10 Wisata Kuliner di Jember yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner JemberJawa Timur adalah provinsi di Pulau Jawa yang mempunyai segudang wisata kuliner dengan rasa yang sangat lezat, salah satunya adalah di kota Jember. Jember adalah kota yang mempunyai sejuta tempat wisata kuliner menarik yang patut Anda cicipi apabila berkunjung. Hal tersebut menyebabkan Jember menjadi salah satu kota favorit untuk dikunjungi para pecinta kuliner Indonesia.

Saat berkunjung ke kota ini, Anda bisa dengan mudah menemukan beragam wisata kuliner menarik, mulai dari tradisional hingga modern. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa merasakan sensasi menghabiskan malam di beberapa tempat nongkrong yang ada di kota tersebut.

Wisata kuliner di Jember yang beragam membuat para wisatawan tidak perlu khawatir saat berkunjung. Para wisatawan tersebut dapat memilih aneka sajian kuliner yang menggugah selera dan juga sangat disukai oleh banyak orang. Oleh karena itu, di bawah ini beberapa rekomendasi wisata kuliner di Jember yang bisa Anda jadikan pilihan.

1. Warunge Mbok

Warunge Mbok

Lokasi: Jl. Raya Semboro, Semboro Lor, Kec. Semboro, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Wisata kuliner jember yang satu ini sangat favorit bagi para pecinta seafood nusantara. Pasalnya di tempat ini menyajikan berbagai macam olahan makanan laut yang masih segar. Salah satunya yang menjadi menu Andalan adalah kepiting goreng.

Kepiting goreng tersebut diolah dengan sebaik mungkin dan menggunakan rempah alami, sehingga menghasilkan aroma serta rasa yang sangat lezat. Harganya pun relative cukup murah bagi wisatawan, mulai dari Rp 20.000 untuk setiap ons.

2. Café Kolong

Café Kolong

Lokasi: Jl. Mastrip, Krajan Timur, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Jika Anda pernah berkunjung ke kota Jember, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan jembatan Jarwo. Di bawah jembatan tersebut ada sejenis kolong yang menjadi ikon kuliner di Jember. Ada 2 kolong yang dimiliki jembatan Jarwo dan tiap kolongnya akan memberikan nuansa yang berbeda bagi pengunjung.

Di café kolong tersebut Anda bisa menemukan berbagai macam makanan tradisional hingga modern. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau untuk ukuran café, sehingga Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.

3. LiDoy Kitchen

LiDoy Kitchen

Lokasi: Jl. Tidar, Kloncing, Karangrejo, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. – Image Credit by Facebook.com @Lidoy Kitchen

Wisata kuliner yang satu ini berada cukup dekat dengan pusat kota Jember. Berbagai macam yang disajikan juga tidak kalah lezat. Salah satu menu Andalannya adalah ayam mentega yang mempunyai rasa sangat lezat dan berbeda dengan olahan tempat makan lainnya.

Selain karena rasanya yang lezat, harga yang ditawarkan pun relative murah. Dengan demikian, maka tempat kuliner yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

4. Angkringan Sangkar Emas

Angkringan Sangkar Emas

Lokasi: Jl. Mawar, Tegal Rejo, Jemberlor, Kec. Patrang, Kab. Jember. – Image Credit by Lokalkarya.com

Bagi sebagian orang yang sudah pernah hidup di Pulau Jawa, tentu saja tidak asing lagi dengan istilah angkringan. Tempat tersebut selalu dijadikan Andalan bagi kaum muda untuk sekedar nongkrong ataupun mengisi perut. Di Jember, ada angkringan sangkar emas yang sangat terkenal akan kelezatan setiap makanannya.

Ada berbagai macam menu yang ditawarkan di tempat tersebut, mulai dari nasi kucing, nasi bungkus, ati, brutu, sate usus, kerang, puyuh, tempe, tahu bacem, ceker, pentol dan kepala ayam. Dengan sajian yang beragam dan lezat tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan juga cukup murah bagi para wisatawan.

5. Sate P.Malud

Sate P.Malud

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.100, Kauman, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Kelanaku.com

Bagi para penikmati kuliner sate, biasanya akan memikirkan kualitas daging dan cara pengolahan daging kambing. Hal tersebut karena apabila pengolahannya tidak benar, maka dapat membuat daging tersebut menjadi bau dan sedikit lebih keras.

