Harga Tiket: Rp 35.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Pamalayan, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Santolo merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih bersih nan lembut. Karena warna pasirnya dan putih dan teksturnya yang halus berpadu dengan pemandangan yang disajikan, pantai ini dijuluki sebagai surga tersembunyi dari selatan Garut. Pengunjung yang datang dapat berekreasi dengan keluarga diatas pasir.

Pemandangan dari pantai menampilkan panorama yang indah, sehingga memikat banyak pengunjung. Bahkan berdasarkan data, pada liburan natal dan tahun baru 2020 lalu tercatat sebanyak 34.901 pengunjung yang mengunjungi Pantai Santolo. Jumlah kunjungan ini juga merupakan kunjungan wisata alam pantai terbanyak di Garut.

Pengunjung pantai juga dapat merasakan kelengkapan fasilitas yang telah disediakan. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap, mulai dari area parkir, spot foto hingga tersedianya wahana permainan air. Serta beberapa gazebo khusus untuk pengunjung yang ingin menikmati bersantai di pantai indah satu ini. Fasilitas yang tersedia dapat menunjang kebutuhan liburan wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Santolo

Daya Tarik Dimiliki Pantai Santolo
Image Credit: Google Maps (Ray Maulany)

Walaupun dijuluki sebagai surga tersembunyi, Pantai Santolo tetap menjadi salah satu pantai favorit wisatawan. Panorama indah yang disuguhkan serta lengkapnya fasilitas yang tersedia turut menjadi faktor mengapa pantai ini dikunjungi oleh banyak wisatawan. Dengan semua daya tarik yang dimilikinya tak heran kalau pantai ini menjadi favorit.

1. Keindahan yang Dipamerkan

Pantai ini dijuluki surga tersembunyi karena tempatnya yang dikelilingi perbukitan hijau serta pantainya yang indah sehingga benar-benar membuat siapa saja yang mengunjunginya akan terkagum-kagum. Hamparan pasir putihnya yang lembut disertai dengan laut birunya yang apik merupakan perpaduan pemandangan alam yang sangat indah.

2. Spot Foto Kece

Kehadiran Instagram membuat banyak orang berlomba-lomba meng-upload foto yang kece. Obyek wisata ini juga memiliki banyak spot foto menarik yang dapat wisatawan manfaatkan sebagai tempat mengambil foto. Spot foto yang ada seakan kontras dengan indahnya pantai. Cocok bagi wisatawan pemburu foto demi menaikkan followers akun instagram.

3. Keindahan Bawah Laut

Bukan hanya memamerkan keindahan daratannya saja, Pantai Santolo ini juga memiliki keberagaman biota lautnya yang indah. Pantai ini memiliki banyak sekali macam biota laut mulai dari terumbu karang, rumput laut hingga bulu babi. Wisatawan yang datang dan berkesempatan melihat indahnya habitat bawah laut dari pantai ini dijamin akan merasa kagum.

Daya Tarik Pantai Santolo
Image Credit: Facebook.com @ari.i.s.54

4. Hijaunya Alam Sekitar

Walaupun namanya pantai, namun di Pantai Santolo pengunjung juga dapat menikmati hijaunya pepohonan. Banyaknya pepohonan yang berada di pantai ini terjadi karena lokasi pantai berdekatan dengan area bukit. Pepohonan-pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berniat mengunjungi surga tersembunyi dari selatan Garut ini.

5. Sunset yang Memukau

Merujuk dari nama pantai ini, Santolo mengambil dari bahasa Belanda San Tulu atau Zon Tulu yang artinya matahari tenggelam. Itulah kenapa, pemandangan matahari tenggelam dapat wisatawan saksikan disini dengan panorama yang sangat indah. Perpaduan gradasi warna langit sore disertai dengan hembusan ombaknya yang sejuk adalah perpaduan yang khas dari pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Santolo

Alamat Pantai Santolo
Image Credit: Twitter.com @MamangObun

Pantai Santolo ialah salah satu pantai yang terletak di Garut, Jawa Barat. Lokasi wisata indah ini berjarak 90 km dari hiruk-pikuk Kota Garut. Akses menuju pantai terbilang cukup sulit dilalui. Bahkan pada saat wisatawan sampai di Kecamatan Cikelet terdapat beberapa jalan yang berlubang. Mungkin hal inilah yang membuat pantai ini dijuluki sebagai surga tersembunyi karena lokasinya yang sulit dijangkau.

Waktu tempuh untuk menyambangi pantai satu ini berkisar antara 3 jam lebih 30 menit dari Kota Garut. Waktu tempuh ini juga tergantung dari jumlah wisatawan yang datang, biasanya pada waktu libur sekolah dan cuti kerja telah menjelang maka jalan menuju lokasi akan sedikit macet mengingat keindahan yang pantai ini suguhkan membuat orang berlomba-lomba datang kesini.

Pengunjung yang hendak datang bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi layaknya mobil dan motor. Wisatawan yang datang dapat memarkirkan kendaraan mereka di area parkir, jadi untuk pengunjung yang berniat menyambangi pantai ini tidak perlu khawatir tentang lahan parkir yang sempit sebab pengelola pantai sudah memfasilitasi area parkir.

Ada berbagai rute menuju lokasi, berikut rute yang paling sering dilalui oleh wisatawan. Rute menuju pantai ini dapat dimulai dari pusat Kota Garut menuju ke Cikajang. Setelahnya, wisatawan dapat mengikuti perjalanan dengan berpatokan pada papan penunjuk jalan menuju Cikelet. Lalu, lanjutkan perjalanan menuju ke Paengpeuk hingga menemui obyek wisata yang dituju.

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo Garut

Harga Tiket Pantai Santolo Garut
Image Credit: Twitter.com @WarnaWarniW

Pantai Santolo terletak sedikit jauh dari pusat Kota Garut, yakni 90 km. Walaupun jauh dan medan yang dilalui cukup sulit, pengunjung yang berkunjung ke wisata alam ini tak pernah sekalipun merasa rugi mengenai biaya dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk menyambanginya. Karena wisatawan merasa puas setelah melihat keindahan yang dipaparkan. Mulai dari pemandangan alam hingga bukitnya.

Wisatawan yang hendak mengunjungi wisata alam ini bisa menaiki minibus Kota Garut – Cikajang – Cikelet dan Pameungpeuk. Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Pengunjung yang menaiki minibus akan dikenai tarif sebesar Rp 35.000, tarif ini dinilai cukup murah jika dibayar dengan keindahan yang disuguhkan. Dijamin, pengunjung tidak akan merasa rugi!.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Santolo

Kegiatan di Pantai Santolo
Image Credit: Google Maps (Thomas Sarjono)

1. Bersantai Nyaman

Bukan suatu hal yang mengejutkan jika Pantai Santolo memiliki panorama pemandangan yang sangat indah, saking indahnya pantai ini bahkan dijuluki surga tersembunyi dari selatan Garut. Wisata alam satu ini memiliki pasir yang putih bersih serta ombak dan air lautnya yang memanjakan mata. Inilah salah satu daya tarik dari pantai ini.

Wisatawan dapat menikmati momen bersantai nyaman dengan cara berjemur ataupun sekedar bersantai di atas pasir putihnya yang lembut. Tidak perlu khawatir kulit mengenai efek sinar matahari yang ekstrem karena ombak disini akan membawa angin segar untuk wisatawan yang sedang bersantai. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang hendak bersantai nyaman.

2. Berfoto dengan Latar Belakang Kece

Spot foto yang disediakan disini tidak kalah cantiknya dengan pemandangan alam yang disuguhkan oleh pantai. Warna pasir putihnya yang cantik, gulungan ombaknya yang segar serta pemandangan hijau bukit di sekitar pantai akan membuat tangan Anda gatal untuk memotretnya. Sangat kontras untuk pengunjung yang ingin mengambil foto disini.

Tidak sedikit pengunjung yang mengabadikan indahnya berfoto di spot foto kece berlatarkan pantai indah satu ini. Pengunjung juga tidak perlu khawatir kalau tidak membawa kamera ataupun seseorang yang bisa dijadikan pemotret, pengunjung bisa menyewa jasa fotografer yang terkadang berada di sekitar area pantai. Fotografer ini bisa memotret Anda dengan hasil yang bagus dan angle yang tepat.

3. Snorkeling Bersama Biota Laut

Pantainya yang indah begitu juga dengan keragaman biota bawah lautnya. Wisatawan yang datang dapat secara langsung melihat indahnya biota laut dari atas perahu karena air di Pantai Santolo jernih. Untuk wisatawan yang membawa keluarga, trip ke pantai ini merupakan suatu ide yang sangat bagus. Wisatawan dapat menambah ilmu buah hati mereka dengan memperlihatkan beragamnya biota laut.

