Anda berencana menghabiskan waktu liburan di Cibodas namun belum tahu destinasi mana saja yang harus dikunjungi? Inilah rekomendasi tempat wisata di Cibodas, Cianjur yang menyuguhkan panorama yang menakjubkan.

Bogor memiliki banyak kawasan wisata yang wajib menjadi destinasi kunjungan. Salah satunya adalah kawasan Cibodas. Jika Anda sedang bertandang kesini, setidaknya ada 10 tempat wisata di daerah Cibodas yang wajib Anda kunjungi.

Kalau selama ini Anda hanya tahu Kebun Raya Cibodas, maka Anda salah. Bahkan Kebun Raya ini sendiri saja terdapat banyak spot menarik yang bisa dieksplor lebih jauh lagi. Kebanyakan memang adalah destinasi wisata alam.

Nah, sebelum berkunjung ke Cibodas, ada baiknya Anda mengetahui apa saja destinasi menarik yang harus dikunjungi. Berikut ini ulasan lengkap tentang daftar tempat wisata yang populer di Cibodas.

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Google Maps (Cs Abutas)

Daftar teratas yang wajib dikunjungi tentu saja Kebun Raya Cibodas. Dengan luas kurang lebih 80 hektar dan terletak di bawah kaki Gunung Gede Pangrango membuat suasana sejuk dan segar sudah pasti Anda dapatkan disini.

Daya tarik lain yang membuat Kebun Raya Cibodas ini harus masuk dalam list kunjungan adalah karena disini Anda bisa menemukan ribuan koleksi pohon. Ada koleksi pohon baik pohon tua maupun pohon muda.

Selain itu, ada juga rumah kaca yang memiliki ribuan koleksi tanaman kaktus dan anggrek di dalamnya. Tak hanya itu saja, masih ada banyak lagi spot menarik yang bisa dikunjungi seperti danau, sungai, kebun pohon sakura hingga air terjun.

Harga Tiket: Rp 22.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

2. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Bumi Perkemahan Mandalawangi
Image Credit: Google Maps (Wahyu Azriel)

Kawasan Cibodas ini juga menawarkan area khusus yang digunakan untuk berkemah. Satu diantaranya adalah Bumi Perkemahan Mandalawangi ini. Bumi perkemahan ini terletak berdampingan dengan Kebun Raya Cibodas.

Destinasi wisata ini wajib dikunjungi karena disini tidak hanya tersedia area berkemah saja. Ada sungai, arena outbond dan jalur jelajah hutan yang tak boleh dilewatkan. Bagi pecinta petualangan, wahana ini tentu sangat menarik untuk dicoba.

Dengan fasilitas dan daya tarik yang ditawarkan ini, Bumi Perkemahan Mandalawangi menjadi salah satu camping ground favorit pengunjung. Anda tidak hanya mendapatkan lokasi berkemah yang strategis, namun juga memiliki berbagai daya tarik dalam satu tempat sekaligus.

Harga Tiket: Rp 9.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

3. Air Terjun Cibeureum

Air Terjun Cibeureum
Image Credit: Google Maps (Deni Panjayana)

Objek wisata selanjutnya adalah Air Terjun Cibeureum. Meskipun lokasinya masih di satu lokasi dengan Kebun Raya Cibodas, namun untuk masuk ke objek ini, Anda harus masuk melalui pintu yang berbeda.

Untuk bisa mencapai Air Terjun Cibeureum ini pun butuh perjuangan ekstra. Selain jaraknya yang cukup jauh, jalannya yang berbatu dan menanjak pun harus Anda lewati untuk sampai di air terjun ini. Dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk bisa mencapai air terjunnya.

Namun, perjalanan panjang dan melelahkan ini akan terbayar ketika Anda sampai. Begitu sampai, pemandangan air terjun yang cukup besar akan langsung menyambut Anda. Air yang jernih mengalir ditambah pemandangan hijau yang terhampar akan memanjakan Anda.

Harga Tiket: Rp 16.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cisarua Puncak KM. 10, Desa Cilember, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

4. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango
Image Credit: Google Maps (Rpnadita)

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini adalah kawasan konservasi dan hutan hujan tropis yang dilindungi. Gunung Gede dan Gunung Pangrango dihubungkan oleh gigir gunung yang menyerupai sadel yang disebut dengan Kandang Badak.

Anda bisa menemukan banyak daya tarik sekaligus. Selain bisa menikmati suasana yang sejuk dan segar khas pegunungan, Anda juga bisa melihat keragaman flora dan fauna disini. Salah satu yang bisa Anda temui disini adalah bunga edelweiss yang sudah langka. Selain itu, Anda juga bisa melihat pohon raksasa yang bernama Rasamala hingga tanaman pemangsa serangga, kantung semar disini.

Anda juga bisa melihat berbagai jenis anggrek, tanaman-tanaman yang bahkan belum diketahui nama ilmiahnya sampai spesies jamur yang bercahaya. Selain menikmati kekayaan hayati, pengunjung yang datang ke gunung ini biasanya juga datang untuk mendaki dan menikmati sunrise dari puncak Gunung Gede Pangrango ini.

Harga Tiket: Rp 17.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

5. Telaga Biru

Telaga Biru
Image Credit: Google Maps (1EB07_Daniel FunSelatan)

Satu lagi lokasi wisata yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi adalah Telaga Biru. Telaga ini pasti akan Anda lewati sebelum menuju ke Air Terjun Cibeureum karena lokasinya yang tidak jauh dari terjun tersebut.

Seperti namanya, telaga ini memang hanya telaga biasa namun dengan warna air yang biru jernih. Kejernihan air dan pemandangan sekitar yang masih asri membuat suasana disini cukup menenangkan.

