20 Tempat Wisata di Madura Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Madura

Jika Berencana Liburan ke Madura, Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Madura, Jawa Timur. Objek Wisata Terbaru, Populer dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berlibur.

Madura tidak hanya memiliki Jembatan Suramadu atau Sate Madura yang terkenal. Pulau ini juga semakin populer dengan semakin banyaknya tempat-tempat wisata keren dan eksotis yang dapat dijumpai di seluruh pelosok Madura. Destinasi wisata alam di Madura bahkan tidak kalah bagus dari Bali, Lombok, atau daerah lainnya.

Daerah yang juga terkenal dengan budaya karapan sapinya ini menyimpan banyak tempat yang indah untuk dikunjungi. Madura memiliki banyak tempat wisata alam, budaya, hingga sejarah yang menarik. Wisatawan bisa menjelajah dengan mudah apalagi dengan adanya akses Jembatan Suramadu.

Destinasi alam di Madura sangat bervariasi mengingat kondisi pulau memiliki perbedaan, seperti di bagian utara yang lebih tinggi dan sisi selatan yang lebih datar. Kebudayaan yang masih dijaga oleh masyarakat Madura juga menjadi alasan daerah ini layak untuk dijadikan destinasi liburan yang menarik. Berikut daftar tempat wisata populer di Pulau Madura yang bisa Anda pilih.

1. Gili Pandan

Gili Pandan

Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu tujuan wisata alam yang bisa dikunjungi di Madura adalah Gili Pandan. Sebuah pulau kecil yang tidak memiliki penduduk atau penghuni pulau. Suasana Gili Pandan sangat asri dengan pasir putih dan pemandangan laut biru toska.

Objek wisata ini memang bukan destinasi paling populer di Madura. Jadi berlibur ke Gili Pandan dapat memberikan pengalaman layaknya menikmati pulau pribadi. Pulau cantik ini cocok untuk wisatawan yang menginginkan ketenangan.

Lokasi: Gilipandan, Banmaleng, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

2. Kepulauan Kangean

Kepulauan Kangean

Image Credit: Tourkangeanwisata.blogspot.com

Madura memiliki beberapa pulau kecil yang indah dengan laut dan pasir putih. Salah satu destinasi wisata pulau di Madura adalah di kawasan Kepulauan Kangean. Sebuah kawasan wisata yang terdiri dari puluhan pulau-pulau kecil.

Selain menikmati keindahan pulau, pengunjung juga bisa menjelajah bawah laut seperti snorkeling. Pemandangan bawah lautnya tidak kalah cantik dengan kondisi laut yang cukup tenang.

Lokasi: Pulau Kangean, Kec. Kangayan, Kab. Sumenep.

3. Goa Blaban

Goa Blaban

Image Credit: Wisatakita.com

Goa Blaban dapat menjadi rekomendasi untuk wisatawan yang menyukai petualangan. Destinasi pilihan ini menyajikan keindahan dari sebuah goa dengan stalaktit yang menawan.

Batuan-batuan goa dan stalakmit yang menakjubkan terlebih saat terkena sinar matahari Pemandangan di dalam goa begitu indah dengan batuan goa yang berkilau.

Lokasi: Rojing Daya, Blaban, Kec. Batu Marmar, Kab. Pamekasan.

4. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

Image Credit: Pantainesia.com

Cara lain menikmati pemandangan jembatan Suramadu adalah menyaksikannya dari Pantai Rongkang. Sebuah pantai yang dikelilingi batuan karang dan bukit setinggi 25 meter. Tempat ini bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan dan tentunya hemat.

Pantai ini juga sering diburu untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan senja atau matahari terbenam. Pada malam harinya pun pemandangan yang dapat dinikmati di pantai ini semakin cantik dengan gemerlap lampu dari jembatan Suramadu dan kapal-kapal.

BACA:  20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan

Lokasi: Kejawan, Kwanyar Barat, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan.

5. Puncak Ratu Pamekasan

Puncak Ratu Pamekasan

Image Credit: Pulaumadura.com

Menikmati suasana sejuk di hutan pohon sengon yang sangat rindang ditawarkan oleh tempat wisata yang satu ini. Selain menyusuri hutan, tersedia juga hammock untuk para pengunjung bersantai atau berfoto ria.

Hal menarik lain yang ditawarkan objek wisata alam ini adalah pengunjung bisa melihat kebun durian. Puncak Ratu Pamekasan merupakan pusatnya durian sehingga saat musim durian tiba, pengunjung dapat langsung memetik buah durian untuk dimakan atau sebagai oleh-oleh.

Lokasi: Puncak Ratu, Kongsi, Tebul Barat, Kec. Pegantenan, Kab. Pamekasan.

6. Pantai Teluk Sapoong

Pantai-Teluk-Sapoong

Image Credit: Desapajanangger.id

Kawasan wisata di Pantai Teluk Sapoong memiliki pemandangan indah dengan laut biru jernih. Ombak di kawasan ini cukup tenang sehingga aman untuk pengunjung. Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat ini akan menghabiskan waktu untuk berfoto-foto.

