Air Terjun Jumog salah satu wisata alam terindah di Karanganyar, tepatnya berada di kaki Gunung Lawu. Air terjun kembar yang menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan, udara yang sejuk dan hamparan pepohonan rindang.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Berjo, Gandu, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Indonesia memang negara yang kaya, tidak hanya mengenai rempah dan budaya. Tapi juga tentang sektor pariwisata yang begitu berkembang pesat di hampir semua pulau. Mulai dari pegunungan, laut, pantai, hutan taman dan lain sebagainya. Yang tidak bisa dilewatkan kini juga telah ada wisata yang berada di Lereng Gunung Lawu.

Kini di daerah tersebut tidak hanya terkenal dengan perkebunan teh saja. Tapi juga air terjun Karanganyar Jumog. Jika dilihat dari pusat Karanganyar, maka Anda akan memerlukan waktu sekitar setengah jam menuju lokasi tersebut.

Kepopuleran Air terjun di Karanganyar ini memang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya ketika hari libur tiba, Anda akan mendapati pengunjung memadati area tersebut. Menjadi satu air terjun yang ada di lereng Gunung Lawu, tidak heran banyak yang kagum dengan keindahan alamnya. Tentunya wisata air terjun sangat alami dan asri menjadi daya tarik tersendiri.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Jumog

Daya Tarik Air Terjun Jumog
Image Credit: Google Maps (Wiyanto Cla)

1. Kawasan Air Terjun yang Masih Asri

Sejak dibuka pada tahun 2004 lalu, Air Terjun Jumog seakan memberi warna tersendiri di Gunung Lawu. Dengan adanya tempat wisata daerah sekitar lokasi pun merasa terbantu. Keadaan air terjun yang berada di pegunungan dan diapit oleh hutan membuat wisata alam yang Setelah berhasil menyusuri 116 anak tangga yang tersedia maka Anda akan sampai di lokasi air terjun yang begitu epik.

Di mana pesona air yang jatuh dari ketinggian akan membuat pengunjung terpana. Airnya begitu jernih dan segar. Selain itu terdapat pula pohon yang rindang dengan berbagai tumbuhan paku mengelilinginya. Bahkan suaranya pun sudah bisa membuat pengunjung seperti berada di tempat relaksasi. Selain itu air terjun Jumog juga memiliki punden berundak yang unik.

Dengan anugrah Tuhan yang memberikan tempat tersebut sebuah keindahan, maka banyak pula yang menyebut Air Terjun Jumog sebagai Surga yang Hilang. Aliran air di air terjun cukup deras, meski begitu pengunjung tetap bisa berenang di sungai kecil yang ada di bawahnya dijamin akan menjadi hal yang tak terlupakan.

2. Pesona Air Terjun Kembar

Air terjun Jumog juga kerap kali disebut sebagai air terjun kembar. Pasalnya di tempat tersebut Anda akan melihat tebing setinggi 30 meter dengan dua aliran air. Itu juga yang menjadi daya tarik dari air terjun di Jawa Tengah ini.

Saking jernih serta derasnya aliran air di lokasi tersebut. anda akan melihat embun di sekitar area pandang. Meski begitu pastikan Anda tetap berhati-hati ya saat menuju air terjun ini.

3. Adanya Area Bermain Anak

Menjadi lokasi wisata yang berada di pegunungan, Air Terjun Jumog sudah memiliki keunikan yang tidak bisa dinafikkan lagi. Hal ini ditunjang dengan adanya taman bermain anak yang pastinya aman. Bahkan area ini juga dilengkapi dengan kolam renang dengan air yang begitu jernih.

Sehingga sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Selain itu, trekking menuju air terjun juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menuruni anak tangga yang sudah dibangun oleh pengelola daerah tersebut.

Anak-anak pun pasti sangat senang jika diajak liburan ke tempat ini mengingat lokasinya yang strategis. Area tersebut juga dikelilingi oleh pepohonan rindang. Sehingga panaspun seakan enggan bertandang kesitu.

4. Tradisi Padusan

Tahukah Anda bahwa masyarakat sekitar tempat wisata Jumog juga tetap mempertahankan tradisi yang ada. Tradisi tersebut dikenal sebagai padusan. Di mana akan banyak orang yang datang mengunjungi lokaso air terjun. Bahkan tidak jarang pula wisatawan juga mengikuti ritual yang dijalankan.

Ritual tersebut adalah dengan mandi bersama-sama di air terjun jumog. Ritual tersebut dimaksudkan untuk membersihkan diri dari berbagai kotoran dan menuju suci. Jika ingin melihat dan mengikuti ritual Anda bisa datang saat menjelang bulan Ramadhan. 

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Air Terjun Jumog

Harga Tiket Air Terjun Jumog
Image Credit: Google Maps (Air Terjun Jumog)

Untuk menuju air terjun yang ada di Jawa Tengah ini maka ada beberapa rute yang bisa Anda lewati. Rute tersebut tentunya memiliki medan trekking yang berbeda-beda. Berapa di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Dusun Gandu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Apabila Anda berkunjung ke air terjun dengan melewati arah Solo, bisa langsung menuju Kabupaten Karanganyar. Selanjutnya carilah rute menuju Karangpandan barulah ke Ngargoyoso. Anda juga bisa mencari rute dengan menuju tempat wisata Candi Sukuh. Dari Ngargoyoso kemudian teruslah berkendara hingga sampai di Desa Berjo. Barulah di tempat tersebut pengunjung akan menemukan papan nama bertuliskan Air Terjun Jumog.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi maka bisa di parkir di lahan yang sudah disediakan. Meski begitu pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai di air terjun yang satu ini. Pasalnya jalan pegunungan tersebut belum bisa ditempuh dengan kendaraan. Baik itu motor maupun mobil.

Untuk yang memakai motor, bisa diparkir sejauh 300 meter sebelum Air terjun Jumog Karanganyar. Selanjutnya Anda harus berjalan kaki untuk ke destinasi wisata tersebut. Sedangkan untuk yang membawa kendaraan seperti mobil maupun bus. Kendaraan diparkir 800 meter sebelum air terjun.

Anda tidak perlu takut kelaparan sebab di sepanjang perjalanan menuju air terjun akan banyak pedagang yang berjajar di tepian jalannya. Sehingga ketika merasa lelah Anda dapat berhenti sejenak untuk membeli perbekalan. Selain itu di sini juga dijual bibit tanaman yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Tenang saja, harga yang dipatok tidaklah mahal. Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya Rp 25000. Waktu bukanya sendiri dimulai dari 08.00 – 16.00 untuk hari biasa.

Sedangkan saat weekend tiba, tempat wisata ini sudah dibuka sejak 07.00 – 17.00. meski begitu waktu terbaik untuk datang ke air terjun Jumog adalah ketika pagi hari. Di mana masih sangat sepi sehingga seperti berada di pulau pribadi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Jumog

Aktivitas Menarik di Air Terjun Jumog
Image Credit: Google Maps (Anang Prio Pambudi)

1. Menikmati Keindahan Alam

Kegiatan yang otomatis ingin Anda lakukan tentunya menikmati keindahan alam yang ada di sekitar air terjun. Bagaimana tidak tempat wisata yang satu ini memang memiliki panorama alam yang begitu indah. Mulai percikan air yang jatuh sampai pemandangan sekelilingnya.

Belum lagi udara khas pegunungan yang akan membuat siapa saja betah berlama-lama di sana. Suasananya begitu asri dengan dikelilingi perkebunan. Sehingga membuat siapapun melupa dengan kelelahan berbagai aktivitas di luar liburan. Sejuknya air yang jatuh dari ketinggian membuat Anda terpana.

Duduk di atas bebatuan yang ada di lokasi, sambil menyentuh dinginnya air pegunungan memang menyenangkan. Anda bisa puas menjelajahi sekitar tempat lokasi.

2. Bermain Air

Rasanya memang belum mengesankan jika berwisata ke air terjun namun belum merasakan kesegaran airnya. Disinilah Anda dapat dengan puas menikmati air khas pegunungan. Rasa dingin akan menyentuh kulit. Airnya sungguh segar sebab belum terkontaminasi akan limbah. Selain itu tempatnya juga dikelilingi oleh perbukitan sehingga membuat air terjun ini masih alami dan asri.

Mengajak anak-anak bermain di air terjun Jumog juga hal yang tepat. Pasalnya disini memiliki aliran air yang tidak terlalu deras. Sehingga Anda bisa mandi di bawah air terjun. Aliran sungainya juga menarik untuk dijadikan tempat berendam melepas penat. Tidak heran lokasi wisata ini masih digandrungi semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pemandangan di area sekitar pun sangat memukau. Beberapa batuan alami timbul di lokasi wisata. Sehingga pengunjung juga harus hati-hati ketika menapakinya. Sebab bisa jadi ada banyak batuan licin di sana.

3. Hunting Foto Keren

Berkunjung ke tempat wisata yang indah mustahil tidak mengabadikan momen sedikitpun. Oleh karenanya jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa bersua foto dengan latar belakang air terjun yang indah. Jadi kenangan tersebut akan dapat tersimpan dan terus dilihat.

Apalagi untuk yang punya social media, buat teman Anda ingin juga pergi ke air terjun Jumog Karanganyar. Anda bisa mencari spot menarik yang ada di sini. Meski begitu Anda harus tetap hati-hati ya. Pasalnya kawasan air terjun itu sudah terkenal basah sehingga jaga kamera Anda agar tidak terkena percikan airnya.

4. Menyantap Hidangan Khas

Perut terasa keroncongan karena lelah berkeliling dan bermain air. Mungkin ANda akan menikmati kegiatan yang satu ini. Apalagi kalau bukan kulineran dengan pemandangan air terjun yang memukau. Banyaknya pengunjung air terjun karanganya dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk menunjang ekonomi mereka.

Oleh karenanya di sini Anda akan mendapati banyaknya penjual makanan dengan menggelar sebuah tikar di pinggir sungai. Sehingga pengunjung pun dapat bersantap nikmat sambil menikmati percikan air yang terjatuh. Meski begitu tetap harus memperhatikan kebersihan ya.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Jumog Karaganyar

Fasilitas di Air Terjun Jumog Karaganyar
Image Credit: Google Maps (Air Terjun Jumog)

1. Kolam Renang

Berkunjung ke air terjun pasti Anda ingin sekali menikmati kesegaran air terjun pegunungan. Nah, di Karanganyar kini telah ada kolam renang pemandian. Sehingga pengunjung dapat senantiasa bermain air di sana. Selain itu, pemandangan dari area kolam pun nampak begitu asri. Hal ini karena tempatnya yang memang dihimpit oleh bukit.

2. Gazebo

Fasilitas selanjutnya yang ada di Air Terjun Jumog adalah tempat peristirahatan sementara yaitu gazebo. Sehingga pengunjung dapat rehat sejenak untuk makan dan minum usai trekking ke lokasi. Selain itu bisa juga sambil menikmati pemandangan sekitar.

3. Tempat Makan

Merasa lapar karena tidak membawa perbekalan. Tenang saja, Anda bisa jajan di tempat makan yang ada di sekitar lokasi air terjun ini.

Fasilitas di Air Terjun Jumog
Image Credit: Google Maps (Air Terjun Jumog)

4. Mushola

Untuk menunjang fasilitas beribadah pengunjung maka di sekitar lokasi telah dibangun tempat untuk sholat. Jadi, Anda sudah tidak perlu bingung lagi ketika telah masuk waktu sholat.

5. Toilet Umum

Keberadaan toilet memang sangat penting. Tidak terkecuali dalam lokasi destinasi wisata sekalipun. Nah, di Air Terjun jumog sudah tersedia fasilitas tersebut. Sehingga pengunjung tidak perlu bingung lagi untuk mencari toilet.

Berbagai hal mengenai Air Terjun Jumog di Karanganyar bisa dijadikan referensi sebelum Anda menjelajah ke wisata alam tersebut. Selamat berwisata di negara kaya Indonesia.