15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Padang

Padang memiliki banyak jenis oleh-oleh khas unik dan menarik untuk dibawa pulang. Buah tangan terbaik berupa minuman, makanan khas dan souvenir dari Kota Padang wajib Anda beli untuk teman maupun kerabat.

Menghabiskan waktu liburan untuk keliling Indonesia adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, selain dapat merefresh otak dari kejenuhan rutinitas, dengan berlibur Anda bisa tahu apa saja hal-hal menarik dari setiap wilayah. Salah satu kota yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Padang.

Padang memang terkenal dengan kulinernya yang sangat lezat itu, bahkan ketenaran cita rasanya sudah sampai luar negeri. Namun, jika Anda mengunjungi kota ini tak hanya makanan itu saja yang bisa ditemui. Malahan ada banyak ragam yang bisa Anda bawa pulang untuk oleh-oleh.

Berbicara tentang oleh-oleh khas Padang tidak akan membuat Anda bosan jika disuruh membelinya lagi. Selain menarik, tentunya semua itu tidak akan Anda temukan di kota lainnya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut silahkan menyimak uraian di bawah ini.

1. Karak Kaliang

Karak Kaliang

Image Credit: Saribundo.biz

Kerupuk berwarna kuning dengan bahan dasar ubi kayu yang dibentuk menyerupai angka delapan adalah Karak Kaliang. Camilan satu ini memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah berasal dari campuran bawang putih.

Jika Anda tertarik ingin mencicipinya, bisa langsung datang ke pabrik pembuatannya. Disana harga dari Karak Kaliang akan lebih murah daripada tempat lainnya, yakni sekitar Rp 5.000 per bungkusnya.

2. Keripik Sanjai Balado

Keripik Sanjai Balado

Image Credit: Idntimes.com

Makanan ringan yang sangat rekomendasi untuk mengisi kantong oleh-oleh Anda adalah Keripik Sanjai Balado. Jajanan ini memiliki kenikmatan yang sangat khas. Bahan dasarnya dari singkong yang diiris tipis-tipis kemudian di goreng dan ditaburi beberapa varian rasa.

Akan tetapi jika membelinya Anda bisa memilih bumbunya sesuai dengan kesukaan. Ada balado cabai, gula, bawang putih, bahkan tawar. Semuanya bisa Anda beli dengan mudah karena dijual pada tiap sudut kota Padang.

3. Kaos Bukittinggi – Jam Gadang

Kaos Bukittinggi - Jam Gadang

Image Credit: Prelo.co.id

Di kota Padang ternyata tak hanya makanannya saja yang terkenal tapi ada juga Kaus Bukittinggi-Jam Gadang. Kaus ini memiliki beberapa desain menarik yang menggambarkan daerahnya dengan paduan warna yang beragam pula.

BACA:  17 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Desain yang paling terkenal adalah gambar rumah adat atau jam gadang khas kota tersebut. Kaus ini bisa Anda temukan pada pusat oleh-oleh atau perbelanjaan grosir yang ada di kota Padang.

4. Dendeng Daun Singkong

Dendeng Daun Singkong

Image Credit: Tokopedia.com

Jika pada umumnya dendeng terbuat dari daging sapi, maka di Padang Anda bisa membeli Dendeng Daun Singkong. jajanan satu ini cocok bagi Anda yang vegetarian, karena tidak ada campuran daging sama sekali.

Hanya berbahan dasar daun singkong yang dipadukan dengan bumbu-bumbu dapur lainnya lalu dijemur hingga kering. Rasa dari dendeng ini sangatlah gurih dan lezat. Harganya juga relatif murah yakni Rp 10.000-Rp 20.000 untuk satu bungkusnya.

5. Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Image Credit: Solopos.com

Padang adalah salah satu kota yang memang terkenal akan kuliner Rendang Daging Sapi. Sehingga tak heran jika di tempat ini Anda banyak menemukan makanan khas satu ini. Cita rasanya sangat khas dan bisa memanjakan lidah.

Sehingga hal itulah yang mempengaruhi banyak ingin mencobanya secara langsung. Nah, oleh karenanya jika Anda juga ingin merasakan bagaimana enaknya makanan rendang maka siapkan saja uang sekitar Rp 55.000 untuk membelinya.

6. Dadiah

Dadiah

Image Credit: Kompas.com

Dadiah adalah jajanan yang terbuat dari fermentasi susu kerbau. Bentuknya mirip bubur kental berwarna putih. Hanya saja rasanya seperti yogurt yang sedikit keasam-asaman.

Bakteri asam laktat dari hasil fermentasi inilah yang membuat Dadiah memiliki rasa yang cukup unik. Meskipun demikian Anda juga wajib memasukkan jajanan ini ke list oleh-oleh yang akan dibeli untuk keluarga.

7. Bolu Batik

Bolu Batik

Image Credit: Bolkusmin.wordpress.com

Sesuai dengan nama makanannya Bolu Batik merupakan sejenis kue yang digulung dan bagian atasnya memiliki motif batik. Uniknya desain yang digunakan membuat bolu ini banyak diincar oleh kalangan wisatawan.

Meskipun harganya cukup tinggi yakni berkisar Rp60.000 untuk satu porsinya, namun tak mengurangi jumlah peminatnya. Oleh karenanya Anda jangan sampai ketinggalan dan wajib untuk mencicipi kuliner satu ini.

BACA:  13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

8. Mukena Kerancang

Mukena Kerancang

Image Credit: Bukalapak.com

Membeli oleh-oleh tak harus melulu tentang makanan, bisa juga barang seperti Mukena Kerancang contohnya. Cindera mata khas Padang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri.

Bagaimana tidak, proses pembuatannya saja cukup rumit dengan sentuhan proses seni menyulam dan membutuhkan waktu 12 hari. Membuat Mukena Krancang memiliki kualitas yang mumpuni. Meskipun harganya sangat tinggi yaitu berkisar Rp 400.000-Rp 2.0000, tapi tak apalah jika barang satu ini menjadi oleh-oleh Anda.

9. Rendang Suwir Ayam

Rendang Suwir Ayam

Image Credit: Rendangdenlapeh.id

Padang memang tak pernah lepas dari yang namanya rendang. Ada banyak ragamnya yang bisa Anda temukan, salah satunya Rendang Suwir Ayam. Jika dilihat sekilas bentuknya mirip abon, hanya saja rasanya yang berbeda.

Kondisinya lebih kering dan memiliki ketahanan yang lebih lama. Hanya dengan membayar Rp 50.000 Anda sudah bisa mencicipi olahan makanan ini. Dijamin Anda akan ketagihan jika sudah pernah merasakannya.

10. Mande Cake

Mande Cake

Image Credit: Minangmande.com

Bagi Anda yang menyukai jajanan berupa bolu-boluan maka Mande Cake sangat rekomendasi untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Padang. Cemilan ini menjadi buah tangan yang sangat kekinian dikarenakan bentuknya yang cukup unik dan menarik.

Meskipun masuk ke kriteria modern, nyatanya Mande Cake banyak disukai oleh masyarakat lokal dan para pelancong. Apalagi faktor harga yang murah juga menjadikan alasan tersendiri yang membuat kue ini banyak yang berminat.

Jika Anda ingin mencobanya ada beberapa varian rasa seperti sweet lemon, double cheese, banana choco, dsb. Semuanya bisa dengan mudah Anda temukan di pusat oleh-oleh kota Padang.

11. Kopi Khas Padang

Kopi Khas Padang

Image Credit: Kompas.com

Apabila pada umumnya Anda meminum kopi menggunakan cangkir atau gelas, namun berbeda jika berada di Padang. Sebab Kopi Khas Padang yang sering disebut Kiniko Enterpsrise disajikan menggunakan batok kelapa.

Khasnya rasa dari kopi ini membuat orang ramai berdatangan. Selain itu harga yang murah kisaran Rp20.000 juga menjadi faktor penarik konsumen. Oleh karena itu, Anda jangan lupa untuk mampir untuk mencicipi kopi unik ini.

BACA:  14 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

12. Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek

Image Credit: Raun2nomaden.wordpress.com

Jangek memiliki arti sebagai kerupuk yang memiliki bahan dasar kulit kerbau atau sapi khas Padang. Kerupuk ini memiliki rasa yang berbeda, mengingat jika bahannya saja diambil dari kulit hewan alami.

Melalui proses panjang seperti membakar lalu menjemurnya hingga kering baru digoreng memunculkan rasa yang gurih. Tak hanya itu saja, ada beragam varian rasa yang bisa Anda pilih sendiri untuk kerupuk yang dibeli.

13. Roti Rendang

Roti Rendang

Image Credit: Okezone.com

Makanan rendang memang terkenal memiliki rasa yang nikmat, salah satunya adalah Roti Rendang. Pada jajanan satu ini rendang tidak dimasak seperti biasanya, melainkan dagingnya dimasak sampai minyaknya sedikit.

Jenis isian yang ada di Roti Rendang inipun berbeda-beda ada yang kacang merah, daging sapi, dan daging ayam. Semuanya dibandrol dengan harga yang sangatlah terjangkau yakni hanya kisaran Rp 6.000 saja untuk satu bungkusnya.

14. Gelamai

Gelamai

Image Credit: Djockerpapers.blogspot.com

Apabila di Jawa ada dodol atau jenang khas daerahnya, maka di Padang punya Gelamai yang tak kalah enak. Gelamai ini merupakan dodol yang terbuat dari santan, gula merah atau aren, dan tepung ketan yang dimasak dalam waktu cukup lama.

Hanya saja, untuk Gelamai Padang ini memiliki campuran kacang tanah yang menjadikannya berbeda dari dodol Jawa. Biasanya jajanan ini akan dijual dalam kemasan mika yang berisi beberapa potong Gelamai berukuran kecil.

15. Kipang Kacang

Kipang Kacang

Image Credit: Tokopedia.com

Kipang kacang merupakan sejenis camilan yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang agak keras. Bahan dasar pembuatan camilan ini adalah caramel dari gula aren yang diberikan taburan kacang, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas

Biasanya di dalam tiap kemasan terdiri dari beberapa Kipang Kacang persegi panjang. Jajanan ini sangat cocok dinikmati selagi renyah dan dipadukan dengan kopi ataupun teh. Sehingga jika Anda membelinya usahakan untuk tidak terlalu lama membuka kemasan, agar kerenyahan jajanan ini bisa tetap terjaga.

Itulah uraian beberapa oleh-oleh khas Kota Padang yang sangat rekomendasi untuk Anda. Keunikan dari bentuk dan cita rasa dari beberapa buah tangan di atas bisa membuat orang-orang mengerti bahwa tiap daerah pasti memiliki ragam kuliner maupun cinderamata yang berbeda.