Tetapi di tempat sate yang satu ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kedua hal tersebut. Ini karena pak malud selaku pemilik warung mampu untuk mengolah daging dengan tepat, sehingga membuat daging tidak beraroma serta mempunyai tekstur yang lebih lembut. Dengan harga yang cukup murah, Anda bisa menikmati daging sate yang lezat disertai dengan gulai kambing yang gurih.

6. Warung Nasi Gudeg Lumintu

Warung Nasi Gudeg Lumintu

Lokasi: Jl. Kerta Negara Kelurahan No.33, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Travelingyuk.com

Warung makan yang satu ini merupakan wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi saat sedang berada di kota jember. Hal tersebut karena warung ini sudah berdiri sejak tahun 1980 dan menggunakan resep yang tidak pernah berubah.

Ada berbagai menu lezat yang ditawarkan warung ini, mulai dari nasi gudeg, nasi pecel dan juga nasi campur. Meskipun berada di sebuah gang yang tidak terlalu besar, tetapi warung nasi gudeg lumintu sangat ramai dikunjungi para wisatawan yang berasal dari berbagai macam daerah.

7. Mie Pangsit Rama

Mie Pangsit Rama

Lokasi: Jl. Diponegoro No.28, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Pergikuliner.com

Bagi para pecinta mie, wisata kuliner yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi saat sedang berlibur di kota Jember. Apalagi warung ini juga sudah legendaris sejak dulu, karena telah berdiri dari tahun 1969.

Kelebihan dari mie pangsit rama adalah mempunyai tekstur mie yang sangat lembut, daging ayam cincang yang sangat banyak dan juga minyak yang gurih. Warung ini buka setiap hari, mulai dari jam 17.00 – 22.00, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai teman menghabiskan malam di kota Jember.

8. Ten Points Café

Ten Points Café

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.10, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Idntimes.com

Jember adalah kota yang mempunyai sajian kuliner beragam, baik tradisional ataupun kekinian. Salah satu wisata kuliner modern yang terkenal di Jember adalah ten points café. Café ini menawarkan berbagai macam menu hot plate yang mempunyai rasa sangat lezat.

Bagi para pecinta menu Indonesia, Anda bisa menemukannya di tempat ini. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi makana khas western, maka juga dapat menemukannya di ten points café. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 30.000 untuk setiap porsi hot plate. Café yang satu ini beroperasi mulai dari jam 10.00 – 22.00.

9. Crumble Café & Pattiserie

Crumble Café & Pattiserie

Lokasi: Jl. Mojopahit, Gerdu, Sempusari, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Satu lagi tempat kekinian yang ada di kota Jember adalah Crumble Café & Pattiserie. Café modern yang satu ini dikenal sebagai spesialis di bidang desert. Oleh karena itu, café ini akan sangat cocok bagi Anda yang hanya ingin makan ringan dan memiliki rasa sangat lezat.

Meskipun demikian, di café ini Anda juga bisa menemukan berbagai macam menu makan berat, mulai dari tradisional hingga modern. Beberapa menu favorit yang sering dipesan oleh wisatawan disini adalah nasi goreng, sate lok-lok, sate kangkong krispi, mie goreng dan chicken salted egg. Café ini beroperasi mulai dari puul 13.00 – 22.00.

10. Warunk Markas

Warunk Markas

Lokasi: Jl. Letjen Panjaitan No.178, Gumuk Kerang, Kebonsari, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. – Image Credit by Pikdo.net @jemberlaper

Warung makan yang satu ini sangat diincar oleh wisatawan yang ingin meminimalisir pengeluaran. Hal tersebut karena harga dari setiap menu di warung ini sangat terjangkau, mulai dari belasan ribu saja.

Meskipun murah, tetapi kualitas rasa yang ditawarkan tentunya sangat lezat. Anda bisa memilih berbagai macam hidangan, seperti ayam asam manis, beragam roti bakar, ayam telur asin dan lain-lain.

Itulah informasi yang berisi tentang 10 rekomendasi wisata kuliner yang ada di Jember. Dengan demikian, maka Anda tidak akan kesulitan saat ini mencicipi aneka hidangan di kota tersebut.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Karawang
13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Karawang
7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer
Tempat Makan Serang
10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak