Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Karacak Valley adalah kawasan hutan pinus yang hits di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Destinasi wisata ini baru dibuka pada tahun 2016 dan populer melalui peran media sosial. Para pengunjung banyak mengabadikan momen saat berada di lokasi wisata ini dan kemudian mengunggahnya di sosial media seperti Instagram sehingga banyak orang akhirnya tertarik untuk datang.

Tidak hanya menyuguhkan kesegaran hutan pinus, Karacak Valley juga menjadi salah satu bumi perkemahan di Garut. Lokasinya yang berada di atas bukit membuat Anda dapat melihat pemandangan kota yang indah apalagi di malam hari. Oleh sebab itu, wisata hutan pinus ini menjadi tempat yang banyak dipilih oleh para traveller untuk merasakan aktivitas-aktivitas menyenangkan.

Kawasan ini merupakan hutan pinus dan perkebunan kopi milik perhutani seluas 92 hektar. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Garut. Karenannya pengelola membuka destinasi wisata meskipun hanya seluas 10 hektar saja. Tidak hanya pengunjung yang tertarik untuk datang, masyarakat sekitar juga merespon positif hal ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Karacak Valley

Daya Tarik Karacak Valley
Image Credit: Google Maps (Famventure E811)

Meskipun sebagian besar pengunjung adalah remaja, namun Karacak Valley sebenarnya juga sangat cocok untuk liburan keluarga. Karena areanya yang luas, banyak tempat-tempat bagus yang bisa dikunjungi. Kesegaran dan keindahan alam inilah yang menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung untuk melepas penat di lokasi wisata ini.

1. Hutan Pinus

Objek wisata ini merupakan daerah perbukitan yang dikelilingi hutan pinus dan perkebunan kopi. Sedangkan pepohonan pinus inilah yang menjadi ciri khas dan daya tarik utama para pengunjung. Melalui jalan setapak yang ada, Anda dapat mengeksplorasi hutan pinus ini. Jalan setapak yang Anda lewati akan menanjak sesuai kontur tanah karena lokasinya yang berada di perbukitan.

2. Bumi Perkemahan

Lokadsi wisata ini memiliki tempat yang luas dan nyaman, selain itu juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang memadai untuk berkemah dan melakukan aktivitas-aktivitas seru. Sebagai bumi perkemahan, hutan pinus ini menjadi pilihan para pengunjung untuk bermalam menikmati suasana alam bersama teman dan keluarga.

3. Spot Foto

Banyak sekali spot foto yang bagus dan menarik di Karacak Valley, tidak heran tempat wisata ini menjadi sangat populer. Tidak hanya hutan pinus saja, Anda juga bisa mengabadikan sunset di antara Gunung Papadayan dan Gunung Guntur. Ada pula spot-spot foto yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Daya Tarik Dimiliki Karacak Valley
Image Credit: Google Maps (Leonita Swandjaja)

4. Puncak Dogar

Puncak Dogar merupakan salah satu daya tarik yang menyajikan pemandangan yang akan memanjakan mata Anda. Berada di atas bukit di kawasan hutan pinus, Puncak Dogar merupakan tempat yang banyak didatangi pengunjung. Dari Puncak Dogar, Anda bisa melihat Kota Garut tanpa penghalang terutama keindahan lampu-lampu di malam hari jika Anda memilih untuk berkemah di sana.

5. Curug Kembar dan Curug Ngebul

Masih di kawasan Karacak Valley, terdapat dua buah curug atau air terjun kecil dengan telaga di bawahnya. Kedua curug ini menjadi daya tarik karena bebatuan dan airnya yang bening. Anda hanya perlu menyusuri jalan setapak dan mengikuti petunjuk arah. Jalanan yang harus dilewati memang menanjak, namun ada beberapa spot untuk beristirahat.

Curug Kembar memiliki dua air terjun di antara bebatuan. Cocok untuk bermain air atau sekedar melepas lelah. Di sana juga tersedia saung untuk duduk dan menikmati pemandangan. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Curug Ngebul. Air terjun ini tidak tinggi namun airnya sangat sejuk dan segar karena berasal dari Gunung Karacak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps (Muhamad Rifqi Waldani)

Karacak Valley tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut, hanya berjarak kurang lebih 10 km dan dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan. Lokasinya berada di Kabupaten Garut, Kecamatan Garut Kota, lebih tepatnya di Jalan Karacak Valley, Margawati, Sukanegla. Untuk menuju lokasi sangat mudah karena terdapat penunjuk jalan, selain itu medan jalan juga tidak sulit.

Sayangnya, beberapa ratus meter sebelum lokasi, jalanan masih berupa tanah yang cukup licin saat musim penghujan. Jalanan juga tidak terlalu lebar serta banyak terdapat tikungan tajam dan tanjakan. Pengunjung harus sangat berhati-hati dan menggunakan kendaraan dengan kondisi yang prima. Banyak ban pengunjung yang terselip di area ini, namun akan ada warga sekitar yang membantu.

Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, maupun bus kecil. Akan tetapi akses jalan tidak dapat dilalui oleh bus besar. Untuk rute perjalanan juga cukup mudah. Anda dapat mengambil Jalan Bratayudha, kemudian berbelok ke arah Jalan Margawati. Anda tinggal mengikuti jalan dan petunjuk arah di sepanjang Jalan Margawati hingga sampai di lokasi wisata hutan pinus.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju hutan pinus. Dari Terminal Guntur, Anda bisa naik angkot jurusan Sukadana atau Sukaregang dan turun di pertigaan jalan Margawati. Anda kemudian dapat melanjutkan perjalanan sampai ke lokasi dengan menggunakan ojek.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Objek Wisata
Image Credit: Google Maps (Ri Ve)

Karacak Valley dapat dikunjungi dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Meski demikian, kawasan ini tetap dijaga selama 24 jam untuk pengunjung yang bermalam. Tiket yang diberlakukan juga berbeda untuk dewasa dan anak-anak, namun sudah termasuk dengan biaya asuransi.

Untuk dewasa, harga tiket masuk wisata yakni Rp 10.000 sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp 5.000. Jika Anda berkemah, harga tiket yang harus Anda keluarkan sebesar Rp 15.000. Tiket masuk ini tentu dapat dikatakan sangat murah dibandingkan dengan keindahan alam dan pengalaman seru yang akan Anda dapatkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Karacak Valley

Aktivitas di Karacak Valley
Image Credit: Twitter.com @jabarnewss

Kawasan hutan pinus ini tergolong sangat luas. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Apalagi jika Anda menyukai wisata alam dan petualangan. Ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan saat berada di kawasan hutan pinus Karacak Valley.

1. Mencari Spot Foto

Keindahan pemandangan dan juga pepohonan pinus membuat tempat wisata ini menjadi tempat yang bagus untuk spot foto. Jika Anda menelusuri kawasan ini, Anda akan menemukan lebih banyak lagi tempat yang bagus untuk dipajang di sosial media Anda.

Akan lebih baik jika Anda datang bersama keluarga di pagi hari, namun Anda juga bisa berkunjung menjelang sore di musim kemarau. Sunset di lokasi wisata ini tidak hanya memanjakan mata namun juga dapat menjadi latar foto yang indah dengan langit biru yang cerah. Sementara itu Anda juga bisa berfoto dengan latar sunrise saat Anda berkemah di sana.

2. Berkemah

Kawasan hutan pinus ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai kegiatan berkemah. Karena area yang cukup luas, kawasan ini dapat menampung kurang lebih 1000 tenda. Anda tidak perlu khawatir lagi akan berdesakan dengan pengunjung lain yang juga ingin membangun tenda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan berkemah lain seperti berkumpul dengan teman, melihat pemandangan malam hari, membuat api unggun, bahkan juga memasak. Selain itu, banyaknya pepohonan pinus memungkinkan Anda memasang hammock untuk bersantai.

3. Olahraga

Karacak Valley menjadi tempat yang cocok untuk beberapa kegiatan olahraga seperti hiking dan bersepeda. Dari sini Anda bisa hiking hingga Curug Ngebul, bahkan bisa juga langsung ke puncak Gunung Karacak. Jalanan yang dapat diakses sepeda juga membuat Anda bisa berolahraga sambil merasakan udara segar hutan pinus.

Fasilitas yang Tersedia di Karacak Valley

Fasilitas di Karacak Valley
Image Credit: Google Maps (Ri Ve)

Pengelola objek wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan para pengunjung. Fasilitas yang memadai akan membuat Anda bisa lebih menikmati liburan Anda di Karacak Valley. Salah satunya adalah area parkir yang cukup luas bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi. Harga parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jika Anda yang ingin berkemah, lokasi wisata ini juga menyediakan penyewaan tenda. Harga sewa tenda tergantung kapasitas di dalamnya. Untuk tenda dengan kapasitas 4 sampai 5 orang harga sewa sebesar Rp 50.000 sedangkan tenda dengan kapasitas 8 orang sebesar Rp 80.000. Sementara itu sewa tenda dengan kapasitas 8 orang seharga Rp 110.000 dan tenda besar seharga Rp 120.000.

Selain tenda, pengelola juga menyediakan penyewaan hammock. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki hammock masih bisa merasakan bersantai di antara pepohonan pinus. Penyewaan hammock hanya dibandrol Rp 10.000 akan tetapi hammock hanya dapat digunakan selama 1 jam dalam sekali sewa.

Pengelola juga menyediakan MCK yang dapat digunakan oleh pengunjung. Selain itu disediakan juga musala untuk menunaikan salat. Jika Anda tidak membawa bekal, Anda juga dapat membeli makanan dan minuman di kios-kios dan warung makanan. Selain itu terdapat juga banyak gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat.

Jika Anda berada di Garut, tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung di Karacak Valley. Anda dapat menghabiskan waktu liburan dengan keluarga dan teman. Dengan fasilitas yang memadai akan membuat Anda lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan di hutan pinus ini.