15 Tempat Wisata di Banyumas Terbaru & Terhits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Banyumas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Banyumas? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Banyumas, Jawa Tengah. Objek Wisata Terbaru, Populer dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur.

Berbicara tentang Banyumas tentu tak lepas dari kuliner khasnya yakni mendoan. Kuliner yang berbahan utama tempe kedelai ini memang sudah sangat terkenal. Namun, kali ini bukan kuliner yang akan dibahas, melainkan tempat wisata yang terkenal di Banyumas.

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di selatan gunung Slamet membuat Banyumas memiliki banyak destinasi wisata alam. Keindahan wisata ini bisa dilihat dari banyaknya wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah yang berkunjung.

Tidak hanya wisata alam saja, wisata budaya, edukasi, sejarah dan keluarga juga banyak di Banyumas. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar tempat wisata di Banyumas yang memukau dan wajib Anda kunjungi saat liburan.

1. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden

Image Credit: Homestayrose50.com

Berbicara tentang wisata Banyumas tentu terasa kurang jika tidak membahas Lokawisata Baturaden. Destinasi wisata ini merupakan ikon pariwisata di Banyumas yang sangat populer. Lokasinya yang terletak di kaki gunung Slamet ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga karena udaranya yang segar serta spot wisatanya yang lengkap.

Disini, ada begitu banyak pilihan wahana yang bisa dinikmati mulai dari kebun binatang, permainan anak, wisata curug, kolam renang dan kuliner. Tidak heran jika memasuki masa liburan lokawisata Baturaden sangat sesak dipenuhi wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah.

Lokasi: Karangmangu, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

2. Goa Maria Kaliori

Goa Maria Kaliori

Image Credit: Travel.tribunnews.com

Goa yang berlokasi di kecamatan Kalibagor, Banyumas ini selain menjadi tempat religi juga menjadi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya penganut nasrani saja yang ramai mengunjungi Goa ini. Masyarakat dari berbagai latar belakang agama pun biasa mengunjungi destinasi wisata ini.

Dulunya, daerah sekitar goa merupakan lahan tandus yang gersang, namun setelag goa ini dirawat dan dikelola dengan baik, lambat laun menjadi asri dan dipenuhi pepohonan yang rindang. Fasilitas di sekitar lokasi wisata terbilang cukup lengkap. Disini terdapat tolite, toko souvenir, taman dan fasilitas peribadatan bagi umat Katholik.

Lokasi: Jl. Gua Maria Kaliori, Kec. Kalibagor, Kab. Banyumas.

3. Dream Land Water Park

Dream Land Water Park

Image Credit: Dolanyok.com

Jika ingin wisata bersama anak maupun keluarga, Banyumas juga memiliki wisata kolam renang yang menarik untuk dikunjungi. Dream Land Water Park merupakan destinasi wisata air menarik yang terletak di kecamatan Ajibarang. Kolam renang disini sangat beragam mulai dari untuk anak-anak hingga dewasa.

Disini, Anda tidak hanya bisa menikmati berbagai wahana air, tetapi juga terdapat kebun binatang mini serta permainan anak lainnya. Tidak heran jika waktu liburan tiba, Dream Land dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah. Bahkan padatnya pengunjung yang hadir menimbulkan kemacetan panjang di jalan utama provinsi.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pancasan, Kec. Ajibarang, Kab. Banyumas.

4. Curug Cipendok

Curug Cipendok

Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu curug tertinggi di Banyumas ini terletak di kecamatan Cilongok, tepatnya masih di kaki gunung Slamet. Jalan menuju destinasi ini terbilang cukup curam, namun ketika sampai di lokasi Anda pasti tidak akan menyesal mengunjunginya. Airnya yang dingin serta pemandangan alamnya yang indah akan membuat Anda merasa ingin kembali mengujunginya.

Guyuran air terjun yang deras dari ketinggian sekitar 100 meter ini membuat sekitar lokasi terasa berembun. Bahkan Anda akan basah meski berjarak cukup jauh dari pusat air terjun Cipendok. Bagi yang ingin mandi, disarankan untuk berhati-hati karena bebatuan sekitar curug sangatlah licin.

Lokasi: Karanganyar, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas.

5. Pancuran Pitu

Pancuran Pitu

Image Credit: Wikipedia.org

Masih di sekitar Baturaden, ada spot wisata wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Banyumas yakni Pancuran Pitu. Seperti namanya, pancuran ini memiliki 7 pancuran air panas yang berasal dari dalam gunung Slamet. Kandungan belerang yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit.

Biasanya, disini juga ada beberapa orang yang menyewa jasa pijit atau spa. Tidak heran jika Anda berkunjung kesini, sangat sayang jika tidak mencoba menikmati sensasi mandi air belerang serta pijit. Destinasi wisata ini juga bisa Anda kunjungi melalui pintu masuk lokawisata Baturaden, namun perjalanan yang ditempuh cukup jauh karena harus berjalan kaki.

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

6. Museum Bank BRI

Museum Bank BRI

Image Credit: Dinporabudpar.banyumaskab.go.id

Sebagai kota kelahiran Bank Rakyat Indonesia, tidak heran jika Banyumas memiliki museum Bank BRI. Letaknya berada di ibukota Banyumas yakni Purwokerto dan tidak jauh dari Stasiun Purwokerto serta dari alun-alun pusat kota. Museum ini sangat cocok untuk dijadikan wisata edukasi bagi anak-anak sekolah.

Museum ini memiliki banyak koleksi mata uang baik dari dalam negeri maupun mata uang asing. Pengunjung dapat mengetahui asal usul maupun peradaban mata uang dari masa ke masa. Selain itu, museum BRI juga memiliki bangunan pertama dari Bank BRI yang terletak di timur museum.

Lokasi: Jl. Jend. Soedirman No.57, Pesayangan, Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Barat. Kab. Banyumas.

7. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Image Credit: Explorewisata.com

Seperti namanya, Telaga Sunyi merupakan telaga yang sangat tenang dan nyaman untuk disinggahi. Destinasi wisata ini terletak di kecamatan Sumbang dan berdekatan dengan dengan objek wisata lain di lereng selatan Gunung Slamet. Dikelilingi rerimbunan pohon yang besar dan asri membuat telaga ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran.

Telaga ini memiliki air yang jernih sehingga Anda dapat melihat dasar telaga yang indah. Bunyi gemercik air yang mengalir dari curug kecil membuat suasana semakin nyaman. Bagi yang bisa berenang, Anda juga diperbolehkan untuk snorkeling atau sekedar menyelam di sekitar kolam. Namun, jika tidak bisa berenang cukup bermain di pinggir kolam yang dangkal saja.

BACA:  17 Tempat Wisata di Boyolali Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas.

8. Curug Nangga

Curug Nangga

Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu curug yang belum lama diresmikan menjadi salah satu destinasi wisata ini cukup menarik untuk dikunjungi. Curug Nangga sendiri terletak di kecamatan Pekuncen yang menawarkan keindahan air terjun bertingkat yang masih alami. Saat ini, fasilitas yang disediakan pengelola sudah cukup lengkap sehingga pengunjung bisa menikmati liburan dengan nyaman.

Ciri khas utama curug Nangga yakni banyaknya undakan atau tingkat yang mencapai kurang lebih 6 tingkat. Aliran airnya memang tidak terlalu deras, terlebih jika memasuki musim kemarau. Namun, hal inilah yang membuatnya aman untuk Anda nikmati kesegaran airnya.

Lokasi: Petahunan, Kec. Pekuncen, Kab. Banyumas.

9. Museum Wayang Sendang Mas

Museum Wayang Sendang Mas

Image Credit: Pariwisatalingmascakeb.blogspot.com

Museum Wayang bisa jadi pilihan ketika berada di Banyumas. Lokasinya berada di dekat alun-alun Banyumas dan menjadi wisata kebudayaan yang banyak dikunjungi para siswa seolah maupun perguruan tinggi.

Di dalam museum terdapat banyak koleksi wayang lengkap dengan gamelannya. Disini juga terdapat benda-benda warisan kebudayaan jam dulu seperti keris, tombak, fosil, kapak batu dan benda-benda pra sejarah lainnya. Selain itu, Anda juga bisa melihat koleksi foto Banyumas tempo dulu sehingga Anda akan merasa terbawa ke masa lalu.

Lokasi: Jl. Budi Utomo No.1, Sudagaran, Kec. Banyumas, Kab. Banyumas.

10. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus

Image Credit: Pikiran-rakyat.com (EVIYANTI)

Hutan pinus ini terletak di kecamatan Sumbang dan masih berada di lereng gunung Slamet. Suasana khas hutan pinus yang sejuk membuat lokasi wisata ini menjadi hits di media sosial. Tidak heran jika pada masa liburan, pengunjung akan memadati Hutan Limpakuwus.

Ciri khas utama wisata ini yakni keberadaan pepohonan pinus yang sudah berusia puluhan tahun dan dibawahnya ditumbuhi rerumputan yang indah dan berbunga. Anda bisa mengelilingi hutan dengan jalan setapak serta bisa berhenti di beberapa spot yang sudah disediakan pengelola.

Lokasi: Desa Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas.

11. Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal

Image Credit: Masjidnusantara.org

Salah satu masjid tertua di Indonesia ini terletak di desa Cikakak yang memang sudah tersohor hingga luar daerah. Ciri khas utama dari masjid ini yakni memiliki saka atau tiang Satu atau tunggal. Meski sudah berusia tua, masjid ini masih berdiri kokoh dan masih digunakan untuk peribadatan umat muslim.

Selain dapat menikmati keunikan bangunan masjid, Anda juga akan bertemu dengan penghuni masjid yakni kawanan kera ekor panjang. Kera-kera yang ada di sekitar masjid ini memang menjadi ciri khas masjid Saka Tunggal. Anda bisa memberikan makanan berupa kacang-kacangan atau buah-buahan sebagai pakan para kera.

BACA:  17 Tempat Makan Enak di Magelang Favorit Wisatawan

Lokasi: Cikakak, Kec. Wangon, Kab. Banyumas.

12. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden

Image Credit: Travelspromo.com

Bukan hanya Bogor saja yang memiliki kebun raya, Banyumas juga memiliki Kebun raya yang cukup menarik dikunjungi, Kebun Raya Baturaden atau biasa juga dikenal Baturraden Botanical Garden. Lokasinya berada di lereng gunung Slamet dan berdekatan dengan lokasi wisata lain di Baturaden.

Disini, Anda akan disuguhkan warna warni bunga serta tumbuhan-tumbuhan yang beraneka ragam. Anda juga bisa langsung memetik dan memakan langsung buah-buahan yang ada disini. Suasananya yang sejuk dan asri menjadikan Kebun Raya ini sangat cocok untuk wisata bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Pancurantujuh, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

13. Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman

Image Credit: Petatempatwisata.com

Bagi pecinta wisata sejarah, museum ini wajib untuk Anda kunjungi. Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman berlokasi di kota Purwokerto dan berdekatan dengan jembatan sungai Logawa. Museum ini memiliki dua lantai dimana lantai kedua terdapat patung jendral Soedirman sedang menunggang kuda serta di belakangnya terdapat monumen Pancasila.

Sedangkan lantai satu museum ini menceritakan sejarah perjuangan negara Indonesia dalam upaya membebaskan diri dari belenggu penjajahan Belanda. Para pengunjung dapat mempelajari sejarah perjuangan melalui diorama yang lengkap dengan tulisan penjelasannya. Selain itu, disini juga terdapat banyak benda-benda sejarah dari jaman perjuangan kemerdekaan.

Lokasi: Karanglewas Kidul, Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas.

14. Curug Jenggala

Curug Jenggala

Image Credit: Mgriyahotel.com

Curug yang terletak di Baturaden ini merupakan destinasi wisata baru yang belum lama diresmikan oleh pemerintah setempat. Dulunya curug Jenggala merupakan air terjun biasa yang belum banyak diketahui orang. Seiring berjalannya waktu, curug ini pun menjadi destinasi favorit ketika berkunjung ke Banyumas.

Pemandangan alam yang indah serta aliran air terjun yang deras menjadi daya tarik utama destinasi wisata ini. Anda bisa memandangnya dari gardu pandang yang terletak diatas bukit. Bagi pecinta selfie, disini juga disediakan spot cantik yang berbentuk “Love” dengan latar belakang curug Janggala yang indah.

Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

15. Telaga Kumpe

Telaga Kumpe

Image Credit: Brisik.id

Telaga Kumpe merupakan telaga buatan yang terletak di kecamatan Cilongok. Letaknya yan berada di lereng gunung Slamet membuat telaga ini memiliki udara yang sejuk dan asri. Anda bisa menikmati sensasi menaiki perahu yang disewa oleh pengelola.

Untuk bisa sampai ke telaga Anda harus melewati jalanan beraspal yang cukup curam, jadi harus berhati-hati ketika melewatinya. Selain menikmati keindahan telaga yang masih asri, Anda juga dapat mencicipi kuliner setempat yang ada di sekitar lokasi. Tentu harga yang. Ditawarkan masih sangat terjangkau.

Lokasi: Pesawahan, Dusun III, Gununglurah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas.

Itulah daftar rekomendasi tempat wisata terbaik di Banyumas. Ada begitu banyak pilihan wisata yang bisa dipilih ketika Anda berkunjung ke kota Mendoan ini. Tidak hanya wisata alam, disini juga ada banyak wisata religi, sejarah dan budaya yang sayang dilewatkan.