Karimunjawa yang terletak di Kabupaten Jepara memiliki puluhan destinasi wisata yang sangat indah. Sebagian besar wisatanya terdiri dari pantai, bukit, dan pulau. Namun, Karimunjawa juga memiliki destinasi modern lainnya yang tidak kalah keren dan menarik perhatian para wisatawan. Daerah ini merupakan pusat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional.

Destinasi wisata yang hadir di daerah Jepara ini memiliki banyak keindahan di dalamnya. Anda dapat menikmati panorama alam dari bentuk laut hingga dermaga. Uniknya, dalam daerah ini Anda juga akan belajar berbagai ilmu pengetahuan dengan meneliti kekayaan lautnya. Liburan pun dapat dijadikan sebagai wisata edukasi yang lebih bermanfaat.

Terdapat pula beberapa satwa langka yang hidup dalam bukit dan pulau di Karimunjawa. Anda dapat menikmati liburan dengan berbagai pesona alam yang lengkap. Sebaiknya Anda berlibur bersama rombongan teman ataupun keluarga agar menjadi sebuah pengalaman yang lebih bermakna. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Karimunjawa yang menarik Anda jelajahi.

1. Maer Nyamplungan

Maer Nyamplungan
Image Credit: Facebook Rodex Travel

Maer Nyamplungan merupakan salah satu destinasi terkenal yang berada di Karimunjawa dengan keindahan lautnya. Terdapat banyak terumbu karang dengan berbagai jenis ikan cantik di perairannya.

Tempat ini dapat Anda gunakan untuk snorkeling bersama rombongan teman. Anda juga dapat menjadikannya sebagai spot foto keren dengan tema alam bawah laut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

2. Bukit Joko Tuwo

Bukit Joko Tuwo
Image Credit: Google Maps Elia Setiawan

Berkunjung ke Joko Tuwo merupakan salah satu solusi bagi Anda yang senang menghabiskan liburan dengan berfoto. Bukit ini menghadirkan pemandangan keseluruhan dari wilayah Karimunjawa itu sendiri.

Anda dapat berfoto dengan latar belakang langit cerah serta suasana kota diiringi laut yang indah. Anda juga akan menemukan berbagai lokasi unik di dalamnya seperti Kerangka Ikan ataupun Tasbih Raksasa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

3. Bukit Love

Bukit Love
Image Credit: Google Maps Muhammad Lutfi

Wisata alam yang mengusung tema modern ini sangat cocok jika dikunjungi bersama pasangan. Anda dapat berfoto pada tulisan “LOVE” besar yang memberikan sensasi romantis untuk liburan yang menyenangkan.

Tulisan tersebut sudah sering dijadikan spot foto oleh banyaknya wisatawan yang berkunjung terutama dari kalangan anak muda. Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekelilingnya dari puncak bukit ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Jatikerep, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

4. Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele
Image Credit: Google Maps Kelly Tjandra

Legon Lele merupakan destinasi yang belum banyak diketahui publik. Anda wajib mencoba datang ke pantai berwarna biru indah yang memiliki air laut bersih ini.

Pantai yang tenang ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur dengan tenang setelah penat beraktivitas. Anda juga dapat menikmati kenyamanan dalam liburan tanpa banyaknya orang yang berkunjung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

5. Pantai Annora

Pantai Annora
Image Credit: Google Maps Dian Diekha

Anda dapat mengunjungi pantai cantik ini di daerah Dusun Cikmas, Kota Jepara. Destinasi wisata ini memiliki daya tarik pada airnya yang sangat jernih dan segar jika digunakan untuk berenang ataupun snorkeling.

Selain itu, tempat ini juga memiliki pasir yang lembut dan bersih di sekitarnya. Terdapat pula puluhan ayunan yang menghiasi keindahan kawasan wisata sehingga masyarakat sering menyebutnya “pantai ayunan”.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

6. Pantai Barakuda

Pantai Barakuda
Image Credit: Google Maps Hendra Iswahyudi

Pemandangan paling indah di Karimunjawa terdapat pada Pantai Barakuda yang memiliki suasana khas. Lokasinya sendiri dapat Anda temukan di daerah Kemajon.

Terdapat banyak pohon kelapa berjajar rapi pada sekeliling pantai. Berbagai perahu juga dihadirkan dalam sekitar pantai yang akan digunakan wisatawan untuk berkeliling menikmati keindahan pantai.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kemujan, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

7. Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam
Image Credit: Twitter Sabdalangit AE

Menurut masyarakat, tempat ini merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Hal ini dikarenakan pantai tersebut merupakan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam di Karimunjawa.

Anda juga dapat melakukan kegiatan berfoto dalam berbagai spot keren di dalamnya. Diantara spot foto tersebut yakni banyaknya batu karang besar yang akan membuat Anda terlihat dekat dengan posisi matahari saat berfoto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

8. Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih
Image Credit: Twitter ININDONESIA….!!

Sesuai dengan namanya, wisata pantai ini terdapat sebuah batu berukuran besar yang hanya dapat dilihat ketika air laut surut. Batu tersebut akan terlihat tinggi, bersih mengkilap, serta berwarna putih.

Dalam lokasi ini juga telah disediakan sebuah dermaga dari bahan kayu yang dapat digunakan untuk jalan-jalan. Anda harus menempuh perjalanan sekitar 15 kilometer dari pusat kota menuju lokasi ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kemujan, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

9. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Image Credit: Twitter piknik asik

Salah satu pantai yang berada di Karimunjawa ini memiliki ciri khas di dalamnya. Terdapat banyak pohon kelapa yang tumbuh menjulang tinggi di sekitar pantai menghiasi keindahan alamnya.

Destinasi wisata ini merupakan laut dengan posisi terpanjang dibandingkan pantai lainnya di Karimunjawa. Anda dapat bermain ayunan yang telah disediakan di tengah pantai sambil menikmati airnya yang tenang dan jernih.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kapuran, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

10. Pantai Ujung Batu Lawang

Pantai Ujung Batu Lawang
Image Credit: Google Maps Hendra Mixpro

Pantai Ujung Batu Lawang yang menghadirkan suasana alam tenang dan indah ini terletak di bagian utara pulau ini. Pantai ini merupakan salah satu destinasi yang populer dikunjungi oleh pelancong.

Sebaiknya Anda membawa rombongan teman ataupun keluarga ketika mengunjungi pantai ini. Air laut berwarna biru dengan pasir putir serta bebatuan indah di sekitarnya menjadikan pantai ini sangat diminati untuk liburan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

11. Bukit Annora

Bukit Annora
Image Credit: Google Maps Robin Surya

Jika sebelumnya telah dibahas wisata pantainya, maka terdapat pula Bukit Annora di Karimunjawa. Lokasi bukit berdekatan dengan pantai itu sendiri. Anda dapat menikmati keindahan laut dari atas bukit tersebut.

Biasanya para pengunjung sering datang ke bukit ini ketika matahari terbit ataupun terbenam. Anda dapat menikmati panoramanya serta mengambil foto dengan latar pemandangan alam terbaik dari kepulauan eksotis ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

12. Pulau Geleang

Pulau Geleang
Image Credit: Facebook Wisnu Yuwandono

Pulau Geleang merupakan bagian terkecil dari banyaknya pulau yang berada di Karimunjawa. Meskipun kecil, pulau ini memiliki pesona alam yang tidak kalah indah dari tempat lainnya.

Anda akan melihat keindahan laut yang terbentang luas dengan pesona pasir di dalamnya. Anda dapat menikmati liburan dengan tenang seperti berbaring di tengah pantai menggunakan ban besar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Geleang , Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

13. Pulau Sintok

Pulau Sintok
Image Credit: Instagram KARIMUNJAWA MURAH

Pulau Sintok merupakan salah satu destinasi bahari terbaik yang terletak di bagian timur Karimunjawa. Pulau ini memiliki luas sekitar 21 hektar yang dapat Anda nikmati dengan mengelilingi area sekitarnya.

Laut dalam pulau tersebut juga biasa dijadikan para pengunjung sebagai tempat untuk snorkeling. Hal ini dikarenakan pulau tersebut memiliki kekayaan bawah laut yang bersih dan terjaga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Sintok , Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

14. Pulau Cemara Kecil

Pulau Cemara Kecil
Image Credit: Twitter Karimunjawa.cc

Sesuai dengan nama tempatnya, destinasi wisata berupa pulau ini banyak ditumbuhi oleh pohon cemara. Pulau ini biasanya dijadikan tempat liburan oleh kalangan anak muda yang melakukan kegiatan berkemah.

Keindahan pulau juga dapat Anda nikmati dengan berlibur sambil membawa bekal makanan yang banyak. Anda akan merasakan hembusan angin pantai dan ombak dengan pemandangan pasir putih yang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Cemara Kecil, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

15. Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar
Image Credit: Twitter Radio UNTAR

Berkunjung ke Pulau Menjangan sangat cocok bagi Anda yang suka dengan tantangan. Pulau ini merupakan salah satu lokasi penangkaran hiu yang ada di Indonesia dimana Anda dapat berenang dengan hewan ganas tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir ketika berenang karena di pulau ini hanya terdapat hiu jinak. Anda juga dapat menikmati keindahan hewan lainnya seperti penyu dalam penangkaran tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Menjangan Besar, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

16. Pulau Cemara Besar

Pulau Cemara Besar
Image Credit: Twitter Jepara Twitt

Setelah penjelasan versi kecilnya, di Karimunjawa juga terdapat versi besar dari Pulau Cemara dengan air laut berwarna biru. Lokasi ini biasanya dijadikan tempat favorit untuk kegiatan snorkeling.

Pemandangan yang disuguhkan dari pantai ini sangat sempurna sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Anda harus mencoba berenang dalam airnya yang jernih tersebut ketika berkunjung ke daerah Jepara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Cemara Besar, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

17. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove
Image Credit: Twitter detikTravel

Wisata Mangrove ini sangat cocok digunakan untuk edukasi bagi para pengunjungnya. Anda dapat menikmati keindahan hutan dengan menyusuri jalan yang terbuat dari kayu dengan panjang sekitar dua kilometer.

Terdapat pula beberapa binatang yang hidup di hutan ini. Anda dapat menyaksikan aktivitas binatang tersebut jika melihatnya sesekali lewat.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

18. Pulau Tengah

Pulau Tengah
Image Credit: Twitter Mopy

Pulau Tengah memiliki berbagai fasilitas dimana Anda dapat memancing ikan dengan bebas di dalamnya. Jenis ikan laut yang didapatkan juga bervariasi termasuk memperoleh beberapa cumi ketika memancing.

Terdapat pula sebuah dermaga yang biasa digunakan wisatawan untuk jalan-jalan menikmati pemandangan. Ada juga sebagian wisatawan yang menjadikan dermaga ini sebagai spot foto estetik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Tengah, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

19. Pulau Gosong

Pulau Gosong
Image Credit: Twitter Trax FM Semarang

Destinasi wisata berbentuk pulau ini hadir dengan keindahan laut yang unik. Pasir yang terdapat dalam pantai tersebut mengendap di tengah lautan. Anda dapat merasakan sensasi unik tersebut sambil berenang ataupun bermain air lainnya.

Pulau ini juga memiliki keunikan lain di dalamnya dimana ia muncul pada permukaan pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB. Pulau tersebut juga akan tertutup kembali saat sore sekitar pukul 17.00 WIB. Sehingga masyarakat banyak menyebut objek wisata ini sebagai “pulau timbul tenggelam”.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Gosong, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

20. Dermaga Mrican

Dermaga Mrican
Image Credit: Google Maps Plesir Karimunjawa

Dermaga ini merupakan salah satu spot wisata yang digunakan para pengunjung untuk membeli ikan segar. Anda dapat membeli ikan segar tersebut dari nelayan secara langsung disana.

Dermaga ini juga sangat cocok dijadikan spot foto karena dapat melihat suasana matahari terbenam dengan sempurna. Terdapat pula kapal-kapal yang bersandar dan dapat dijadikan background keren untuk sebuah foto.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mrican, Kemujan, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

21. Butterfly Park

Butterfly Park
Image Credit: Google Maps Atha Afham

Jika sebelumnya telah tersedia berbagai lokasi wisata alam yang mempesona, terdapat pula wisata modern di Karimunjawa ini. Sesuai dengan namanya, lokasi ini merupakan sebuah tempat wisata bertema kupu-kupu di daerah Jepara.

Selain dapat menikmati keindahan kupu-kupu yang menghiasi taman, terdapat berbagai fasilitas hiburan lainnya. Anda juga dapat masuk ke berbagai lokasi di taman tersebut seperti 3D Art Gallery dan 3D Art Cinema di dalamnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kapuran No. 07, Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

22. Kampung Bugis

Kampung Bugis
Image Credit: Twitter Pablo Σrgobar

Di daerah Jawa Tengah, Anda juga akan menemukan sebuah kampung yang ditempati khusus oleh Suku Bugis. Kampung ini terletak di Pulau Kemujan, Karimunjawa.

Tidak hanya melihat orangnya saja, Anda juga dapat belajar berbagai hal tentang budayanya dari masyarakat tersebut. Hal ini tentu saja menjadikan liburan lebih bermakna serta menjadikan kampung tersebut sebagai destinasi edukasi yang unik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kemujan, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang populer di Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Banyaknya destinasi tersebut tentu saja menjadikan Provinsi Jawa Tengah semakin dikenal wisatawan. Anda juga wajib melestarikan keindahannya serta menjaga kebersihan lokasi wisata agar tetap menjadi destinasi favorit yang diminati publik.