Beragam jenis makanan yang ada di Indonesia, setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan makanan khas Cianjur yang kaya akan cita rasa dan pilihan jenis makanannya. Ada rasa manis, gurih, asin hingga pedas di dalamnya. Selain itu, jenis makanan kudapan untuk mengobati rasa penasaran atau mengganjal lapar, hingga makanan berat untuk menghentikan lapar yang tidak tertahankan.

Apapun makanan yang anda pilih saat berada di Cianjur, baik itu kudapan maupun makanan berat, semua yang disajikan di sana selalu membuat wisatawan ketagihan untuk mencoba. Ada juga beberapa yang cocok dibawa pulang sebagai buah tangan orang di rumah. Beberapa kuliner yang perlu diketahui sebagai referensi adalah sebagai berikut!

1. Geco

Geco
Image Credit: Twitter Jabar News

Geco merupakan gabungan kata dari Taoge dan Tauco, nama yang unik dan juga menarik untuk dicoba. Bagi anda orang Jawa Timur, pasti kenal dengan makanan yang bernama Lontong Balap, seperti itulah Geco. Akan tetapi ada yang berbeda dari makanan khas ini, yaitu kuah yang cukup kental berwarna kecokelatan. Satu porsi makanan tersebut berisikan ketupat atau lontong, mie kuning, dan kuah beserta taoge rebus.

Selain itu, tambahan topping telur rebus, bawang goreng, dan kentang menambah kesempurnaan makanan ini. Berbagai bahan yang ada dalam satu porsi makanan Geco tersebut, sehingga tercipta rasa gurih, asam, sedikit manis dan pedas menjadi satu rasa yang membuat nikmat dan mantap saat disantap.

2. Batagor Cianjur

Batagor Cianjur
Image Credit: Instagram Soerabi Cimaya

Batagor atau singkatan dari Bakso Tahu Goreng merupakan makanan yang terkenal dari daerah Bandung, namun makanan ini juga ada di daerah Cianjur. Batagor Cianjur memiliki cita rasa yang khas, yaitu rasa ikan tenggiri yang begitu kuat dan sedap. Salah satu kuliner khas Cianjur ini selalu menjadi favorit penduduk lokal maupun wisatawan saat lapar atau sekedar menjadi kudapan.

Sebab kuah kental bumbu kacangnya membuat penasaran dan menjadi kerinduan yang tidak tertahankan. Ditambah sedikit sambal beserta dengan acar dan sedikit kecap di atasnya membuat berbagai rasa dari manis, gurih, dan pedas menggoyang lidah para penikmat kudapan.

3. Roti Tan Keng Chu

Roti Tan Keng Chu
Image Credit: Facebook Reny Hariyani

Bagi penikmat rasa manis, Roti Tan Keng Chu siap memanjakan lidah wisatawan. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan sudah ada sejak tahun 1926, termasuk legendaris karena berusia hampir seratus tahun dan tidak lekang dimakan zaman. Proses pembuatannya pun sangat unik, yaitu menggunakan alat tradisional yang berusia puluhan tahun.

Hal utama yang harus dilakukan untuk membuat makanan tersebut yaitu dengan menggiling adonan roti dengan mesin yang sudah tua. Setelah itu, adonan didiamkan hingga mengembang dan dipukul-pukul agar udara yang ada di dalam adonan tersebut keluar.

Selanjutnya di dalam roti tersebut diberi varian rasa yang ada, seperti rasa ayam, cokelat, nanas atau yang lainnya. Langkah terakhir yaitu masukkan ke dalam mesin oven hingga matang. Proses pembuatan roti Tan Keng Chu dari awal hingga akhir membutuhkan waktu hingga 4 jam.

4. Mochi

Mochi
Image Credit: Twitter Sadboy

Selain roti Tan Keng Chu, makanan khas Cianjur lain dari jenis kue adalah Mochi. Bentuknya mirip dengan bakpao, namun makanan ini lebih menggoda, karena taburan gula diatas roti tersebut membuat orang menelan ludah. Selain itu, berbagai warna alami seperti merah muda, putih, hijau muda, kuning dan warna lainnya, semakin menggugah selera.

Berbagai varian rasa ada di dalam kue Mochi, yaitu rasa original, cokelat, pandan, susu, keju dan rasa lainnya. Kudapan ini memiliki tekstur yang empuk dan lembut, dengan bentuk kecil dan kemasan yang cantik serta menarik, sehingga sangat cocok sebagai buah tangan.

5. Tauco

Tauco
Image Credit: Instagram difotosama_annie

Jika ingin mengkonsumsi makanan yang agak becek, Tauco sangat cocok untuk dicoba. Proses pembuatan makanan khas Jawa Tengah ini membutuhkan waktu cukup lama dan sedikit menguras tenaga. Sedangkan bahan yang digunakan yaitu dari tepung terigu dan kedelai rebus, kemudian difermentasi dan direndam dengan air garam. Jenis makanan ini sangat cocok sebagai bumbu makanan dan untuk buah tangan, karena mudah di bawa dan tahan lama.

Selain itu, makanan ini juga memiliki 3 fungsi yaitu Pertama sebagai Penyedap Makanan, bagi anda yang ingin menghindari penyedap buatan, Tauco sangat cocok sebagai penggantinya. Sebab makanan tersebut bisa digunakan untuk penyedap makanan alami, memiliki cita rasa tinggi dan menambah sedap masakan anda.

Kedua untuk Menambah Aroma makanan, jika masakan yang anda buat ingin memiliki aroma yang kuat, Tauco juga bisa digunakan sebagai penambah aroma pada makanan. Dan yang Ketiga, yaitu Pengganti Daging, apabila harga daging mulai melonjak tinggi atau anda sudah mulai jenuh dengan daging, Tauco adalah alternatif terbaik pengganti daging.

6. Bubur Cianjur

Bubur Cianjur
Image Credit: Twitter Rumput Bergoyang

Saat berada di Cianjur dan memiliki waktu terbatas untuk melakukan sarapan atau makan siang, Bubur Cianjur sangat cocok sebagai santapan. Sebab tekstur lembek dan sedikit becek, memudahkan anda untuk mengunyah maupun menelan makanan khas Cianjur tersebut, serta membantu mengisi perut yang sedang kosong.

Selain itu, berbagai bahan yang ada, seperti seledri, kacang tanah, topping ayam suwir, bawang goreng dan kerupuk. Semua bahan tersebut membuat rasa gurih, sedikit manis dan agak asin, berpadu menjadi satu sehingga sedap dan nikmat.

7. Sate Maranggi

Sate Maranggi
Image Credit: Twitter Gilang Tamma

Suku Madura yang ada di Jawa Timur terkenal akan sate nya, namun Sate Maranggi juga menjadi makanan favorit masyarakat Cianjur. Bahan dan proses pembuatan makanan ini sama dengan sate pada umumnya, yaitu menggunakan daging sapi dan dibakar hingga matang. Akan tetapi, yang menjadi ciri khas adalah pada bumbu yang digunakan.

Pada Sate Maranggi, daging sapi yang masih mentah dilumuri dengan bumbu bacem hingga merata. Proses selanjutnya yaitu dengan cara dibakar hingga matang, lalu disantap menggunakan bumbu kacang dan sambal tomat membuat hidangan semakin mantap.

8. Nasi Pepes

Nasi Pepes
Image Credit: Instagram dapuromma.bdg

Makanan berat lainnya selain Sate Maranggi adalah Nasi Pepes, makanan ini memiliki rasa yang unik dan proses pembuatan yang asyik. Bahan utama yang digunakan adalah nasi putih. Sedangkan bumbu yang digunakan yaitu dari rempah pilihan, daun kemangi dan ditambah dengan sambal terasi, lalu dibungkus dengan daun pisang.

Ada dua cara dalam membuat makanan ini, dengan dibakar atau dikukus. Apapun cara yang digunakan, makanan ini menghadirkan rasa gurih, sedap, nikmat dan pedasnya pas. Tidak ada pantangan dalam menikmatinya karena tidak ada bahan yang dapat menyebabkan kolesterol atau asam urat kambuh di dalamnya.

9. Bandrek

Bandrek
Image Credit:Facebook Auliashop Purwakarta

Saat berkunjung ke Cianjur, rasa dahaga tiba-tiba muncul dan tidak bisa ditunda, minum Bandrek solusinya. Minuman legendaris ini menjadi favorit penduduk lokal maupun wisatawan, karena aroma rempah begitu kuat terasa dan agak pedas, sehingga sangat cocok diminum saat musim dingin maupun ketika santai bersama keluarga.

Selain itu, tambahan gula aren membuat rasa manis pada minuman Bandrek dan aroma wangi kayu manis juga mewarnai minuman tersebut. Sehingga sangat cocok sebagai buah tangan dan persediaan di rumah untuk diminum bersama keluarga.

10. Pesmol Kembung

Pesmoi Kembung
Image Credit: Facebook Daveen Agustino

Olahan makanan dari ikan juga mewarnai kuliner khas Cianjur, yaitu Pesmoi Kembung. Proses pembuatan makanan ini yaitu dengan cara ikan kembung direndam dengan air jeruk dan garam, lalu digoreng. Selanjutnya dilumuri dengan bumbu kuning yang kental dari rempah pilihan.

Tambahan irisan tomat serta cabai membuat rasa gurih dan pedas mendominasi makanan tersebut. Jika anda sedang berada di Cianjur, makanan ini recommended untuk dicoba dan disantap saat siang hari menambah suasana perut semakin terkendali.

11. Sambel Hejo

Sambel Hejo
Image Credit: Instagram sambal_ngeunah

Bagi para pecinta pedas, terasa tidak lengkap jika belum mencoba Sambal Hejo Cianjur. Dinamakan Sambal Hejo, karena olahan pedas ini memiliki warna hijau. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah tomat hijau, cabai rawit, kencur dan sedikit garam serta gula. Sedangkan cara membuatnya cukup sederhana, yaitu tumis bahan tersebut hingga lemas atau muncul bau sedap, lalu diulek sampai halus.

Sambal Hejo sangat cocok untuk teman lauk apapun yang anda makan, dan rasakan sensasi pedas pada lidah dan tenggorokan anda. Jika berada di Cianjur, kami anjurkan membeli makanan khas yang dikenal dengan Sambal Hejo ini untuk konsumsi di rumah bersama dengan orang tercinta.

12. Marici Putu Mayang

Marici Putu Mayang
Image Credit: Facebook Azhar Buchori

Dari rasa pedas Sambal Hejo, bergeser ke rasa gurih dan manis, yaitu Marici Putu Mayang. Marici sendiri yaitu singkatan dari Makanan Ringan Cianjur. Terbuat dari bahan tepung beras yang dikukus dan dicetak mirip mie melingkar tak beraturan.

Serta dengan santan dan gula cair yang kental, membuat rasa gurih dan manis menjadi dominan pada makanan tersebut. Salah satu makanan tradisional Cianjur ini siap menemani anda saat berada di Cianjur, disantap sendirian, bersama teman atau keluarga akan menggugah selera dan menambah suasana semakin ceria.

13. Laksa Cianjur

Laksa Cianjur
Image Credit: Twitter LadPress.com

Saat berada di Cianjur dan ingin merasakan makanan yang segar dan berkuah, Laksa Cianjur perlu dicoba. Makanan ini terbuat dari bahan utama yaitu taoge, bihun dan telur. Dengan bumbu rempah pilihan sebagai bahan untuk kuah, menambah makanan berat ini menjadi gurih dan nikmat, serta sedap untuk disantap.

Kuah kuning kentalnya dan aroma yang keluar saat dihidangkan, membuat siapa pun yang melihat dan menciumnya akan menelan ludah. Sehingga tidak alasan untuk menunda menyantap hidangan tersebut saat disajikan.

14. Asinan dan Manisan Buah

Asinan dan Manisan Buah
Image Credit: Twitter Bang Dar

Buah sangat baik untuk tubuh, namun membuat asinan dan manisan dari bahan buah merupakan langkah yang kreatif dan inovatif. Hal itulah yang dilakukan oleh masyarakat Cianjur. Mereka membuat Asinan dan Manisan Buah yang menjadi makanan khas dan banyak diminati penduduk lokal maupun wisatawan. Kuliner ini sangat cocok untuk camilan saat perjalanan pulang atau untuk buah tangan orang tercinta.

15. Roti Popon

Roti Popon
Image Credit: Twitter Tania-Nia

Olahan kue lain di Cianjur adalah Roti Popon yang memiliki rasa favorit dan populer di lidah pelanggan, yaitu rasa coklat dan pisang coklat. Dua rasa tersebut begitu familiar di lidah penduduk lokal maupun wisatawan. Kuliner ini memiliki tekstur empuk dan lembut, sehingga cocok dimakan untuk segala usia.

Itulah ulasan makanan khas Cianjur dengan berbagai olahan, baik kudapan maupun makanan berat. Begitu juga dengan rasa yang disajikan, seperti rasa manis, gurih, asin dan juga pedas, membuat banyak pilihan sesuai selera yang anda inginkan.