Kawah Talaga Bodas, Destinasi Alam Favorit di Garut

Kawah Talaga Bodas

Lokasi: Jl. Talaga Bodas No.5, Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kab. Garut.
MapCek Lokasi

Mendengar nama Garut pasti Anda ingat akan satu makanan, ya itulah dodol. Rasa manis dengan beragam variasi buah sungguh enak di nikmati. Namun, di Garut bukan tentang makanannya saja yang menarik. Sebab destinasi wisata yang ada kota tersebut juga sangat mempesona untuk di kunjungi.

Di Garut, pengunjung dapat melihat hamparan pemandang alam yang indah. Keadaan alam sekitar masih asri serta belum banyak di ubah. Alhasil udara yang terasa ketika berlibur sangat menyegarkan. Dengan begitu Anda akan betah berlama-lama menghabiskan waktu luang di sini.

Selagi datang ke Garut, Anda dapat mampir ke berbagai destinasi wisata keren. Salah satu yang sangat di favoritkan wisatawan yaitu kawah Talaga Bodas. Kecantikan pemandangan yang ada akan membuat Anda betah berlama-lama mengunjunginya. Informasi selengkapnya ada di bawah ini:

Mengintip Keindahan Alam Kawah Talaga Bodas

Mengintip Keindahan Alam Kawah Talaga Bodas

Image Credit: Dakatour.com

Kawah Talaga Bodas merupakan destinasi wisata favorit yang ada di Garut. Pengunjung selalu ramai berdatangan mengingat pemandangan wisata alam terlihat sangat indah. Kawah berbentuk danau yang di terisi air putih kehijau-hijauan membuatnya terlihat sangat eksotis. Sembari melihat pemandangan yang ada, pengunjung dapat mengambil foto indah ciamik dari beragam sudut.

Kawah berbentuk danau di Talaga Bodas ini merupakan akibat letusan gunung telaga bodas. Aktivitas vulkanik masih ada tetapi sudah tidak berbahaya lagi. Dengan begitu, Anda dapat berpuas diri melihat keindahan di sekitar. Perkebunan, hutan hingga pemandangan gunung Galunggung terlihat dari kejauhan. Hal itu jelas memanjakan mata pengunjung dan membuat Anda semakin betah.

Demi melihat pesona alam yang memukau terkadang memang butuh perjuangan. Kalimat tersebut di rasa ketika Anda ingin berkunjung ke kawah Talaga Bodas. Pengunjung harus berjalan menuju lokasi dari tempat terakhir parkir kendaraan. Namun di tengah perjalanan Anda tidak akan menyesal. Mengingat view yang terlihat begitu mempesona dengan hamparan bukit-bukit curam tinggi.

Fasilitas yang ada di Kawah Talaga Bodas

Fasilitas yang ada di Kawah Talaga Bodas

Image Credit: Kilaswisata.com

Berbicara soal fasilitas, Kawah Talaga Bodas tak kalah lengkap di banding destinasi wisata lain. Beragam fasilitas siap membantu aktivitas Anda selama berkunjung. Utamanya fasilitas yang ada lebih ke arah membantu pengunjung agar lebih menikmati waktu libur di talaga yang indah ini. Fungsi yang demikian sampai saat ini terasa maksimal mengingat tempat wisata ini tak pernah sepi.

Fasilitas umum jelas sudah  jelas ada, bahkan fasilitas seperti restoran dan camp area pun tersedia. Restoran yang ada memang tidak menyediakan menu makanan lengkap. Namun cukup untuk Anda memesan makanan cepat saji seperti olahan mie. Sedangkan lahan camp area siap digunakan pengunjung yang ingin menginap menikmati keindahan Kawah Talaga Bodas di malam hari.

Perlu diketahui bahwa Anda tidak bisa terlalu dekat dengan kawah. Mengingat air kawah mengandung asam bersifat korosi sehingga bahaya bila terkena tangan. Tapi jika Anda ingin bersantai sejenak menghabiskan waktu di pancuran 7 bisa menjadi pilihan. Pengunjung hanya perlu berjalan kaki lagi sejauh 1 km atau dengan ojek dari lokasi wisata Kawah Talaga Bodas.

Relaksasi sembari berendam merupakan cara efektif menghilangkan penat. Nah untuk dapat melakukannya tentu saja bukan di kawah talaga bodas langsung. Anda perlu perjalanan sekitar 200 meter dari Talaga Bodas untuk sampai ke lokasi. Kolam rendam air panas tersebut dapat ditemukan di sebelah kanan telaga. Berjalan agak jauh dan lokasi tepat di samping persawahan.

Rute Menuju Kawasan Kawah Talaga Bodas

Rute Menuju Kawasan Kawah Talaga Bodas

Image Credit: Dakatour.com

Rute atau jalur menuju lokasi wisata memang harus di perhatikan sebelum mengunjunginya. Apabila rute yang ada sulit di ikuti tentu bisa menghambat waktu liburan. Alih-alih membahagiakan malah justru menambah stres dan ketakutan. Bila Anda ingin datang ke kawah Talaga Bodas tak perlu khawatir akan tersesat. Sebab semua jalur yang akan di lalui mudah untuk di ikuti.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi. Bagaimana pun menggunakan kendaraan pribadi lebih di sarankan mengingat di beberapa jalur yang akan di lalui dari jalur suci menuju Karangpawitan masih lancar. Tapi ketika di Karangpawitan, kondisi jalan cukup sempit sehingga kendaraan umum seperti bus tidak memungkinkan untuk melintasi.

Anda yang datang dari pusat kota itu sendiri memang dapat melalui jalur Suci yang kemudian dilanjutkan menuju Karangpawitan. Setelah itu sampailah di Wanareja. Jarak dari pusat kota ke lokasi wisata sejauh 27,6 km. Anda hanya akan memberhentikan kendaraan yang kemudian dilanjutkan berjalan kaki ataupun naik ojek menuju lokasi wisata kawah Talaga Bodas.

Harga Tiket Masuk Kawah Talaga Bodas

Harga Tiket Masuk Kawah Talaga Bodas

Image Credit: Pegipegi.com

Mengunjungi tempat yang indah selalu menjadi dambaan. Apalagi di kawah Talaga Bodas yang selalu ramai di padati wisatawan. Mengenai harga tiket masuk sebenarnya di bedakan menjadi dua pengunjung. Bagi Anda, wisatawan lokal tentu lebih di untungkan mengingat harga tiket masuk hanya sebesar Rp 7.500 per orang hari biasa dan weekend sebesar Rp 9.500 ditambah parkir Rp 5.000.

Harga wisatawan lokal yang demikian tentu sangat ringan di kantong mengingat pemandangan yang ditawarkan indah dan tak ada duanya. Sedangkan pengunjung asing harus mengeluarkan biaya sejumlah Rp 100.000 pada hari biasa dan Rp 150.000 di akhir pekan. Mengenai harga parkir tetap sama seperti pengunjung lokal Rp 5000.

Perbedaan harga demikian merupakan mutlak keputusan pihak terkait. Bagaimanapun perlu Anda tahu bahwa harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi pengunjung harus rajin update harga terbaru dengan menghubungi pihak Pengelola.

Tips Mengunjungi ke Kawah Talaga Bodas

Tips Mengunjungi ke Kawah Talaga Bodas

Image Credit: Indonesia-tourism.com

Berkunjung ke lokasi wisata terkadang perlu tahu tips penting sebelum datang. Sama halnya ketika ingin datang ke kawah Talaga Bodas. Ada beberapa hal yang harus Anda patuhi agar berjalan lancar. Himbauan juga kadang terucap langsung dari petugas atau pihak pengelola terkait beberapa hal penting di lokasi wisata kawah Talaga Bodas.

Beberapa hal yang harus Anda patuhi antara lain hati-hati dengan air kawah. Warna putih kehijau-hijauan pada kawah Talaga Bodas memang indah tapi pengunjung hanya perlu melihat dari jauh saja. Artinya tidak terlalu dekat-dekat mengingat air kawah Talaga Bodas mengandung zat asam yang berbahaya bila terkena kulit.

Mengingat akan bahaya dari kandungan air kawah Talaga Bodas tersebut, pengunjung juga tentu tidak di izinkan minum dari mata air. Wisata kawah Talaga Bodas memang berbeda dari destinasi lain sehingga hal-hal demikian ini sangat penting untuk diperhatikan. Lagi pula bila ingin berendam bisa Anda lakukan di taman berendam yang tak terlalu jauh dari lokasi kawah Talaga Bodas.

Beberapa tips lainnya ialah terkait bekal makanan. Ada baiknya Anda membawa bekal ketika mulai perjalanan kaki dari parkiran menuju kawah Talaga Bodas. Perjalanan yang ditempuh mencapai 900 meter jadi alangkah baiknya pengunjung membawa bekal makanan atau minuman terlebih dahulu.

Itu saja beberapa informasi menarik mengenai kawah Talaga Bodas. Tempatnya yang indah tentu pas dihabiskan bersama keluarga atau rekan selama berlibur. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan alam wisata ketika mengunjunginya.