakan upaya pengelola untuk memberikan fasilitas berupa kenyamanan bagi pengunjung.

Berbagai wahana juga disediakan. Untuk anak-anak, terdapat mandi busa yang dapat digunakan untuk anak-anak bersenang-senang. Di pantai juga tersedia perahu kano untuk menikmati laut dari dekat. Tersedia juga banyak warung-warung makan untuk mengisi perut. Tersedia banyak sekali menu makanan mulai dari seafood hingga makanan ringan seperti gorengan.

Di kawasan ini juga tersedia pondok untuk berkumpul bersama keluarga. Pondok dapat diisi dengan kapasitas 5 hingga 8 orang. Harganya cukup terjangkau. Pondok ini juga dapat digunakan untuk Anda menginap. Sayangnya, pondok ini harus dipesan jauh-jauh hari karena banyaknya antusias dari pengunjung yang ingin menyewa.

Bintan Blue Coral menjadi wisata unik karena memiliki dua objek wisata. Anda dapat merasakan segarnya hutan pinus dan air laut di pantai. Meski baru dibuka, kawasan ini sudah menjadi wisata favorit yang banyak dikunjungi masyarakat Bintan. Wisata hutan pinus sendiri belum ada di Bintan, karenanya destinasi wisata ini selalu ramai oleh pengunjung.