Benteng Portugis Jepara, Wisata Sejarah dengan Suguhan Panorama Cantik

Benteng Portugis salah satu objek wisata sejarah di Jepara, Jawa Tengah yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menarik untuk dieksplor. Benteng ini menjadi bukti bahwa dahulu telah ada aksi para perjuangan kita.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-20.00, Alamat: Banyumanis, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Jepara ternyata tidak hanya terkenal akan destinasi Pantai Bandengannya saja, akan tetapi ada beberapa tempat yang juga cukup terkenal dan pastinya layak menjadi salah satu pilihan berwisata turis lokal hingga mancanegara. Salah satu diantaranya yaitu sebuah benteng peninggalan portugis yang juga terletak tidak jauh dari pantai yang ada di lautan sekelilingnya.

Meskipun keberadaannya terbilang jauh dari pusat keramaian yang ada di Kota Jepara, akan tetapi tempat wisata sejarah tersebut tidak akan membuat kecewa pengunjung yang hendak berlibur di sana. Akses di sana sekarang terbilang lebih maju dibandingkan dengan kondisi masa lalu. Walaupun jalanannya terdapat bebatuan, tetapi setidaknya telah berlapiskan aspal.

Wisatawan tidak akan merasa rugi tatkala memutuskan berekreasi ke Benteng Portugis, lantaran bangunannya sudah direnovasi ulang. Tetapi, proses tersebut tidak lantas membuatnya kehilangan ciri khas aslinya peninggalan dari para penjajah. Beragam hal juga bisa dilakukan oleh masyarakt yang datang, sehingga liburan pun dijamin tidak akan rugi. Justru hal tersebut membawa perasaan riang di hati.

Daya Tarik yang Dimiliki Benteng Portugis

Daya Tarik Benteng Portugis
Image Credit: Twitter.com @wisatafavorit

1. Kesan Modern Benteng

Lain halnya dengan kebanyakan benteng peninggalan jaman kolonialisme di Indonesia, destinasi tersebut nampak seperti area modern yang dibangun pada waktu perputaran milenium sekarang ini. Hal ini langsung akan dirasakan oleh para pengunjung yang hadir ke sana. Beberapa corak yang ada di dalam bangunan ini memang menjadi faktor mengapa kesan tersebut datang.

Salah satu yang paling nyentrik dari bangunan Benteng Portugis yaitu warna pada bagian depan benteng. Kalau benteng lain pada umumnya menampilkan warna-warna gelap yang memberikan kesan yang sangat tua tatkala masuk ke dalamnya, lain halnya dengan benteng yang ada di Provinsi Jawa Tengah tersebut. Bangunan itu memiliki warna jingga terang yang akan memikat mata orang di sekitarnya.

Dengan warna tersebut benteng ini mempunyai keunikan tersendiri sebagai destinasi sejarah yang begitu berharga. Walaupun mayoritas tampilan modern hanya ada pada bagian luarnya saja, namun justru ini menjadi sebuah sambutan berharga bagi para turis. Tampilan tersebut juga secara otomatis memunculkan titik berfoto di wisata tersebut.

BACA:  5 Air Terjun (Curug) di Karawang Paling Hits Dikunjungi

Selain itu, pada bagian luar sebelum menjangkau gerbang yang berwarna menarik itu, pengunjung harus melewati jalur yang memberikan kesan luar biasa. Bagaimana tidak? Jalur masuknya dibangun seperti jalanan memasuki perumahan elit kelas menengah hingga ke atas. Tentunya wisatawan akan merasakan sebuah liburan di tempat berpenampilan seperti destinasi kelas dunia.

Pada bagian luar Benteng Portugis kebanggaan warga Jepara itu juga ada sebuah bendera merah putih yang berkibar. Tiang bendera memang didirikan di sana untuk menambahkan kesan bahwa ini merupakan saksi bisu dari perjuangan rakyat atas penjajahan yang dahulu pernah terjadi di sana. Kehadiran bendera juga mempertegas kesan sejarah bangsa ini.

2. Panorama Alam Sekitarnya

Mengunjungi benteng ini, maka wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan bangunan tua peninggalan jaman dahulu saja. Akan tetapi, orang-orang juga bisa dengan leluasa menikmati indahnya alam yang ada tidak jauh dari berdirinya benteng itu.

Benteng ini berada masih di area pantai utara Pulau Jawa. Dengan begitu, ketika pengunjung naik ke atasnya, maka akan tersaji sebuah diorama alami lautan yang begitu luar biasa indahnya. Kecantikan alam inilah yang seringkali menarik banyak orang untuk mendatanginya. Pengunjung pun juga bisa berjalan kaki langsung menuju ke pantai terdekat. Jarak yang ditempuh tidak mencapai 10 menit.

Pada bagian atas benteng pun juga terdapat fasilitas penunjang bagi pengunjung untuk mengamati kondisi sekitarnya. Sebuah teropong jarak jauh, yang sejatinya juga peninggalan dari tentara Portugis, beberapa masih bisa digunakan. Bagaimanapun, keberadaannya bisa menjadi latar belakang apik dari potret yang diambil wisatawan.

Di sana juga terdapat pepohonan yang tumbuh rindang dengan kombinasinya bersama batu putih. Keduanya berada di dalam taman tepat di samping benteng. Inilah salah satu jalur yang harus dilewati ketika ingin menyusuri bukit di sana untuk menuju ke lautan. Jalur tersebut tidak lain adalah kumpulan anak tangga dari batuan putih alami.

Daya Tarik Dimiliki Benteng Portugis
Image Credit: Google Maps (Lutpi Ar_Ghubi)

3. Penampakan Pulau Mandalika

Tepat di arah utara Benteng Portugis, ada sebuah bentang alam yang akan membuat wisatawan kagum akan keelokannya. Bentangan tersebut yaitu pulau mungil bernama Mandalika. Tempat ini sangat cocok untuk para pengunjung melakukan berbagai hal untuk menikmati liburan mereka. Pulau ini juga menjadi objek yang pas untuk diamati melalui teropong bagian atas benteng.

BACA:  33 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Dengan pengamatan itu, pengunjung akan melihat sebuah pemandangan indah sebuah pulau. Dari kejauhan juga akan nampak pulau tersebut, dan dapat menjadi salah satu latar belakang yang wajib ada pada beberapa gambar yang diambil di sana.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Benteng Portugis

Alamat Benteng Portugis
Image Credit: Rwitter.com @Aldie_0ne

Lokasi dari benteng tersebut ada di salah satu desa pada Kabupaten Jepara, yaitu Banyumanis. Desa tersebut ada di Kecamatan Donorejo, tepatnya di bagian timur laut Kota Jepara. Jarak dari kota tersebut terpaut lebih dari 40 kilometer. Melihat lokasinya, sebenarnya benteng ini memang cukup strategis menjadi sebuah tempat pertahanan jaman dahulu.

Pengunjung harus melalui perjalanan selama sekitar satu jam untuk sampai ke sana dari jantung keramaian Jepara. Wisatawan perlu mengambil jalan raya untuk menuju daerah Bangsri. Pastikan arah yang diambil sudah menunjukkan timur laut, agar dapat melihat papan jalan yang menujukan jalur terkait.

Jika sudah berada di jalur itu, maka pengujung perlu memasuki jalur yang mengarah langsung ke benteng. Nama jalan tersebut sama dengan nama benteng, yaitu benteng portugis-tayu. Tidak akan kesulitan untuk mencarinya, karena sudah banyak papan informasi bagi para pengguna jalan. Pengunjung perlu membawa kendaraan sendiri, karena tidak ada transportasi publik menuju ke sana.

Untuk mendapatkan akses ke dalam benteng tersebut, maka pengunjung perlu mengeluarkan biaya guna membayar tiket. Harga tiket pada hari senin hingga sabtu adalah Rp 5.000. Tiket akan naik dua kali lipat ketika hari minggu dan juga tanggal merah. Namun, biaya yang murah itu ternyata sudah termasuk tarif parkir kendaraan di sana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Benteng Portugis

Aktivitas di Benteng Portugis
Image Credit: Rwitter.com @NovanSam

1. Menjelajahi Eksotisme Benteng

Bangunan yang sudah berdiri selama berabad-abad lamanya tersebut memang seru jika ditelusuri setiap incinya. Melakukan hal tersebut, maka pengunjung bisa mendapati beberapa keunikannya. Warna benteng yang mentereng bisa dengan dekat dikunjungi. Selain itu, menjelajahi bagian dalamnya juga tidak kalah menarik.

Wisatawan akan merasakan sensasi berada di sebuah tempat yang cukup tua namun memiliki suasana yang tidak sekuno umurnya. Hal ini lantaran bangunan itu dikelola serta dijaga dengan cukup baik. Tampilan yang ada juga cukup bersih sehingga membuat pengunjung merasa nyaman ketika berada di sana. Berlibur di tempat ini memang mendatangkan perasaan tersendiri bagi wisatawan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Wonosobo Paling Populer

2. Menikmati Panorama yang Tersaji Indah

Pemandangan yang tersaji di Benteng Portugis memang begitu menakjubkan. Hal ini seringkali menjadi pusat perhatian pengunjung yang hadir. Tak jarang orang rela jauh-jauh singgah ke sana lantaran penasaran dengan bentangan alam yang menyelimuti tempat itu. Menelusuri tiap meter tempat tersebut, maka pengunjung bisa melihat pula eloknya suasana sekitar.

Karena benteng ini berada di dekat pantai, maka fenomena terbit maupun tergelincirnya mentari menjadi suatu bonus yang tak ternilai harganya. Untuk menikmati pesona alamnya, maka bisa dengan menanjaki tangga hingga sampai di bagian atap benteng. Langkah lainnya yakni pengunjung bisa berjalan-jalan menyusuri taman di samping benteng hingga sampai ke tepian pantai.

Aktivitas Menarik di Benteng Portugis
Image Credit: Rwitter.com @ikin21

3. Mampir Sejenak ke Pantai di Dekat Benteng

Pantai memang selalu membuat trip liburan menjadi semakin menyenangkan. Beragam hal bisa dilakukan di sana, terutama bermain-main air walaupun di bagian pinggirnya saja. Pada pantai tersebut juga terdapat batuan karang yang menghiasinya, sehingga pengunjung bisa saja menggunakannya untuk tempat berpijak sambil melakukan beragam aktivitas menarik lainnya.

4. Mengabadikan Momen dengan Jepretan Foto

Berfoto merupakan ritual wajib tatkala berkunjung ke semua tempat wisata, termasuk benteng ini. Pasalnya, hampir setiap sudut wisata Benteng Portugis tersebut bisa menjadi latar belakang yang apik dari jepretan yang dihasilkan.

Bagian depannya, tersaji jalur masuk dan gerbang bak jalan menuju ke istana. Pada bagian dalamnya serta beberapa tempat di sekitarnya, terutama pantai, bisa menjadi titik sempurna pengambilan potret foto.

Fasilitas yang Tersedia di Benteng Portugis Jepara

Fasilitas di Benteng Portugis Jepara
Image Credit: Google Maps (Mulpri Blopac)

Destinasi ini memberikan berbagai sarana seperti toilet, mushola, hingga gazebo-gazebo sebagai tempat singgah para pengunjung. Ada juga warung-warung makan yang siap memuaskan perut wisatawan dan juga penginapan yang selalu sedia melayani pengunjung.

Benteng Portugis, wisata sejarah yang sudah berdiri selama ratusan tahun tersebut memang menjadi semacam ikon tersembunyi dari Jepara. Singgah ke sana akan membuat suatu pengalaman berharga bersama dengan rekan-rekan ataupun keluarga tercinta. Selain menelusuri jejak perjuangan para pahlawan, pengunjung juga mendapatkan sensasi liburan di sebuah tempat dengan alam yang menakjubkan.