Wisatawan yang melewati telaga ini kebanyakan singgah untuk melepas penat sebelum melanjutkan perjalanan ke air terjun Cibeureum sekaligus mengambil gambar dengan latar belakang telaga berwarna biru ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

6. Cibodas Golf Camping Ground

Cibodas Golf Camping Ground
Image Credit: Google Maps (Wisnu Widiyantoro)

Kalau sebelumnya ada bumi perkemahan Mandalawangi dengan daya tariknya sendiri, maka Cibodas Golf Camping Ground ini juga memiliki daya tarik sendiri. Tempat ini memiliki keunikan karena memadukan tempat berkemah dengan area bermain golf.

Bumi perkemahan ini pada awalnya memang sebuah lapangan golf. Hingga kemudian di tahun 2013, pertama kalinya tempat ini digunakan sebagai camping ground. Sejak saat itulah, tempat yang awalnya lapangan golf ini beralih fungsi menjadi lokasi perkemahan.

Sebagaimana lapangan golf pada umumnya, bumi perkemahan dengan luas kurang lebih 40 hektar ini memiliki lanskap datar dengan rumput hijau sejauh mata memandang. Anda bisa menemukan sungai kecil dengan air yang jernih, rumpun pepohonan yang teduh dan air terjun di beberapa spot area perkemahan ini.

Harga Tiket: Rp 29.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

7. Canopy Trail Ciwalen

Canopy Trail Ciwalen
Image Credit: Google Maps (Hendi Pras)

Canopy Trail Ciwalen merupakan sebuah jembatan gantung dengan panjang 130 meter dengan ketinggian 45 meter di atas permukaan tanah. Jembatan gantung ini dibuat dengan disangga 4 pohon Rasamala dengan masing-masing pohon memiliki diameter rata-rata 1,2 meter. Jadi, bagi yang suka memacu adrenalin, lokasi ini sangat cocok untuk Anda coba.

Jembatan gantung ini sebenarnya merupakan satu wahana baru yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Anda akan merasakan sensasi terbang di atas pepohonan hutan hujan tropis yang rimbun. Setelah sampai di ujung canopy trail ini Anda akan menemui air terjun Ciwalen yang memiliki air yang jernih dan segar.

Soal keamanan Anda tidak perlu khawatir karena setiap pengunjung yang melintasi jembatan gantung ini akan didampingi oleh petugas. Untuk bisa menikmati wahana ini Anda hanya bisa datang pada hari Sabtu dan Minggu pada jam 09.00, 11.00, 13.00 dan 15.00 saja.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

8. Air Terjun Cibogo

Air Terjun Cibogo
Image Credit: Google Maps (Saint Lucas)

Selanjutnya, objek destinasi yang ada di Cibodas yang wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Cibogo. Air terjun ini sebenarnya masih termasuk di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas. Terletak di lokasi yang berdekatan dengan Taman Sakura dan Jalan Air.

Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang ditawarkan spot wisata ini tetap mempesona. Apalagi airnya yang jernih dan segar dijamin akan membuat Anda tidak akan menyesal berkunjung ke lokasi ini. Anda juga bisa mandi di bawah guyuran air yang segar dan tentunya cukup dingin.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

9. Taman Sakura

Taman Sakura
Image Credit: Google Maps (Cs Abutas)

Masih berada di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, ada spot wisata bernama Taman Sakura. Sesuai namanya, disini Anda bisa menikmati keindahan bunga sakura tanpa harus pergi langsung ke negeri asalnya, yakni Jepang.

Anda mungkin penasaran kenapa tanaman sakura yang biasanya tumbuh di negara dengan 4 musim bisa tumbuh di Cibodas. Ini karena letak Cibodas, dalam hal ini Kebun Raya Cibodas, yang berada di ketinggian di atas 1.400 meter dari permukaan laut menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Tanaman sakura ini bisa dinikmati hanya 2 kali dalam satu tahun. Anda bisa datang antara bulan Januari-Februari atau bulan Juli-Agustus untuk mendapatkan pemandangan terbaik bunga sakura disini. Jadi kini Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati pemandangan bunga sakura yang cantik.

Harga Tiket: Rp 16.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

10. Jalan Air dan Taman Rhododendron

Jalan Air dan Taman Rhododendron
Image Credit: Facebook.com @novik.mooi

Terakhir ada Jalan Air dan Taman Rhododendron. Kedua spot ini adalah tempat yang wajib masuk dalam daftar kunjungan di Cibodas. Taman Rhododendron memiliki koleksi bunga lengkap dari berbagai negara. Tidak hanya Indonesia, Anda bisa juga melihat koleksi bunga dari negara Jepang, China dan lain negara lainnya.

Sedangkan Jalan Air ini adalah wahana bermain yang ada di Sungai Cibogo yang juga berada di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas. Aliran Sungai Cibogo ini berasal dari Gunung Gede. Aliran airnya sangat jernih dan dingin.

Kalau Anda datang bersama anak-anak, Jalan Air ini adalah destinasi menarik dan pasti memberikan keseruan untuk anak-anak. Karena itu Anda harus menyempatkan mampir ke tempat satu ini saat berkunjung ke Cibodas, terutama ke Kebun Raya Cibodas.

Harga Tiket: Rp 16.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Cibodas yang harus masuk dalam daftar kunjungan saat Anda berada di Cianjur. Tidak hanya Kebun Raya, masih ada banyak destinasi lain yang tidak boleh Anda lewatkan. Lokasinya yang strategis, berada di ketinggian membuat di setiap destinasi ini akan memberikan Anda sensasi yang menenangkan dan menyegarkan.