25 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Wonosobo

Wonosobo terkenal sebagai daerah yang memiliki hawa sejuk. Hal ini tidaklah mengherankan karena memang secara geografis sebagian besar wilayah Wonosobo merupakan area pegunungan.

Tipografi daerah Wonosobo dikelilingi oleh gunung-gunung di bagian timur, dataran tinggi di bagian utara dan waduk di bagian selatan. Jadi, tidak mengherankan jika Wonosobo kaya akan keindahan alam pegunungan yang eksotis.

Daerah yang memiliki buah carica sebagai komoditas khas ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit para pelancong baik dari dalam provinsi, luar provinsi, bahkan hingga luar negeri. Berikut 25 tempat wisata di Wonosobo yang wajib kamu singgahi saat berkunjung.

1. Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar

Image Credit: Facebook.com @andi.susilo.3979

Jika Anda berkunjung ke Dieng, jangan lupa berkunjung ke kawasan Tuk Bimo Lukar. Bagi umat Hindu Kuno Dieng, Tuk Bimo Lukar merupakan mata air suci yang dipercaya dapat membuat seseorang awet muda, jika mandi atau mencuci muka di mata air ini.

Air yang begitu jernih dan segar mengalir melalui dua pancuran. Untuk melepas penat, Anda dapat mencuci wajah dengan air dari mata air ini.

Harga Tiket: Gratis Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kalilembu, Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

2. Gunung Lanang Mergolangu

Gunung Lanang Mergolangu

Image Credit: Ranselhitam.com

Gunung Lanang Mergolangu merupakan salah satu wisata alam yang berada di wilayah Kecamatan Kalibawang, Wonosobo. Tempat yang memiliki ketinggian 600 meter dari permukaan laut ini menyajikan panorama alam ketinggian yang menakjubkan.

Kamu bisa merasakan hawa segar dan sejuk di tempat ini. Akses untuk menuju lokasi juga relatif mudah karena jalan sudah beraspal. Namun, untuk bisa menikmati keindahan alam paripurna kamu harus naik ke puncak Gunung Lanang dengan persiapan fisik yang cukup karena lumayan melelahkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mergolangu, Kec. Kalibawang Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

3. Bukit Siloreng Indah

Bukit Siloreng Indah

Image Credit: Google Maps (Retno Rey)

Ingin mencari panorama yang indah dan spot foto yang instagenic? Mungkin, destinasi wisata ini dapat Anda pertimbangkan. Bukit ini berada pada ketinggian 800 meter. Banyak wisatawan menggunakan tempat ini untuk offroader, baik dengan roda dua atau roda empat.

Lokasi ini juga dapat digunakan untuk melihat sunrise. Selain itu, pengunjung dapat mencicipi kuliner tradisional, yaitu sega bucu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Somogede, Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

4. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin

Image Credit: Tempatwisatadaerah.blogspot.com

Tempat ini sering juga disebut orang sebagai Batu Pandang Dieng. Dari puncak kamu bisa menyaksikan panorama menawan dari Telaga Warna. Selain itu, akan nampak pula deretan pegunungan hijau di kejauhan yang memberikan nuansa damai dan menyejukkan mata.

Tempat ini menawarkan spot foto terbaik untuk selfie dan fotografi. Selain itu juga tersedia beberapa wahana seperti jembatan gantung dan flying fox yang menantang nyali. Akses menuju lokasi pun mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Dieng, Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

5. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon

Image Credit: Google Maps (Arya the Sneakerhead Pirate)

Telaga ini dinamakan demikian karena airnya yang sebening kaca. Kawasan ini dapat dicapai dengan melewati Telaga Warna. Telaga ini menampilkan pemandangan berupa deretan goa-goa alam di sepanjang tepi telaga dan bukit kecil dengan batu besar diatasnya.

Tak Jarang pemandangan telaga ini dinikmati dari atas batu tersebut. Batu itu dinamakan Batu Ratapan Angin.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

6. Gunung Prau

Gunung Prau

Image Credit: Flickr.com

Gunung yang menjadi puncak tertinggi dataran tinggi Dieng ini terkenal akan eksotisme matahari terbit dan terbenam yang sangat menakjubkan. Untuk bisa mendapatkan momen golden sunrise/sunset, kamu perlu mendaki hingga puncak selama dua sampai tiga jam.

Di gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.565 meter dari permukaan laut ini, kamu bisa menikmati keindahan lanskap dataran Dieng yang mempesona. Tempat ini juga menjadi favorit para pendaki karena memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu sulit.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Purworejo Paling Populer
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Akulan, Dieng, Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

7. Jembatan Merah Putih Dieng

Jembatan Merah Putih Dieng

Image Credit: Instagram.com @rumiratancha

Jika Anda menginginkan lokasi wisata yang memicu adrenalin, Anda dapat menaiki Jembatan Merah Putih Dieng. Jembatan ini memiliki panjang 26 meter dan berada di ketinggian 2093 mdpl. Objek wisata ini di bangun pada tahun 2016, sehingga masih terbilang baru. Akan tetapi jangan khawatir, karena meskipun baru, jembatan ini aman dan dapat dilalui oleh semua usia.

Anda tidak perlu takut menaiki jembatan ini, karena jembatan ini dilengkapi dengan alat pengaman berupa tali pengaman, helm, dan tim penyelamat. Saat Anda menaiki jembatan, Anda akan disuguhi oleh pemandangan yang indah. Paduan Telaga Warna, Telaga Pengilon, dan panorama indah pegunungan, menjadi sensasi tersendiri yang tidak akan Anda lupakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

8. Telaga Warna

Telaga Warna

Image Credit: Indonesiatraveller.id

Telaga Warna bisa dikatakan sebagai destinasi wisata paling wajib dikunjungi jika kamu mampir ke Wonosobo. Wisata alam yang menjadi ikon Wonosobo ini menyajikan panorama danau yang bisa berubah warna, kadang bisa berwarna kuning, hijau, bahkan berubah warna pelangi.

Telaga yang berada di Kecamatan Kejajar ini bisa diakses dengan kendaraan umum atau pribadi. Telaga Warna bisa menjadi destinasi utama bagi kamu yang ingin menikmati eksotisme alam untuk relaksasi dan menenangkan diri. Keindahannya dijamin tidak akan bisa kamu lupakan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kalilembu, Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah..

9. Telaga Merdada

Telaga Merdada

Image Credit: Google Maps (Doni Darmawan)

Ingin merasakan sensasi seperti mendayung di atas awan? Telaga Merdada adalah destinasi yang wajib Anda kunjungi. Telaga ini merupakan telaga terluas di kawasan Dieng, dikelilingi oleh Bukit Pangonan dan Sumurup. Air telaga ini terbentuk dari tampungan air hujan dan memiliki luas 25 hektar. Destinasi ini menyediakan wisata kayak.

Berbeda dengan suasana tempat wisata lainnya. Telaga ini memiliki pantulan awan dan langit, suasana telaga yang berkabut, dan tiupan angin dingin yang menjadi ciri khas dataran tinggi Dieng menyebabkan pengunjung merasakan sensasi mendayung di atas awan. Hal inilah yang menjadi suguhan yang menarik keingintahuan wisatawan.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pauan, Karang  Tengah, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

10. Arung Jeram Serayu

Arung Jeram Serayu

Image Credit: Travelingyuk.com

Bagi kamu penggemar olahraga pemacu adrenalin, Arung Jeram Serayu harus masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di tempat ini kamu bisa rafting di jalur sungai yang menantang. Kamu juga bisa menjelajahi sungai sembari menikmati keindahan ekosistem sekitar sungai.

Arung Jeram Serayu terletak di daerah Banjarnegara yang memiliki pemandangan alam asri. Jadi, selain menantang adrenalin dengan berarung jeram, kamu sekalian bisa cuci mata dengan panorama hijau yang segar dan menentramkan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Banjarnegara Km 15, Randegan, Randegan, Kec. Banjarnegara, Jawa Tengah.

11. Telaga Cebong

Telaga Cebong

Image Credit: Instagram.com @novemlawalata

Telaga ini terbentuk dari kawah purba seluas 12 hektar. Meskipun kurang populer, namun suguhan pemandangan yang ditampilkan tidak kalah dari tempat wisata lainnya.

Fasilitas di tempat ini cukup lengkap, sehingga dapat digunakan untuk alternatif tempat camping. Paginya, Anda akan disuguhkan dengan keindahan sunrise dan kemilau pantulan mentari di permukaan telaga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

12. Curug Winong

Curug Winong

Image Credit: Travelklik.com

Curug Winong menawarkan pengalaman bersenang-senang di air terjun yang segar dan menawan. Curug yang berada di Kecamatan Kaliwiro ini memang terletak di tempat yang tersembunyi dan belum banyak diketahui publik. Namun jangan sampai lewatkan keindahan panoramanya.

BACA:  15 Tempat Wisata di Grobogan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Curug Winong mengalir di antara tebing yang berbentuk unik dengan ketinggian mencapai 50m. Suasana di sini masih sangat alami karena belum banyak tersentuh pembangunan. Kamu bisa merasakan basah-basahan di curug ini karena aliran airnya yang deras. Namun pengunjung dilarang mandi karena selain arus deras, tempatnya juga curam dan dalam.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Satu, Winongsari, Kaliwiro, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

13. Kawah Dieng

Kawah Dieng

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Kawah yang terkenal di Dieng adalah Kawah Sikidang, dekat kawasan percandian Dieng. Kawasan ini menyuguhi pemandangan tanah dan perbukitan yang ditutupi endapan sulfur berwarna putih.

Rekahan kawah yang sudah mati, juga menjadi daya tarik kawasan ini. Untuk Anda yang ingin mengujungi kawah ini diharapkan agar berhati-hati dan mematuhi protokol keselamatan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

14. Pemandian Air Panas Kalianget

Pemandian Air Panas Kalianget

Image Credit: IhateGreenJello.com

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berendam di pemandian air panas, objek wisata satu ini jawabannya. Di Pemandian Air Panas Kalianget kamu bisa bersantai ria di kolam air hangat sembari menikmati pesona alam sekitar.

Tempat yang berada di Kecamatan Wonosobo ini sudah memiliki fasilitas yang lumayan lengkap, seperti penginapan, kamar mandi, musholla, dan sebagainya. Akses ke lokasi pun mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karangreja, Plunjaran, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

15. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng

Image Credit: Google Maps (Soul Incubator)

Jika Anda ingin menikmati suasana dengan landscape pedesaan yang asri dan nyaman, maka kawasan wisata ini dapat menjadi lokasi yang tepat. Kawasan wisata ini berada di Desa Tieng pada ketinggian 1.800 mdpl.

Objek wisata ini akan menyuguhkan keindahan pegunungan, pemandangan perkebunan sayur mayur yang indah, dan pemukiman warga yang tersusun rapi.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dieng, Sidorejo, Tieng, Kec. Kejajar, Kab.Wonosobo, Jawa Tengah.

16. Padang Savana Dieng

Padang Savana Dieng

 Image Credit: Sikidang.com

Padang Savana Dieng menjadi bagian dari wisata Dieng Plateau yang menawarkan keindahan padang ilalang eksotis dan menawan. Meskipun belum banyak wisatawan yang familiar dengan tempat ini, tapi pastikan kamu menjadi saksi keindahan panorama savana yang menawan.

Untuk bisa sampai ke padang savana, kamu harus melakukan pendakian. Sepanjang jalur tracking kamu akan dimanjakan dengan lanskap alami yang menakjubkan. Saat musim kemarau tiba, tempat ini akan memberikan nuansa padang rumput Afrika dengan udara yang tetap sejuk.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

17. Gua Semar

Gua Semar

Image Credit: Google Maps (Trepelin.com)

Bagi pecinta mistis, goa cantik ini dapat menjadi salah satu pertimbangan, jika berkunjung ke Wonosobo. Gua ini merupakan salah satu tempat yang disakralkan oleh masyarakat setempat.

Jika Anda tertarik untuk melihat goa ini, Anda dapat masuk ke dalam goa dengan membayar biaya masuk saja. Banyak orang yang berkunjung ke goa ini untuk berziarah atau bersemedi.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

18. Candi Arjuna

Candi Arjuna

Image Credit: Wikipedia.org

Kompleks Candi Arjuna merupakan kawasan candi yang terluas di Dataran Dieng. Bangunan Candi Arjuna menjadi situs budaya Hindu yang sangat penting. Candi Arjuna juga menjadi tempat diselenggarakan acara adat Dieng yang menarik untuk disaksikan.

Kamu bisa menikmati keindahan bangunan Candi Arjuna yang megah di antara jajaran candi-candi lain yang tidak kalah eksotisnya. Arsitektur candi yang kental dengan budaya Jawa juga bisa menjadi objek fotografi yang estetik.

Harga Tiket: Rp 17.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

19. Wana Wisata Petak 9 Dieng

Wana Wisata Petak 9 Dieng

Image Credit: Google Maps (Janico Zaferson Mulia Ompusunggu)

Kawasan ini terletak di Bukit Sidengkeng, yang merupakan sebuah bukit di area kawasan wisata Telaga Warna. Lokasi bukit yang strategis akan menampilkan pemandangan menakjubkan berupa panorama Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Selain panorama telaga, latar belakang pegunungan dan perbukitan menambah keindahan kawasan ini.

BACA:  Pantai Bandengan, Pantai Pasir Putih yang Memesona di Jepara

Selain itu, pada kawasan ini terdapat rumah pohon yang dapat digunakan sebagai spot lokasi foto dengan latar belakang berupa pemandangan Telaga Warna. Jika Anda belum puas menjelajah dalam sehari, maka Anda tidak perlu khawatir, karena kawasan ini menyediakan area camping dengan dikelilingi beberapa bunga endemik yang indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

20. Agrowisata Tambi

Agrowisata Tambi

Image Credit: Osnbdgtik1327.wordpress.com

Agrowisata Tambi merupakan salah satu destinasi wisata di Wonosobo yang berupa perkebunan teh terletak pada ketinggian 1.400 meter dari permukaan laut. Sejauh mata memandang kamu akan mendapati panorama hijau yang menyejukkan mata, sesekali ditutupi kabut tipis.

Di tempat ini kamu bisa berjalan-jalan menjelajahi perkebunan teh sembari menyapa penduduk yang sedang memetik teh. Ada juga fasilitas untuk outbond di area perkebunan. Agrowisata Tambi bisa menjadi referensi wisata edukasi yang berwawasan ekologi.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

21. Lubang Sewu

Lubang Sewu

Image Credit: Kompasiana.com

Lubang Sewu terkenal di kalangan para wisatawan sebagai Grand Canyon lokal ala Wonosobo. Lubang Sewu sendiri merujuk pada bongkahan batu yang berada di tengah permukaan Waduk Wadaslintang.

Kamu bisa menyaksikan eksotisme batuan kapur putih yang menawan di Lubang Sewu. Ada banyak spot fotografi yang menarik di berbagi sudut lokasi. Ada juga gasebo untuk bersantai jika kamu lelah berkeliling di kawasan Lubang Sewu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jurutengah, Erorejo, Wadaslintang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

22. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Image Credit: Commons.wikimedia.org

Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan momen golden sunrise atau golden sunset di Wonosobo. Tempat yang berada di Kecamatan Kejajar ini memberikan kamu pengalaman untuk menikmati keindahan panorama ketinggian yang eksotis.

Kamu bisa mendapatkan spot foto yang menakjubkan sambil mengagumi deretan pegunungan hijau yang memanjakan mata. Waktu terbaik mengunjungi Bukit Sikunir adalah saat kemarau karena tidak tertutup kabut atau mendung.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

23. Telaga Menjer

Telaga Menjer

Image Credit: Wartawisata.id

Telaga yang memiliki luas sekitar 70 hektar ini menjadi telaga paling luas di Dieng. Telaga ini tersohor di antara para pelancong karena panorama alamnya yang memikat. Telaga Menjer memiliki air berlimpah yang bisa kamu eksplorasi dengan menyewa perahu penduduk.

Di tempat ini juga terdapat berbagai fasilitas untuk outbond dan olahraga. Kamu juga bisa mencicipi kuliner yang dijual di warung dan kedai. Keindahan Telaga Menjer paling pas dinikmati saat golden sunrise/sunset.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

24. Bukit Seroja

Bukit Seroja

Image Credit: Phinemo.com

Bukit Seroja menawarkan keindahan Telaga Menjer yang bisa kamu nikmati dari atas ketinggian. Meskipun perlu mendaki untuk sampai ke tempat ini, namun lelahmu akan terbayar dengan pemandangan alam menakjubkan.

Di tempat ini kamu juga bisa menyaksikan perkebunan teh yang terhampar hijau sejauh mata memandang. Kamu juga bisa bersantai di gazebo dan surau yang disediakan.’

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Cinta Lembah Seroja, Maron, Garung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

25. Curug Sikarim

Curug Sikarim

Image Credit: Diengsmart.com

Curug yang terletak di Kecamatan Garung ini menyajikan pesona air terjun alami di tengah udara yang segar. Air terjun setinggi 24 meter yang mengalir di sisi tebing ini memiliki arus air yang deras.

Air yang terpercik dari dentuman air jatuh ke bebatuan akan memberikan sensasi menyegarkan. Curug Sikarim masih belum begitu populer di antara para wisatawan. Namun, justru karena itu Curug Sikarim masih sangat alami dan asri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sembungan, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Itulah daftar objek wisata di Wonosobo yang bisa kamu jadikan destinasi liburan. Demikian banyaknya objek wisata yang ada di Wonosobo, mustahil kamu bisa mengunjungi semua dalam sehari. Rekomendasi di atas semoga bisa menjadi referensi tempat-tempat terbaik yang bisa kamu singgahi. Selamat berwisata!