9 Oleh-Oleh Khas Salatiga Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Salatiga

Ketika mengunjungi suatu daerah, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas tempat tersebut. Umumnya buah tangan yang dibeli dari kunjungan berupa kuliner khas atau aneka kerajinan identik.

Salatiga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal mempunyai unsur kebudayaan dan kearifan lokal Jawa sangat kental. Ada banyak hal menarik ditawarkan kota ini, termasuk oleh-oleh kuliner bercita rasa tinggi yang khas.

Aneka oleh-oleh kuliner khas Salatiga tersedia dalam berbagai varian rasa dan jenis. Berikut rekomendasi 9 oleh-oleh yang menjadi ciri khas Salatiga dan wajib dicoba jika berkunjung ke kota ini.

1. Bakpia Patok Oom Tan

Bakpia Patok Oom Tan

Image Credit by Oomtansalatiga.wordpress.com

Bakpia Patok Om Tan merupakan oleh-oleh legendaris khas Salatiga yang selalu dicari oleh wisatawan setiap singgah ke kota ini. Bakpia ini mempunyai berbagai varian rasa seperti coklat, kacang hijau, keju, dan sebagainya.

Selain karena rasanya yang enak, bakpia ini juga dijual dengan harga terjangkau. Dikemas dengan packing yang cantik dan higienis sehingga kualitasnya tetap terjaga. Oleh-oleh ini cocok dijadikan buah tangan bagi Anda yang daerahnya jauh karena bisa bertahan cukup lama.

2. Kopi Biji Salak

Kopi Biji Salak

Image Credit by Tosviral.blogspot.com

Jika Anda seorang pecinta kopi, tidak akan komplit rasanya jika belum mencoba kopi biji salak khas Salatiga. Kopi ini unik karena terbuat dari biji salak yang diolah dengan cara tertentu hingga menghasilkan cita rasa yang otentik dan unik.

Anda bisa mencicipi kopi ini secara langsung dalam bentuk sajian minuman ataupun menjadikannya oleh-oleh dalam bentuk kemasan. Kopi biji salak ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari sepuluh ribu rupiah per kemasan.

3. Ampyang

Ampyang

Image Credit by Goodindonesianfood.com

Ampyang merupakan makanan ringan yang khas dari Salatiga. Ampyang terbuat dari bahan dasar gula Jawa dan kacang yang dicampur, sehingga menghadirkan perpaduan rasa manis dan gurih yang enak. Ampyang sangat cocok dijadikan camilan untuk bersantai.

Ampyang juga menjadi oleh-oleh khas Salatiga yang paling banyak diburu karena tidak bisa dijumpai di tempat lain. Umumnya camilan ini dijual dalam kemasan berukuran kecil hingga sedang sehingga praktis untuk dibawa. Harga per kemasan ampyang sangat terjangkau.

4. Roti Wonder

Roti Wonder

Image Credit by Eatwithyourbrain.weebly.com

Roti Wonder bukan sembarang roti, karena merupakan salah satu kuliner khas yang bercita rasa lezat dan identik Salatiga. Roti wonder tersedia dalam berbagai varian dan jenis, mulai dari roti kering, roti lunak, hingga roti dengan tekstur yang lembut.

Roti wonder cukup terkenal di kalangan masyarakat, baik warga lokal Salatiga maupun dari luar kota yang singgah ke kota tersebut. Harganya pun cukup bersahabat dan bervariatif tergantung jenis roti.

5. Keripik Paru

Keripik Paru

Image Credit by Telorbakaryes.com

Keripik baru terbuat dari bahan paru sapi yang kemudian diiris setipis mungkin, setelahnya dicampur dengan bumbu tertentu sehingga menghasilkan makanan dengan cita rasa sangat lezat dan khas.

Keripik ini mempunyai rasa gurih yang nikmat. Paling cocok jika dijadikan camilan bersantai ataupun makanan ringan saat momen berkumpul. Harganya pun terjangkau, tergantung pada berat kemasan.

6. Singkong Keju

Singkong Keju

Image Credit by Bukalapak.com (Prahma Nita)

Singkong keju menghadirkan kombinasi cita rasa Jawa dengan kuliner barat. Rasanya manis, tapi tidak menimbulkan efek eneg saat memakannya. Singkong keju dibuat dari bahan singkong yang diolah kemudian dibalurkan dengan keju.

Singkong keju yang terkenal di Salatiga tersedia dalam berbagai rasa seperti original, keju coklat, dan lain-lain. Tersedia dalam varian siap makan dan siap goreng, Anda bisa memilih keduanya sebagai oleh-oleh.

7. Enting-Enting Gepuk

Enting-Enting Gepuk

Image Credit by Bukalapak.com (Hatade Shop)

Makanan ini telah dikenal sebagai camilan khas Salatiga. Dibuat dari bahan dasar kacang yang dihaluskan, kemudian dicampur gula sehingga menghadirkan rasa manis dan tentunya enak dimakan.

Hampir tiap toko oleh-oleh di Salatiga menjual camilan ini, karena banyak diminati oleh masyarakat. Harganya pun terjangkau dan biasanya dijual dalam bentuk kemasan kecil hingga sedang.

8. Gethuk Kethek

Gethuk Kethek

Image Credit by Viezusdm.blogspot.com

Gethuk kethek merupakan salah satu kuliner khas Salatiga yang terkenal. Meskipun namanya tergolong unik, makanan ini tidak benar-benar berasal dari hewan, karena terbuat dari bahan singkong yang dicampur dengan parutan kelapa.

Rasa manis yang dikombinasikan dengan gurih dari parutan kelapa menjadikan gethuk ini sangat lezat disantap. Tekstur singkongnya lembut, sehingga lumer ketika dimakan dan meninggalkan cita rasa manis yang tahan lama di mulut.

9. Kerupuk Godril

Kerupuk Godril

Image Credit by Inibaru.id

Kerupuk ini mempunyai rasa gurih dan renyah yang dihasilkan oleh ketela atau singkong dengan dipadukan racikan bumbu khas. Camilan ini diolah secara higienis tanpa pengawet sehingga aman dikonsumsi.

Anda bisa mendapatkan kerupuk ini di beberapa tempat dengan harga sangat terjangkau. Terdapat varian siap makan dan mentahan. Keduanya bisa Anda jadikan oleh-oleh, sesuai selera.

5 Toko Pusat Oleh-Oleh Khas Salatiga Wajib Dikunjungi

1. Toko Oleh-Oleh D9

Toko Oleh-Oleh D9

Lokasi: Jl. Argowiyoto No.8a, Ledok, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga. – Image Credit by Visitsalatiga.com

Jika Anda ingin berburu kuliner khas Salatiga seperti ampyang, gethuk kethek, enting gepuk, dan lain-lain, boleh singgah sejenak ke pusat oleh-oleh D9 yang merupakan salah satu sentra UMKM kuliner khas terletak di Kecamatan Argomulyo, Salatiga.

Tempat ini menyediakan berbagai buah tangan dalam banyak varian, sehingga Anda tidak perlu bingung mencari toko oleh-oleh yang komplit. Biasanya buka mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.00 sore.

2. Pusat Oleh-Oleh Luwes

Pusat Oleh-Oleh Luwes

Lokasi: Jl. Sukowati No.14, Kalicacing, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga. – Image Credit by Kulineroleholehsalatiga.blogspot.com

Tempat ini menjadi pusat oleh-oleh yang banyak dikunjungi karena menyediakan aneka buah tangan khas Salatiga. Mulai dari camilan, makanan ringan, hingga beberapa jenis makanan berat tersedia di toko ini.

Selain oleh-oleh khas Salatiga, ada juga makanan yang berasal dari daerah lain seperti Yogyakarta atau Semarang. Toko yang berlokasi di Sukowati ini mempunyai tempat yang bersih dan higienis serta mudah dijangkau.

3. Pusat Oleh-Oleh Oom Tan

Pusat Oleh-Oleh Oom Tan

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Pertokoan Makutarama No.3, Sidorejo, Kalicacing, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga. – Image Credit by Kulineroleholehsalatiga.blogspot.com

Pusat oleh-oleh ini cukup fenomenal dan telah banyak dikenal oleh masyarakat lokal maupun luar kota. Yang menjadi produk unggulan toko ini adalah bolen dan bakpia bathok yang otentik. Tempatnya pun bersih dan tertata rapi.

Toko Oom Tan berada di area Pertokoan Makutarama tempatnya Jalan Jenderal Sudirman No. 3, Salatiga. Toko ini biasanya  buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00.

4. Toko Kebon Salak

Toko Kebon Salak

Lokasi: Jl. Srikandi, Dukuh, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga. – Image Credit by Google.com

Jangan salah mengira toko yang terletak di Jalan Srikandi ini benar-benar berbentuk kebun yang dipenuhi pohon salak. Kebon Salak sejatinya merupakan kedai kopi yang menjual kopi salak otentik, asli dari Salatiga.

Anda bisa menikmati sajian kopi biji salak secara langsung di tempatnya, atau membeli beberapa kopi kemasan untuk dijadikan oleh-oleh. Suasana kedai yang khas Jawa memberikan hawa tenang bagi pengunjung.

5. Wonder Bakery

Wonder Bakery

Lokasi: Jl. Semeru No. 11, Kalicacing, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga. – Image Credit by Kulineronline.com

Jika Anda ingin membeli roti wonder yang terkenal, bisa langsung mengunjungi toko Wonder Bakery yang menyediakan berbagai pilihan menu roti wonder. Selain roti, toko ini juga menjual beberapa jenis makanan ringan lain.

Wonder Bakery terletak di Jalan Semeru 11, Sidomukti. Lokasinya cukup mudah dijangkau. Tempatnya pun tertata rapi dan lumayan bersih sehingga memberikan rasa nyaman bagi pengunjung.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Salatiga beserta tempat yang menjadi pusat oleh-oleh wajib dikunjungi. Informasi tersebut bisa Anda jadikan referensi ketika singgah di Salatiga dan hendak membawa pulang buah tangan untuk keluarga atau kerabat.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Tasikmalaya
15 Wisata Kuliner di Tasikmalaya yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-oleh Khas Tasikmalaya
9 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Paling Populer
Tempat Makan Karawang
14 Tempat Makan Enak di Karawang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak