Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Keindahan wisata pantai tak hanya dimiliki oleh Pulau Bali saja, tetapi Lampung juga memiliki pantai yang tak kalah indah dengan pantai yang ada di Bali. Pantai Dewi Mandapa namanya, pantai ini adalah salah satu destinasi tempat wisata terbaik yang paling direkomendasi terutama untuk para muda-mudi.

Pantai ini terletak di wilayah Padang Cermin, Desa Gebang, Kecamatan Pasewaran, Provinsi Lampung. Lokasinya cukup sulit untuk dilalui, karena jalan yang ditempuh untuk ke pantai itu bukan jalan aspal dan juga tidak terlalu lebar. Tetapi tenang, semua akan terbayarkan dengan keindahan pantai dan objek wisata yang ada di sana.

Karena pantainya yang indah dan objek wisatanya yang menarik sehingga banyak wisatawan baik local maupun mancanegara yang berkunjung kesana. Di sana juga terdapat banyak spot foto yang merupakan salah satu daya tarik dari pantai ini. Mulai dari kawasan Hutan Mangrove, Pulau Cinta yang ada di dalamnya, Dermaga Asmara dan masih banyak lagi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Dewi Mandapa

Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps Ira Sw

Pantai ini memang bukan destinasi wisata satu-satunya di Lampung, namun tak dapat di pungkiri bahwa keindahannya mampu membuat banyak wisatawan terkesima sehingga banyak yang berkunjung kesana. Tak hanya wisatawan local saja, wisatawan luar daerah bahkan mancanegara juga banyak yang berkunjung kesana. Karena Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang tak ada di pantai-pantai lain.

1. Keindahan Alam

Pantai Dewi Mandapa memiliki keindahan alam yang dapat memikat para wisatawan untuk berbondong-bondong datang kesana. Mulai dari pantai yang sejuk dan asri, pasir yang putih, air laut yang berwarna biru semi kehijauan dan rimbunan pohon bakau yang berjajar tegak di pesisir pantai. Sungguh pemandangan indah yang sangat sayang untuk dilewatkan.

2. Pulau Cinta Dewi Mandapa Pesawaran

Salah satu daya tarik pantai ini adalah adanya Pulau Cinta Dewi Mandapa Pesawaran. Pulau cinta ini adalah suatu pulau kecil terdiri dari tumpukan pasir putih dengan bentuk mirip hati yang tampak mengapung di air.

Antara pantai dan pulau ini terdapat jembatan penyeberangan yang terbuat dari kayu. Dibangun gapura mini untuk menyambut para wisatawan. Biasanya para wisatawan menjadikan tempat ini sebagai spot foto.

Selain itu juga di Pulau Cinta ini terdapat balkon unik yang dihiasi payung berbentuk jamur. Di sana kita bisa duduk-duduk di kursi kayu panjang khas kursi untuk berjemur atau sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang dikelilingi dengan hutan bakau.

3. Banyak Spot Foto

Daya Tarik Dimiliki Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps Ira SW

Tak hanya di Pulau Cinta Dewi Mandapa Pesawaran saja yang bisa dijadikan spot foto, banyak area di pantai itu yang dapat di jadikan spot foto. Disekitar pantai, dengan ombak yang berderai di tepi pantai, air laut yang berwarna biru ke hijauan.

Serta rimbunan tumbuhan bakau yang ditata sedemikian rupa hingga seakan-akan mengapung di tengah laut. Di tempat itu juga disediakan satu buah kursi kayu, serta papan yang ditata rapi sehingga sangat aesthetic bila digunakan untuk spot foto.

4. Dermaga Asmara

Ada satu lagi spot foto yang menjadi daya tarik dari Pantai Dewi Mandapa ini, itu adalah Dermaga Asmara. Dermaga Asmara sendiri ialah sebuah dermaga, yang di desain dengan kombinasi bakau dan platform kayu di atas air laut. Dilengkapi dengan pernak-pernik kursi dan payung, kita bisa berfoto sepuasnya di sana, dengan latar belakang Hutan Mangrove yang tak bisa kita dapatkan di tempat lain.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps Nike Mei

Pantai Dewi Mandapa terletak di wilayah Padang Cermin. Lokasinya di Provinsi Lampung, Kabupaten Pesawaran, Kecamatan Teluk pandan, Desa Gebang. Letak pantai ini di Dermaga Ketapang, tengah-tengah jalur penyeberangan dari Pantai Sari Ringgung ke Pulau Pahawang.

Rute yang harus dilewati adalah melalui jalanan kantor pemerintah Kota Bandar Lampung. Perjalanan dari kota Bandar Lampung ke wilayah Padang Cermin cukup lama. Nanti setelah sampai ke Padang Cermin kita akan disambut dengan jalur masuk ke pantai kurang lebih 0,5 km. Jalan inilah yang harus memiliki kekuatan ekstra untuk melewatinya, karena jalan belum diaspal dan jalannya juga tidak lebar.

Namun ada jalan lain, jika kita kesana dari arah Terminal Rajabasa, Bandar Lampung, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1 jam. Jalur yang bisa ditempuh adalah Jalan Pramuka lalu ke Jalan Teuku Cik Ditiro setelah itu ke Jalan Raden Imba Kusuma Ratu. Dari situ kita bisa langsung ke wilayah Padang Cermin untuk pergi ke Pantai Dewi Mandapa.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps Ade N

Untuk bisa mengunjungi Pantai Dewi Mandapa, kita cukup membayar biaya parkir saja. Tetapi, jika ingin menjelajah ke dalamnya, ke Pulau Cinta dan Dermaga Asmara, kita harus membayar tiket masuk lagi. Antara hari biasa dan hari libur memiliki harga yang berbeda.

Pada hari biasa biaya parkir motor dan mobil sebesar Rp 10.000,- dan Rp 30.000,- . Bila hari libur, biaya parkir motor dan mobil sebesar Rp 15.000,- dan Rp 50.000,- .Sementara untuk tiket masuknya sendiri berbeda harga.

Untuk tiket masuk ke Dermaganya kita hanya perlu membayar Rp 5.000,- per orang. Tetapi, untuk masuk ke spot Pulau Cinta, kita perlu membayar tiket masuk seharga Rp 15.000,- per orang. Jika kita hendak kesana, sebaiknya saat hari biasa saja, karena pada saat akhir pekan, bisa dipastikan jumlah pengunjung akan lebih banyak dari biasanya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Dewi Mandapa

Aktivitas Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps Muhammad Fajri

1. Mengambil Foto

Biasanya, tujuan utama sebagian besar para wisatawan berkunjung ke Pantai Dewi Mandapa adalah untuk berfoto. Karena memang spot foto yang disediakan di sana banyak dan aesthetic, sehingga spot foto di sana menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

2. Menjelajah Dermaga

Selain sebagai spot foto, kita juga bisa menjelajah ke Dermaga. Karena pemandangan di sana juga tak kalah indah, jadi bisa memanjakan mata kita.

3. Snorkeling

Bagi pecinta snorkeling, tak perlu khawatir, sebab kita bisa snorkeling di sana. Kita bisa membawa alat snorkeling sendiri atau bisa juga menyewa 1 set perlengkapan snorkeling di sana dengan biaya sewa sekitar Rp 40.000,- saja. Batas aman untuk snorkeling adalah sejauh 100 m dari garis pantai cantik ini. Di sana banyak ikan-ikan kecil, terumbu karang, dan jika beruntung kita akan menemukan ubur-ubur kecil.

4. Berjemur dan Bersantai

Salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan ketika kita ke pantai adalah berjemur. Kita bisa berjemur di tepian pantai atau bisa juga di area Pulau Cinta. Karena di Pulau Cinta juga disediakan balkon unik yang dihias payung bentuk jamur. Di sana kita bisa duduk-duduk di kursi kayu panjang khas kursi untuk berjemur, sambil bersantai menikmati pemandangan pantai yang didominasi hutan bakau itu.

Penginapan Terdekat

Penginapan Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps BATIQA Hotel Lampung

1. Batiqa Hotel Lampung

Salah satu penginapan yang bisa kita tempati ketika berkunjung ke Lampung adalah Batiqa Hotel. Hotel ini mengusung konsep lokal untuk tiap kamarnya. Batiqa sendiri memiliki 108 kamar, 98 Superior Room dan 10 Suites Room. Harganya mulai Rp 530.000,- per malam.

2. Whiz Prime Hotel Ahmad Yani Lampung

Hotel Whiz Prime termasuk hotel bintang 3 yang sering menjadi pilihan para wisatawan jika berkunjung ke Lampung. Memiliki lokasi yang strategis dan fasilitas yang lengkap, kita cukup membayar uang sebesar Rp 420.000,- per malam untuk bisa menikmati fasilitas di sana.

3. Pop Hotel Tanjung Karang

Sebuah pilihan bagi wisatawan yang ingin menghemat pengeluaran. Pop Hotel terkenal sebagai hotel dengan harga yang terjangkau. Meskipun kamar yang disediakan tidak terlalu besar, tetapi cukup nyaman untuk sekedar melepas lelah. Kita cukup membayar uang seharga Rp 280.000,-

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps Santy Julia

Keberadaan fasilitas amat sangat penting bagi sebuah tempat wisata. Begitu pula bagi tempat wisata di Lampung ini. Pantai Dewi Mandapa menyediakan fasilitas yang lengkap bagi para pengunjungnya.

Fasilitas umum seperti area parkir yang luas, kamar mandi, gazebo, tempat makan yang tersebar di sana-sini. Tak hanya fasilitas umum saja, fasilitas pendukung kegiatan wisatawan juga tersedia di sana.

Fasilitas pendukung itu meliputi satu set alat snorkeling, yang disediakan bagi para pecinta olahraga air ini. Area spot foto seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara serta pernak-pernik yang ada di dalamnya yang bisa kita gunakan untuk berfoto dan bersantai. Seperti kursi-kursi, papan, payung untuk berteduh dan masih banyak lagi.

Itu tadi ulasan singkat tentang Pantai Dewi Mandapa. Pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika kita ingin menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga. Walaupun perjalanan yang ditempuh untuk kesana cukup susah dan penuh terjal, tapi semua akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan dan objek wisata yang ada di sana.