Ada sebuah jembatan yang dibuat dengan arah menjorok ke laut sehingga bisa dijadikan spot foto untuk mendapatkan latar belakang laut. Memiliki pasir pantai putih dengan jajaran pohon khas pantai seperti pohon kelapa.

Lokasi: Pajanangger, Kec. Arjasa, Kab. Sumenep.

7. Kampung Toron Samalem

Kampung Toron Samalem

Image Credit: Dakatour.com

Kampung wisata ini memiliki pemandangan unik dengan bangunan-bangunan beratap jerami. Rumah jerami merupakan spot favorit bagi pengunjung untuk berfoto dengan kerabat atau teman.

Selain rumah unik, kawasan ini juga menyajikan pemandangan alam yang begitu indah. Lautan berwarna biru segar dapat dinikmati di sisi selatan dari kawasan ini. Suasananya pun cukup sejuk seperti di daerah perbukitan.

Lokasi: Kampoeng Toron Samalem, Tambak, Blumbungan, Kec. Larangan, Kab. Pamekasan.

8. Air Terjun Duko

Air Terjun Duko

Image Credit: Instagram.com @rizahimawan

Madura memiliki air terjun yang cantik dengan air yang bersih dan sejuk. Objek wisata Air Terjun Duko menyajikan pemandangan air terjun dua tingkat yang jatuh ke kolam alami. Jadi pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan saja, tetapi juga bisa berenang merasakan kesejukan airnya.

Kawasan ini juga banyak ditumbuhi pepohonan sehingga memberi hawa sejuk untuk para pengunjung. Cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri. Namun untuk Anda yang tertarik mengunjungi tempat ini, aliran air terjunnya hanya bisa terlihat saat sungai di atasnya sedang deras.

Lokasi: Duko, Kec. Rubaru, Kab. Sumenep.

9. Bukit Geger

Bukit Geger

Image Credit: Pariwisatabangkalan.wordpress.com

Objek wisata paling tinggi di Madura ini berada di ketinggian 200mdpl dengan hawa sejuk dan udara yang segar. Deretan pohon-pohon mahoni menjadi pemandangan indah yang disajikan di kawasan wisata Bukit Geger.

Kawasan wisata yang juga menjadi hutan lindung ini juga memiliki banyak satwa liar. Pengunjung bisa menemukan monyet, burung, bahkan ular. Namun, pengunjung tidak boleh mengganggu keberadaan hewan-hewan tersebut dan tidak disarankan memberi makan hewan seperti monyet.

BACA:  15 Cafe Instagramable di Malang yang Bikin Betah Nongkrong

Lokasi: Laok Kunong, Kec. Geger, Kab. Kabupaten Bangkalan.

10. Bukit Arosbaya

Bukit Arosbaya

Image Credit: Pegipegi.com

Tambang batu kapur yang sudah tidak aktif ini sekarang menjadi salah satu destinasi wisata populer di Madura. Nama Bukit Arosbaya begitu terkenal karena pemandangan eksotis dan tidak biasa yang ditawarkan.

Warna batuan tambang yang cokelat kemerahan membuat tempat ini seperti di negeri dongeng. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan tempat wisata yang indah dan unik ini.

Lokasi: Plalangan Madura, Makam Air Mata, Buduran, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan.

11. Kota Tua Kalianget

Kota Tua Kalianget

Image Credit: Indonesiatraveler.id

Sebuah kota yang pernah didirikan pada zaman kolonial ini, sekarang dikenal sebagai Kota Tua Kalianget. Banyak wisata datang ke tempat ini untuk melihat bangunan-bangunan peninggalan arsitektur Belanda.

Bangunan yang sudah tua di kota bersejarah ini menjadi daya tarik untuk wisatawan menikmati masa lalu Kalianget. Bangunan yang tidak terurus dengan beberapa bangunannya ada yang runtuh dapat menjadi latar belakang foto yang epik dan instagramable.

Lokasi: Jl. Raya Kalianget, Kalianget Timur, Kec. Kalianget, Kab. Sumenep.

12. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih

Image Credit: Flickr.com @bagus herlambang

Pemandangan serba putih dari sebuah bekas tambang kapur dapat dinikmati di objek wisata Bukit Jaddih. Tebing-tebing bekas galian tambang menjulang tinggi seperti pilar di sebuah istana.

Selain dinding bekas galian, pengunjung juga bisa menemukan sebuah kolam biru yang semakin menambah kesan eksotis di tempat ini. Tersedia sebuah rakit untuk pengunjung yang ingin berkeliling danau.

Lokasi: Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan.

13. Telaga Kermata

Telaga Kermata

Image Credit: Liputan6.com

Objek wisata dengan suasana yang masih sangat asri dan teduh ini adalah alternatif liburan untuk masyarakat Madura dan sekitarnya. Sebuah telaga yang memiliki pemandangan indah dan pepohonan yang rindang.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang alam di Telaga Kermata. Selain itu, disediakan pula beberapa spot yang unik untuk pengunjung mendapatkan foto keren dan instagramable.

Lokasi: Bon Malang, Kec. Saronggi, Kab. Sumenep.

14. Bukit Daramista

Bukit Daramista

Image Credit: Sewadrone.id

Pemandangan laut dan kota Sumenep dapat dinikmati dari bukit ini. Berada di dataran tinggi yang menjadikan Daramista cocok untuk berburu sunset atau matahari terbenam. Pemandangan yang indah di bukit ini pun dapat dinikmati hingga malam hari.

Selain pemandangan alamnya, objek wisata ini sudah dilengkapi dengan beberapa spot foto untuk pengunjung. Gazebo atau gubuk kecil juga disediakan untuk pengunjung bersantai menikmati pemandangan atau sambil makan-makan.

Lokasi: Billa Tompok, Daramesta, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep.

15. Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan

Image Credit: Maps.google.com @anggie crazyangel77

Aliran air terjun setinggi 20 meter ini semakin sempurna untuk dinikmati karena berada dekat dengan pantai. Aliran air yang segar dari Kali Payung bermuara langsung ke pantai seolah-olah menyatu dengan laut.

Suasana di lokasi wisata air terjun unik ini masih alami dan bersih. Pengunjung bisa menikmati air terjun, deburan ombak, hingga pemandangan senja di satu lokasi ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung Paling Populer

Lokasi: Ketapang Daya, Kec. Ketapang, Kab. Sampang.

16. Gili Iyang

Gili Iyang

Image Credit: Instagram.com @rizahimawan

Suasananya sangat asri dengan udara yang bersih dan sejuk menjadi daya tarik Gili Iyang di Madura ini. Sebuah pantai karang yang berbatasan dengan laut yang begitu bersih.

Salah satu spot favorit yang wajib dikunjungi adalah Batu Cangga. Struktur batuan karang di tempat ini memang memiliki bentuk yang unik sehingga banyak diburu untuk berfoto-foto. Terdapat sebuah gua di kawasan wisata ini yang masih terjaga dengan baik.

Lokasi: Gili Iyang, Banraas, Kec. Dungkek, Kab. Sumenep.

17. Kolam Renang Goa Pote

Kolam Renang Goa Pote

Image Credit: Medcom.id

Objek wisata ini berada di sebuah bekas tambang batu kapur. Sesuai namanya yakni Goa Pote atau gua putih, kolam renang ini dikelilingi tebing batu kapur. Kolam renang yang mungkin jarang ditemukan di daerah-daerah lain.

Pengunjung bisa menikmati kolam renang dengan aman bahkan untuk anak-anak. Tersedia kolam renang untuk orang dewasa dan anak dengan kedalaman yang bervariasi.

Lokasi: Jaddih, Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan.

18. Gili Genting

Gili Genting

Image Credit: Manusialembah.com

Sebuah pulau unik yang memiliki pulau pasir putih dan pemandangan laut yang mempesona. Pengunjung dapat menikmati keindahan panorama pulau dengan suasana yang tenang. Pulau kecil yang berada di Madura ini merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Tempat yang dulunya digunakan sebagai sebuah pelabuhan ini sekarang sudah menjelma menjadi objek wisata alam populer di Madura. Pengunjung bisa menikmati suasana pulau sambil berfoto ria di banyak spot yang sudah disediakan. Wisatawan juga bisa snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya.

Lokasi: Pulau Giligenting, Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

19. Api Abadi Madura

Api Abadi Madura

Image Credit: Madureh.com

Madura memiliki tempat yang unik lainnya yaitu api abadi. Sebuah desa di Pamekasan yang terkenal dengan fenomena alam yang tidak biasa. Api alami yang menyala dan tidak pernah padam.

Api abadi di tempat ini menjadi daya tarik banyak orang berkunjung. Selain untuk menikmati fenomena alam, ada pula yang tertarik dengan mitos-mitos di tempat wisata ini. Lidah api yang berkobar ini bisa dinikmati kapan saja, bahkan ada juga yang memanfaatkannya untuk membakar jagung.

Lokasi: Asemanis Satu, Larangan Tokol, Kec. Tlanakan, Kab. Pamekasan.

20. Gili Labak

Gili Labak

Image Credit: Pantainesia.com

Pulau yang banyak disebut sebagai surganya Madura ini menyajikan pemandangan alam yang mempesona. Air laut yang sangat jernih dengan warna biru seolah menyatu dengan langit biru. Eksotisme dari objek wisata ini dapat menjadi pilihan untuk Anda berlibur melepas penat atau menenangkan diri.

Pasir pantai yang putih dan lembut mengelilingi pulau mungil ini. Pengunjung bisa menikmatinya dengan berjalan santai di pantai. Selain itu, pemandangan bawah lautnya juga tidak kalah cantik. Pengunjung dapat melakukan snorkeling dengan aman untuk melihat ikan-ikan dan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Lokasi: Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

Itulah rekomendasi tempat wisata populer yang ada di Pulau Madura bisa dijadikan referensi liburan terbaik. Sebagian besar objek wisata alam dan sejarah di daerah ini memiliki keindahan yang masih terjaga hingga sekarang.