20 Tempat Wisata di Temanggung Terbaru & Terhits Dikunjungi

 

20 Tempat Wisata di Temanggung Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan di Temanggung? Periksa Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Temanggung, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Populer, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat besar, tidak hanya di kota-kota besar saja seperti Bandung, Semarang atau Surabaya. Sebagai alternatif jalan-jalan, Anda bisa mencoba tempat-tempat wisata di Temanggung. Temanggung adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang pesona alamnya tidak kalah dengan area wisata besar lainnya di Indonesia.

Karena letaknya masih merupakan rangkaian dari Dataran Dieng, sebagian besar tempat wisata di Temanggung berupa dataran tinggi yang sejuk dan menenangkan. Hal lain yang menarik dari kota ini adalah dialeknya yang khas bernama dialek Jawa Kedu yang merupakan perpaduan bahasa Jawa Banyumasan dan bandek.

Sambil berwisata, Anda juga tidak boleh melewatkan kesenian lokal dan wisata kulinernya yang menawan. Setidaknya ada 20 daftar tempat wisata di Temanggung dengan pesona memukau yang harus Anda masukkan dalam list jalan-jalan. Langsung saja cek list nya di bawah ini.

1. Posong

Posong

Image Credit: Instagram.com @dhian_hardjodisastro

Posong merupakan tempat wisata alam yang cukup populer di kabupaten Temanggung. Tempat ini menawarkan pemandangan alam padang safana Kledung yang membentang antara Sindoro dan Sumbing. Sangat indah dan strategis jika dinikmati dari kawasan Posong.

Area wisata ini menyediakan gazebo-gazebo tempat istirahat. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati indahnya sunset di antara dua gunung dan perkebunan tembakau yang memanjakan mata. Udaranya sangat sejuk dan segar karena Posong terletak di perbatasan Temanggung – Wonosobo.

Lokasi: Tlahap, Kec. Kledung, Kab. Temanggung.

2. Hutan Rasamala

Hutan Rasamala

Image Credit: Tani-temanggung.blogspot.com

Hutan Rasamala terletak di lereng gunung Sumbing. Tempat ini cukup menyita perhatian banyak pengunjung karena terdapat dua jenis pohon yang cukup unik. Yang pertama adalah pohon walitis yang merupakan pohon terbesar di kawasan ini dengan tinggi mencapai 30 meter.

Lalu yang kedua ada pohon Rasamala yang disinyalir tidak bisa terbakar atau tahan terhadap api. Lewat area ini, para pengunjung juga bisa mengambil lintasan pendakian ke gunung Sumbing sambil menikmati mata air alami dan kesejukan alamnya.

Lokasi: Tanggulanom, Kec. Selopampang, Kab. Temanggung.

3. Mijil Loka

Mijil Loka

Image Credit: Instagram.com @widyatama_didit

Jika Anda mencari area foto yang indah dan instagramable, Mijil Loka adalah pilihan terbaik. Tempat ini menyediakan gardu tinggi sebagai tempat untuk menikmati pemandangan lereng gunung Sindoro. Saat-saat sunrise adalah waktu favorit untuk mendapatkan foto terbaik.

Mijil Loka bisa dibilang tempat wisata baru di Temanggung, namun keindahan yang ditawarkan tidak kalah dengan pesona alam di tempat lainnya. Latar belakang gunung yang super indah dan kesejukan alaminya akan segera mengobati rasa penat Anda.

Lokasi: Candisari, Kec. Bansari, Kab. Temanggung.

4. Curug Titang

Curug Titang

Image Credit: Instagram.com @habriawan_

Temanggung terkenal dengan wisata curugnya, salah satu yang cukup populer adalah curug Titang. Tidak butuh waktu lama untuk menuju lokasi curug dari pusat kota Temanggung. Jaraknya hanya sekitar 6 km. Anda bisa menggunakan sepeda motor dalam waktu 20 menitan.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berupa air terjun. Anda bisa berenang ataupun berendam dalam air yang sangat jernih dan segar. Area air terjun ini membentuk kolam alami yang cukup luas. Pilihan destinasi wisata yang tepat bagi Anda yang suka berenang di alam bebas.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Durenan, Tembarak, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

5. Candi Pringapus

Candi Pringapus

Image Credit: Besoksukses.com

Bagi yang menyukai wisata budaya, sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi Candi Pringapus sebagai salah satu peninggalan budaya yang sangat tua. Dilihat dari arca-arca dan reliefnya, candi ini merupakan peninggalan agama Hindu yang sangat kental kaitannya dengan Dewa Siwa.

Keindahan arsitektur dan halusnya pahatan-pahatan pada Candi Pringapus menjadi daya tarik tersendiri yang tak kalah dengan candi-candi terkenal lainnya di Indonesia. Di kompleks candi ini terdapat sebuah sendang (mata air) yang airnya terus ada walau sedang musim kemarau panjang.

Lokasi: Ngadirejo, Pringapus, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung.

6. Goa Lawa

Goa Lawa

Image Credit: Laman.temanggungkab.go.id

Wisata goa selalu menarik bagi Anda yang suka petualangan, berjiwa bebas dan mencintai alam. Jika mengunjungi Temanggung, sempatkan untuk berwisata ke Goa Lawa yang letaknya di perbatasan Kendal dan Temanggung. Anda akan disuguhi dengan keeksotisan stalaktit dan staglamit di dalam goa.

Nama Goa Lawa diambil dari kata “Lawa” yang berarti kelelawar. Di dalam goa ini memang banyak sekali kelelawar, bahkan dulu hanya orang-orang yang ingin bertapa yang mau memasuki goa ini. Pemerintah setempat melihat potensi di area ini, dan menjadikan Goa Lawa sebagai salat satu objek wisata di Temanggung.

Lokasi: Ngalian, Kec. Bejen, Kab. Temanggung.

7. Curug Lawe

Curug Lawe

Image Credit: Youtube.com (kota temanggung)

Masih tentang wisata air terjun, Curug Lawe menawarkan lokasi yang sangat alami karena belum terlalu ramai dan tentunya tidak banyak sampah. Anda bisa langsung berinteraksi dengan petani di sekitar untuk membeli buah-buahan atau sayur-sayuran segar.

Dinamakan “Lawe” karena air terjunnya seperti benang yang halus dan tipis. Sangat menarik untuk dilihat. Keindahan curug-curug di Temanggung memang menjadi poin tersendiri, terutama bagi para wisatawan dari kota-kota besar yang jarang menikmati kesejukan air terjun alami.

Lokasi: Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kab. Temanggung.

8. Pikatan Water Park

Pikatan Water Park

Image Credit: Wisatamantap.com

Tempat wisata yang berikut ini merupakan wahana kolam renang modern yang dilengkapi dengan beberapa permainan. Area ini cukup terkenal karena kolam renangnya sudah standar nasional. Bagi Anda yang mengajak anak-anak saat berlibur ke Temanggung, tidak ada salahnya mengunjungi Pikatan Water Park.

Yang menarik dari water park ini adalah sumber airnya yang berasal dari mata air asli. Jadi tidak heran jika airnya sangat segar dan jernih. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota, hanya sekitar 2,5 km saja. Fasilitasnya cukup banyak dengan harga tiket yang relatif murah.

Lokasi: Jl. Raya Pikatan, RT.5/RW.5, Mudal, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

9. Embung Kledung

Embung Kledung

Image Credit: Instagram.com @bima_kurniawan

Wisata alam selanjutnya adalah Embung Kledung yang berada di lereng gunung Sindoro. Pemandangan yang indah, udara yang segar, dan fasilitas spot-spot foto menarik menjadi daya tarik utama objek wisata ini. Selain itu, Embung Kledung juga merupakan kawasan agrowisata, cocok untuk Anda yang suka becocok tanam.

Sebelum dijadikan lokasi wisata, tempat ini awalnya adalah waduk penampungan air bersih untuk warga sekitar. Lama-kelamaan dibangun menjadi area wisata karena potensi alamnya yang sangat indah. Pantulan gunung Sindoro pada permukaan waduk menjadi poin tersendiri bagi wisatawan.

BACA:  5 Oleh-Oleh Khas Brebes Paling Populer

Lokasi: Jl. Raya Parakan – Wonosobo No.KM.12, Kec. Kledung, Kab. Temanggung.

10. Curug Merak

Curug Merak

Image Credit: Instagram.com @alvianhariss

Seperi curug lainnya di Temanggung, Curug Merak juga menawarkan kondisi alam yang masih asri dan alami. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin relaksasi menghilangkan stres dengan berenang ataupun berendam di air terjun. Sensasi sejuk dan panorama yang indah tidak akan Anda temukan di kota-kota besar.

