15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Palembang

Palembang adalah salah satu kota besar di Indonesia sekaligus menjadi ibukota dari provinsi Sumatera Selatan. Kota ini sudah terkenal sejak dulu sebagai destinasi wisata menarik bagi para traveller, salah satunya adalah jembatan ampera di sungai musi. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai macam kuliner khas yang menjadi Andalan dari kota Palembang.

Salah satu kuliner Palembang yang sudah terkenal di Indonesia bahkan telah tembus mancanegara adalah pempek. Ternyata selain pempek, Palembang juga berbagai macam sajian kuliner khas lainnya yang tentunya tidak kalah menarik dan lezat.

Bagi Anda yang ingin berwisata atau sedang berada di Palembang, tentunya harus mengetahui rekomendasi wisata kuliner yang ada di kota tersebut terlebih dahulu. Oleh karena itu, dibawah ini ada 15 wisata kuliner favorit di Palembang yang harus Anda ketahui.

1. Martabak Har

Martabak Har

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.597A, 18 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang. – Image Credit by Travelingyuk.com

Selain pempek, Palembang juga sudah dikenal sejak dulu dengan produk Martabak Har. Martabak tersebut sudah berdiri sejak tahun 1947 silam, sehingga keberadaannya juga tentunya sudah sangat populer di kalangan wisatawan.

Anda bisa menemukan martabak har hampir di setiap sudut kota Palembang, karena memang sudah mempunyai banyak cabang. Ciri dari martabak ini adalah kuah saus kari yang disiram diatas martabak, sehingga membuat makanan tersebut lebih menggoda lidah.

2. Riverside Restaurant

Riverside Restaurant

Lokasi: Komplek Benteng Kuto Besar, Jl. Rumah Bari, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. – Image Credit by Merahputih.com

Tempat wisata kuliner yang satu ini menawarkan sajian khas Palembang disertai dengan pemandangan sungai musi dan juga jembatan ampera. Hal tersebut karena riveside restaurant menggunakan konsep terapung menggunakan bentuk kapal besar.

Ada berbagai macam sajian kuliner yang disediakan disini, mulai dari tradisional hingga modern. Biasanya restoran yang satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan pada malam hari karena menawarkan suasana yang lebih romantic.

3. Harum Sari

Harum Sari

Lokasi: Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara, Karang Jaya, Kec. Gandus, Kota Palembang. – Image Credit by Phinemo.com

Wisata kuliner harum sari adalah salah satu tempat makan yang juga dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda Palembang. Hal tersebut karena tempat ini menawarkan berbagai macam menu ringan yang bisa dijadikan teman saat malam hari.

BACA:  12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Dengan harga yang cukup murah, tentu saja harum sari bisa Anda kunjungi bersama teman ataupun keluarga. Ada beberapa menu favorit disini, diantaranya adalah kopi susu, lontong, laksa dan juga bubur ayam Palembang.

4. Pempek Saga Sudi Mampir

Pempek Saga Sudi Mampir

Lokasi: Jl. Merdeka, 22 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Pempek adalah nama makanan yang menjadi jajanan khas dari daerah Palembang. Anda bisa mencicipi makanan tersebut di kedai pempek saga sudi mampir. Disini ada berbagai macam olahan pempek yang bisa Anda pilih bersama keluarga.

Salah satu menu favoritnya adalah pempek panggang. Dengan proses pemanggangan yang pas dan juga bahan berkualitas menjadikan tempat ini sangat populer di tengah-tengah kota Palembang.

5. Bakmi Aloi

Bakmi Aloi

Lokasi: Jl. Dempo Luar No.410A, 15 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.  – Image Credit by Idntimes.com

Bakmi aloi adalah salah satu nama tempat makan yang menyajikan makanan non halal di Palembang. Disini Anda bisa mendapatkan bakmi yang dicampur dengan potongan daging babi berkualitas.

Tempat ini juga sudah sangat populer bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Palembang. Selain karena rasanya yang lezat, harga yang ditawarkan pun cukup murah dan sesuai dengan kantong para traveller.

6. Rumah Makan Sri Melayu

Rumah Makan Sri Melayu

Lokasi: Jl. Demang Lebar Daun No.1, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang. – Image Credit by Zonatau.com

Sesuai dengan namanya, tempat ini menawarkan berbagai macam sajian khas melayu dengan total makanan mencapai 27 menu. Sedangkan untuk minumannya sendiri Anda bisa memilih diantara 16 menu yang ditawarkan.

Salah satu menu favorit yang menjadi Andalan wisata kuliner ini adalah ikan pindang patin. Dengan melalui proses pengasapan dan proses rebus yang tepat, ikan pindang patin tersebut mempunyai rasa yang kuat serta dapat bertahan cukup lama walaupun tidak menggunakan bahan pengawet.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Tangerang yang Enak & Wajib Anda Coba

7. Es Kacang Merah Mamat

Es Kacang Merah Mamat

Lokasi: Jl. Kebun Manggis, Kepandean Baru, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang. – Image Credit by Ringkaskata.com

Salah satu menu desert yang paling terkenal dengan rasa dan juga harganya yang murah adalah es kacang merah mamat. Es ini patut Anda coba untuk menghilangkan dahaga saat tengah hari di kota Palembang.

Dengan harga yang cukup terjangkau dan juga rasa yang menyegarkan tentunya membuat es ini sangat cocok untuk Anda yang sedang berlibur bersama keluarga di kota Palembang. Untuk mendapatkan es ini, Anda bisa pergi ke komplek lapangan hatta.

8. Mie Celor 23 Ilir

Mie Celor 23 Ilir

Lokasi: Jl. Merdeka No.54, Talang Semut, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang. – Image Credit by Travel.detik.com

Mie celor 23 ilir adalah salah satu sajian khas Palembang yang mempunyai cita rasa cukup pedas. Hal ini menjadikan mie celor banyak diminati oleh wisatawan yang menyukai sensasi makanan dengan rasa pedas yang tinggi.

Mie celor mempunyai bentuk dan rupa yang hampir sama dengan udon. Namun yang menjadi perbedaan disini adalah siraman kuah kental pedas dan juga berbagai macam topping yang membuat mie celor tersebut lebih kaya akan rasa.

9. Lorong Basah Culinary Night

Lorong Basah Culinary Night

Lokasi: Jl. Sentot Ali Basah, 16 Ilir, 16 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang. – Image Credit by Klikampera.com

Wisata kuliner ini masih termasuk destinasi yang baru di kota Palembang. Pasalnya, Lorong basah culinary night baru dibuka tahun lalu saat menyambut Asian Games. Dulunya, tempat ini merupakan area berjualan para pedagang kaki lima yang ada di Palembang.

Disini Anda bisa menemukan berbagai macam sajian kuliner khas Palembang, bahkan totalnya diperkirakan mencapai puluhan pedagang. Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai dari ribuan hingga puluhan ribu. Tentunya tempat yang satu ini patut Anda kunjungi saat berada di Palembang, karena menyediakan berbagai macam makanan serta produk lokal.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

10. Rumah Makan Pindang Musi Rawas

Rumah Makan Pindang Musi Rawas

Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.18, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang. – Image Credit by Kumparan.com

Rumah makan pindang musi rawas adalah salah satu tempat wisata kuliner yang harus Anda kunjungi saat di Palembang. Pasalnya disini pengunjung dapat menikmati berbagai macam sajian kuliner yang menggunakan bumbu khas Palembang.

Salah satu menu favoritnya adalah ikan pindang patin yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Palembang. Dengan harga yang cukup terjangkau, tempat makan ini patut Anda coba bersama keluarga saat siang hari. Rumah makan yang satu ini juga sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal yang berkunjung ke Palembang.

11. Tekwan

Tekwan

Lokasi: 7 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang. – Image Credit by Travel.tribunnews.com

Tekwan adalah salah satu nama makanan tradisional Palembang yang memiliki adonan seperti pempek. Namun, yang menjadi perbedaan adalah adonan tekwan dibuat berbentuk bulat dan juga dihidangkan bersama kuah kaldu udang.

Di dalam semangkok tekwan, Anda bisa mendapatkan berbagai macam tambahan yang menarik. beberapa diantaranya adalah bihun, bakso ikan, jamur kuping, daun bawang, daun seledri dan juga bawang goreng. Makanan yang satu ini dapat Anda santap saat malam hari sembari menyaksikan pemandangan kota Palembang.

12. Kampung Kapitan Seafood Restaurant

Kampung Kapitan Seafood Restaurant

Lokasi: Kampung Kapitan, 7 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang. – Image Credit by Traveloka.com

Kampung kapitan adalah nama tempat bersejarah yang ada di Palembang. Setelah puas berkeliling, Anda bisa mencicipi berbagai macam menu seafood segar yang disajikan disini.

Anda bisa memilih olahan untuk berbagai macam menu seafood yang disediakan. Namun kebanyakan wisatawan lebih memilih untuk diolah dengan cara tradisional karena dinilai sangat lezat.

13. Godo-Godo

Godo-Godo

Lokasi: 7 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang. – Image Credit by Cookpad.com

Godo-godo adalah nama makanan khas Palembang yang biasanya dijual menggunakan gerobak dorong. Mirip seperti pempek, tapi tidak menggunakan adonan ikan, melainkan udang.

Anda bisa memilih cara menyantap godo-godo sesuai dengan selera masing-masing. Jajanan tersebut bisa dimakan secara kering ataupun ditambah dengan kuah cuko layaknya pempek pada umumnya.

14. Warung Terapung

Warung Terapung

Lokasi: Jl. Ps. 16 Ilir, 16 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang. – Image Credit by Suzannita.com

Sesuai dengan nama yang diberikan, warung satu ini berada tempat di pinggiran sungai musi, Palembang. Dengan demikian, Anda bisa menyantap berbagai macam hidangan sembari menikmati pemandangan aliran air di sungai musi.

Warung terapung juga menyediakan berbagai macam olahan yang menarik. Salah satunya yang menjadi produk unggulan adalah olahan ikan pindang dan juga pempek Palembang.

15. Sate Sapi Cucuk Manis

Sate Sapi Cucuk Manis

Lokasi: Jl. KH. Azhari, 7 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang. – Image Credit by Dentistvschef.wordpress.com

Berbeda dengan sajian sate pada umumnya, di Palembang Anda bisa menemukan olahan sate yang terbuat dari daging sapi. Makanan ini juga sudah sangat terkenal oleh para wisatawan karena keunikan pada penggunaan dagingnya tersebut.

Sate sapi cucuk manis mempunyai tekstur daging yang padat dan lembut. Rasa manis dari sate tersebut membuatnya lebih unik lagi. Selain itu, sate sapi cucuk manis juga disajikan tanpa menggunakan bumbu kacang seperti kebanyakan sate pada umumnya.

Itulah informasi yang harus Anda ketahui tentang 15 wisata kuliner di Palembang yang sudah terkenal dan menjadi favorit. Dengan berbagai macam menu khas Palembang yang ditawarkan, maka dapat membuat Anda tertarik untuk datang kembali.