Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sukamukti, Kec. Banyuresmi, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Situ Bagendit dikenal sebagai salah satu wisata alam danau terfavorit di Garut, Jawa Barat. Memiliki pemandangan air jernih dengan view pegunungan hijau yang memukau. Wisatawan yang berkunjung dapat bersantai sembari menikmati pemandangan indah yang dibentangkan oleh danau ini. Banyak pengunjung berdatangan karena ingin melihat sendiri keindahan alam yang disuguhkan.

Panorama alam dari sekitar danau menampilkan hamparan yang luas dan berair jernih, di ujung danau pun berbaris pegunungan yang dipaparkan khusus untuk wisatawan yang berkunjung ke Garut yang dijuluki sebagai Swiss Van Java. Karena tempatnya yang berdekatan oleh pegunungan, suhu udara disini pun terasa sejuk dan masih tergolong asri. Direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin berlibur dengan keluarga.

Wisatawan yang berlibur ke Situ Bagendit juga didukung oleh beragam fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang disediakan bertujuan untuk mendukung kegiatan wisatawan dalam berlibur, sekaligus menarik lebih banyak pengunjung yang datang. Mulai dari fasilitas umum seperti halnya mushola, toilet hingga tempat parkir luas. Fasilitas pendukung seperti spot foto hingga wahana bermain air pun tersedia disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Bagendit

Daya Tarik Situ Bagendit
Image Credit: Google Maps (Aldo Pangestu)

Danau berair jernih yang berlokasi di Garut tepatnya Desa Bagendit. Danau ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak juga wisatawan berdatangan dari luar daerah Garut hanya untuk melihat keindahan yang dipamerkan oleh danau ini. Beragam daya tarik yang dimiliki Situ Bagendit juga menjadi pendukung banyaknya pengunjung yang berdatangan.

1. Menyuguhkan Pemandangan Tiga Gunung Sekaligus

Obyek wisata indah ini mulai populer pada tahun 1920-an. Pada tahun itu danau ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan ditandai dengan adanya hotel dan beragam fasilitas yang tersedia. Setelahnya tepatnya pada Perang Dunia II, obyek wisata ini menjadi hancur begitupun dengan hotel yang berada di sekitar danau. Hingga pada tahun 1980-an pihak pemerintah menjadikannya obyek wisata kembali.

View yang langsung terlihat saat mengunjungi tempat wisata ini adalah pemandangan tiga gunung yang berbaris rapi menghadap pengunjung danau. Tiga gunung tersebut ialah Gunung Cikuray, Gunung Guntur dan Gunung Haruman. Pemandangan yang dihasilkan dari deretan gunung ini sangatlah indah jika dilihat dari Situ Bagendit. Pantas saja kalau deretan gunung ini menjadi salah satu daya tarik.

Deretan gunung yang terlihat dari obyek wisata ini mempunyai warna biru muda. Bukan hanya deretan gunung saja yang terlihat indah, namun juga sebaran awan-awan putih yang menghiasi langit biru pun turut menjadi pendukung atas indahnya danau ini. Pemandangan tiga gunung dan birunya langit merupakan sebuah perpaduan apik yang hanya dimiliki oleh obyek wisata ini.

2. Kualitas Airnya yang Bersih

Sesuai penamaan obyek wisata ini, tentunya yang terpikir di benak kita ialah legenda yang berhubungan dengan Nyai Endit. Walaupun tokohnya terkenal pelit, tetapi suguhan yang dihasilkan dari danau ini tidaklah main-main indahnya. Wisatawan yang berkunjung kesini dapat melihat kejernihan air yang berada di danau ini. Seakan berfungsi sebagai kaca yang memantulkan bayangan dari langit.

Lokasi Situ Bagendit yang berada di dekat pegunungan tentu banyak terdapat mata air yang mengalir hingga ke danau. Hingga menghasilkan air yang jernih dengan rasa tawar serta tidak berbau. Keberadaan pepohonan disini pun turut menciptakan udara sejuk. Tempatnya yang sejuk juga berarti jauh dari sampah, lokasi wisata ini memiliki air dan lingkungan yang bersih pula.

Saat berada di obyek wisata ini, wisatawan tidak hanya merasakan kejernihan air yang dibawa dari pegunungan tetapi juga udara sejuk dari pepohonan yang berdiri di sekeliling lokasi wisata. Selain itu, bersihnya lokasi wisata dari sampah turut menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesini. Sangat direkomendasikan untuk pengunjung yang hendak berlibur membawa keluarga.

Daya Tarik Dimiliki Situ Bagendit
Image Credit: Google Maps (Annisa Listiana)

3. Dilengkapi Spot Foto dan Wahana Seru

Daya tarik lainnya dari obyek wisata ini ialah adanya spot foto kece serta wahana seru yang wajib dicoba. Demi menarik pengunjung lebih banyak untuk datang ke lokasi wisata ini, pihak pengelola pun menambah beberapa fasilitas yang dijamin menambah kualitas liburan bersama keluarga. Hadirnya spot foto dan beberapa wahana terbukti dapat memikat pengunjung untuk menghabiskan liburannya disini.

Ternyata, tak hanya keindahan pemandangan yang dibuat secara alami. Situ Bagendit juga memiliki beragam spot foto menarik dan kece yang dapat wisatawan manfaatkan sebagai angle yang tepat untuk mengambil foto. Spot foto yang disediakan seakan kontras dengan indahnya pantai. Cocok bagi wisatawan pemburu foto yang tak ingin ketinggalan momen berlibur disini.

Bukan hanya keindahan danau dan keberagaman spot foto saja yang menjadi incaran pengunjung, adanya beberapa wahana yang tersedia disini pun turut menjadi daya tarik dari danau ini. Banyak wahana yang tersedia, seperti contohnya sepeda air, sewa rakit perahu dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa mencoba menaiki wahana dan dijamin akan menjadi liburan yang tak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps (Irwan Susanto)

Situ Bagendit ialah salah satu danau yang terletak di Garut, Jawa Barat. Lokasi danau indah ini hanya berjarak 4 km dari pusat Kota Garut. Akses menuju danau ini sangatlah mudah ditambah dengan jalan yang lumayan lebar dan bagus. Hal ini karena danau ini sudah terkenal bahkan banyak pengunjung yang berasal dari luar negeri, itulah kenapa penting untuk memperhatikan akses jalan menuju kesini.

Waktu tempuh untuk menyambangi danau indah satu ini berkisar antara 30 menit dari hiruk-pikuk Kota Garut. Waktu tempuh ini juga tergantung dari jumlah wisatawan yang datang, biasanya pada waktu libur lebaran atau libur kenaikan kelas telah menjelang maka jalan menuju lokasi akan sedikit ramai. Mengingat keindahan yang danau cantik ini suguhkan membuat orang berlomba-lomba datang kesini.

Pengunjung yang hendak datang bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus maupun kendaraan pribadi layaknya mobil dan motor. Wisatawan yang datang dapat memarkirkan kendaraan mereka di area parkir, jadi untuk wisatawan yang berniat mengunjungi danau ini tidak perlu khawatir akan area parkir yang sempit sebab pihak pengelola danau sudah memfasilitasi area parkir yang cukup luas.

Ada berbagai rute menuju lokasi, salah satunya ialah dengan menuju ke terminal Garut – Banyuresmi. Lokasi ini berada kurang lebih 5 km dari tempat terminal. Untuk wisatawan yang hendak menggunakan kendaraan umum seperti angkutan umum bisa menuju ke terminal dan menaiki angkutan umum jurusan Garut – Banyuresmi. Kemudian berhenti di pintu masuk obyek wisata yang dituju.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Objek Wisata
Image Credit: Google Maps (S SIREGAR MA21B01)

Bukan hanya terkenal akan danaunya yang jernih berpadu dengan pemandangan pegunungan saja. Situ Bagendit juga terkenal akan tarif masuknya yang ramah dikantong. Mungkin hal ini juga yang menjadi daya tarik dari lokasi wisata alam cantik satu ini. Panorama yang disuguhkan begitu memanjakan mata serta tarif yang harus dikeluarkan untuk menyambangi obyek wisata ini pun dinilai terjangkau.

Untuk pengunjung yang ingin berlibur bersama keluarga disini harus menyiapkan dana sebesar Rp 20.000 per orang sebagai tiket masuk. Sedangkan untuk wisatawan yang membawa kendaraan motor dapat menyiapkan dana sebesar Rp 2.000, untuk wisatawan yang membawa kendaraan mobil bisa menyiapkan dana sebesar Rp 5.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Situ Bagendit

Kegiatan di Situ Bagendit
Image Credit: Instagram.com @nadyaamandaarf

1. Menikmati Pemandangan Deretan Gunung

Situ Bagendit terkenal akan panorama pegunungan yang berderet indah. Mulai dari warna biru muda pegunungan yang bercampur dengan lukisan langit bertabur awan putih. Wisatawan bisa melihat danau yang memiliki ujung pegunungan ini. Sangat kontras jika dipandang dari segi manapun. Pantas saja kalau obyek wisata ini memiliki banyak pengunjung.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan ataupun piknik kecil bersama keluarga tercinta sembari ditemani view pegunungan. Selain itu, wisatawan juga bisa menyantap makanan yang disajikan oleh kedai makanan yang tersedia disini. Bahkan ada kedai makan terapung yang tersedia, tentu wisatawan dapat mencobanya. Dijamin menjadi liburan indah yang tidak akan terlupakan.

2. Menikmati Secangkir Kopi Diantara Udara Sejuk

Meskipun lokasi wisata Situ Bagendit tidak jauh dari Kota Garut, kondisi udara disini tetap asri karena letaknya berada diantara pegunungan. Terdapat banyak sekali pepohonan yang tumbuh disini. Sehingga udara di sekitar area danau pun dikenal sejuk oleh wisatawan yang datang. Tak hanya itu, kualitas airnya yang jernih pun menjadi faktor obyek wisata ini menjadi favorit.

Pengunjung dapat bersantai atau menikmati seduhan kopi sembari merasakan kesejukan atmosfer disini. Pengunjung juga bisa mencicipi beragam makanan khas daerah Garut, untuk menambah pengalaman bersantap, telah disediakan beberapa spot yang bisa dipakai pengunjung untuk duduk bersantai ataupun menikmati secangkir kopi hangat.

Kegiatan Menarik di Situ Bagendit
Image Credit: Facebook.com @utruza.imbabidara

3. Berfoto Kece dan Merasakan Wahana

Spot foto yang disediakan disini tidak kalah indahnya dengan pemandangan danau yang disuguhkan. Megahnya deretan pegunungan bersatu padu menghasilkan angle foto yang pas. Sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai kegiatan berfoto. Banyak wisatawan yang datang tanpa melewatkan kesempatan berfoto di wisata alam danau indah satu ini.

Bukan hanya spot foto saja, disini juga terdapat beragam wahana yang bisa wisatawan coba bersama keluarga. Seperti halnya sepeda air, sewa rakit perahu dan beragam wahana permainan air yang akan mengajak wisatawan menuju ketengah danau. Melihat ikan-ikan kecil yang berenang di air danau yang jernih dan bersih. Tidak sedikit pula pengunjung yang mengabadikan momen ini dalam jepretan foto.

Fasilitas yang Tersedia di Situ Bagendit

Fasilitas di Situ Bagendit
Image Credit: Google Maps (Rifky Fadillah)

Lokasi wisata yang memiliki fasilitas lengkap dan memadai tentu akan berdampak baik bagi penilaian pengunjung dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Tidak hanya itu, fasilitas yang tersedia lengkap pun juga berdampak baik pada pengunjung yang betah berlama-lama berada di sebuah lokasi wisata. Tanpa adanya fasilitas yang lengkap, sebuah lokasi wisata tentu akan sepi pengunjung.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Situ Bagendit sudah tergolong lengkap dan memadai. Pengunjung dapat menikmati panorama indah danau dengan difasilitasi oleh fasilitas yang tersedia. Seperti halnya pengunjung dapat merasakan serunya bermain di wahana permainan air ataupun luasnya area parkir yang disediakan membuat pengunjung tidak perlu merasa khawatir akan kehabisan lahan parkir.

Demikianlah beberapa hal terkait Situ Bagendit. Danau ini masih tergolong asri, tugas kita selanjutnya ialah menjaga kebersihan danau indah ini dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Bukan hanya di sekitar area danau saja, namun juga dimana pun kita berada. Membuang sampah pada tempatnya akan berdampak sangat baik bagi bumi yang kita huni.