10 Oleh-Oleh Khas Wonosobo Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Oleh-oleh khas dari Wonosobo sangatlah beragam dan mudah ditemukan. Buah tangan populer dari Wonosobo wajib Anda beli untuk teman dan orang di rumah.

Jawa Tengah memiliki banyak lokasi wisata yang sangat recomended untuk dikunjungi. Ada tempat liburan di dataran rendah dan juga dataran tinggi. Berbagai jenis wisata juga tersedia, seperti wisata edukasi, wisata alam, religi, dan yang lainnya. Jika datang ke dataran tinggi, keindahan alamnya tak akan membuat Anda kecewa.

Salah satu kota di daerah pegunungan yang bisa Anda datangi adalah Wonosobo. Kota yang terkenal dengan wisata Diengnya ini menjadi destinasi bagi yang menyukai ketinggian. Di Dieng Anda dapat menikmati rasanya berada di negeri atas awan. Anda juga bisa melihat pemandangan hamparan pemukiman warga dari atas ketinggian.

Wah, tentu menyenangkan ya bisa berlibur ke sana. Jika memutuskan untuk pergi ke tempat yang terkenal dingin tersebut, Anda juga perlu menyiapkan daftar oleh-olehnya. Jangan sampai, sepulang dari sana, Anda tak membawa buah tangan apapun. Ada banyak sekali jajanan khas Wonosobo yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Lebih jelasnya, periksa 10 daftar oleh-oleh khas Wonosobo berikut ini.

1. Carica

Carica

Image Credit: Medium.com

Jajanan pertama yang sudah sangat terkenal adalah carica. Konon, buah ini hanya bisa tumbuh di Wonosobo saja. Wah, tentu carica menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa pulang. Bentuk buahnya hampir sama dengan pepaya gunung. Buahnya akan dipotong-potong, kemudian dimasukkan ke dalam wadah. Anda bisa menikmati buah sekaligus airnya yang manis.

Carica ada yang dikemas dengan cup kecil dan ada pula yang dalam bentuk botolan. Anda pasti akan sangat mudah menemukan makanan yang mengandung vitamin satu ini. Apalagi di tempat-tempat wisata, banyak orang yang menjualnya. Harganya juga sangat bervariasi, jadi bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

2. Tempe Kemul

Tempe Kemul

Image Credit: Bukumasakan.com

Gorangan satu ini wajib Anda coba saat berlibur ke sana. Apalagi saat berwisata ke dieng. Ada banyak penjual tempe kemul yang bisa ditemukan. Tempe yang lebar ini sangat enak saat dinikmati dalam keadaan panas. Harga yang ditawarkan juga sangat murah. Anda bisa menikmati tempe dengan harga mulai dari 500 rupiah.

BACA:  15 Tempat Wisata di Batang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempe ini memiliki cita rasa yang berbeda dari tempe kebanyakan. Gorengan ini biasanya diolah menggunakan bumbu rempah-rempah, sehingga rasanya akan lebih enak. Anda mungkin sering menemukan gorengan tempe, namun tempe kemul memiliki ciri yang khas. Jadi, cobalah untuk membeli dan menikmatinya selagi masih di sana ya.

3. Opak Singkong

Opak Singkong

Image Credit: Enyongopak.com

Jajanan renyah yang bisa Anda bawa pulang adalah opak singkong. Seperti namanya, opak ini berasal dari buah singkong yang diolah menjadi opak. Awalnya, singkong direbus, kemudian ditumbuk halus. Jika sudah, opak akan diberi bumbu dan dikeringkan di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Setelah kering, opak pun akan digoreng. Jadi, Anda bisa membeli opak dalam kemasan yang sudah digoreng. Jika ingin menjadikannya sebagai persediaan jajanan di rumah, Anda dapat membeli yang mentah. Opak kering bisa lebih tahan lama, dan bisa digoreng sendiri di rumah saat ingin memakannya. Harga yang tak mahal membuat jajan ini recomended untuk dijadikan buah tangan.

4. Teh Tambi

Teh Tambi

Image Credit: Olehkhaswnsb.blogspot.com

Ada banyak jenis minuman yang bisa Anda jadikan buah tangan saat berlibur. Karena terkenal dengan tehnya, maka salah satu buah tangan tersebut adalah teh tambi. Teh ini dibuat dari daun teh pilihan yang diambil langsung dari perkebunan teh di Wonosobo. Jadi banyak orang yang sudah tahu bahwa teh tambi ini memang sangat khas di sana.

Teh tambi ini memiliki aroma yang sangat kuat, begitu juga dengan warnanya. Teh yang dipilih dari serbuk paling unggulan ini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat daerah sana. Wah, tunggu apa lagi? Anda bisa memberikan oleh-oleh ini kepada saudara dan keluarga di rumah. Supaya mereka bisa menikmati minuman khas Wonosobo.

5. Kacang Dieng

Kacang Dieng

Image Credit: Carica.id

Apakah Anda menyukai jajanan dari kacang-kacangan? Jika iya, Anda wajib membeli dan mencoba kacang khas Dieng. Kacang ini berbeda dari yang biasanya. Jika biasanya bentuknya kecil, maka jajan satu ini memiliki bentuk agak lebar dan besar. Masyarakat di sana juga sering menyebutnya dengan kacang babi.

BACA:  17 Tempat Wisata di Jepara Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Rasanya gurih dan ada pula yang agak pedas. Kacang Dieng ini dimasak dengan cara yang berbeda. Jika biasanya kacang hanya digoreng dan diberi garam, oleh-oleh khas Wonosobo ini dimasak menggunakan bumbu di atasnya. Jadi rasa gurihnya sangat enak dan harus Anda coba. Jangan lupa memasukkan daftar oleh-oleh ini ke list Anda ya.

6. Keripik Jamur

Keripik Jamur

Image Credit: Bukalapak.com

Siapa yang tidak suka dengan jamur? Jamur bisa diolah menjadi banyak makanan, salah satunya ya dibikin keripik. Paduan renyahnya tepung dan empuknya jamur menjadi sajian yang nikmat di mulut. Produksi jamur di sana juga cukup banyak, sehingga industri-industri yang membuat olahan dari bahan jamur juga masih sering dijumpai.

Anda bisa membawa pulang kripik jamur untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Apalagi produk kripik ini sudah cukup terkenal di Wonosobo. Jajan ini juga sangat praktis dan mudah dibawa pulang. Harganya pun tak terlalu mahal, jadi sangat recomended untuk dijadikan buah tangan.

7. Terong Belanda

Terong Belanda

Image Credit: Tokopedia.com (ichasnack)

Selain buah carica, tanaman yang juga banyak tumbuh di Wonosobo adalah terong Belanda. Tanaman ini banyak ditemukan tumbuh di dataran tinggi Dieng. Jadi di tempat lain, tanaman terong belanda belum tentu bisa tumbuh. Itulah mengapa, saat berwisata ke sana, ada banyak orang yang menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Penduduk sekitar banyak yang menanam terong jenis ini, sehingga mereka juga akan melayani pembeli yang hendak membawa pulang terong ini. Anda bisa memilih sendiri terong yang akan dibawa pulang dengan harga yang terjangkau. Buah dengan rasa agak asam ini memiliki warna kemerahan, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan sirup ataupun jus.

8. Kopi dan Susu Purwaceng

Kopi dan Susu Purwaceng

Image Credit: Facebook.com @purwaceng.albain

Wonosobo yang berlokasi di tempat tinggi juga terkenal dengan kebun tehnya. Ada banyak hamparan kebun teh yang dimiliki warga. Bahkan beberapa juga dijadikan sebagai tempat wisata. Maka dari itu, oleh-oleh yang bisa dibawa pulang juga tak jauh dari apa yang ada di sana. Selain teh tambi, ada pula kopi dan susu purwaceng.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Kudus Favorit Wisatawan

Purwaceng ini adalah tanaman obat yang memiliki banyak manfaat. Bisa untuk menghilangkan pegal-pegal, masuk angin, melancarkan buang air kecil, dan juga menghangatkan tubuh. Selain bisa dijadikan obat, Anda juga dapat menikmati Purwaceng dalam bentuk teh dan kopi. Jika ke sana, belilah teh dan susu purwaceng untuk diseduh di rumah ya.

9. Mie Ongklok

Mie Ongklok

Image Credit: Detik.com

Oleh-oleh selanjutnya adalah mie ongklok. Di warung-warung pinggir jalan, ada banyak penjual masakan khas Wonosobo ini. Jadi Anda bisa mampir untuk merasakan mie yang disajikan hangat. Wah, makan mie di tengah dinginnya kota ini tentu akan sangat nikmat bukan? Jangan lupa untuk mencicipi mie ini saat ke sana ya.

Tapi jika Anda tak sempat untuk makan di sana, tak usah khawatir. Saat ini ada mie ongklok yang dijual kemasan. Mie kuah ini sudah banyak dijual oleh beberapa produsen. Nah, satu bungkus mie harganya sangat terjangkau, dan tidak terlalu besar atau berat. Anda bisa membelinya dan menikmati mie ini di rumah.

10. Kripik Tempe Kemul

Kripik Tempe Kemul

Image Credit: Toko-carica.blogspot.com

Jajanan gurih lain yang bisa dinikmati di rumah sebagai oleh-oleh adalah kripik tempe kemul. Ternyata, selain nikmat dinikmati selagi hangat di sana, tempe kemul juga enak dimakan dalam bentuk kripik. Anda bisa membelinya dan menjadikannya sebagai camilan di rumah.

Tempe kemul ini diolah menggunakan tepung gandung,. Sehingga rasa kriuknya sangat renyah dan enak dinikmati dengan makanan lainnya. Anda bisa juga menjadikannya sebagai lauk saat makan. Tak usah khawatir, jajanan ini banyak diproduksi di Wonosobo, sehingga tak akan sulit bagi Anda untuk menemukan dan membawanya pulang.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Wonosobo yang bisa Anda beli untuk teman dan orang di rumah. Cobalah untuk membuat daftar yang akan dibeli di sana. Sehingga Anda tak akan lupa atau menyesal karena tidak membeli selagi di sana. Selamat berwisata dan menikmati keindahan dataran tinggi Dieng dan lainnya ya.