10 Wisata Kuliner di Wonogiri yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Wonogiri

Wonogiri yang dikenal sebagai Kota Gaplek ternyata memiliki banyak tempat kuliner yang terkenal dengan citarasanya. Inilah daftar wisata kuliner yang patut dikunjungi kala berada di Wonogiri.

Wonogiri adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya yang cukup strategis membuat wisatawan menjadikan kota ini sebagai tempat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah lain. Wonogiri memang menjadi kota yang cocok untuk persinggahan. Baik itu sekadar untuk menginap, makan-makan, atau malah berkunjung ke lokasi wisata yang ada di Wonogiri.

Jika Anda memutuskan untuk singgah di Wonogiri, tidak ada salahnya Anda mencicipi masakan-masakan yang disuguhkan di lokasi-lokasi kuliner berikut. Tidak hanya menu khas Jawa Tengah, ada juga menu-menu masakan khas daerah sekitar Wonogiri. Yuk, langsung saja cek rekomendasi tempat kulineran di Wonogiri yang bisa Anda pilih.

1. Sate Ayam Ponorogo Pak Kabul

Sate Ayam Pak Kabul

Image Credit: Pakkabulsate.blogspot.com

Apa yang membedakan sate ayam Ponorogo dengan sate Madura? Jika Anda perhatikan lebih detail, sate ayam Ponorogo ini memiliki potongan daging ayam yang menyerupai fillet, alias dipotong tipis – tidak dipotong dadu seperti pada sate Madura.

Untuk menu yang disajikan, Anda hanya dapat menjumpai sate ayam saja yang disajikan dengan lontong atau nasi beserta bumbu kacang yang benar-benar khas Ponorogo. Untuk bagian ayamnya bisa Anda pilih sendiri, mulai dari daging, kulit, atau ati ayam. Ada juga sate uritan (sate telur) atau kombinasi keduanya.

Sedangkan untuk minuman, menu yang disuguhkan tidak terlalu banyak berbeda dari menu minuman warung pada umumnya. Seperti es teh dan teh hangat, es jeruk dan jeruk panas, atau es lemon tea atau lemon tea hangat.

Lokasi: Jl. Salak 3, Gerdu, Giripurwo, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

2. Soto Kwali Daging Sapi Pinglan

Soto Kwali Daging Sapi Pinglan

Image Credit: Grab.com

Yang unik dari soto kwali daging sapi di Wonogiri adalah kuahnya yang bening. Di warung ini, Anda bisa memesan soto dengan berbagai macam lauk, namun yang sering dipesan pengunjung adalah soto dagingnya. Menu lain yang tersedia di lokasi ini antara lain soto ayam, soto kikil, soto babat, dan soto paru.

Ada juga garang asem, yaitu olahan ayam yang dengan cita rasa asam dan pedas yang dimasak menggunakan lembaran daun pisang. Makanan ini disebut-sebut sebagai makanan khas Grobogan, Jawa Tengah. Namun seiring berkembangnya zaman, tentu menu masakan ini sudah menyebar ke mana-mana.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Semarang Populer

Di Soto Kwali Pinglan ini Anda bisa mencicipi beragam sate yaitu sate paru, sate kikil, sate babat, dan pula sate telur puyuh. Ada pula jajanan ringan seperti cireng dan basreng yang bikin nostalgia masa-masa sekolah dulu.

Lokasi: Jl. Bima X, Wonokarto, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

3. Rumah Makan Prasmanan Pak To

Rumah Makan Pak To

Image Credit: Pak-to.business.site

Siapa yang tidak suka makan di warung prasmanan? Makan di rumah makan dengan konsep prasmanan membuat Anda makin bebas untuk menentukan seberapa banyak porsi nasi Anda, demikian pula untuk lauknya. Tidak perlu malu lagi untuk meminta tambahan lauk kepada pelayan rumah makan.

Setidaknya itulah konsep yang ingin diusung Rumah Makan Prasmanan Pak To. Dengan banyak pilihan lauk, mulai dari sate udang hingga ikan lele, semua sudah disajikan. Atau jika Anda ingin mencicipi menu ikan dan ayam bakar, Anda bisa memesan dan cukup menunggu beberapa saat.

Lokasinya yang terletak di jalan penghubung Ponorogo-Wonogiri membuat rumah makan ini ramai dikunjungi. Lahan parkir yang luas serta aneka ragam menu masakan, serta banyaknya camilan yang bisa Anda beli di rumah makan ini semakin membuat rumah makan prasmanan ini jadi destinasi wajib kala berkunjung ke Wonogiri.

Lokasi: Jl. Raya Wonogiri-Ponorogo No.Km.4, Bulusulur, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

4. Padi Resto

Padi Resto

Image Credit: Anri313.wordpress.com

Dengan konsep dan pilihan menu yang lebih modern dibanding dengan rumah makan yang sudah disebutkan di atas, Padi Resto bisa menjadi pilihan Anda untuk mengisi perut ketika berkunjung ke Wonogiri. Lokasinya yang terletak di tengah kota cukup mudah ditemukan.

Walau ada menu yang sudah umum seperti nasi goreng atau mie goreng dengan beragam pilihan lauk tambahan, restoran ini menyediakan menu masakan yang lebih modern. Seperti steak tenderloin, cumi goreng mayo, tuna saus tiram, sup tom yum seafood, dan juga sup shanghai.

Minuman yang disediakan pun juga bermacam-macam, mulai dari minuman standar rumah makan seperti teh dan kopi, sampai menu dengan nama yang unik seperti juice mocktail tropika. Ada juga es teler, es kacang merah, es kelapa jeruk, serta es jelly longan. Dengan standar rasa ala restoran, makan di Padi Resto ini lumayan ringan di kantong.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.175, Salak, Giripurwo, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

5. Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri

Angkringan Sopo Ngiro

Image Credit: Maps.google.com @dwi wahyudi zain

Siapa bilang makan di angkringan mengharuskan Anda makan ngemper di pinggir jalan? Angkringan Sopo Ngiro di Wonogiri ini menyediakan tempat yang nyaman dengan interior khas Jawa yang unik. Namun, tanpa melupakan poin penting dari angkringan: makanan yang dijajakan di atas gerobak, serta porsi yang relatif ‘kecil’.

BACA:  35 Tempat Wisata di Solo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Anda bisa bersantai sembari berbincang dengan keluarga Anda di angkringan yang buka sejak pukul 11 pagi ini. Tanaman hias di sekitar lokasi menambah suasana nyaman saat bersantap di angkringan yang didominasi furnitur kayu tersebut.

Anda bisa mencicipi hidangan mulai dari Rp 3.000. Ada sego kuning, sego ijo, sego sambel pete, sego oseng jamur, dan lain sebagainya. Sebagai pelengkap, ada bermacam sate yang bisa Anda pilih sesuai selera. Menu unjukan (minuman) tradisional seperti wedang jahe, wedang uwuh, bahkan bir plethok pun tersedia di angkringan ini.

Lokasi: Jl. Srigunting III No.7, Sukorejo, Giritirto, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

6. Rumah Makan Ayam Goreng Batas Kota

Rumah Makan Ayam Goreng Batas Kota

Image Credit: Maps.google.com @dewi budiati

Jika Anda penggemar menu olahan ayam, Anda bisa berkunjung ke rumah makan ini. Ayam goreng di lokasi ini terkenal empuk, ditambah dengan kremesan yang renyah semakin membuat Anda ketagihan. Lalapan sayur dan sambal sudah disediakan untuk menambah cita rasa ayam goreng kremes di rumah makan ini.

Jika Anda memutuskan untuk mencicipi ayam goreng di rumah makan ini, pastikan Anda tidak datang pada jam-jam sibuk seperti jam makan siang. Selain karena parkirnya cukup terbatas untuk mobil, banyak karyawan/pegawai yang pada jam istirahat kantor datang berkunjung sehingga pelayanan akan sedikit lambat.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.59, Wonokarto Selatan, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

7. Rumah Makan Pak Jan

Rumah Makan Pak Jan

Image Credit: Maps.google.com @bang yof

Rumah makan ini memang tidak semegah rumah makan lain. Namun untuk rasa, jangan ditanya lagi. Menu yang ditawarkan di rumah makan ini adalah tongseng, tengkleng, sate, gulai, dan berbagai jenis lauk goreng/bakar seperti nila, ayam, dan lele.

Menu favorit pengunjung Rumah Makan Pak Jan ini adalah nila bakarnya. Walaupun demikian, bukan berarti menu yang lain tidak lezat. Bumbu ikan bakar yang meresap ke dalam daging ikan, ditambah dengan sambal serta lalapan sayur dan nasi hangat, siapa yang berani menolak?

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Donoharjo, Wuryorejo, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kebumen yang Enak & Wajib Anda Coba

8. Ayam Panggang Mbok Tiyem

Ayam Panggang Mbok Tiyem

Image Credit: Wisataindonesia.xyz

Untuk rumah makan ini, sudah jelas sekali bahwa menu primadonanya adalah ayam panggang. Jika memesan ayam panggang di rumah makan ini, Anda akan disuguhkan dengan ayam panggang yang berukuran lumayan besar. Lengkap dengan sambal, lalapan sayur, serta sayur urap sebagai pelengkap. Tentunya, tak lupa ada nasi putih.

Menurut pengunjung yang sudah pernah mencicipi ayam panggang Mbok Tiyem ini, yang paling ngangenin adalah sambal terasinya. Ayam panggangnya pun empuk, bahkan dua potong ayam panggang pun rasanya masih kurang.

Lokasi: Jl. Raya Wonogiri-Ponorogo, Sambilor, Watangsono, Kec. Jatisrono, Kab. Wonogiri.

9. Pondok Makan Murni Rasa Wonogiri

Pondok Makan Murni Rasa Wonogiri

Image Credit: Instagram.com @rangga wiles prakasa

Rumah makan ini sekilas tidak berbeda dari rumah makan lain. Namun ketika Anda memesan menu, Anda akan mengetahui bahwa rumah makan ini turut menyediakan menu khas Indonesia timur yaitu papeda.

Selain itu, Anda juga mencicipi berbagai ikan bakar, seperti mujair alias nila. Tak hanya itu, Anda pun bisa mencicipi coto Makassar, nasi goreng, dan olahan ikan lainnya seperti gurami rica-rica, kakap merah kuah kuning, dsb.

Lokasi: Jl. Raya Solo-Krisak, Singodutan, Kec. Selogiri, Kab. Wonogiri.

10. Warung Pak Glinding

Warung Pak Glinding

Image Credit: Travelingyuk.com

Warung Pak Glinding tampaknya jadi rujukan utama destinasi kuliner ketika Anda mencarinya di internet. Warung Pak Glinding ini memiliki beragam menu masakan. Namun, menu yang paling ditonjolkan adalah menu masakan ikan nila. Mulai dari nila bakar, nila kremes, hingga pepes nila, siap memanjakan lidah dan perut Anda.

Lokasinya yang berada di jalan utama menuju Pracimantoro membuat lokasi ini ramai dikunjungi, terutama bagi pengendara yang ingin beristirahat sejenak sebelum meneruskan perjalanannya.

Untuk harga ikan, seperti nila dan gurame, harga akan disesuaikan menurut ukuran ikan. Untuk lauk lain seperti ayam, harga yang tercantum adalah harga per porsinya. Harga lauk yang disebutkan dalam menu masih belum termasuk harga nasi per porsi atau per cething.

Ada banyak pilihan sayur, lauk tambahan, atau aneka gorengan yang bisa Anda pesan ketika berkunjung ke Warung Pak Glinding. Demikian juga dengan minumannya, dari es teh sampai es soda gembira bisa Anda pilih untuk menyegarkan tenggorokan Anda. Jus buah segar pun juga tersedia bagi Anda yang ingin minuman sehat tapi tetap enak di lidah.

Lokasi: Jl. Raya Wonogiri-Pracimantoro, Km.7, Jajar, Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

Siap untuk mampir sejenak di Wonogiri untuk memanjakan perut Anda? Beberapa rekomendasi wisata kuliner di Wonogiri tersebut bisa menjadi referensi Anda ketika berkunjung ke sana. Semoga bermanfaat!