16 Tempat Makan Enak di Garut Favorit Wisatawan

Tempat Makan Garut

Garut merupakan salah satu wilayah Jawa Barat yang memiliki tempat wisata menarik. Wisata alamnya yang beragam juga sepadan dengan wisata kulinernya yang tak kalah variatif. Makanan cita rasa khas Sunda yang segar dan nikmat wajib Anda eksplorasi jika berkunjung ke Garut.

Jangan khawatir soal harga, beberapa rumah makan di Garut membanderol harga cukup terjangkau untuk kantong namun dengan rasa yang tetap nikmat dan lezat. Dengan pemandangan yang masih asri, banyak rumah makan juga menawarkan nuansa alam yang indah untuk dinikmati pengunjung.

Tak kalah menarik adalah menu makanan yang bermacam-macam sehingga bisa memuaskan selera kuliner Anda. Banyaknya kuliner dan tempat makan di Garut mungkin membuat Anda kebingungan. Berikut adalah 16 tempat makan terenak di Garut yang paling sering direkomendasikan oleh wisatawan dan wajib kamu datangi ketika berkunjung.

1. Soto Ayam Garut Kedai Ahri

Soto Ayam Garut Kedai Ahri

Lokasi: Jl. Raya Cimanuk No.271, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Pergidulu.com

Kedai Soto Ahri hanya menyediakan soto sebagai menu andalan. Anda bisa memilih ingin menambahkan nasi atau tidak, dengan daging ayam atau sapi dan bisa memilih satu porsi atau setengah porsi.

Rasa sotonya asin dan gurih. Paduannya didapatkan dari campuran santan kuning pekat dan rempah-rempah pilihan. Kuah sotonya juga ditaburi kacang kedelai goreng, daun bawang dan kerupuk.

2. Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Lokasi: Cangkuang, Kec. Leles, Kab. Garut. – Image Credit by Saricobek.com

Menu utama dari rumah makan ini adalah nasi liwet dan gurame cobek yang tidak perlu Anda ragukan lagi kenikmatannya. Menyediakan pula tempat makan sesuai selera pengunjung, terdapat bagian untuk lesehan, meja makan biasa maupun gazebo.

Buka dari jam 9 pagi hingga 10 malam, pengunjung bisa merasakan gaya Sunda pedesaan ketika bersantap. Selain itu, tempat makan ini juga dikelilingi kolam ikan.

3. Pujasega Family Restaurant

Pujasega Family Restaurant

Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata No. 64, Tarogong, Pananjung, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut. – Image Credit by Facebook.com (Pujasegarestogarut)

Restoran ini menyajikan berbagai macam menu khas Sunda. Menu yang menjadi favorit pengunjung adalah gulai tutut, ayam bakar dan nasi goreng spesial. Menu lain yang bisa Anda coba adalah menu Barat, Jepang dan Korea.

Pujasega Family Restaurant buka dari jam 9 pagi sampai 10 malam. Daya tarik lain restoran ini adalah lokasinya yang luas. Dilengkapi dengan taman dan kolam ikan.

4. Nasi Liwet Asep Strawberry

Nasi Liwet Asep Strawberry

Lokasi: Jl. Cimaragas No.95, Ngamplangsari, Kec. Cilawu, Kab. Garut. – Image Credit by Pergidulu.com

Salah satu makanan khas Sunda yang menjadi primadona adalah nasi liwet yang gurih. Nasi liwet milik Pak Asep ini disajikan dengan aroma rempah yang harum dan dilengkapi dengan kastrol.

Dalam satu paket, Anda akan mendapatkan nasi liwet dengan beragam lauk, seperti ikan asin, tahun, ikan goreng, ayam, sambal, tempe dan lalapan. Mata Anda akan dimanjakan pemandangan sawah khas pedesaan yang mengelilingi tempat makan ini.

5. Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Lokasi: Jl. Cikuray No.23, Regol, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Rumahmakandikotagarut.blogspot.com

Restoran Sunda ini bergaya campuran antara tradisional dan modern. Terkenal dengan olahan sambelnya, cita rasa khas Sunda bisa Anda cicipi di nasi timbel, ayam dan bebek goreng, sup ikan gurame dan lalapan segar.

Rumah Makan Cibiuk buka dari jam 7 pagi hingga 10 pagi. Di rumah makan ini disediakan pula lesehan dan kursi yang bisa Anda pilih tergantung keinginan.

6. Sate Maranggi Pak Nur

Sate Maranggi Pak Nur

Lokasi: Jl. Raya Semarang No. 119, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Tripadvisor.com

Harga sate di tempat makan ini cukup terjangkau sehingga selalu ramai oleh pengunjung. Terdapat tiga pilihan daging yaitu daging ayam, kambing dan sapi.

Suasana disini juga nyaman walaupun berseberangan dengan jalan raya. Di bagian belakang terdapat saung, kolam ikan dan tempat makan lesehan. Sate Maranggi Pak Nur buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

7. Jemani Resto

Jemani Resto

Lokasi: Jl. Raya Cipanas No.88, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut. – Image Credit by Rumahmakandikotagarut.blogspot.com

Di Jemari Resto Anda tidak hanya bisa mencicipi makanan khas Sunda, namun juga makanan Indonesia pada umumnya dan Asia. Menu favorit pengunjung adalah gurame bumbu berontak dan tahu jemani.

Restoran ini buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Suasanya juga nyaman, sejuk dan romantis untuk mereka yang datang bersama pasangan dan keluarga.

8. Graha Sindang Reret

Graha Sindang Reret

Lokasi: Jl. Raya Cimanuk, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Pergikuliner.com

Menyajikan kuliner khas Sunda, aneka sup dan olahan daging menjadikan Graha Sindang Reret selalu ramai pengunjung. Tempat makan ini juga menyediakan bangunan yang cukup luas untuk menampung banyak orang, bahkan Anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu jika membawa rombongan besar.

Buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam, Graha Sindang Reret juga menawarkan panorama indah yang menambah kesan khas pedesaan. Menu makanannya juga variatif, lezat dan cukup terjangkau.

9. Es Goyobod

Es Goyobod

Lokasi: Jl. Kiansantang No.24, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Pergidulu.com

Es goyobod merupakan minuman penghilang dahaga yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Garut. Mirip dengan es campur, es goyobod menambahkan potongan alpukat, roti tawar, pacar cina, kelapa muda, kolang-kaling, gula aren dan potongan tepung aren.

Satu porsi es goyobod dijual hanya lima ribu rupiah saja. Tidak heran, es goyobod menjadi incaran wisatawan dan selalu ramai. Jadi Anda harus sabar mengantri untuk menikmati satu gelas es manis ini.

10. Baso Aci Ceu Imas

Baso Aci Ceu Imas

Lokasi: Jl. Karacak No.49, Kota Kulon, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Kumparan.com

Sedang menjadi tren baru di Garut, tidak ada salahnya mencicipi kuliner baru yang terkenal ini. Baso Aci Ceu Imas adalah warung baso aci paling populer dan menjadi favorit wisatawan. Isi dalam satu porsinya adalah baso sapi, ceker, tetelan, baso tahu, tahu kering, siomay dan baso aci.

Jika kurang kenyang, Anda bisa meminta pelengkap lain seperti bihun, irisan daging ayam, saos sambal serta jeruk limau sebagai penyegar. Hanya dengan 25.000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati satu mangkuk baso aci.

11. Lesehan Alam Sari

Lesehan Alam Sari

Lokasi: Tanjungjaya, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut. – Image Credit by Megalata-uci.blogspot.com

Suasana pegunungan yang asri, semilir angin Garut yang sejuk dan makanan khas Sunda yang komplit membuat Lesehan Alam Sari seringkali menjadi tujuan utama wisata kuliner di Garut.

Menu yang menjadi andalan rumah makan Lesehan Alam Sari adalah menu ikan berbagai varian, ayam hingga sop buntut dengan harga terjangkau. Selain memanjakan mata, Anda bisa sekalian memanjakan lidah di Lesehan Alam Sari.

12. Mie Bakso Parahyangan

Mie Bakso Parahyangan

Lokasi: Jl. Ciledug No.35, Regol, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Pergidulu.com

Dominasi menu mi menjadi andalan tempat makan ini. Mulai dari mi kuah, yamie asin atau manis, bihun kuah serta yahun asin dan manis. Untuk isian kuahnya juga beragam, Anda bisa memilih baso, pangsit, babat, siomay maupun tahu.

Menu lain yang tak kalah sedap adalah nasi tim ayam, nasi goreng, cap cay dan lo cu pan. Didapuk sebagi lokasi makan mi paling enak di Garut, Anda harus sempat untuk mencicipi olahan mi disini.

13. Cargo Kitchen and Lounge

Cargo Kitchen and Lounge

Lokasi: Tarogong, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Cargo-kitchen-lounge.business.site

Restoran ini menawarkan konsep sebagai tempat nongkrong kekinian, menjadikan lokasi favorit anak muda untuk bersantap. Selain makan, setiap malam minggu dijadwalkan live musik dan nonton bareng pertandingan bola.

Buka dari pukul 11 pagi hingga tengah malam Cargo Kitchen and Lounge selalu ramai pengunjung. Menu makanan yang ditawarkan cukup beragam, baik makanan lokal maupun luar negeri.

14. Rumah Makan Pananjung

Rumah Makan Pananjung

Lokasi: No. 509 Tanjung, Garut, Jl. Cipanas Baru, Pananjung, Garut, Kab. Garut. – Image Credit by Kompasiana.com

Rumah makan ini buka selama 24 jam tiap harinya. Jika Anda penikmat daging domba, Rumah Makan Pananjung wajib dikunjungi. Menu utamanya adalah daging domba yang dimasak dengan cara goreng ataupun bakar.

Suasana yang ditawarkan pada pengunjung adalah alam pedesaan dengan hawa sejuk yang asri. Tempat makannya berupa saung-saung, sehingga makan dengan lesehan menjadi pilihan.

15. Rumah Makan Khas Sunda M. Iki

Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Lokasi: Jl. Pasar Baru No.84, Ciwalen, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Kulinerintangarut.blogspot.com

Buka dari pukul 8 pagi hingga 9 malam, rumah makan ini mengutamakan kepuasan pelanggan dengan pelayanan yang ramah dan menu beragam yang lezat. Menu utamanya adalah olahan daging ayam yang empuk dengan sambal berbagai tingkat kepedasan.

Rumah Makan M. Iki cocok untuk acara makan bersama keluarga. Harganya juga terjangkau seperti pada rumah makan umumnya sehingga tidak perlu khawatir kantong bolong.

16. Rumah Makan Kampung Muara Sunda

Rumah Makan Kampung Muara Sunda

Lokasi: Jl. Raya Bayongbong Km. 3, Muara Sanding, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Twitter.com @MuaraSundaResto

Dengan lokasi strategis, tempat makan ini menawarkan wisata kuliner berupa restoran apung. Suasananya nyaman dengan bentangan sawah yang memanjakan mata.

Rumah Makan Muara Sunda buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Sedangkan menu makannya cukup beragam. Ada berbagai macam olahan seafood, ayam, sayuran dan masih banyak lagi.

Itulah 16 tempat makan terenak di Garut yang sering direkomendasikan oleh wisatawan. Anda bisa wisata alam sekaligus mencicipi wisata kuliner Garut yang terkenal karena kelezatan rasanya. Selamat jalan-jalan dan menikmati makanan di Garut!