16 Tempat Wisata di Kudus

Kudus merupakan salah satu kota yang terdapat di Jawa Tengah. Banyak orang yang mengatakan jika Kota Kudus sangat identik dengan kereligiannya. Banyak wisata religi yang ada di kota ini. Namun, tidak semua tempat yang ada di Kudus adalah wisata religi. Banyak wisata alam maupun edukasi lain yang menarik untuk dikunjungi.

Walaupun Kota Kudus dikenal dengan Kota Santri, namun banyak tempat di Kudus yang berpotensi untuk bisa dikembangkan sebagai wisata lainnya. Banyak pemandangan alam yang asri dan masih terjaga kelestariannya di kota ini.

Wisatawan dapat mengunjungi kota ini dengan teman dan keluarga. Rugi jika tidak melakukan perjalanan wisata di Kota Santri ini karena banyak destinasi wisata lainnya yang siap menunggu untuk dikunjungi. Disini terdapat beberapa pilihan Destinasi Wisata di Kudus yang ada.

1. Menara Kudus

Menara Kudus

Lokasi: Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kudus, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Jika berkunjung ke Kudus, tidak akan lengkap rasanya jika belum pergi ke wisata religi Menara Kudus. Menara Kudus merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan dan kecantikannya.

Uniknya, bangunan ini terbuat dari batu bata yang ditumpuk dan beratap kayu yang berbentuk limas. Selain itu, di bagian dinding juga terdapat beberapa piring logam yang langsung didatangkan dari China. Tempat ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga maupun rombongan.

2. Waterboom Mulia

Waterboom Mulia

Lokasi: Jl. Raya Kudus – Colo, Lau, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Seputarkudus.com

Selain wisata religi, di Kota Kudus juga terdapat wisata air yang tidak kalah menariknya bernama Waterboom Mulia. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai liburan keluarga, apalagi jika keluarga tersebut sudah memiliki anak.

Banyak fasilitas yang disediakan dalam tempat wisata ini. Contohnya adalah air mancur, gazebo, kolam kecil, kolam dewasa, ember tumpah, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga kolam yang dikhususkan untuk memancing sehingga orang yang memiliki hobi tersebut dapat menyalurkan keahliannya saat memancing.

3. Kawasan Wisata Colo

Kawasan Wisata Colo

Lokasi: Desa Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Yukberwisata.org

Banyak penduduk Kota Kudus yang sudah tidak asing dengan destinasi wisata yang satu ini. Tidak hanya menampilkan wisata religi saja, Kawasan Wisata Colo juga menawarkan wisata alam yang indah dan mempesona. Udara yang sejuk akan menyambut saat wisatawan berada di destinasi wisata ini.

Wisatawan dapat menikmati keindahan pegunungan saat melakukan pendakian di destinasi wisata ini. Selain menikmati pesona alam saat berada di desa wisata Calo, wisatawan juga bisa melakukan ziarah ke makam Sunan Muria. Kawasan Wisata Calo terletak di Desa Calo, Kabupaten Kudus.

4. Air Terjun Montel

Air Terjun Montel

Lokasi: Kajar, Dawe, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Gotravelly.com

Destinasi wisata ini masih berada di area sekitar Colo, Kudus. Air Terjun Montel menawarkan pemandangan alam yang asri, hijau, dan ditambah dengan adanya air terjun yang mengalir cukup deras. Hal ini akan membuat wisatawan senang saat berada di sana.

Di Air Terjun Montel juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti parkir, mushola, tempat makan, toko souvenir, dan masih banyak lagi. Jadi wisatawan tidak perlu takut ketika kelaparan disana maupun saat memasuki jam untuk ibadah. Air Terjun di destinasi wisata ini sangat segar dan bersih sehingga aman untuk diminum.

5. Gray Canyon Kudus

Gray Canyon Kudus

Lokasi: Tanjungrejo, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Visitjawatengah.jatengprov.go.id

Tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke Amerika, di Kota Kudus sendiri terdapat destinasi wisata Gray Canyon yang menawarkan pemandangan yang indah dan alami. Gray Canyon Kudus terletak di Tanjungrejo, Kabupaten Kudus.

Destinasi wisata ini awalnya berasal dari aktivitas penambangan sehingga lama kelamaan dijadikan tempat wisata yang unik. Wisatawan dapat menikmati perjalanan seperti mengunjungi luar negeri saat berada di tempat wisata ini. Tempat wisata ini sangat bagus untuk dijadikan spot foto sehingga menambah koleksi album foto.

6. Desa Wisata Rahtawu

Desa Wisata Rahtawu

Lokasi: Desa Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Explorekoedoes.blogspot.com

Desa Wisata Rahtawu merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok dan direkomendasikan untuk dikunjungi. Banyak wisatawan yang sudah merasakan dan datang ke tempat wisata ini karena memiliki pesona alam yang indah. Destinasi wisata ini terletak di lereng Gunung Muria.

Desa wisata ini memiliki ketinggian sekitar 1.627 mdpl sehingga destinasi wisata ini berhawa sejuk dan segar. Disini, wisatawan dapat melakukan perjalanan sambil merelaksaksikan diri dari semua kegiatan yang telah dilalui. Wisatawan juga bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang tersedia di sana.

7. Gunung Muria

Gunung Muria

Lokasi: Kab. Kudus, Kab. Jepara dan Kab. Pati, Jawa Tengah. – Image Credit by Republika.co.id

Bagi wisatawan yang memiliki hobi melakukan pendakian, maka Gunung Muria yang terletak di Kudus menjadi salah satu objek wisata yang tidak bisa dilewatkan. Wisatawan dapat melakukan pendakian untuk bisa mencapai puncak Gunung Muria dan melihat pemandangan di kaki gunung tersebut.

Selain itu, wisatawan juga bisa membangun tenda disana sehingga tidak perlu merasa khawatir jika tiba-tiba turun hujan. Saat sudah mencapai puncak, wisatawan akan merasakan bagaimana keindahan pesona alam yang ada di Indonesia yang masih terjaga kelestariannya.

8. Air Terjun Gonggomino Colo

Air Terjun Gonggomino Colo

Lokasi: Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatasia.com

Selain Air Terjun Montel, ada juga wisata alam air terjun yang tidak kalah bagusnya bernama Air Terjun Gonggomino Colo. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan alami. Banyak penduduk lokal yang sudah hafal dengan destinasi wisata ini sehingga tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, khususnya saat akhir pekan.

Namun, wisatawan harus berhati-hati ketika akan mengunjungi destinasi wisata ini karena hanya ada satu jalan yang bisa dilalui untuk bisa pergi ke Air Terjun Gonggomino Colo yaitu menyusuri sungai Rejenu. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai liburan keluarga maupun liburan bersama teman. Selain pemandangannya yang indah dan alami, air terjun yang ada di destinasi wisata tersebut segar dan jernih sehingga wisatawan bisa berenang maupun berendam disana.

9.  Museum Situs Pati Ayam

Museum Situs Pati Ayam

Lokasi: Kancilan, Terban, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Selain wisata alam dan religi, di Kota Kudus juga terdapat wisata edukasi yang bisa menambah ilmu pengetahuan. Salah satu wisata edukasi yang terdapat di kota ini adalah Museum Situs Pati Ayam. Situs Pati Ayam menjadi Objek Wisata di Kudus yang menghadirkan suasana yang didominasi oleh sejarah. Selain itu, disini wisatawan juga bisa melihat langsung fosil-fosil yang dulu pernah ditemukan di Kota Kudus.

Banyak fosil yang tersimpan di museum ini, seperti gigi geraham, gading gajah, dan masih banyak lagi. Museum ini berlokasi di Desa Terban, Kabupaten Kudus. Selain melihat fosil gigi dan gading, ada juga fosil binatang purba yang memiliki bentuk badan raksasa. Hal tersebut tentu akan menambah pengetahuan sejarah para wisatawan.

10. Taman Oasis

Taman Oasis

Lokasi: Jl. Lkr. Utara No. 7, Bacin, Kec. Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Perpus.jatengprov.go.id

Tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Taman Oasis. Taman ini merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan bersama keluarga maupun teman mereka. Taman Oasis dikenal sebagai tempat favorit anak muda untuk jalan-jalan.

Taman ini terletak di Desa Gondangmanis. Banyak tanaman dan pohon yang tumbuh di area sekitar Taman Oasis. Destinasi wisata ini juga dipenuhi dengan rumput yang rapi sehingga nyaman untuk dilihat. Pemandangan alam yang disajikan juga tidak kalah bagusnya.

11. The Peak View Waterboom

The Peak View Waterboom

Lokasi: Jl. Lkr. Utara, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Kec. Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Gengenmunafkianan.wordpress.com

Salah satu wahana air yang tidak kalah menariknya di Kota Kudus adalah The Peak View Waterboom. Waterboom ini menjadi destinasi wisata yang banyak diburu oleh wisatawan bersama dengan keluarganya. Terdapat pemandangan alam yang indah saat wisatawan berada di sana.

Destinasi wisata ini juga menghadirkan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai seperti area outbound, wahana permainan air, flying fox, dan permainan seru lainnya. Selain itu, ada juga tempat makan  yang menawarkan makanan khas Kudus dan ada juga minimarket sebagai tempat untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

12. Desa Wisata Wonosoco

Desa Wisata Wonosoco

Lokasi: Wonosoco, Undaan, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Google Maps (Pokoe Seneng)

Jika wisatawan ingin merasakan keindahan alam yang alami, maka Desa Wisata Wonosoco menjadi destinasi yang harus dikunjungi. Destinasi wisata ini banyak menyimpan keindahan alam yang sangat cantik untuk dipandang. Wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 45 menit dari pusat Kota Kudus untuk bisa berada di Desa Wisata Wonosoco.

Banyak objek wisata yang dihadirkan di destinasi wisata ini, mulai dari sendang, wisata goa, dan masih banyak lagi. wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang Rp 3.000 untuk bisa menikmati keindahan alam destinasi tersebut. Destinasi wisata ini sangat bagus untuk dijadikan spot foto karena pemandangan alamnya yang belum tentu ada di kota-kota lain.

13. Air Terjun Kali Banteng

Air Terjun Kali Banteng

Lokasi: Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Jelajahkhatulistiwa.com

Saat berkunjung ke Desa Wisata Rahtawu, maka wisatawan akan bisa menemukan destinasi wisata Air Terjun Kali Benteng. Destinasi wisata ini memang dekat dengan desa wisata tersebut sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan alam lebih saat berkunjung di area sekitar desa wisata. Wisatawan akan menemukan curug Kali Banteng yang berundak-undak namun bagus untuk dilihat.

Curug ini berada di ketinggian sekitar 1.627 mdpl sehingga pemandangan yang disajikan sangat asri dan hawanya terasa sejuk. Air terjun yang ada di sana tidak memiliki arus yang deras sehingga masih aman ketika akan bermain di area sekitar curug tersebut.

14. Bumi Perkemahan Kajar

Bumi Perkemahan Kajar

Lokasi: Dersaya, Kajar, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Tiket.com

Tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar. Tempat ini merupakan sebuah hutan pinus yang memiliki ketinggian area sekitar 600 mdpl. Destinasi wisata ini menawarkan kegiatan outdoor seperti camping, hiking dan aktivitas seru lainnya.

Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar menyuguhkan pemandangan alam indah yang tersembunyi dalam pepohonan hutan pinus. Suasana yang masih alami dan natural menjadikan destinasi wisata ini banyak dicari oleh para wisatawan pecinta alam dan wisatawan yang suka menjelajah kekayaan alam di Indonesia.

15. Desa Wisata Jurang Gebog

Desa Wisata Jurang Gebog

Lokasi: Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Jamudesa.wordpress.com

Tempat Wisata di Kudus yang bisa digunakan untuk mengisi hari libur selanjutnya adalah Desa Wisata Jurang Gebog. Destinasi wisata ini terletak di Kecamatan Gebog. Berada di aliran kali Gelis atau yang lebih tepatnya di area Bendungan Karangayam. Disini, wisatawan akan menemukan pesona alam yang indah dan cantik.

Banyak sawah yang terbentang luas membuat pemandangan alam di sekitar desa wisata semakin cantik. Selain hamparan sawah, ada juga jembatan gantung yang tersedia di sana. Namun, wisatawan harus  berhati-hati saat menaiki jembatan gantung tersebut karena jembatan tersebut sudah cukup tua sehingga kayu yang dipakai tidak sekokoh dan sekuat pada saat awal jembatan tersebut dibangun.

16. Sumber Air Tiga Rasa Rejenu

Sumber Air Tiga Rasa Rejenu

Lokasi: Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Choliqmafa.blogspot.com

Jika ingin berwisata ke tempat yang unik, maka Sumber Air Tiga Rasa Rejenu menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Banyak orang yang percaya jika sumber air ini memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Cerita tersebut sudah turun temurun diceritakan sehingga masih banyak orang yang mempercayai kandungan air tiga rasa tersebut.

Setiap rasa dalam sumber air memiliki khasiat yang berbeda-beda. Wisatawan yang berkunjung ke sumber air ini dapat mencicipi satu per satu air untuk menemukan perbedaan rasanya. Namun, jika wisatawan langsung meminum ketiga jenis air tersebut, wisatawan akan merasakan tawar seperti air biasa.

Itulah beberapa tempat yang bisa dijadikan objek liburan saat berada di Kota Kudus. Wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat yang sudah ditawarkan di atas sebagai bahan referensi untuk mengisi waktu liburan keluarga.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Makan Tangerang
16 Tempat Makan Enak di Tangerang Favorit Wisatawan
13 Wisata Kuliner di Tangerang yang Enak & Wajib Anda Coba
13 Wisata Kuliner di Tangerang yang Enak & Wajib Anda Coba
15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer
15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Mataram
18 Tempat Wisata Favorit di Mataram
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak