Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Cipanas No.16, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Anda yang pernah mengunjungi Kota Garut, Jawa Barat pastinya tidak akan asing lagi dengan salah satu area wisata yang cukup populer yaitu Pemandian Air Panas Cipanas. Lokasi dari tempat wisata ini memang mudah serta dekat untuk dijangkau oleh wisatawan. Dengan Anda berkunjung dan berendam di tempat tersebut, tentu akan membuat tubuh jadi segar.

Semua penat aktivitas sehari-hari Anda selama bekerja akan hilang seketika. Maka dari itu, tak perlu ragu untuk segera mengunjungi pemandian air panas di Kota Garut tersebut. Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh tempat ini. Berendam dan melepas penat akan membuat tubuh Anda jadi kembali segar dan bisa menjalankan aktivitas kembali.

Karena itu, ketika holiday tiba, ajaklah serta keluarga, kerabat atau pun teman-teman Anda untuk berendam dan mandi di tempat ini. Rasakan airnya yang begitu menyegarkan, seolah merasuk ke dalam pori-pori kulit. Pulang dari tempat ini dijamin Anda akan merasa begitu segar dan bersemangat.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Cipanas

Daya Tarik Pemandian Air Panas Cipanas
Image Credit: Google Maps Evan Rizki Reinaldy

1. Air yang Bersumber dari Geyser

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Pemandian Air Panas Cipanas ini yaitu Air di sana bersumber dari geyser. Air panas tersebut memang keluar langsung dari kerak bumi dan tentunya hal tersebut yang membedakan tempat ini dengan pemandian air panas yang lain di Kota Garut.

Sejak awal ditemukan air panas ini oleh masyarakat sekitar mulai dimanfaatkan dan mereka mengumpulkan bebatuan di celah agar air yang keluar menyembur ke bagian atas. Semburan tersebut memang cukup tinggi yaitu mencapai 3 meter. Pemandangan tersebut tentu menjadi salah satu hal yang unik dari pemandian satu ini.

Karena itu, bagi Anda yang kebetulan mencari tempat wisata untuk mandi dan berendam, maka pemandian air panas di Kota Garut ini sangat direkomendasikan.

2. Beragam Jenis Kolam

Daya tarik berikutnya yaitu Pemandian Air Panas Cipanas mempunyai banyak jenis kolam yang tersedia. Kolam tersebut antara lain banyu alam, sabda alam dan tirta Angga. Masing-masing dari kolam yang disuguhkan oleh tempat tersebut memiliki keunikannya masing-masing.

Kolam sabda alam memiliki fasilitas berupa taman bermain yang sangat cocok untuk pengunjung yang kebetulan membawa buah hati mereka. Sedangkan bagi anak-anak yang mengunjungi kolam pengobatan, maka bisa mencoba Kolam Tirta Gangga yang terdapat di wilayah pemandian.

Saat menyaksikan sumber air panas yang menyembur mencapai ketinggian 3 meter, tentu siapapun akan merasa tergoda untuk menyeburkan diri mereka langsung ke dalam sungai. Di sini bahkan pengunjung bisa menyewa kolam kecil atau kamar khusus, sehingga berendam akan makin puas.

3. Air Panas yang Memiliki Khasiat

Dikarenakan air yang terdapat di kolam Pemandian Air Panas Cipanas berasal dari geyser, maka banyak kandungan mineral yang tinggi dimiliki oleh air. Tak sedikit masyarakat yang percaya bahwa dengan mereka berendam dan mandi di tempat ini akan sangat berhasiat untuk kesembuhan berbagai macam penyakit.

Beberapa penyakit yang dipercaya mampu sembuh saat pengunjung berendam yaitu penyakit kulit, rematik, sakit kepala, insomnia, stres, jerawat, peredaran darah kurang lancar, kelelahan, detoksifikasi, pegal linu dan juga kolesterol. Untuk pengunjung yang sengaja datang ke tempat tersebut guna melakukan pengobatan, maka telah disediakan kolam khusus.

Karena dipakai sebagai salah satu area pengobatan, maka dari itu, kebersihan di lokasi wisata sangat dijaga dengan baik. Anda bisa langsung mencoba khasiat air panas dan kenyamanan yang ditawarkannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pemandian Air Panas Cipanas
Image Credit: Google Maps Elisa Dwi Novianti

Berendam dan mandi di Pemandian Air Panas Cipanas memang menarik untuk dicoba, terlebih dengan beragam khasiat yang dipercaya. Untuk Anda yang suka sekali dengan wisata berupa pemandian, maka tak ada salahnya segera datang ke tempat ini.

Lokasi tepatnya yaitu berada Kota Garut, Jawa Barat. Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps untuk mencari rute terbaik. Akses untuk menuju tempat ini memang tergolong mudah, karena itu, tak perlu ragu untuk segera meluncur dan datang ke tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pemandian Air Panas Cipanas
Image Credit: Google Maps Zahruddin Husain Syakur

Jam buka untuk area wisata Pemandian Air Panas Cipanas yaitu 24 jam penuh. Anda bisa datang ke tempat tersebut dengan biaya tiket sebesar Rp 20.000 per orang. Namun perlu diketahui, biaya tiket tersebut adalah untuk pengunjung yang sudah dewasa. Sedangkan untuk pengunjung anak-anak nantinya hanya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 saja.

Bagi yang ingin berendam nantinya akan dikenakan biaya lain, yaitu sebesar Rp 30.000 untuk tiap kamar dengan kapasitas 2 orang. Jika di sini Anda memilih untuk berenang, nantinya Anda akan menemukan kolam dengan area yang cukup luas. Sementara bagi yang ingin berendam, maka disediakan area private yang berukuran kecil.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pemandian Cipanas

Aktivitas Pemandian Air Panas Cipanas
Image Credit: Google Maps Nasrul Maulana

1. Swafoto di Jembatan Gantung

Jangan lupa untuk melakukan swafoto di jembatan gantung saat berada di Pemandian Cipanas. Jembatan gantung merupakan jembatan yang menjadi spot foto terbaik dan menjadi favorit di Pemandian Air Panas Cipanas. Bagi yang tidak takut ketinggian, maka tak ada salahnya untuk mencoba berada di area jembatan gantung untuk berfoto.

2. Berendam di Kolam Berundak

Air panas yang ada di area wisata mengalir melalui kontur yang sedikit miring. Karena itulah, pihak pengelola wisata membuat inisiatif dengan menciptakan undakan supaya aliran air bisa menjadi air terjun.

Air terjun itu sendiri berukuran tidak terlalu besar dan mengalir ke kolam-kolam yang ada di area bawah. Dengan adanya undakan tersebut, maka tercipta 3 buah kolam dengan kedalaman rata-rata yaitu 50 cm hingga 70 cm. Karena itulah, kolam pemandian air panas tersebut dirasa sangat aman untuk semua usia.

3. Menikmati Alam Sekitar

Kolam pemandian yang ada di sana berada di tengah-tengah area perkebunan milik masyarakat setempat. Sekalipun berada tidak jauh dari area jalan raya, tempat ini dapat diakses melalui wilayah pemukiman.

Tapi sekalipun lokasinya tersembunyi di area rimbunan pepohonan, namun letak tempat tersebut berada di lokasi bawah dan diapit oleh area perbukitan. Untuk area parkir nantinya pengunjung perlu berjalan kaki agar bisa mencapai lokasi Pemandian Air Panas Cipanas. Tapi tidak perlu khawatir, karena memang perjalanan terasa tidak akan melelahkan sama sekali.

Jalanan yang akan ditempuh berupa jalanan setapak, namun pemandangan yang ada di sekitar berupa pepohonan hijau yang akan membuat Anda merasa begitu terhibur. Selain itu, di sepanjang jalan Anda akan menemukan papan dengan tulisan yang lucu-lucu, sehingga membuat wisatawan merasa bersemangat untuk melanjutkan perjalanan mereka.

Tanaman hias juga semakin mempercantik jalanan setapak. Karena itu tak perlu ragu untuk mengabadikan momen saat berada di jalanan tersebut. Sebaiknya pilih waktu ketika cuaca sedang cerah, karena seketika hujan, jalanan memang agak susah untuk dilalui.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pemandian Air Panas Cipanas
Image Credit: Google Maps Yudi Wahyudi

Pemandian Air Panas Cipanas merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer untuk digunakan sebagai tempat rekreasi dan juga tempat berobat. Di area wisata inilah nantinya Anda akan menemukan beberapa fasilitas yang sangat menunjang para pengunjung yang datang.

Salah satu fasilitas yang terbilang unik yaitu di tempat ini telah disediakan kamar khusus untuk wisatawan yang ingin berendam. Kamar khusus tersebut biasanya akan digunakan oleh mereka yang bertujuan untuk berendam demi melakukan pengobatan. Fasilitas lain yang tersedia yaitu area parkir untuk kendaraan roda empat dan dua.

Bagi yang ingin mencicipi makanan khas daerah Garut, di sana juga telah tersedia warung dengan beragam menu yang lezat. Begitu juga untuk toilet, pihak pengelola wisata sudah menyediakan toilet yang bersih dan bisa digunakan secara gratis.

Pemandian Air Panas Cipanas sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Khususnya bagi Anda yang saat ini mengeluhkan berbagai macam penyakit, maka dapat mencoba pengobatan dengan berendam di air yang bersumber langsung dari gletser tersebut. Selain itu, Anda pun bisa rekreasi bersama dengan keluarga ataupun sahabat Anda.