Pengunjung yang datang bisa melihat berbagai biota laut seperti halnya rumput laut, bulu babi, kerang dan sebagainya. Banyak perahu wisata yang siap mengantarkan pengunjung menikmati indahnya laut. Wisatawan bisa melakukan snorkeling untuk menyaksikan secara langsung keindahan yang terpancar dari surga tersembunyi di selatan Garut ini.

Kegiatan Menarik di Pantai Santolo
Image Credit: Instagram.com @insan_wargi_garut

4. Piknik dengan View yang Memesona

Saat siang hari menjelang, terkadang suhu udara di sekitar area pantai akan terasa panas. Namun tidak dengan pantai indah satu ini. Di sekitar area pantai berderet pepohonan rimbun di bukit yang dijamin dapat membuat udara di sekitar menjadi sejuk. Belum lagi ditambah oleh kesegaran angin yang dibawa ombak yang bergulung. Semakin membuat wisatawan yang datang berkunjung menjadi nyaman.

Pengunjung dapat menikmati sejuknya pepohonan dan indahnya pemandangan dengan bersantap makan diatas gazebo-gazebo yang telah disediakan oleh pengelola. Pengunjung juga tidak perlu repot-repot membawa alat santap dan laukpauk, karena semua telah tersedia lengkap disini. Dengan piknik di Pantai Santolo, dijamin tingkat keharmonisan keluarga akan semakin bertambah.

5. Menanti Detik-detik Matahari Tenggelam

Fenomena sunset memang sudah menghipnotis banyak kalangan pecinta senja. Dengan bersantai sembari menikmati detik-detik matahari tenggelam merupakan kegiatan yang sangat disukai karena dapat memberikan efek nyaman setelah melihat pemandangannya. Hal ini juga tidak perlu diragukan lagi, dengan melihat keindahannya membuat suasana hati seseorang menjadi nyaman.

Pengunjung yang datang ke pantai ini dapat pula menyaksikan detik-detik matahari tenggelam. Diterangi oleh cahaya sore yang lembut serta deburan ombak nan eksotis membuat siapa saja yang melihatnya merasa terhipnotis. Tidak sedikit pula pengunjung yang mengambil foto detik-detik matahari tenggelam dari lokasi wisata ini.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Traveloka.com

1. Penginapan Karanglaut Santolo

Penginapan ini berada di pinggir dari Pantai Santolo. Dengan fasilitas AC, Wifi, kamar yang nyaman, tidak bising serta pelayanan yang ramah membuat penginapan ini menjadi favorit bagi para wisatawan yang berlibur ke pantai. Di area depannya pun juga dilengkapi gazebo yang dapat digunakan pelanggan untuk bersantai sembari menikmati keindahan pantai.

2. ANB Resort and Hotels

Penginapan ini mengusung tema mewah dan ramah keluarga. Disini terdapat kolam renang beserta wahana permainan yang cocok untuk anak-anak. Tidak hanya itu, disini juga terdapat area untuk bermain billyard yang memiliki fasilitas lengkap. Disini pun terdapat coffe shop yang disediakan khusus untuk pelanggan yang bermalam disini.

3. Penginapan Rista

Penginapan ini sangat kental akan tema yang diusungnya, yaitu sederhana serta bersih. Lokasinya yang dekat dengan pantai, pelayanan yang ramah, serta yang paling penting ialah harganya yang terjangkau. Pantas saja kalau pengunjung yang berasal dari luar daerah banyak bermalam disini, untuk kemudian keesokan harinya kembali menikmati keindahan pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Santolo Garut

Fasilitas di Pantai Santolo Garut
Image Credit: Google Maps (Daudi Iskandar)

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola wisata pantai ini sudah tergolong lengkap dan memadai. Pengunjung dapat menikmati pesona indahnya pantai sembari difasilitasi oleh fasilitas yang tersedia. Seperti halnya pengunjung dapat piknik bersama keluarga di gazhebo dan bersantap makanan yang disediakan oleh warung makan.

Demikianlah beberapa hal terkait Pantai Santolo yang menawan di Garut. Pantai ini masih tergolong asri, tugas kita selanjutnya ialah menjaga kebersihan pantai indah ini dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Bukan hanya di sekitar area pantai saja, namun juga dimana pun kita berada. Membuang sampah pada tempatnya akan berdampak sangat baik bagi bumi yang kita huni.