Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Karanganyar, Jawa Tengah. Objek Wisata Terbaru, Populer dan Paling Hits yang Memukau Pas Dijadikan Pilihan Tujuan Liburan.

Karanganyar merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang kaya akan potensi wisata. Kabupaten ini yang memiliki luas sekitar 800 km persegi tak hanya memiliki wisata alam dengan panorama menakjubkan, tetapi banyak juga wisata budaya dan wisata edukasi yang sayang dilewatkan jika berkunjung ke daerah ini.

Keasrian alam Karanganyar masih terjaga, sehingga tidak sedikit potensi destinasi alami yang masih belum tereksplorasi. Namun seiring menjamurnya seleb traveler yang gemar mengunjungi tempat-tempat terpencil, perlahan wisata alam Karanganyar kian dikenal publik.

Bagi Anda yang hobi fotografi, mendaki, menjelajah alam, atau sekadar ingin melepas penat, Karanganyar mempunyai banyak opsi destinasi. Berikut beberapa tempat wisata hits di Karanganyar yang wajib dikunjungi.

1. Gunung Lawu

Gunung Lawu
Image Credit: Kompas.com

Bagi Anda yang gemar mendaki gunung wajib hukumnya ‘mencicipi’ track pendakian di Gunung Lawu. Puncak yang berada di ketinggian 3.265 mdpl ini berada di antara dua wilayah yaitu Karanganyar dan Magetan.

Jalur pendakian tidak pernah sepi, baik oleh pendaki profesional maupun pemula. Tracknya cukup aman bagi pendaki awal meskipun lebih baik didampingi ahli. Titik awal pendakian dinamakan Cemoro Sewu, sedangkan titik akhirnya Cemoro Kandang.

Begitu sampai di puncak, Anda akan terpukau dengan indahnya panorama ketinggian atas awan. Waktu pendakian terbaik adalah malam hari sehingga bisa menyaksikan sunrise dari puncak gunung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo
Image Credit: Instagram.com @galerylensaponsel_id

Air terjun cantik ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Karanganyar. Pertama kali menginjakkan kaki ke area air terjun ini, nampak sebuah parit kecil dengan air yang jernih. Sampai di lokasi air terjun, banyak dijumpai warung-warung yang menjajakan kuliner unik seperti sate kelinci dan sate landak.

Sedikit menanjak, Anda akan menemukan gardu pandang yang menyuguhkan keindahan air mengalir yang turun ke bawah melalui celah bebatuan. Selain itu, juga tersedia saung sebagai tempat beristirahat para pengunjung. Semilir angin sejuk sering datang menyapa dan menambah kesejukan.

Menuruni gardu pandang, Anda akan menemukan kolam renang dan arena bermain anak. Banyak pedagang yang menjajakan oleh-oleh. Berdasarkan kisah yang beredar, air terjun ini erat kaitannya dengan kisah Baru Klinting. Yaitu pohon keramat yang terbawa arus banjir bandang hingga pohon tumbang dan aliran air mengaliri batang pohon hingga terjun ke bawah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

3. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu
Image Credit: Labirutour.com

Air terjun Grojogan Sewu dekat dengan kawasan hutan yang masih asri, sehingga kadang Anda masih bisa menemui fauna seperti kera di waktu-waktu tertentu. Untuk bisa menuju air terjun ini Anda harus menyiapkan stamina lebih karena harus meniti sekitar 1.200 anak tangga.

Di gerbang pembuka Anda akan disambut dengan patung kodok dan ular raksasa. Selanjutnya perjalanan akan ditemani rimbun hutan beserta suara fauna yang hidup di dalamnya. Begitu sampai Anda akan takjub dengan keindahan alam air terjun tinggi yang mengalir dari tebing.

Harga Tiket: Rp 17.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Kebun Teh Kemuning

Perkebunan Teh Kemuning
Image Credit: Ngetripyuk.id

Kebun Teh Kemuning menjadi salah satu destinasi paling favorit di Karanganyar. Setiap hari tak pernah sepi dari wisatawan yang ingin menikmati udara segar berpadu hamparan hijau kebun teh sejauh mata memandang.

Di siang hari yang terik, suhu udara tempat ini masih bertahan pada 20 derajat Celcius. Anda bisa mendapatkan spot foto terbaik dengan background alam perkebunan teh dan langit biru. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di beberapa sudut peristirahatan yang tersedia.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

5. Candi Cetho

Candi Cetho
Image Credit: Citranurmi.com

Jika Anda ingin mengunjungi wisata sejarah, Karanganyar memiliki Candi Cetho yang dapat dijadikan destinasi terbaik. Candi ini berada di ketinggian lebih dari 1.400 mdpl, menjadikannya sebagai salah satu dari tiga candi tertinggi yang ada di Indonesia.

Candi Cetho merupakan peninggalan bersejarah yang dibangun pada masa Kerajaan Hindu berjaya di Pulau Jawa. Candi ini juga menjadi saksi bisu peristiwa penting di masa lampau yang terukir dari bangunan, relief, serta patung-patungnya.

Candi ini mempunyai gapura khas arsitektur Hindu yang berdiri megah. Anda bisa mendapatkan spot foto menarik di berbagai tempat. Selain menikmati estetika bangunannya, Anda bisa sekaligus belajar sejarah Candi Cetho beserta kejayaan masa Kerajaan Hindu dulu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

6. Rumah Hobbit

Rumah Hobbit
Image Credit: Asedino.com

Pecinta film The Lord of The Rings pasti familiar dengan rumah para makhluk mungil bernama hobbit yang hidup di kaki lembah. Replika rumah hobbit ini ada juga di Karanganyar, letaknya pun berada di lembah. Bentuknya dibuat semirip mungkin dengan yang ada di film.

Area di sekitar rumah hobbit dipenuhi pepohonan rindang yang menaungi pengunjung dari terik matahari. Anda bisa bersantai ria sembari menikmati udara segar dan panorama perbukitan hijau. Di sini juga ada yang menjual makanan ringan untuk menemani aktivitas Anda.

Daya tarik utama tempat wisata satu ini tentu saja ada di rumah hobbit yang berwarna coklat dengan bentuk mungil dan taman kecil seperti aslinya. Anda bebas berfoto ria di bangunan rumah yang didesain ala film karya J.R.R Tolkiens tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

7. Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani
Image Credit: Karanganyarkab.go.id

Air terjun ini merupakan salah satu wisata alam sekaligus religi yang sakral bagi penganut kepercayaan tertentu. Tinggi air terjun ini melebihi 100 meter dengan tingkat kejernihan air yang tinggi. Datang ke tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan panorama hijau khas pegunungan.

Sayangnya, air terjun ini tidak bisa didatangi langsung dan hanya boleh dilihat dari kejauhan karena keberadaannya yang sakral. Di tempat ini, juga terdapat petilasan yang sering dijadikan tempat untuk bertapa dan kepunyaan Eyang Kancanegara.

Menurut cerita yang beredar, petilasan tersebut merupakan tempat bertapa orang yang mampu mengalahkan Raja Baka. Versi lain mengatakan kalau petilasan tersebut merupakan milik Raja Brawijaya V yang kemudian diberikan kepada Eyang Kancanegara. Dipercaya, bahwa tongkat yang ditancapkan Eyang Kancanegara ketika bertapa berubah menjadi pohon yang disebut Kayu Lawung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

8. Telaga Madirda

Telaga Madirda
Image Credit: : Deskgram.net

Karanganyar juga memiliki wisata alam berupa waduk dengan nama Telaga Madirda. Destinasi ini merupakan surga tersembunyi yang belum dieksplorasi banyak orang. Maka dari itu lingkungannya masih alami dan kental dengan.

Bagi masyarakat Hindu setempat, Telaga Madirda adalah telaga keramat yang dipakai untuk ritual keagamaan. Namun wisatawan juga diperbolehkan mengunjunginya untuk menikmati eksotisme waduk bening dengan nuansa natural yang menenangkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

9. Taman Hutan Raya

Taman Hutan Raya
Image Credit: Yukpiknik.com

Ada pula yang menyebutnya Tahura, yaitu kawasan di kaki Gunung lawu berupa pepohonan rindang di alam terbuka. Begitu Anda memasuki area ini, seketika akan disambut udara segar dan bunyi nyaring binatang hutan yang menyapa telinga.

Di Tahura terdapat rumah pondok bernuansa alami sebagai tempat bersantai. Anda juga bisa menemukan aneka satwa hutan yang hidup bebas. Di tempat ini telah tersedia fasilitas taman bermain anak dan camping ground bagi Anda yang ingin berkemah atau outbond.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambak, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

10. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro
Image Credit: Agronet.co.id

Bagi Anda yang hobi outbond atau mencoba aktivitas seru seperti flying fox, waterboom, dan lain-lain, maka Agrowisata Sondokoro adalah tempat wisata Karanganyar paling wajib dikunjungi. Anda pun bisa berkeliling area agrowisata dengan kereta tua yang disediakan.

Agrowisata ini juga menjadi tempat hidup bagi beberapa fauna langka di sebuah taman mini. Jadi, selain bersenang-senang dengan fasilitas yang ada, Anda juga dapat belajar tentang fauna yang dilestarikan di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

11. Taman Dirgantara Edupark

Taman Dirgantara Edupark
Image Credit: Summerballads.wordpress.com

Sesuai namanya, di tempat ini Anda dapat merasakan pengalaman menaiki pesawat terbang. Tak hanya itu, di Taman Dirgantara juga ada fasilitas kolam renang untuk berbagai usia yang cukup luas.

Taman ini cocok dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak, karena mereka tak hanya belajar tentang dunia dirgantara Tanah Air, tetapi bisa merasakan pengalaman naik pesawat secara langsung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend. Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

12. Museum Manusia Purba

Museum Manusia Purba
Image Credit: Jeda.id

Karanganyar memiliki museum manusia purba yang menjadi sentra edukasi sejarah. Di tempat ini tersimpan spesimen purba yang diperkirakan berusia 1,2 juta tahun dan menjadi artefak tertua di Indonesia.

Di museum ini, Anda bisa belajar banyak tentang sejarah kehidupan purba bersama pemandu ahli. Penataan koleksi museum yang rapi dan teratur membuat pengunjung mudah untuk mempelajari sejarah secara runtut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dayu, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

13. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan
Image Credit: Google Maps (iTha DeFara)

Bukit ini merupakan area perbukitan yang menawarkan berbagai permainan serta spot untuk berswafoto. Wahana yang disediakan bisa dimainkan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Wahana yang disediakan antara lain miniatur bangunan terkenal dari berbagai wilayah dunia, miniatur kapal titanic, ruang terbuka penuh patung hantu dalam negeri dan luar negeri, jembatan goyang, rumah Honai, mini coaster, studio foto dengan properti yang lengkap, patung Ir. Soekarno, dan outbond.

Di tempat ini, juga tersedia penginapan dengan tema tertentu seperti vila, ruang titanic, ruang kecil, hingga pondok bergaya Jepang. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap seperti adanya toilet, tempat ibadah, dan area parkir yang luas. Bukit ini, bisa menjadi salah satu jujukan destinasi wisata keluarga yang cocok untuk melepas penat.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

14. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
Image Credit: Pegipegi.com

Selain Grojogan Sewu, Karanganyar juga mempunyai air terjun lain yang bernama Jumog. Suara air jatuh dari ketinggian yang menimpa bebatuan menghasilkan irama alam cocok untuk refreshing dan melepaskan penat.

Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berenang, bermain air, atau sekadar duduk bersantai ditemani semilir angin yang berhembus sejuk. Udara sekitar yang segar akan membuat Anda merasa lebih relaks.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dk Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

15. Jembatan Selfie

Jembatan Selfie
Image Credit: Intagram.com @pradipta_asti_pratiwi

Namanya memang unik, tapi memang benar jika sebagian besar wisatawan yang mampu ke tempat ini tujuannya untuk selfie. Tempat ini memiliki jembatan di atas ketinggian sebagai spot selfie terbaik.

Udara di pegunungan yang sejuk berpadu hawa dingin menjadikan Jembatan Selfie sebagai tempat nyaman untuk bersantai dari riuh perkotaan. Panorama hijau yang terlukis dari pegunungan dan area persawahan di kejauhan sangat memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tawangmangu-Palaosan, Gondosuli Kidul, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

16. Taman Ria Balekambang

Taman Ria Balekambang
Image Credit: Neyrhiza.com

Ingin merasakan pengalaman berkeliling dunia tanpa keluar negeri? Taman Ria Balekambang adalah jawabannya. Di tempat ini terdapat miniatur bangunan terkenal di dunia, mulai dari Menara Pisa, Piramida, Patung Sphinc, Merlion, serta Arch de Triomphe.