Berlokasi di desa Kemiri Ombo, Anda bisa meminta bantuan warga sekitar untuk menemukan curug ini karena letaknya yang cukup jauh dari pusat kota. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan pemandangan air terjun yang eksotis.

Lokasi: Sidoharjo, Kec. Candiroto, Kab. Temanggung.

11. Curug Onje

Curug Onje

Image Credit: Ksmtour.com

Saat berada di lokasi Curug Onje, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan tujuh air terjun yang sangat menakjubkan. Anda harus berjalan sekitar 15 menit dari area parkir untuk menuju air terjun. Lokasinya masih sangat asri dan alami.

Jika berkunjung di musim kemarau, Anda bisa memanjat bebatuan di air terjunnya. Tapi jangan pernah mencobanya di musim penghujan karena aliran airnya cukup deras. Pemandangan sekitarnya yang hijau menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung.

Lokasi: Tanjungsari, Duren, Kec. Bejen, Kab. Temanggung.

12. Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang

Image Credit: Bumdes-smakmur-tmg.blogspot.com

Sesuai namanya, tempat wisata ini berada di desa Tlogopucang. Lokasinya sangat menarik karena sepanjang jalan Anda bisa menikmati jajaran pohon pinus yang rapi dan asri. Banyak wisatawan yang memilih bermalam di sekitar embung dengan mendirikan tenda.

Spot fotonya tidak kalah menarik. Pengelola sengaja membangun spot-spot foto yang instagenik karena melihat potensi alam dan ketertarikan para remaja untuk mengambil gambar. Bagi Anda yang menyukai alam, jangan lewatkan tempat wisata ini saat mengunjungi Temanggung.

Lokasi: Tlogopucang, Kandangan, Kec. Temanggung, Kab. Temanggung.

13. Gunung Kendil

Gunung Kendil

Image Credit: Instagram.com @mas_ludffi

Lokasi ini sering disebut dengan nama Bukit Sikendil dan ketinggiannya hanya 1800 mdpl. Bagi para pendaki pemula, Anda bisa mencoba mendaki gunung ini terlebih dahulu karena pemandangan yang ditawarkan tidak kalah indah dengan gunung-gunung tinggi lainnya.

Tidak butuh waktu lama untuk sampai di puncak. Saat berada di puncak, Anda bisa menikmati pemandangan gunung Sindoro, bahkan Merbabu, Slamet dan Merapi pun terlihat dari puncak gunung Kendil. Akan lebih indah lagi jika Anda menikmati panorama saat matahari terbit.

Lokasi: Sibajag, Kec. Candiroto, Kab. Temanggung.

14. Wisata Alam Umbul Jumprit

Wisata Alam Umbul Jumprit

Image Credit: Instagram.com @temanggung_hitz

Awalnya tempat ini bukanlah objek wisata untuk umum karena fungsinya adalah sebagai tempat suci bagi yang beragama Buddha. Warga lokal bahkan sering mengaitkan tempat ini dengan hal-hal yang berbau klenik atau mistis. Tidak heran, Umbul Jumprit tidak terlalu populer di luar Temanggung.

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang ke tempat ini, lama-kelamaan kesan mistis semakin terkikis. Sebagian pengunjung datang ke Umbul Jumprit untuk wisata pemandian. Karena di sana juga ada makam Ki Jumprit, beberapa pengunjung juga menyempatkan waktu untuk ziarah.

Lokasi: Jl. Ngadirejo, Jumprit, Purbosari, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung.

15. Hutan Pinus Sigrowong

Hutan Pinus Sigrowong

Image Credit: Penakata.com

Jangan dibayangkan Anda akan melihat pohon-pohon besar yang seram saat memasuki hutan pinus Sigrowong. Anda justru akan merasakan romantisme dan kedamaian alam yang tidak akan Anda temui di wisata alam lainnya. Anda pasti akan betah berlama-lama di hutan pinus ini.

BACA:  13 Tempat Makan Enak di Salatiga Favorit Wisatawan

Di area ini, Anda juga akan menjumpai taman gua Sigrowong yang ditata dengan baik dan bersih lengkap dengan gazebo-gazebo. Di tengah-tengah hutan ada perkebunan kopi. Lokasi yang strategis khas wisata alam, cocok untuk relaksasi dan berselfie ria.

Lokasi: Kandangan Rowo Seneng, Gesing, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung.

16. Batu Rananggana

Batu Rananggana

Image Credit: Dolanbae.com

Lokasi tempat wisata yang satu ini cukup menantang karena Anda harus mendaki gunung Candil terlebih dulu untuk mencapai Batu Rananggana. Ya, letaknya persis di puncak gunung Candil. Bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana indahnya hamparan kota Temanggung dari atas gunung.

Pastikan Anda menyiapkan fisik karena untuk mencapai puncak dibutuhkan energi yang besar. Trek nya cukup melelahkan dan menantang. Tapi jangan khawatir, keindahan di puncak akan sebanding dengan rasa lelah Anda selama pendakian ke atas.

Lokasi: Canggal, Kec. Candiroto, Kab. Temanggung.

17. Curug Trocoh

Curug Trocoh

Image Credit: Superadventure.co.id

Air terjun yang satu ini cukup unik karena debit airnya selalu deras walaupun sedang kemarau panjang. Tidak heran warga lokal menamainya “Trocoh” yang dalam bahasa Jawa berarti bocor atau keluar air. Pemandangan alamnya yang eksotis dipadukan dengan hamparan perkebunan warga saat menyenangkan untuk dilihat.

Curug ini menjadi saksi biksu berkaitan dengan perjuangan pangeran Diponegoro saat melakukan perang gerilya. Oleh karena itu, beberapa orang juga menyebut tempat ini sebagai Curug Surodipo, nama seorang panglima dari pangeran Diponegoro yang sangat setia.

Lokasi: Tawangsari, Kec. Wonoboyo, Kab. Temanggung.

18. Sedengkeng Pass

Sedengkeng Pass

Image Credit: Instagram.com @dhoryprastyo

Belakangan tempat-tempat wisata dataran tinggi yang memiliki gardu pandang sedang sangat digandrungi karena menawarkan pemandangan indah yang bisa dinikmati pada ketinggian tertentu. Hal ini lah yang ditawarkan oleh kawasan Sedekeng Pass.

Tak perlu ditanyakan lagi bagaimana keindahan yang ditawarkan karena lokasinya yang berada di lereng gunung Sindoro. Jika Anda ingin puas mengabadikan panorama di Sedekeng Pass, sebaiknya Anda naik gardu pandang saat sunset ataupun sunrise.

Lokasi: Petarangan, Kec. Kledung, Kab. Temanggung.

19. Sewu Ngadirejo

Sewu Ngadirejo

Image Credit: Instagram.com @alamsewu_temanggung

Nama lain dari objek wisata ini adalah Alam Sewu. Dinamakan demikian karena lokasinya berada di desa Pring Sewu. Tempat ini memiliki pemandangan indah perkebunan tembakau dan hamparan hijau pegunungan. Letaknya cukup jauh dari pusat kota, sekitar 35 km.

Karena kondisi alamnya yang masih alami, cukup sulit mencapai Alam Sewu. Jalannya hanya bisa dilalui oleh sepeda motor, dan kondisinya cukup terjal berbatu. Anda perlu bersabar untuk mencapai lokasi tujuan, namun keindahan yang ditawarkan sangat sepadan dengan usaha Anda.

Lokasi: Giripurno, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung.

20. Watu Layah

Watu Layah

Image Credit: Sipenyugunung.net

Watu Layah juga merupakan kawasan wisata baru di Temanggung sejak tahun 2016. Sejak pertama dibuka, tempat ini langsung ramai dan menarik perhatian terutama di media sosial karena menawarkan area wisata modern dengan bentangan hutan pinus yang mempesona.

Daya tarik utamanya adalah pengunjung bisa menaiki tangga menuju gardu untuk menikmati panorama alam sekitarnya dan mengabadikan momen saat berada di atas. Selain itu, Anda juga bisa mendirikan camping di area ini dengan mengurus perizinan terlebih dahulu pada pengelola setempat.

Lokasi: Tlogopucang, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung.

Itulah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Temanggung. Selain puas dengan kondisi alam yang benar-benar indah, suasana yang ditawarkan dan keramahan warga lokal akan membuat Anda ingin kembali mengunjungi kota ini di lain kesempatan.