Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Mahitam, Ketapang, Batumenyan, Kec. Hanura, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pantai Ketapang Bahari merupakan destinasi wisata alam yang layak anda kunjung ketika liburan tiba. Meski tidak sedikit pengunjung yang datang setiap harinya, objek wisata ini masih terkesan asri dan hijau. Ini dikarenakan banyaknya rerumputan yang tumbuh subur di sekitar pantai, bukan pemandangan yang biasa tentunya.

Pada dasarnya, pantai terkesan kering dan gersang karena air laut yang tidak memungkinkan tanaman untuk tumbuh subur. Tidak demikian kali ini, karena pemandangan begitu hijau menyejukkan mata. Terlebih, ada banyak sekali pohon kelapa yang merupakan tanaman khas pantai. Pohon ini mengelilingi hampir semua lokasi pantai sehingga membuat udaranya menyegarkan.

Mengunjungi sebuah pantai untuk menghabiskan liburan memang layak dilakukan. Ada banyak hal yang anda temukan, yang pasti adalah sesuatu yang berhubungan dengan air. Selain itu, pasir putih menjadi satu hal yang identik dengan destinasi wisata Pantai Ketapang Bahari. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali pantai yang tersebar di seluruh pulau dengan daya tarik masing-masing.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ketapang Bahari

Daya Tarik Pantai Ketapang Bahari
Image Credit: Google Maps Saipudin Saipudin

Membahas mengenai daya tarik, Pantai Ketapang Bahari memiliki banyak hal yang perlu anda ketahui. Mengetahui akan daya tarik cukup penting sebelum mengunjungi objek wisata. Sebagai gambaran awal, berikut ini mungkin bisa membuat niat anda semakin bulat!

1. Gugusan Pulau Eksotis

Kecantikan dan keindahan pantai ini terlihat nyata dengan adanya gugusan pulau yang jelas terlihat dari bibir pantai. Tampak pulau dengan bentuknya yang eksotis dan berjejer rapi. Sementara di sisi lain, perbukitan semakin menyempurnakan pesonanya. Tidak hanya disaksikan, pengunjung bisa menjangkau pulau tersebut dengan transportasi perahu.

Pulau cantik yang terlihat diantaranya adalah Pulau Kelagian dan Pulau Mahakam. Ketika cuaca cerah, pulau tersebut semakin terlihat mengesankan. Perpaduan antara warna hijau dari tumbuhan yang terlihat kejauhan sungguh indah dengan kolaborasi awan biru. Sedikit cuaca mendung berbalut awan putih, pemandangan pun tidak kalah indahnya.

2. Karakter Pantai Ketapang Bahari yang Tenang

Pantai Ketapang Bahari tergolong pantai yang tenang jika dilihat dari karakteristik ombaknya. Jarang sekali ada ombak besar menuju bibir pantai, yang ada hanya riak kecil pertanda angin sepoi-sepoi. Keadaan ini dimanfaatkan sebagian besar pengunjung untuk bermain air di tepi pantai, sambil bermain pasir tentunya.

Anginnya yang berhembus tenang terkadang sedikit melenakan. Pantai ini cocok sekali dijadikan tempat untuk refreshing mengasingkan diri dari aktivitas sehari-hari. Terlebih ketika angin berhembus tenang menyapa sebagian besar kulit. Semakin syahdu, pikiran penat dan galau dijamin hilang seketika.

3. Suasana Asri dan Nyaman

Daya Tarik di Pantai Ketapang Bahari
Image Credit: Google Maps Titisan Pandawa

Daya tarik Pantai Ketapang Bahari selanjutnya yakni dari suasana yang asri dan nyaman. Ini dikarenakan banyaknya pemandangan hijau yang mengelilingi. Rerumputan yang terbentang luas menutupi hampir semua bagian pantai, selain yang dipenuhi pasir putih. Hijaunya suasana semakin terlihat tatkala pohon kelapa berjejer rapi mengelilingi pantai.

Kondisi seperti ini dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai dibawah pohon kelapa. Ketenangan semakin terasa tanpa adanya sengatan matahari yang panas. Sambil menggelar tikar, menikmati makanan dibawah pohon sepertinya menarik dilakukan. Namun tidak dapat di pungkiri bahwa satu hal yang menarik adalah menikmati keindahan pantai secara keseluruhan.

4. Spot Matahari Tenggelam

Hampir setiap pantai yang ada di Indonesia memiliki spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari tenggelam, termasuk Pantai Ketapang Bahari. Di sini, anda mendapatkan panorama alam yang menakjubkan ketika matahari sedang undur diri. Cahaya kuning berganti orange menyinari semua bagian pantai.

Ayang sekali jika pemandangan seperti ini dilewatkan begitu saja. Maka dari itu, banyak pengunjung yang rela menunggu lama untuk menunggu waktu senja. Sambil menunggu, biasanya mereka bermain air terlebih dahulu, atau berganti tempat dengan mengunjungi pulau yang telah disebutkan sebelumnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ketapang
Image Credit: Google Maps Agung Cahyadi Saputra

Pantai Ketapang Bahari berada di Desa Batumenyan, Kecamatan Hanura, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Letaknya di pedesaan, jadi cukup jauh jika ditempuh dari pusat kota. Untuk jaraknya sendiri sekitar 65 kilometer apabila anda berangkat dari Alun-alun Pesawaran. Jarak ini pada umumnya dapat ditempuh selama 1 jam 45 menit dengan kecepatan normal.

Anggap saja saat ini anda berada di pusat kota, rute terbaik yaitu mengambil arah yang menuju ke Tugu Pringsewu. Lanjutan perjalanan menuju ke Jalan Raya Wates, kemudian ke Jalan A Yani. Dari titik ini, anda akan menempuh perjalanan panjang melintasi Jalan Ganjaran. Check poin berikutnya adalah menuju ke Terminal Kemiling Bandar Lampung.

Setelah melintasi sepanjang Jalan Raden Imba Kusuma, silahkan menuju ke Jalan Morotai. Jalanan di sini banyak yang berliku, pastikan anda mengikuti jalan utama supaya tidak tersesat. Rute berikutnya menuju ke Jalan Laksamana RE Martadinata, lalu ke Jalan Way Ratai. Setelah menemukan pertigaan yang menuju ke Dermaga Ketapang, silahkan belok kiri dan tempuh perjalanan 1 kilometer ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Ketapang Bahari
Image Credit: Google Maps Poppy Meliantika Alesia

Harga tiket masuk Pantai Ketapang Bahari tidak dihitung per orang, melainkan per unit kendaraan. bagi and ayang datang dengan mobil, harga tiket masuk yang berlaku sebesar 30.000 rupiah. Untuk pengunjung yang membawa sepeda motor dikenakan biaya 20.000 rupiah. Harga tersebut sudah termasuk tiket parkir, namun belum fasilitas lainnya.

Apabila anda ingin istirahat di pondok kecil yang tersebar di beberapa titik, maka harus membayar lagi sebesar 20.000 rupiah. Penyewaan pondok ini tidak wajib, artinya anda bisa berteduh d bawah pohon kelapa yang rindang. Jika ingin berenang yang aman, ada tempat penyewaan ban karet seharga 5.000 rupiah.

Aktivitas yang Menarik di Pantai Ketapang Bahari

Aktivitas Menarik Pantai Ketapang Bahari
Image Credit: Google Maps Ratu tabumi

Sekilas dari penjelasan diatas tentunya menarik untuk mengunjungi Pantai Ketapang Bahari. Apalagi ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan selama di lokasi. Bicara mengenai aktivitas, berikut adalah rekomendasi bagi yang masih belum mendapatkan ide!

1. Berenang dan Bermain Air

Aktivitas yang pasti dilakukan selama di pantai eksotis ini adalah berenang dan bermain air. Bagaimana tidak, siapa pun yang datang ke pantai pasti ingin membasahi diri dengan air laut. Terlebih, pantai ini tidak begitu membahayakan untuk aktivitas tersebut karena jarang ada ombak besar. Apabila anda ingin lebih aman, silahkan sewa ban yang disediakan di sekitar pantai.

2. Mengunjungi Pulau

Jika sudah puas berenang dan bermain air, pilihan aktivitas berikutnya di Pantai Ketapang Bahari yakni mengunjungi pulau yang ada di seberang mata. Tentunya anda tidak ingin hanya melihatnya dari kejauhan bukan? Untuk mengunjungi Pulau Kelagian dan Pulau Mahakam hanya ada satu transportasi yang telah disediakan, yakni dengan menyewa perahu seharga 30.000 per orang.

3. Berburu Spot Foto

Ada banyak keindahan yang ada di pantai cantik ini, air laut yang tenang dan pasir putih adalah beberapa diantaranya. Selain itu, deretan pohon kelapa juga tidak kalah menariknya. Sayang sekali jika hanya dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan setiap momen keindahannya. Apalagi jika anda menunggu senja, pesona dari sunset dijamin cocok sebagai latar belakang foto.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Ketapang Bahari
Image Credit: Google Maps sumar yn

Dalam hal fasilitas, Pantai Ketapang Bahari tergolong cukup memadai. Ada banyak fasilitas yang bisa anda manfaatkan, semuanya layak digunakan. Contohnya adalah lokasi parkir yang luas, toilet bersih, dan juga mushola. Fasilitas lain yang ditemukan yaitu pondok sebagai tempat istirahat yang nyaman. Warung makan juga ada, bahkan jumlahnya cukup banyak.

Ada banyak cara untuk mengisi liburan, rekreasi adalah pilihan yang tepat. Di Lampung, tidak sedikit objek wisata yang cocok menemani waktu liburan anda. Memilih tempat wisata harus disesuaikan dengan tujuannya. Apabila anda ingin mendapatkan sensasi liburan seru dan menyenangkan, Pantai Ketapang Bahari adalah tempat pertama yang wajib anda tuju.