15 Tempat Wisata di Wonosobo

Wonosobo terkenal sebagai daerah yang memiliki hawa sejuk. Hal ini tidaklah mengherankan karena memang secara geografis sebagian besar wilayah Wonosobo merupakan area pegunungan.

Tipografi daerah Wonosobo dikelilingi oleh gunung-gunung di bagian timur, dataran tinggi di bagian utara dan waduk di bagian selatan. Jadi, tidak mengherankan jika Wonosobo kaya akan keindahan alam pegunungan yang eksotis.

Daerah yang memiliki buah carica sebagai komoditas khas ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit para pelancong baik dari dalam provinsi, luar provinsi, bahkan hingga luar negeri. Berikut 15 tempat wisata di Wonosobo yang wajib kamu singgahi saat berkunjung.

1. Gunung Lanang Mergolangu

Gunung Lanang Mergolangu

Lokasi: Mergolangu, Kec. Kalibawang Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Ranselhitam.com

Gunung Lanang Mergolangu merupakan salah satu wisata alam yang berada di wilayah Kecamatan Kalibawang, Wonosobo. Tempat yang memiliki ketinggian 600 meter dari permukaan laut ini menyajikan panorama alam ketinggian yang menakjubkan.

Kamu bisa merasakan hawa segar dan sejuk di tempat ini. Akses untuk menuju lokasi juga relatif mudah karena jalan sudah beraspal. Namun, untuk bisa menikmati keindahan alam paripurna kamu harus naik ke puncak Gunung Lanang dengan persiapan fisik yang cukup karena lumayan melelahkan.

2. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin

Lokasi: Theater, Jl. Raya Dieng, Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Tempatwisatadaerah.blogspot.com

Tempat ini sering juga disebut orang sebagai Batu Pandang Dieng. Dari puncak kamu bisa menyaksikan panorama menawan dari Telaga Warna. Selain itu, akan nampak pula deretan pegunungan hijau di kejauhan yang memberikan nuansa damai dan menyejukkan mata.

Tempat ini menawarkan spot foto terbaik untuk selfie dan fotografi. Selain itu juga tersedia beberapa wahana seperti jembatan gantung dan flying fox yang menantang nyali. Akses menuju lokasi pun mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

3. Gunung Prau

Gunung Prau

Lokasi: Akulan, Dieng, Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Flickr.com

Gunung yang menjadi puncak tertinggi dataran tinggi Dieng ini terkenal akan eksotisme matahari terbit dan terbenam yang sangat menakjubkan. Untuk bisa mendapatkan momen golden sunrise/sunset, kamu perlu mendaki hingga puncak selama dua sampai tiga jam.

Di gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.565 meter dari permukaan laut ini, kamu bisa menikmati keindahan lanskap dataran Dieng yang mempesona. Tempat ini juga menjadi favorit para pendaki karena memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu sulit.

4. Telaga Warna

Telaga Warna

Lokasi: Kalilembu, Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Indonesiatraveller.id

Telaga Warna bisa dikatakan sebagai destinasi wisata paling wajib dikunjungi jika kamu mampir ke Wonosobo. Wisata alam yang menjadi ikon Wonosobo ini menyajikan panorama danau yang bisa berubah warna, kadang bisa berwarna kuning, hijau, bahkan berubah warna pelangi.

Telaga yang berada di Kecamatan Kejajar ini bisa diakses dengan kendaraan umum atau pribadi. Telaga Warna bisa menjadi destinasi utama bagi kamu yang ingin menikmati eksotisme alam untuk relaksasi dan menenangkan diri. Keindahannya dijamin tidak akan bisa kamu lupakan.

5. Arung Jeram Serayu

Arung Jeram Serayu

Lokasi: Jl. Banjarnegara Km 15, Randegan, Randegan, Kec. Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelingyuk.com

Bagi kamu penggemar olahraga pemacu adrenalin, Arung Jeram Serayu harus masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di tempat ini kamu bisa rafting di jalur sungai yang menantang. Kamu juga bisa menjelajahi sungai sembari menikmati keindahan ekosistem sekitar sungai.

Arung Jeram Serayu terletak di daerah Banjarnegara yang memiliki pemandangan alam asri. Jadi, selain menantang adrenalin dengan berarung jeram, kamu sekalian bisa cuci mata dengan panorama hijau yang segar dan menentramkan.

6. Curug Winong

Curug Winong

Lokasi: Satu, Winongsari, Kaliwiro, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelklik.com

Curug Winong menawarkan pengalaman bersenang-senang di air terjun yang segar dan menawan. Curug yang berada di Kecamatan Kaliwiro ini memang terletak di tempat yang tersembunyi dan belum banyak diketahui publik. Namun jangan sampai lewatkan keindahan panoramanya.

Curug Winong mengalir di antara tebing yang berbentuk unik dengan ketinggian mencapai 50m. Suasana di sini masih sangat alami karena belum banyak tersentuh pembangunan. Kamu bisa merasakan basah-basahan di curug ini karena aliran airnya yang deras. Namun pengunjung dilarang mandi karena selain arus deras, tempatnya juga curam dan dalam.

7. Pemandian Air Panas Kalianget

Pemandian Air Panas Kalianget

Lokasi: Karangreja, Plunjaran, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by IhateGreenJello.com

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berendam di pemandian air panas, objek wisata satu ini jawabannya. Di Pemandian Air Panas Kalianget kamu bisa bersantai ria di kolam air hangat sembari menikmati pesona alam sekitar.

Tempat yang berada di Kecamatan Wonosobo ini sudah memiliki fasilitas yang lumayan lengkap, seperti penginapan, kamar mandi, musholla, dan sebagainya. Akses ke lokasi pun mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

8. Padang Savana Dieng

Padang Savana Dieng

Lokasi: Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Sikidang.com

Padang Savana Dieng menjadi bagian dari wisata Dieng Plateau yang menawarkan keindahan padang ilalang eksotis dan menawan. Meskipun belum banyak wisatawan yang familiar dengan tempat ini, tapi pastikan kamu menjadi saksi keindahan panorama savana yang menawan.

Untuk bisa sampai ke padang savana, kamu harus melakukan pendakian. Sepanjang jalur tracking kamu akan dimanjakan dengan lanskap alami yang menakjubkan. Saat musim kemarau tiba, tempat ini akan memberikan nuansa padang rumput Afrika dengan udara yang tetap sejuk.

9. Candi Arjuna

Candi Arjuna

Lokasi: Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Kompleks Candi Arjuna merupakan kawasan candi yang terluas di Dataran Dieng. Bangunan Candi Arjuna menjadi situs budaya Hindu yang sangat penting. Candi Arjuna juga menjadi tempat diselenggarakan acara adat Dieng yang menarik untuk disaksikan.

Kamu bisa menikmati keindahan bangunan Candi Arjuna yang megah di antara jajaran candi-candi lain yang tidak kalah eksotisnya. Arsitektur candi yang kental dengan budaya Jawa juga bisa menjadi objek fotografi yang estetik.

10. Agrowisata Tambi

Agrowisata Tambi

Lokasi: Tegalrejo, Tambi, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Osnbdgtik1327.wordpress.com

Agrowisata Tambi merupakan salah satu destinasi wisata di Wonosobo yang berupa perkebunan teh terletak pada ketinggian 1.400 meter dari permukaan laut. Sejauh mata memandang kamu akan mendapati panorama hijau yang menyejukkan mata, sesekali ditutupi kabut tipis.

Di tempat ini kamu bisa berjalan-jalan menjelajahi perkebunan teh sembari menyapa penduduk yang sedang memetik teh. Ada juga fasilitas untuk outbond di area perkebunan. Agrowisata Tambi bisa menjadi referensi wisata edukasi yang berwawasan ekologi.

11. Lubang Sewu

Lubang Sewu

Lokasi: Jurutengah, Erorejo, Wadaslintang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Kompasiana.com

Lubang Sewu terkenal di kalangan para wisatawan sebagai Grand Canyon lokal ala Wonosobo. Lubang Sewu sendiri merujuk pada bongkahan batu yang berada di tengah permukaan Waduk Wadaslintang.

Kamu bisa menyaksikan eksotisme batuan kapur putih yang menawan di Lubang Sewu. Ada banyak spot fotografi yang menarik di berbagi sudut lokasi. Ada juga gasebo untuk bersantai jika kamu lelah berkeliling di kawasan Lubang Sewu.

12. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Lokasi: Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Commons.wikimedia.org

Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan momen golden sunrise atau golden sunset di Wonosobo. Tempat yang berada di Kecamatan Kejajar ini memberikan kamu pengalaman untuk menikmati keindahan panorama ketinggian yang eksotis.

Kamu bisa mendapatkan spot foto yang menakjubkan sambil mengagumi deretan pegunungan hijau yang memanjakan mata. Waktu terbaik mengunjungi Bukit Sikunir adalah saat kemarau karena tidak tertutup kabut atau mendung.

13. Telaga Menjer

Telaga Menjer

Lokasi: Maron, Garung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Wartawisata.id

Telaga yang memiliki luas sekitar 70 hektar ini menjadi telaga paling luas di Dieng. Telaga ini tersohor di antara para pelancong karena panorama alamnya yang memikat. Telaga Menjer memiliki air berlimpah yang bisa kamu eksplorasi dengan menyewa perahu penduduk.

Di tempat ini juga terdapat berbagai fasilitas untuk outbond dan olahraga. Kamu juga bisa mencicipi kuliner yang dijual di warung dan kedai. Keindahan Telaga Menjer paling pas dinikmati saat golden sunrise/sunset.

14. Bukit Seroja

Bukit Seroja

Lokasi: Bukit Cinta Lembah Seroja, Maron, Garung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Phinemo.com

Bukit Seroja menawarkan keindahan Telaga Menjer yang bisa kamu nikmati dari atas ketinggian. Meskipun perlu mendaki untuk sampai ke tempat ini, namun lelahmu akan terbayar dengan pemandangan alam menakjubkan.

Di tempat ini kamu juga bisa menyaksikan perkebunan teh yang terhampar hijau sejauh mata memandang. Kamu juga bisa bersantai di gazebo dan surau yang disediakan.

15. Curug Sikarim

Curug Sikarim

Lokasi: Sembungan, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. – Image Credit by Diengsmart.com

Curug yang terletak di Kecamatan Garung ini menyajikan pesona air terjun alami di tengah udara yang segar. Air terjun setinggi 24 meter yang mengalir di sisi tebing ini memiliki arus air yang deras.

Air yang terpercik dari dentuman air jatuh ke bebatuan akan memberikan sensasi menyegarkan. Curug Sikarim masih belum begitu populer di antara para wisatawan. Namun, justru karena itu Curug Sikarim masih sangat alami dan asri.

Itulah daftar objek wisata di Wonosobo yang bisa kamu jadikan destinasi liburan. Demikian banyaknya objek wisata yang ada di Wonosobo, mustahil kamu bisa mengunjungi semua dalam sehari. Rekomendasi di atas semoga bisa menjadi referensi tempat-tempat terbaik yang bisa kamu singgahi. Selamat berwisata!

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Makan Tangerang
16 Tempat Makan Enak di Tangerang Favorit Wisatawan
13 Wisata Kuliner di Tangerang yang Enak & Wajib Anda Coba
13 Wisata Kuliner di Tangerang yang Enak & Wajib Anda Coba
15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer
15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Mataram
18 Tempat Wisata Favorit di Mataram
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak