9 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Paling Populer

Oleh-oleh Khas Tasikmalaya

Setiap kota yang ada di Indonesia memiliki oleh-oleh khas yang menarik untuk di bawa pulang begitupun di Kota Tasikmalaya. Salah satu kota di Jawa Barat ini mendapat julukan sebagai sang mutiara dari bumi Priangan Timur.

Saat berlibur ke Kota Tasikmalaya jangan lupa untuk berburu oleh-oleh khas untuk dijadikan sebagai buah tangan keluarga dan sanak saudara di rumah. Tasikmalaya punya berbagai oleh-oleh khas yang unik dan banyak diincar wisatawan.

Selain apa saja oleh-oleh khas Tasikmalaya kali ini akan dibahas juga mengenai dimana tempat membelinya. Rekomendasi oleh-oleh khas Tasikmalaya yang tidak boleh terlewatkan.

1. Rengginang

Rengginang

Image Credit by Wikipedia.com

Rengginang makanan khas Sunda yang tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Makanan tradisional ini bisa dengan mudah ditemukan di wilayah Tasikmalaya ketika mendekati waktu lebaran.

Rengginang menjadi cemilan yang rasanya gurih dan juga renyah. Saat ini varian rengginang bisa kita temukan dalam berbagai varian warna yang menarik seperti putih, merah muda, hijau muda, cokelat ke unguan dan masih banyak lagi.

 2. Ladu

Ladu

Image Credit by Cookpad.com

Ladu punya citarasa yang manis terbuat dari beras ketan. Tekstur Ladu lembut layaknya dodol. Sama seperti rengginang ladu bisa dengan mudah ditemukan ketika mendekati hari lebaran.

Warna hitam pekat menjadikan ladu sebagai oleh-oleh khas yang unik dan wajib di coba. Soal harga di berbagai pusa oleh-oleh harga ladu sangat terjangkau.

3. Es Bojong

Es Bojong

Image Credit by Wisata-tanahair.com

Masih melengkapi suasana Ramadhan ada es bojong, minuman yang biasanya disajikan untuk menu buku puasa. Es bojong sendiri merupakan minuman dengan bahan sirup yang sangat legendaris dari Tasikmalaya.

Isi dalam satu gelas es bojong ada air sirup, potongan buah seperti nangka, nanas, alpukat, tape ketan, kelapa muda dan durian selain itu ada juga cincau hitam yang kemudian disiram dengan santan. Es bojong ini tidak menggunakan susu sebagai penambah rasa manis namun memakai santan yang kental dengan citarasa manis dan gurih yang menjadi satu.

BACA:  20 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

4. Citruk

Citruk

Image Credit by Tokopedia.com (Allaboutthings)

Citruk oleh-oleh khas makanan tradisional yang sudah jarang ditemui. Citruk adalah kerupuk yang terbuat dari tepung terigu dan tepung kanji. Bentuknya bundar mirip dengan koin. Nama citruk berasal dari singkatan aci ngagetruk.

Aci ngagetruk artinya tepung kanji yang bertekstur agak keras namun rasanya renyah. Cemilan warga ini banyak diminati karena rasanya yang gurih, renyah dan nagih terus.

5. Wajit

Wajit

Image Credit by Bp-guide.id

Wajit makanan ringan oleh-oleh khas Tasikmalaya yang terbuat dari ketan, gula merah dan kelapa. Harga yang murah dengan citarasa lezat adalah daya tarik wajit. Setelah adonan wajit jadi kemudian dibungkus dengan daun jagung putih.

Wajit dari Tasikmalaya memiliki rasa yang manis. Bentuknya yang kecil dan rasanya yang enak menjadi paket komplet yang wajib dibawa pulang sebagai buah tangan.

6. Sale Pisang

Sale Pisang

Image Credit by Sipendik.com

Sale pisang khas Tasikmalaya memiliki daya tarik tersendiri. Makanan ringan yang nikmat disantap bersama keluarga ini terbuat dari bahan pisang yang disisir untuk mendapatkan ukuran yang tidak terlalu tebal, kemudian di jemur dibawah sinar matahari langsung setelah kering baru digoreng.

Olahan sale pisang Tasikmalaya dibuat menjadi lebih kekinian dengan nama banana roll. Rasanya yang enak akan membuat Anda ketagihan.

7. Kolontong

Kolontong

Image Credit by Tokopedia.com (Snack Van Jampang)

Oleh-oleh Tasikmalaya yang sangat terkenal, terbuat dari beras ketan dan gula merah ini menjadi makanan khas yang disukai semua orang. Olahan dari beras ketan ini diolah sedemikian rupa supaya menghasilkan makanan ringan dengan citarasa yang gurih.

Kolontong bentuknya seperti pilus bulat memanjang, kemasannya sudah disesuaikan untuk menjadi oleh-oleh jadi aman dibawa kemana-mana. Harga per bungkus kolontong mulai dari 20 ribu saja.

BACA:  11 Tempat Makan Enak di Tasikmalaya Favorit Wisatawan

8. Tutug Oncom

Tutug Oncom

Image Credit by Makalahskripsi.com

Makanan khas dari Tasikmalaya yaitu tutug oncom. Menjadi salah satu makanan sunda tutug oncom merupakan olahan oncom dari Tasikmalaya. Tutug dalam bahas setempat artinya tumbuk, oncom yang ditumbuk.

Selain dinikmati ketika berada di Tasikmalaya, tutug oncom ini juga tersedia dalam kemasan instan yang bisa dijadikan buah tangan untuk orang di rumah. Harga per bungkus tutug oncom dengan berat 175 gram hanya 30 ribu rupiah saja.

9. Kelom Geulis

Kelom Geulis

Image Credit by Trend.koropak.co.id

Oleh-oleh tidak harus berupa makanan, di Tasikmalaya Anda bisa menemukan oleh-oleh khas yaitu kolom geulis. Nama kolom geulis memiliki arti alas kaki yang cantik, memang secara tujuan kolom geulis ini ditunjukkan untuk para perempuan.

Model yang ada dari kolom geulis ini beragam mulai dari biasa sampai jenis wedges. Harga dari kolom geulis bervariasi mulai dari 50 ribu rupiah. Sebelum membeli untuk keluarga dan sanak saudara pastikan ukurannya sesuai.

5 Pusat Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya

1. Nesa Oleh-oleh Khas Tasik

Nesa Oleh-oleh Khas Tasik

Lokasi: Jl. Paseh No.106, Tuguraja, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Business.google.com

Nesa adalah toko oleh-oleh tasik yang buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam. Anda bisa menemukan beragam oleh-oleh khas mulai dari kerupuk kulit, sale pisang dan lainnya. Di Nesa pusatnya oleh-oleh khas Tasik ini harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Nesa juga memiliki website yang bisa Anda kunjungi untuk bertanya mengenai ketersediaan oleh-oleh yang Anda inginkan. Nesa tempatnya pusat oleh-oleh Tasik yang unik.

2. Simpang Lima

Simpang Lima

Lokasi: Jl. R.E. Martadinata No.6, Panglayungan, Kec. Cipedes, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Business.google.com

Pusat oleh-oleh Tasikmalaya yang menjual aneka makanan ringan yang enak dan halal. Toko yang terkenal dikalangan wisatawan ini menjual aneka makanan ringan seperti kripik tempe, rengginang, olahan kacang, opak, dan lain sebagainya.

BACA:  10 Cafe Instagramable di Bekasi yang Bikin Betah Nongkrong

Harga oleh-oleh di Simpang Lima dijamin murah. Begitu terkenal sampai pusat oleh-oleh ini diserbu wisatawan untuk memborong aneka jajanan dari Tasikmalaya.

3. Pusat Oleh-oleh dan cemilan Tasikmalaya Parakannyasang

Pusat Oleh-oleh dan cemilan Tasikmalaya Parakannyasang

Lokasi: Jl. Leuwi Dahu No.131, Parakannyasag, Kec. Indihiang, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Jepretkota.blogspot.com

Pusat oleh-oleh dan cemila Tasikmalaya buka setiap senin sampai Sabtu dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Menyediakan aneka jajanan khas dari Tasik yang enak dengan harga terjangkau. Lokasinya ada di Parangkannyasag.

Aneka jajanan dan cemilan Khas antara lain aneka kripik, opak, ladu, rengginang, citruk, sale pisang, kolontong dan masih banyak lagi. Jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh dan cemilan Tasikmalaya di Parakannyasang.

4. Sanggar Karya Cipta Rasa

Sanggar Karya Cipta Rasa

Lokasi: Jl. Burujul I No.22, Nagarasari, Kec. Cipedes, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Google.com

Pusat oleh-oleh Khas Tasikmalaya yang berada di pusat kota. Berbagai macam oleh-oleh dijual di toko ini mulai dari opak, kue aci, rengginang sampai aneka keripik. Makanan yang dijual dijamin halal dan murah.

Sanggar Karya Cipta Rasa buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Cari oleh-oleh khas Tasikmalaya di Sanggar Karya Cipta Rasa ini tempatnya.

5. Sentral kerajinan batik

Sentral kerajinan batik

Lokasi: Jl. Cigeureng, Nagarasari, Kec. Cipedes, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Infobatik.id

Batik Tasikmalaya juga bisa Anda jadikan oleh-oleh yang tahan lama. Sentral kerajinan batik ini ada di kecamatan Cipedes, Tasikmalaya. Di lokasi ini tersedia berbagai gerai batik yang menjual aneka jenis batik dari yang harganya puluhan ribu sampai jutaan.

Gerai-gerai batik di sentral kerajinan batik Tasikmalaya merupakan sebuah gerai sederhana yang mengutamakan nilai keakraban dengan pengunjung. Bentuknya seperti rumah biasa dengan etalase ala kadarnya saja.

Itulah tadi 9 rekomendasi oleh-oleh khas Tasikmalaya yang bisa Anda jadikan pilihan ketika berlibur. Ada juga 5 rekomendasi tempat berburu oleh-oleh khas.