Selain itu, di taman ini juga ada fasilitas outbond yang tak kalah seru. Anda juga bisa menantang nyali dengan flying fox atau ATV yang disediakan. Atau hanya sekadar berkeliling sambil foto-foto, semua bisa Anda lakukan di satu tempat.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Balaikambang, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

17. Puri Taman Saraswati

Puri Taman Saraswati
Image Credit: Karanganyarkab.go.id

Puri ini masih berada di satu kompleks yang sama dengan Candi Cetho. Puri Taman Saraswati diresmikan sejak 2007 dan telah dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun luar daerah. Berada di ketinggian 1.470 mdpl, dari puri ini tampak pemandangan alam yang eksotis.

Puri ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Saraswati, salah satu dewi dalam kepercayaan Hindu yang memiliki paras cantik. Di Puri ini pun Anda bisa menyaksikan keindahan patung Dewi Saraswati beserta bangunan khas arsitektur Hindu yang menawan.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cetho, Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

18. Sapta Tirta Pablengan

Permandian Sapta Tirta Pablengan
Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Sapta Tirta dalam bahasa Jawa berarti tujuh mata air. Sesuai namanya di tempat ini terdapat tujuh pemandian yang masing-masing dipercaya memiliki khasiat berbeda. Konon air yang ada di tirta ini mampu menyembuhkan penyakit seperti rematik, gatal-gatal, liver, dan lain-lain.

Nuansa di tirta ini sangat kental dengan unsur Kejawen berkat bangunan pendopo yang ada di beberapa tempat. Selain itu, keberadaan pohon palem dan jalan setapak yang dikelilingi rerumputan kian menambah keasrian di pemandian alami satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. TP Joko Songo, Pablengan, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

19. Tenggir Park

Tenggir Park
Image Credit: Instagram.com @anggoro2707

Tenggir Park merupakan tempat wisata yang letaknya di kaki gunung Lawu. Alamnya yang asri dan udaranya yang sejuk menjadi kelebihan lokasi wisata ini. Di tempat ini, juga disediakan spot yang seru jika dijelajahi seperti taman, rumah Honai, hutan pinus, wahana permainan, dan lain-lain.

Karpet terbang dan sepeda layang merupakan dua wahana yang terkenal menantang di tempat ini. Pengunjung diperbolehkan untuk memilih ketinggian tertentu. Karpet terbang dapat dinaiki oleh dua orang dalam satu waktu sedangkan sepeda layang hanya bisa dinaiki oleh satu orang dalam satu waktu.

Di taman ini, pengunjung bisa mencoba mengenakan atribut khas Papua dan berfoto di rumah Honai seolah-olah sedang berada di daerah timur Indonesia, Papua. Dan spot sarang burung menjadi incaran para wisatawan dalam mengabadikan momen bagi yang takut ketinggian.

Fasilitas umum yang tersedia di tempat ini yaitu, toilet, kamar mandi, warung, tempat ibadah, area parkir, tempat duduk, dan lain-lain. Dengan disediakannya berbagai fasilitas tersebut, diharapkan setiap pengunjung yang datang akan merasa puas dan tidak kecewa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

20. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang
Image Credit: Bingkaimedia.com

Karanganyar juga mempunyai area khusus pecinta paralayang. Berlokasi di bukit yang tak jauh dari perkebunan teh Kemuning, Anda bisa mencoba paralayang dengan dipandu oleh profesional. Bagi Anda yang tak suka paralayang juga dapat bersantai di perbukitan nan asri.

Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi satu ini adalah menjelang matahari terbenam. Keindahan sunset dari tempat ini sangat mengagumkan. Pastikan juga kunjungan Anda saat langit cerah sehingga tidak tertutupi oleh kabut.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

21. Taman Air Mancur

Taman Air Mancur
Image Credit: Karanganyarkab.go.id

Taman air mancur yang bisa menyala dan menari tampaknya tengah menjadi trend di beberapa pusat kota, termasuk di Karanganyar. Taman ini paling bagus dikunjungi pada saat malam hari karena air mancurnya memiliki laser yang menyala dengan banyak warna estetik.

Terletak bersebelahan dengan Masjid Agung, Taman Air Mancur selalu ramai oleh orang-orang yang duduk bersantai di rerumputannya. Adapun air mancur di taman ini mempunyai ketinggian hingga 6-7 meter yang dikombinasikan dengan atraksi warna cantik.

Setiap malam diputar lagu berirama Jawa Modern yang membuat tempat ini kian kental dengan nuansa Karanganyar. Pada momen tertentu, di tempat ini juga diselenggarakan event kebudayaan rakyat yang dapat disaksikan secara gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

22. Bukit Hope

Bukit Hope
Image Credit: Kompas.com

Bagi Anda yang ingin menghabiskan quality time bersama orang terkasih, Bukit Hope yang ada di Karanganyar ini dapat menjadi destinasi pilihan. Berlokasi di kaki Gunung Lawu bagian selatan, tempat ini menawarkan eksotisme ketinggian yang menawan.

Daya tarik utama Bukit Hope adalah papan serupa gardu pandang yang dibangun di atas ketinggian dengan bentuk I love you. Para kawula muda bersama pasangannya bisa menjadikan spot ini untuk mengabadikan gambar romantis berlatar belakang alam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dusun Tawang, Wonorejo, Kec. Jatiyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

23. Astana Giribangun

Astana-Giribangun
Image Credit: Reinalorencia.wordpress.com

Astana Giribangun merupakan salah satu destinasi non-alam yang berupa kompleks pemakaman kepunyaan keluarga besar Presiden Soeharto. Anda dapat lebih mengenal Presiden RI ke-2 ini beserta napak tilas kehidupan beliau hingga akhir hayat.

Bangunan ini didesain dengan arsitektur khas Jawa yang menampilkan kesan artistik. Tanpa meninggalkan nuansa tradisional yang dikombinasikan dengan gaya bangunan adat Jawa Tengah, Astana Giribangun kental akan kearifan.

Kompleks ini menjadi rumah persemayaman terakhir Presiden Soeharto beserta istri, serta ada juga kerabat keluarga lain. Astana ini dapat menjadi alternatif destinasi wisata untuk belajar sejarah serta untuk lebih dekat dengan profil Presiden yang memimpin RI selama 86 tahun ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

24. Candi Sukuh

Candi Sukuh
Image Credit: Instagram.com @noercholis_nung

Candi Sukuh merupakan salah satu candi menarik di Indonesia yang menampilkan relief erotis. Relief dan arca di tempat ini menyuguhkan gambar mengenai seksualitas seperti alat kelamin pria dan alat kelamin wanita yang terlihat di beberapa bagian candi. Hebatnya, candi ini ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia karena keunikannya.

Di bangunan utama candi, tampak sebuah arca berjenis kelamin pria tanpa kepala sedang memegang kemaluannya. Selain itu, terdapat relief bernama lingga dan yoni yang dipahat di bagian bawah lantai. Kedua simbol tersebut dianggap sebagai lambang kesuburan. Lingga merupakan simbol sederhana Dewa Siwa. Sedangkan, Yoni merupakan simbol istri Dewa Siwa.

Relief lingga dan yoni dibangun di atas lantai agar setiap orang yang melangkahinya akan terlepas dari segala penyakit hati. Dan digambarkan bahwa seharusnya ketika manusia hendak beribadah, sebaiknya ia meninggalkan hal-hal yang berbau duniawi seperti seksual. Oleh arkeolog, penis dan vagina dianggap sebagai simbol sakral dan suci yang melambangkan kelangsungan hidup.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

25. Alun-Alun Karanganyar

Alun-Alun Karanganyar
Image Credit: Borobudurnews.com

Alun-alun Karanganyar juga bisa menjadi opsi tempat refreshing yang menyenangkan. Letaknya yang berada di tengah kota membuat destinasi satu ini mudah dijangkau dari segala arah, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Di alun-alun Karanganyar Anda bisa bersantai sambil menikmati semilir angin di siang hari. Ketika malam, ada banyak penyewaan gowes yang bisa Anda pakai mengelilingi alun-alun. Selain itu, banyak juga pedagang aneka kuliner untuk disantap sambi menghabiskan waktu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lawu, Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang terkenal di Karanganyar paling wajib dikunjungi. Daerah yang terdiri atas 17 kecamatan serta 177 kelurahan ini hampir di setiap sudutnya mempunyai eksotisme tersendiri. Anda pun tak akan sanggup mengunjungi semua lokasi wisata dalam satu hari saja.