Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kemuning, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pantai merupakan salah satu tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, seperti halnya Pantai Tanjung Pendam. Memiliki tempat strategis di Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, membuat daerah ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Hembusan angin yang bertiup membentuk gelombang yang berkejaran, suara deburan ombak, pohon yang melambai, pasir putih yang lembut, membuat suasana pantai selalu dirindukan.

Apalagi saat matahari tenggelam, membuat alam seolah menunjukkan kepada manusia, bahwa setelah terang datanglah gelap, setelah kesulitan maka datanglah kemudahan. Berbagai daya tarik yang ada di Pantai Tanjung Pendam ada di sana. Aktivitas yang menarik juga bisa anda lakukan bersama teman atau keluarga, sedangkan fasilitas yang tersedia juga memadai.

Dengan alasan itulah banyak wisatawan yang berkunjung. Terlebih ketika hari libur, suasana padat dan ramai selalu menghiasi. Bagi anda yang suka dengan keramaian, pantai cantik nan eksotis ini wajib dikunjungi. Supaya lebih meyakinkan, berikut sudah kami rangkum beberapa hal penting yang bisa dijadikan alasan utama mendatangi lokasi wisata ini!

Daya Tarik Pantai Tanjung Pendam

Daya Tarik Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps franciscus stefanno

Hal yang wajar ketika seseorang tertarik dengan sesuatu, karena ada daya tarik tersendiri di sana. Seorang cowok tertarik dengan cewek karena cantik, mancung dan lain sebagainya. Begitu juga tempat wisata alam, banyak orang yang pergi berkunjung karena memiliki beberapa daya tarik tersendiri di tempat itu. Oleh karena itu, berikut beberapa daya tarik Pantai Tanjung Pendam yang penting untuk anda ketahui!

1. Pemandangan Alam di Pantai Tanjung Pendam

Pemandangan alam di pegunungan menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan, khususnya bagi mereka yang hobi mendaki gunung. Sedangkan pemandangan alam di pantai, meski tanpa harus berjalan jauh dan mendaki, pemandangan alam juga bisa dinikmati.

Itulah perbedaan saat melihat pemandangan alam di pegunungan dan menikmati pemandangan alam di Tanjung Pendam. Tanpa berjalan jauh dan mendaki, anda bisa menikmati pepohonan hijau, hembusan angin, burung camar berkejaran, para nelayan mencari ikan dan masih banyak lagi yang bisa dinikmati saat berada di pantai.

2. Sebagai Tempat Relaksasi dan Bersantai

Menikmati pemandangan alam di pantai merupakan aktivitas yang cukup digemari dan menjadi alternatif banyak orang. Bising nya nuansa perkotaan, macetnya kendaraan berakibat polusi, menyebabkan rutinitas menjadi penat. Di saat itulah bercengkrama bersama alam di pantai menjadi alternatif.

Menghirup udara segar, mendengar deburan ombak sambil berjalan di atas pasir putih, merupakan relaksasi yang bisa dilakukan saat di pantai. Selain itu, bersantai minum kopi dan menghisap rokok atau minum teh hangat sambil melihat pemandangan alam merupakan aktivitas yang menarik untuk dilakukan.

3. Ada Panggung Terbuka

Lokasi pantai dekat dengan perkotaan menjadi nilai tersendiri karena panorama alam yang indah dan aktivitas wisatawan di sana bisa dilihat banyak orang. Tempat tersebut sangat cocok dan sering digunakan konser musik. Panggung terbuka yang berdiri dengan suara musik yang keluar dari sound system, mengundang banyak orang untuk menyaksikan live music tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps April Popy

Suasana Desa masih menjadi idola karena nuansa alamnya, seperti halnya Pantai Tanjung Pendam. Tempat ini terletak di Desa Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Bagi wisatawan lokal, tempat tersebut mudah di akses karena letaknya strategis di pusat kota. Jalan raya menuju lokasi juga sudah mulus beraspal tanpa lubang atau kendala yang berarti.

Bagi wisatawan dari luar Pulau atau berangkat dari Bandar Udara, jarak tempuh dari Bandar Udara Internasional H.AS. Hanandjoeddin – Tanjungpandan sekitar 14,3 km. Jarak terebut setidaknya membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Setelah dari Tanjungpandan, jarak yang ditempuh menuju lokasi wisata sekitar 4 km dan membutuhkan waktu hanya sekitar 9 menit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps April Popy

Pantai Tanjung Pendam sangat berkualitas dengan berbagai fasilitas yang membuat wisatawan puas. Namun tiket masuk ke lokasi tersebut hanya 2.000 per orang. Harga masuk memang sangat murah, namun kualitas yang disajikan di tempat tersebut tidak murahan, bahkan bisa dikatakan sangat memuaskan.

Untuk memberi kenyamanan dan pelayanan yang memuaskan kepada wisatawan, pantai ini tidak pernah tutup, dalam artian dibuka setiap hari dengan jadwal buka selama 24 jam. Wisatawan bisa datang setiap saat, setiap waktu, dan sangat cocok bagi anda yang galau karena memendam rindu.

Aktivitas yang Menarik di Pantai Tanjung Pendam

Aktivitas Menarik Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps bowo md

Sebagus apapun tempat wisata, namun jika tidak ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan pastinya membuat jenuh dan bosan sehingga ingin segera pulang. Oleh karena itu, aktivitas menarik sangat penting untuk diketahui sebelum berlibur agar berbagai persiapan bisa dilakukan. Berikut disampaikan beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berada di Pantai Tanjung Pendam!

1. Jogging Track dan Taman Bermain

Selain pasir putih bersih yang terhampar rapi di tepi pantai, kawasan tersebut juga dilengkapi dengan tempat berolah raga jogging. Di samping itu, ada juga medan atau track untuk sepeda bagi yang ingin berolah raga sambil melihat keindahan panorama dan sejuknya udara.

Tersedia juga taman bermain anak yang sejuk, segar, dan nyaman. Dengan demikian, anda bisa berkunjung bersama keluarga tercinta untuk menghilangkan rasa lelah. Apalagi jika di taman tersebut bisa dikatakan aman dari berbagai risiko seperti hanya bermain di tepi pantai.

2. Menikmati Kuliner

Masyarakat pesisir atau yang hidup di sekitar pantai memiliki keahlian dalam mengolah hewan laut, seperti ikan dan sejenisnya. Hal ini membuat olahan makanan mereka sangat disayangkan jika terlewatkan. Oleh karena itu, aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat liburan bersama keluarga ke Pantai Tanjung Pendam adalah dengan menikmati kuliner.

Antara masyarakat sekitar dan wisatawan memiliki hubungan simbiosis mutualisme, yaitu saling menguntungkan antara satu dengan lainnya. Saat wisatawan mengalami perut terasa lapar setelah melakukan berbagai aktivitas, di saat itu pula masyarakat daerah tersebut menyediakan atau menjual makanan khas daerah untuk dinikmati.

3. Berburu Kerajinan Tangan

Bagi wisatawan yang ingin membeli sesuatu untuk buah tangan atau mencari barang tertentu untuk dijadikan kenang-kenangan, pantai cantik ini terdapat toko galeri kerajinan tangan. Masyarakat di sekitar pantai tersebut mempunyai keahlian menganyam bambu dengan berbagai bentuk unik dan menarik. Sebagai contoh adalah yaitu seperti tempat sendok, sarang lampu, tempat obat nyamuk bakar dan lainnya.

Sebagian besar hasil kerajinan tangan mereka dijual di toko galeri yang dimaksud. Wisatawan yang penasaran dan ingin membeli barang tersebut bisa mendatangi toko galeri dan belanja sepuasnya. Tidak sedikit wisatawan yang melakukan aktivitas ini, terutama wisatawan asing.

Aktivitas Seru Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps Agus Prianto

4. Melihat Keunikan Budaya Buang Jong

Buang bermakna melepaskan atau membuang, sedangkan Jong adalah Perahu layar. Buang Jong yaitu melepaskan atau membuang perahu layar kecil berukuran sekitar satu hingga dua meter. Hal itu merupakan upacara adat yang dilakukan oleh Suku Sawang Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Aktivitas tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan banyak wisatawan yang mengabadikan kegiatan tersebut dengan mengambil gambar menggunakan kamera DSL atau kamera HP mereka.

5. Melihat Keindahan Sunset

Masih menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke pantai adalah melihat Sunset atau matahari tenggelam. Apalagi bagi wisatawan yang biasa hidup di perkotaan, bangunan tinggi yang sering mereka saksikan menghalangi matahari tenggelam. Berbeda saat di pantai, melihat fenomena alam sunset tersebut sangat jelas dipandang dengan mata telanjang.

Bagi fotografer yang berburu foto, mengambil gambar sunset di pantai merupakan tempat yang tepat. Di sana matahari tampak jelas perlahan langit berwarna jingga hingga gelap gulita. Ambil kamera atau hand phone terbaik, jepret fenomena alam tersebut untuk menghiasi media sosial anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps Rakhmad Ramadhanjaya

Adapun fasilitas pendukung untuk kenyamanan wisatawan ketika mengunjungi Pantai Tanjung Pendam. Tersedianya WiFi cocok untuk pemuda millennial yang hobi bermain game online. Anda bisa bermain bareng bersama teman sambil menikmati sejuknya udara dan keindahan alam di pantai. Ada juga toilet yang bisa digunakan kapan saja untuk keperluan buang air.

Berikutnya adalah Musholla yang bisa dijadikan sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim. Di tempat ini juga disediakan fasilitas warung yang menjual berbagai macam makanan. Kebanyakan makanan yang disediakan dari jenis sea food karena lokasinya memang berada di pantai. Fasilitas lain dan cukup vital adalah tempat parkir dengan biaya yang cukup murah.

Untuk fasilitas pendukung, anda bisa menemukan panggung sebagai tempat hiburan. Tentunya anda juga setuju bahwa tidak semua pantai memberikan fasilitas tersebut. Meskipun tidak terlalu penting bagi sebagian wisatawan, adanya arena olahraga menjadi pelengkap dari fasilitas yang disediakan. Anda bisa menikmati suasana khas pantai sambil menyehatkan badan dengan olahraga tanpa adanya gangguan polusi udara.

Berbagai daya tarik yang ada di Pantai Tanjung Pendam membuat orang semakin penasaran untuk berkunjung ke tempat tersebut. Apalagi jika bisa melakukan aktivitas menarik saat berada di sana, baik dilakukan secara mandiri, bersama teman atau dengan keluarga. Saat fasilitas utama dan fasilitas pendukung memadai, semakin menambah ketenangan, keamanan dan kenyamanan wisatawan.