Harga Tiket: Rp 1.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bucu, Kec. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Indonesia kaya akan tempat-tempat wisata menarik yang tersebar di seluruh wilayah baik Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, hingga Papua. Di Jawa bagian tengah terdapat Air Terjun Songgo Langit di wilayah Jepara. Sama seperti air terjun lainnya dimana air terjun ini mengandung cerita sejarah tersendiri.

Jepara dikenal dengan Karimunjawa yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun, selain tempat wisata tersebut ada juga berbagai tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik, contohnya adalah air terjun tersebut. Meskipun wilayah Jepara tergolong kecil, namun pesona alam disana begitu indah.

Tercatat ada sejumlah 20 tempat wisata yang bernuansa alam di wilayah Jepara. Setiap tempat wisata memiliki karakteristik yang berbeda dengan tempat wisata lainnya. Jepara yang dikenal sebagai kota ukir termasuk salah satu destinasi wisata yang recommended.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Songgo Langit

Daya Tarik Air Terjun Songgo Langit
Image Credit: Google Maps Agus PD

1. Memiliki Cerita Legenda yang Menarik

Air terjun yang diberi nama Songgo Langit ini memiliki cerita legenda yang beredar di masyarakat setempat. Kabarnya dahulu ada perjaka yang berasal dari Desa Tunahan jatuh cinta dengan seorang gadis asal Desa Blucu. Mereka berdua menikah dan tinggal di rumah orang tua sang istri.

Suatu hari terjadi kesalahpahaman antara suami dan mertuanya. Kemudian pasangan suami istri tersebut pergi dari rumah saat tengah malam menaiki pedati yang ditarik dengan sapi. Karena perjalanan mereka menaiki pedati ketika tengah malam yang gelap gulita, pedati yang mereka naiki salah arah dan jatuh di jurang yang dalam.

Lokasi jatuhnya pasangan suami istri dan pedati yang dinaiki tersebut tepat di lokasi keberadaan Air Terjun Songgo Langit. Karena cerita legenda itulah, terdapat larangan atau pantangan bahwa masyarakat desa Blucu dan Tunahan tidak dibolehkan menjalin kasih bahkan menikah. Karena dikhawatirkan rumah tangganya tidak bahagia.

2. Keunikan Air Terjun Songgo Langit

Di samping cerita legenda yang beredar di kalangan masyarakat, air terjun tersebut diberi nama Songgo Langit karena lokasinya ada di bawah tebing dan tampak seolah-olah menyangga langit yang terdapat di bagian atasnya. Ketinggian air terjun kurang lebih 80 meter dengan lebar kurang lebih 2 meter.

Di bawah air terjun tersebut terdapat sebuah kolam penampungan air sedalam 3 meter. Menariknya lagi, wisatawan yang datang berkunjung akan disambut oleh beragam jenis kupu-kupu dengan sayap berwarna-warni. Tentu saja keberadaan kupu-kupu tersebut menambah kesan indah pemandangan pada air terjun.

Lokasi air terjun dikelilingi oleh tebing yang didominasi oleh tumbuh-tumbuhan hijau sehingga menciptakan udara sejuk di kawasan air terjun. Wisatawan yang berjalan di tebing tersebut harus berhati-hati agar tidak jatuh terpeleset. Hal ini dikarenakan cipratan Air Terjun Songgo Langit bisa membuat tebing batu menjadi licin.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Songgo Langit
Image Credit: Instagram Wisata Air Terjun Songgolangit

3. Memiliki Mitos Tersendiri

Berdasarkan cerita dari masyarakat setempat, terdapat mitos yang beredar bahwa siapa saja yang membasuh wajah dengan menggunakan air yang berasal dari air terjun tersebut maupun mandi disana, maka wajahnya akan awet muda. Namun, wisatawan harus berhati-hati ketika bermain air atau mandi disana.

Hal ini dikarenakan di dalam kolam penampungan air terdapat palung dengan kedalaman 8 meter yang bisa menyeret siapa saja masuk ke dalam palung tersebut. Menurut cerita dari masyarakat setempat, ada beberapa pengunjung yang pernah menjadi korbannya.

Oleh karena itulah disediakan sebuah papan peringatan berisi larangan untuk wisatawan agar tidak berenang disana. Ada juga pagar besi sebagai pembatas pinggiran yang mengelilingi kolam namun kini sudah hilang karena berkali-kali dihantam oleh Air Terjun Songgo Langit yang begitu deras.

4. Sumber Airnya Berasal dari Sungai

Yang menarik dari air terjun yang ada di Jepara ini adalah sumber aliran air menuju ke air terjun adalah dari sungai yang berada di atasnya, bukan secara langsung dari sumber mata air. Dari atas air terjun tampak hamparan area persawahan yang luas. Di tengah area persawahan tersebut ada sungai yang mengalir ke air terjun.

Karena itulah, musim berpengaruh besar terhadap arus Air Terjun Songgo Langit. Apabila musim hujan, arus air terjun akan sangat deras. Sementara itu, ketika musim kemarau, arus airnya tidak terlalu besar. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 80 meter dengan lebar 2 meter dan merupakan air terjun terbesar di lereng Gunung Muria.

Kondisi sumber air terjun yang asalnya bukan langsung dari mata air menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Asal sumber air dari sungai yang berada di atasnya sehingga kondisi air dipengaruhi oleh musim. Wisatawan sebaiknya menghindari untuk mengunjungi air terjun ketika masuk musim hujan karena airnya begitu deras.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Songgo Langit
Image Credit: Google Maps Frizal Darkblue

Lokasi tempat wisata ini ada di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Jepara, tepatnya di Kecamatan Kembang. Untuk menuju ke Air Terjun Songgo Langit yang berada di kawasan Desa Bucu tersebut, wisatawan bisa menggunakan transportasi kendaraan roda dua atau roda empat melalui jalan beraspal. Jarak antara Kota Jepara ke arah utara adalah sekitar 30km.

Wisatawan yang berangkat dari pusat Kota Jepara bisa mengambil jalur menuju ke arah utara yaitu jalur yang menuju ke Kabupaten Pati. Dari situ, wisatawan akan melewati tiga kecamatan yakni kecamatan Mlonggo, Bangsri, kemudian Kembang. Sesampainya di kecamatan Kembang, wisatawan akan melalui hutan jati di Desa Cepogo sepanjang 3km.

Wisatawan dapat mengikuti jalan hingga bertemu pertigaan yang terdapat papan petunjuk menuju ke lokasi. Perjalanan masih harus dilanjutkan sekitar 11 km lagi menuju ke arah Desa Bucu. Lokasi Air Terjun Songgo Langit cukup dekat dengan Kecamatan Keling. Jika wisatawan menggunakan transportasi umum, bisa baik ojek dari pertigaan di desa Cepogo sampai lokasi.

Sesampai di gapura masuk tempat wisata tersebut, banyak pepohonan besar yang berjajar sehingga memberikan keteduhan sepanjang perjalanan. Dari lokasi gapura masuk, loket pembayaran berada tidak jauh dari sana di sebelah kanan.

Kondisi jalan berkelok dan menurun setelah loket pembayaran tersebut. Karena kondisi jalan itulah, wisatawan sebaiknya lebih berhati-hati dalam memacu kendaraan. Ketinggian air terjun tampak dari jalan turunan tersebut. Setelah itu akan sampai di tempat parkir.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Songgo Langit

Harga Tiket Masuk Air Terjun Songgo Langit
Image Credit: Instagram Wisata Air Terjun Songgolangit

Mengenai harga tiket masuk, wisatawan tidak perlu khawatir karena tiket masuk Air Terjun Songgo Langit sangat terjangkau. Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan air terjun alami dengan suasana tenang, hanya perlu membayar Rp 1.500 per orang ketika weekday. Sementara itu ketika weekend dan tanggal merah harga tiket masuknya adalah Rp 2.000.

Biaya parkir kendaraan roda dua yakni Rp 1.500 per motor dan kendaraan roda empat adalah Rp 3.000 per mobil. Jika wisatawan datang rombongan menggunakan bus, biaya parkirnya adalah Rp 5.000 per bus. Wisatawan yang menggunakan transportasi ojek perlu menyiapkan budget Rp 20.000.

Aktivitas yang Menarik di Air Terjun Songgo Langit

Aktivitas Menarik Air Terjun Songgo Langit
Image Credit: Google Maps Arif Suryoko

1. Hunting Foto

Kegiatan wajib yang dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke air terjun tersebut adalah hunting foto. Di depan pintu masuk terdapat gapura bertuliskan Air Terjun Songgo Langit yang bisa digunakan sebagai spot berfoto. Memasuki kawasan air terjun terdapat spot foto bertuliskan Songgo Langit Jepara dengan hiasan kayu warna-warni.

2. Bermain Air

Kegiatan lainnya yang dilakukan wisatawan ketika berwisata ke air terjun tersebut adalah bermain air. Pastikan untuk berkunjung ketika musim kemarau bukan di musim penghujan karena air terjun disana dipengaruhi oleh musim. Bagi wisatawan yang ingin bermain air di air terjun tersebut, sebaiknya hindari kolam utama atau palung.

3. Bersantai Menikmati Keindahan Alam

Pihak pengelola menata setiap sudut Air Terjun Songgo Langit dengan baik. Hal ini dilakukan supaya wisatawan yang datang berkunjung betah berlama-lama berada disana. Ada beberapa spot yang nyaman untuk duduk-duduk sembari menikmati suara deras aliran air terjun dan semilir angin yang berhembus.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Songgo Langit

Fasilitas Air Terjun Songgo Langit
Image Credit: Google Maps Ragil Setyoningsih

Perihal fasilitas, air terjun tersebut sudah tertata dan layak dikunjungi. Terdapat beberapa fasilitas yang tersedia disana dan memadai seperti area parkir untuk kendaraan roda dua, roda empat, hingga bus.

Selain itu, tersedia juga mushola untuk umat muslim yang akan beribadah. MCK atau kamar mandi juga disediakan sebagai tempat untuk mandi, buang air besar atau kecil maupun ganti baju.

Gazebo khas Jepara, ayunan, gerbang gapura menuju candi bentar, tempat sampah, dan pos keamanan juga bisa ditemui disana. Wisatawan yang merasa lapar dan haus bisa mampir ke warung-warung makan yang tersedia.

Air Terjun Songgo Langit sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang hobi menjelajah alam. Dengan beberapa daya tarik dan fasilitas yang memadai, tentunya wisatawan tidak akan merasa kecewa ketika sampai di lokasi.