26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer

Minuman Makanan Khas Manado

Manado ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, merupakan sebuah kota yang memiliki sejarah panjang menyangkut perdagangan. Selain kekayaan alamnya, Manado juga menyimpan banyak wisata kuliner yang menarik untuk dicoba.

Makanan & Minuman Khas Manado memiliki citarasa yang lengkap seperti manis, asam, asin, gurih dan pedas. Hal ini tidak lepas dari budaya Minahasa yang sedikit banyak mempengaruhi minuman & makanan Khas yang ada di Manado. Berlibur ke Manado sempatkan diri Anda untuk menikmati kelezatan kuliner yang ada. Berikut adalah rekomendasi minuman & makanan khas Manado.

1. Es Manado

Es Manado

Image Credit by Merahputih.com

Es Manado terbuat dari buah sirsak yang dipadukan dengan mutiara, alpukat, sari kelapa dan jelly. Minuman ini memiliki citarasa yang segar, manis, asam dan dingin tentunya.

Rasa manis didapatkan dari gula dan susu kental manis yang ikut dicampurkan dalam semangkuk Es Manado. Harga Es Manado tergantung dengan isian yang diberikan semakin banyak isiannya harganya juga semakin mahal.

2. Es Brenebon

Es Brenebon

Image Credit by Bungapepaya.com

Es Brenebon ini merupakan es kacang merah Khas Manado. Perpaduan kacang merah, es serut dan cokelat menjadikan Es Brenebon segara dan nikmat.

Di Manado Anda bisa menemukan ES Brenebo dalam berbagai variasi baru dengan citarasa yang lebih nikmat. Harga yang ditawarkan tergantung dimana Anda membelinya.

3. Saguer Cap Tikus

Saguer Cap Tikus

Image Credit by Sindomanado.com

Saguer merupakan minuman khas dari Manado yang merupakan hasil fermentasi dari pohon saguer. Saguer sendiri adalah minuman yang mengandung alkohol. Biasanya dipakai oleh masyarakat untuk berbagai acara adat.

Rasa Saguer yang asam memiliki warna putih kekuningan. Harga per liternya mulai dari 30 ribu. Hasil dari sulingan saguer dijual dalam botol kemasan dengan merek Cap Tikus.

4. Gohu

Gohu

Image Credit by Zulrafliadityaofficialblog.wordpress.com

Asinan khas Manado. Terbuat dari bahan dasarnya pepaya. Citarasa yang pedas, manis dan asam begitu cocok di lidah orang Manado.

Gohu yang ditambahkan pada ikan menjadi masakan ikan Gohu yang nikmat. Anda bisa merasakan sensasi pedas, asam dan manisnya Gohu, yang dijual di pinggir jalan sampai restoran berbintang sekalipun.

5. Klapertaart

Klapertaart

Image Credit by Pegipegi.com

Kue Khas Manado yang merupakan warisan dari penjajah Belanda. Klapertaart ini menjadi salah satu kue yang wajib ada di acara khusus seperti pernikahan, peresmian sebuah tempat sampai acara kumpul bersama keluarga besar.

Klapertaart terbuat dari bahan tepung terigu, mentega, susu keluar dan kelapa. Sekarang ini Klapertaart sudah hadir dalam bentuk yang modern dengan citarasa internasional.

6. Halua Kenari

Halua Kenari

Image Credit by Omiyago.com

Kuliner Khas Manado Haluan Kenari memiliki citarasa yang khas dengan kekayaan rempahnya. Haluan Kenari dibuat dengan bahan utama kacang kenari yang banyak tumbuh di tanah Sulawesi Utara.

Kacang kenari ditambah gula merah menjadi cemilan yang legit manis. Haluan Kenari cocok dinikmati sambil meminum teh, susu atau kopi di saat santai.

7. Pisang Goroho Goreng

Pisang Goroho Goreng

Image Credit by Ksmtour.com

Pisang goreng yang dipotong layaknya jari-jari lalu ditaburi tepung memang bisa Anda dapatkan dimana saja. Namun, pisang goreng yang menggunakan jenis Pisang Goroho hanya bisa Anda dapatkan di Manado.

Pisang Goroho Goreng diiris tipis lalu digoreng sehingga rasanya renyah dan gurih saat dimakan. Cemilan pisang ini juga enak dimakan dengan cocolan sambal khas Manado.

8. Lalampa

Lalampa

Image Credit by Pesona.travel

Makanan Khas Manado yang dibungkus degan daun pisang ini sekilas mirip dengan lemper yang ada di Jawa. Lalampa terbuat dari beras ketan yang diisi dengan daging ikan cakalang.

Bungkusan Lalampa kemudian dibakar sehingga rasanya menjadi lebih nikmat. Harga jajanan Lalampa ini hanya 1.500 per bungkus.

