Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Lintas Timur, Selindung, Kec. Gabek, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pantai Pukan menawarkan spot indah di dalam wisata karena masih dijaga dengan sangat baik. Sepanjang kawasan sengaja diberi tanaman cemara untuk menambah keasrian yang membuat betah. Laut dikenal masih bersih dengan menyimpan segala biota yang menjadi kekayaan dari Pantai ini. Hampir setiap hari kawasan pantai selalu dipadati wisatawan.

Destinasi cantik tersebut memberi spot foto yang begitu menakjubkan. Anda yang ingin berfoto pasti akan mendapatkan hasil potret yang cukup banyak karena keindahan laut selalu memikat. Apalagi pasir pantainya dikenal begitu landai dengan warna putih yang cantik.

Tempat yang menyuguhkan pesona alam tentu menarik untuk menikmati suasana sunrise atau sunset. Namun, di area itu juga menyediakan permainan lain yang cocok menunjang kegiatan para tamu. Selain itu traveller bisa pula bersantai pada pondok Pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pukan

Daya Tarik Pantai Pukan
Image Credit: Google Maps Effendy Farid

1. Cerita Sejarah

Pantai Pukan bukan hanya menjadi wisata alam saja, tetapi menyimpan cerita sejarah yang penting untuk diketahui. Nama Pantai berasal dari bahasa Bangka yang memiliki arti mencari ikan atau mukat. Tempat yang indah ini memang pernah dijadikan sebagai spot menangkap ikan oleh nelayan. Sampai sekarang pun masih banyak nelayan yang ada disana.

2. Kawasan Pasir yang Luas

Wisatawan yang sudah berada di wisata pantai ini akan disuguhi dengan pasir yang luas. Hamparan itu seperti memberi kesan alam yang cantik karena bercorak putih dan bersih. Sepanjang pasir pun terlihat pohon cemara yang sudah tumbuh dengan lebat. Padang pasir memang selalu menawarkan tempat yang cocok untuk bermain ATV atau voli karena begitu lembut.

3. Biota Laut

Pantai Pukan telah banyak diketahui menyimpan biota laut yang tidak terhitung jumlahnya. Biota laut menjadi salah satu ciri khas dari Pantai yang jernih. Para nelayan yang ada di area pun ada yang menjual biota hasil tangkapan untuk buah tangan pengunjung. Jika tertarik Anda juga bisa menyiapkan alat snorkeling agar dapat melihat biota di dalam air laut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Pukan
Image Credit: Google Maps kwh milanisti

Pantai Pukan terletak di Jalan Lintas Timur, Selindung, Bangka Belitung. Berkendara dengan menyiapkan google maps dari smartphone tentu membantu perjalanan yang Anda lakukan. Akses yang diberikan oleh pengelola setempat tampak memadai dilewati kendaraan pribadi. Pada tempat tertentu juga ada angkutan yang disiapkan untuk pengunjung dari luar daerah.

Setiap orang yang datang pasti merasa nyaman karena dapat memilih arah jalan dari rute yang paling mudah. Biasanya para tamu datang dari kota Pangkal Pinang menuju Jalan Permata. Arahkan kendaraan ke area Jalan Depati Hamzah yang memberikan aspal mulus. Lurus sampai menemukan Jalan Lintas Timur dengan memperhatikan tulisan rute Pantai.

Traveller yang sudah berada pada rute tersebut bisa langsung mencari Pantai Pukan karena di sekitar banyak pilihan wisata. Jarak beberapa meter dari Pantai sudah ada papan dari kayu yang menyambut wisatawan dengan tulisan selamat datang. Jika Anda tidak ingin macet sebaiknya menuju lokasi lebih pagi. Ajak teman dekat untuk menemani perjalanan ke lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Pukan
Image Credit: Google Maps Fauzi Bijak Permadi

Pantai Pukan yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat memang menyuguhkan tiket masuk yang tidak mahal. Anda yang datang saat hari senin sampai jum’at tidak perlu membayar tiket masuk karena gratis. Namun, pelancong yang memilih berkunjung ketika sabtu dan minggu maka harus membeli tiket Rp 5.000 saja pada bagian loket.

Biasanya wisatawan juga ditarik karcis parkir jika liburan dengan kendaraan pribadi. Tetapi jangan khawatir karena budget parkir khusus sepeda motor Rp 2.000. Jenis roda empat pun dipatok parkir yang tidak menguras budget karena diperkirakan Rp 5.000. Menikmati liburan akan lebih menyenangkan dengan biaya yang cocok di kantong semua orang.

Beberapa permainan memang telah banyak dijumpai oleh pelancong yang datang. Jika ingin berkeliling pasir dengan ATV maka pengunjung bisa menyewa dan membayar mulai Rp 15.000. Pedagang kaki lima banyak menyebar pada warung tradisional dekat pondok. Traveller yang ingin makan siang di sini dapat berkuliner dengan biaya mulai Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pukan

Aktivitas Menarik Pantai Pukan
Image Credit: Google Maps Vera Pusriani

1. Snorkeling

Menyelam ke laut sambil menemukan panorama terumbu karang memang begitu seru. Kegiatan memacu adrenalin ini akan membuat Anda betah karena banyak biota yang bisa dilihat secara dekat. Snorkeling biasanya butuh alat khusus, jadi traveller harus membawa sendiri. Laut yang bersih dengan gelombang yang tidak tinggi cocok untuk snorkeling.

2. Menunggu Sunset

Pantai Pukan menawarkan kecantikan wisata yang menarik dijadikan sebagai spot menunggu sunset. Pondok bambu yang ada di sekitar pasir cocok untuk tempat melihat matahari tenggelam sambil melepas penat. Sunset yang muncul ketika sore menjelang malam akan memberikan nuansa senja yang begitu indah.

3. Bermain ATV

Beragam permainan seperti ATV tampak berjejer cukup banyak di sudut destinasi. Pasir yang landai membuat permainan ATV semakin seru dicoba. Permainan tersebut juga dikenal murah karena disesuaikan dengan jam sewa ATV. Pengunjung dapat berkeliling melihat kawasan pantai dengan memakai ATV yang sudah dilengkapi alat pengaman.

Aktivitas Menarik di Pantai Pukan
Image Credit: Google Maps Esti Evintawati

4. Mengabadikan Momen

Pantai Pukan memang menyuguhkan destinasi bahari yang mampu memberi kesan menarik. Disana pelancong bisa sesuka hati berfoto karena spot di dalam Pantai gratis. Mengabadikan momen bersama rombongan selalu menjadi kegiatan yang tidak pernah ditinggalkan. Apalagi hamparan pasir serta warna biru dari air laut memberi foto yang memikat mata.

5. Bermain Pasir

Pantai Pukan telah memberikan pesona pasir yang membentang begitu putih. Pasir tersebut masih bersih dari sampah karena pengelola selalu merawat keindahan alam ini. Cuaca cerah yang memancarkan keindahan ke arah pasir semakin membuat semua mata kagum. Jika Anda berkunjung mulai pagi sampai sore maka dapat membawa permainan pasir.

6. Bermain Air

Gelombang dari air laut yang tidak terlalu tinggi cocok dinikmati berenang. Bagi yang takut berenang di laut maka bisa bermain air pada pesisir. Selama bermain air Anda dapat menemukan rumput laut serta kerang yang tersebar cukup banyak. Warna air laut yang masih biru kehijauan semakin memikat hati selama menikmati aktivitas ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Pukan
Image Credit: Google Maps Agus Suprihatin Utomo

Pantai Pukan dirawat dan dikelola dengan baik karena destinasi hits ini sudah memberi fasilitas memadai. Pelancong yang tidak sempat menyiapkan makanan dari rumah dapat membeli aneka kuliner pada tempat wisata. Bahkan disana ada tempat membeli oleh-oleh seperti ikan mentah. Mushola masih bisa ditemui oleh tamu yang ingin beribadah.

Gazebo yang berdiri secara kokoh pada bagian pasir bisa digunakan oleh semua pengunjung. Bahkan pondok atau gazebo langsung menghadap ke laut. Tempat menyewa permainan ATV sudah ada di sebagian pesisir untuk traveller yang ingin berkeliling tanpa jalan kaki. Anda yang ingin membasuh diri dapat memakai toilet yang telah tersedia di dalam Pantai.

Fasilitas lain dari Pantai Pukan bisa dilihat dari tempat menaruh kendaraan yang tidak begitu sempit. Spot piknik dan mendirikan tenda untuk berkemah tampak disediakan. Spot foto instagramable yang menggunakan background dari alam pun mudah dicari. Tempat sampah juga menjadi salah satu fasilitas penunjang yang ada di sekitar.

Demikian penjelasan yang berkaitan dengan wisata Pantai Pukan. Tempat yang menyuguhkan keindahan dari warna biru air laut serta pasir landai semakin memanjakan mata pengunjung. Udara yang masih sejuk pun mudah diperoleh dari pohon cemara. Sehingga jangan ragu lagi untuk berkunjung saat hari tertentu bersama beberapa keluarga.