9. Kue Pinende

Kue Pinende

Image Credit by Cookpad.com

Kue Pinede jajanan tradisional dari Manado. Kue Pinede dibuat dari bahan tepung ketan yang dicampur dengan parutan kelapa lalu pada bagian atasnya diberi kinca atau sirup gula merah.

Kue Pineda cocok Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kue Pineda nikmat disantap di saat santai sembari minum kopi atau teh.

10. Sambal Ikan Roa

Sambal Ikan Roa

Image Credit by Idntimes.com

Manado terkenal dengan berbagai olahan sambalnya. Sambal khas Manado tidak hanya pedas tetapi juga unik karena terbuat dari berbagai bahan dasar dan bumbu rempah.

Sambal Ikan Roa salah satunya, merupakan sambal sebagai pelengkap ketika menikmati makanan khas dari Manado.

11. Paniki

Paniki

Image Credit by Indonesiakaya.com

Salah satu makanan ekstrem dari Manado yang terbuat dari bahan utama daging kelelawar. Jenis kelelawar yang dipakai adalah kelelawar pemakan buah yang memiliki ukuran tubuh lebih besar.

Sebelum di masak dengan bumbu terlebih dahulu kelelawar di bakar untuk menghilangkan bulu-bulu halusnya. Paniki lebih nikmat dimakan dengan tambahan sambal Ikan Roa.

12. Kawok

Kawok

Image Credit by Food.detik.com

Salah satu makanan ekstrem Manado selanjutnya adalah Kawok, terbuat dari daging tikus hutan ekor putih. Makanan khas Manado memang terkenal dengan penggunaan bahan utama yang tidak lazim.

Meskipun terbuat dari bahan yang ekstrem namun Kawok merupakan makanan favorit bagi warga lokal dan juga wisatawan. Kawok bisa dengan mudah Anda temui di area Pasar Tomohon.

13. Sambal Dabu-Dabu

Sambal Dabu-Dabu

Image Credit by Sajiansedap.grid.id

Sambal Khas yang paling terkenal dari Manado. Liburan ke Manado belum lengkap rasanya bila Anda belum mencoba Sambal Dabu-dabu yang memiliki citarasa asam, asin dan pedas ini.

Sambal Dabu-dabu dibuat dari bahan cabai, bawang merah, tomat, kemangi, perasan jeruk nipis serta garam. Semua bahan diiris tipis kemudian di siram dengan perasan jeruk nipis dan diberi sedikit minyak goreng.

14. Tinutuan atau Bubur Manado

Tinutuan atau Bubur Manado

Image Credit by Merahputih.com

Tinutuan atau lebih dikenal dengan nama Bubur Manado. Tinutuan merupakan olahan bubur dengan isian aneka jenis sayur dan tidak mengandung daging sama sekali.

Sayur yang biasanya dipakai seperti singkong, bayam, kangkung, kemangi, jagung dan daun gedi. Bubur Manado menggunakan bahan utama labu kuning.

15. Cakalang Fufu

Ikan Cakalang adalah ikan yang menjadi komoditi hasil laut utama di Sulawesi Utara. Cakalang Fufu adalah olahan ikan cakalang yang dimasak dengan cara di asap dengan menggunakan sabut kelapa.

Kandungan Omega 3 yang tinggi dari ikan cakalang menjadikan cakalang fufu masuk dalam kategori olahan sehat yang wajib Anda coba.  Cakalang biasa disajikan dengan sambal Dabu-dabu.

16. Woku Belanga

Cakalang Fufu

Image Credit by Commons.wikimedia.org

Masakan khas Manado dari olahan ikan selanjutnya adalah Woku Belanga. Nama Belanga merupakan sebuah tempat yang dipakai untuk memasak yang terbuat dari tanah liat.

Jenis ikan yang biasa dipakai untuk masakan Woku Belanga adalah ikan kerapu, ikan mas, dan ikan nila. Ada juga yang menambahkan udang dan kepiting sebagai bahan utama.

17. Tinoransak

Tinoransak

Image Credit by Kamerabudaya.com

Makanan Khas Manado Tinoransak terbuat dari bahan utama daging babi. Cara memasaknya dengan dimasukkan ke dalam buluh bambu.

Untuk menjaga warnanya tetap cantik biasanya diberi tambahan darah sebelum dibakar di dekat bara api. Sekarang Tinoransak bisa dinikmati oleh siapa saja karena sudah ada versi Tinoransak yang terbuat dari daging sapi, ayam dan kambing.

18. Pangi

Pangi

Image Credit by Beepdo.com

Pangi adalah menu sayuran yang lezat terbuat dari daun kluwak atau oleh masyarakat Manado disebut sebagai daun pangi. Pengi diiris tipis lalu diberi bumbu halus yang terbuat dari jahe, pala, kemangi, cabai dan daun bawang.

Setelah semua bahan tercampur kemudian dimasukkan ke dalam buluh bambu untuk selanjutnya di diletakkan di dekat bara api. Masakan Pangi ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di rumah makan Manado.

19. Saut

Saut

Image Credit by Geraldtoar.blogspot.com

Proses memasak Saut sama degan proses memasak Pangi. Pembeda Saut dan Pangi adalah bahan utama yang dipakai.

Pangi menggunakan bahan utama daun pangi sedangkan Saut bahan utamanya adalah pelepah pisang muda.  Saut biasanya diberi tambahan daging seperti daging babi atau daging ayam.

20. Nasi Kuning Saroja

Nasi Kuning Saroja

Image Credit by Travelingyuk.com

Makanan khas Manado yang banyak dirindukan oleh masyarakat Manado yang sedang di perantauan. Nasi kuning yang gurih ditambah aneka lauk seperti abon ikan cakalang, semur daging, keripik kentang, dan sambal khasnya membuat rasanya nikmat.

Harga Nasi Kuning Saroja pun sangat terjangkau, hanya dengan 10 ribu Anda sudah bisa menikmati sensasi nikmatnya. Untuk menambah jenis lauk Anda harus mengeluarkan uang 5 ribu per lauk tambahan.

21. Kue Lampu-lampu

Kue Lampu-lampu

Image Credit by Resepgulaku.com

Kue Khas Manado ini terbuat dari tepung terigu, tepung beras, santan, pandan dan gula merah. Warnanya hijau dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Jajanan pasar ini harganya mulai dari Rp 1.500 per buah. Rasanya yang nikmat dengan tekstur kue yang lembut mirip dengan tekstur agar-agar dijamin akan membuat Anda ketagihan.

22. Kue Apang

Kue Apang

Image Credit by Masihbaru.com

Kue Ampang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan dari Manado. Kue Ampang terbuat dari tepung terigu, tepung beras, santan, gula merah dengan taburan kenari.

Kue Ampang ini masuk dalam kategori makanan ringan untuk mengganjal lapar sebelum Anda menemukan spot terbaik untuk makan hidangan utama. Harga satuan untuk Kue Ampang hanya 3 ribu rupiah.

23. Ayam Rica-Rica Manado

Ayam Rica-Rica Manado

Image Credit by Mojangdesax.blogspot.com

Selama ini mungkin Anda sudah biasa mendengar nama ayam rica-rica namun ternyata ayam rica-rica adalah Makanan Khas Manado. Nama Rica-rica dalam bahasa Manado artinya cabai atau pedas.

Cara memasak Ayam Rica-rica Manado ini sama dengan memasak ayam rica-rica pada umumnya. Keunikan Ayam Rica-rica Manado terletak pada sensasi rasa pedas yang dihasilkan dari cabai.

24. Sambal Bakasang

Sambal Bakasang

Image Credit by Surabayapagi.com

Sambal Bakasang terbuat dari telur ikan. Telur ikan yang banyak menjadikan Sambal Bakasang memiliki nilai protein dan vitamin yang tinggi.

Sambal Bakasang tidak cocok dimakan untuk penderita kolesterol. Rasanya yang pedas dengan sensasi unik memakan telur ikan merupakan perpaduan yang mantap dalam sambal ini.

25. Sup Brenebon

Sup Brenebon

Image Credit by Yuukmasak.blogspot.com

Olahan dari kacang merah di Manado ada dua jenis yaitu es dan sup. Sup Brenebon adalah makanan khas yang diadaptasi dari Negeri Belanda.

Sup Brenebon sendiri terdiri dari dua varian yaitu Sup Brenebon kacang merah dan Sup Brenebon daging babi. Kedua varian memiliki citarasa yang berbeda, rasa manis bisa Anda dapatkan dari Sup Brenebon kacang merah sedangkan rasa gurih pada Sup Brenebon daging babi.

26. Ikan Kuah Asam

Ikan Kuah Asam

Image Credit by Dapurkobe.co.id

Manado terkenal dengan Masakan Khas yang berbahan ikan salah satu menu andalannya adalah ikan kuas asam. Rasa asam dan segar yang dihasilkan dari berbagai bumbu yang dipakai membuat ikan kuah asam ini banyak diminati.

Ikan kuah asam ini biasanya juga memiliki rasa pedas sebagai ciri khas kuliner dari Manado. Untuk mendapatkan citarasa yang sesuai selera Anda bisa request tingkat kepedasannya.

Itu tadi rekomendasi makanan dan minuman Khas Manado yang wajib Anda coba ketika berada disana. Makanan Manado umumnya memiliki citarasa yang pedas, terbuat dari bahan utama daging ikan membuat masakan Manado kaya akan vitamin dan gizi.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Karawang
13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Karawang
7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer
Tempat Makan Serang
10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak