10 Oleh-Oleh Khas Tegal Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Tegal

Berada di daerah Jawa Tengah yang dilewati Jalur Pantura, Tegal selalu ramai di setiap waktu. Kebudayaan pesisirnya juga amat kental di daerah ini. Kota yang juga sering disebut dengan nama Kota Bahari ini pun punya banyak destinasi wisata yang patut dijelajahi. Kota ini mempunyai banyak destinasi wisata menarik seperti Pantai Alam Indah, Pantai Muarareja, Curug Pitu Margasari, Bukit Goa Lawa, dan destinasi menarik lainnya.

Selain destinasi wisata yang menarik, Tegal juga dikenal dengan destinasi kuliner yang tak kalah menarik. Seperti warung tegal (warteg) yang sudah fenomenal di seluruh penjuru Indonesia ini misalnya. Bukan hanya warteg, kota ini juga terkenal dengan beragam kulinernya yang enak, seperti the poci, tahu aci, nasi ponggol, dan lain sebagainya.

Tak terhenti pada destinasi wisata dan kulinernya yang menarik, kota yang dulu pernah memegang rekor MURI untuk kategori tahu terpanjang di tahun 2005 ini juga terkenal akan oleh-oleh khas yang sangat sayang bila dilewatkan. Mulai dari oleh-oleh makanan, hingga benda unik khas Tegal yang cocok dijadikan oleh-oleh.

1. Pilus

Pilus

Image Credit by Snackjajanankhastegal.wordpress.com

Nama makanan yang satu ini mungkin sudah tak asing di telinga. Makanan yang berbahan dasar tepung terigu, tepung kanji, daun kucai, dan rempah lainnya ini memang selalu menjadi buah tangan pilihan khas Tegal yang seringkali dicari oleh para wisatawan.

Pilus ini dapat dimakan langsung seperti camilan. Ia juga cocok bila dimakan bersama makanan lainnya, seperti misalnya bakso, nasi goreng, soto, dan lain-lain.

2. Kacang Bogares

Kacang Bogares

Image Credit by Wisatategal.com

Meski sekilas tampak seperti kacang goreng pada umumnya, rasa kacang bogares ini justru tergolong unik dan khas. Dibuat dengan campuran bumbu dan teknik pengolahan yang khusus sehingga menghasilkan rasa kacang bogares yang renyah, manis, asin dan gurih.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pati Paling Populer

Kacang ini pun terbukti banyak disukai oleh masyarakat Tegal sendiri. Buktinya kacang tersebut ini sering disajikan untuk menjamu para tamu. Harga yang dibandrol untuk kacang ini pun sangat terjangkau.

3. Kerupuk Antor

Kerupuk Antor

Image Credit by Warungcilik11.wordpress.com

Bagi yang kurang menyukai kacang-kacangan, dapat mencoba membeli kerupuk antor sebagi oleh-oleh. Sama seperti kacang bogares, rasa gurihnya cocok untuk dipasangkan dengan menu lainnya.

Yang membuat kerupuk ini unik adalah proses pembuatannya yang menggunakan media pasir yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Dengan menggunakan rempah-rempah, kerupuk gurih dan manis ini biasanya didominasi oleh rasa bawang.

4. Latopia

Latopia

Image Credit by Bobo.grid.id

Jika dilihat sekilas, latopia memang serupa dengan bakpia. Namun bedanya, latopia memiliki bentuk yang lebih besar. Latopia pun biasanya lebih renyah.

Jajanan khas yang telah dikenal sejak ratusan tahun silam ini terbuat dari tepung terigu dan diberi isi yang bervariasi seperti cokelat, kacang hijau dan strawberry. Latopia memiliki rasa yang gurih dan juga tekstur yang padat.

5. Tahu Aci

Tahu Aci

Image Credit by Dapurkobe.co.id

Jajanan yang satu ini merupakan campuran dari tepung kanji berbumbu atau yang biasa disebut aci yang kemudian dimasukkan ke dalam tahu. Tahu aci terkenal dengan kekenyalan dan kegurihannya.

Karena banyak digemari, tahu ini pun tidaklah sulit untuk dicari. Hampir di seluruh jalan kota Tegal akan terlihat pedagang-pedagang yang berjualan tahu aci, baik menggunakan gerobak maupun di dalam toko oleh-oleh.

6. Keripik Tahu

Keripik Tahu

Image Credit by Traveloka.com

Tahu merupakan makanan yang lebih sering dijadikan sebagai lauk. Tapi ternyata selain dijadikan lauk, tahu juga dapat dijadikan sebagai keripik. Tegal merupakan daerah yang cukup dikenal dengan keripik tahunya.

BACA:  16 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Biasanya keripik tahu ini dibuat dengan bahan tahu kuning yang cenderung bertekstur lebih padat daripada tahu biasa. Kepadatan inilah yang menjadikan tahu tidak akan hancur saat diolah menjadi keripik.

7. Manisan Cerme

Manisan Cerme

Image Credit by Manisancermekhastegal.id.tc

Buah cerme atau cermai memang jarang didengar di kota-kota besar. Namun buah ini masih dapat dengan mudah ditemukan di Tegal. Pasalnya, manisan cerme ini adalah salah satu oleh-oleh khas Tegal yang cukup banyak dicari.

Penjual manisan ini dapat ditemukan di kawasan Guci. Bagi yang lebih menyukai rasa manis, oleh-oleh khas Tegal satu ini patutlah dicoba.

8. Kue Kamir

Kue Kamir

Image Credit by Youtube.com (Street Foods Village)

Kue Kamir sangat populer di kalangan anak muda Tegal. Ini dikarenakan harganya yang relatif terjangkau serta rasanya yang enak. Selain itu, kue ini juga tidak susah untuk ditemukan.

Kue kamir ini biasa dijual dengan beberapa variasi rasa, seperti misalnya rasa pisang, rasa Nangka, dan original.

9. Poci Tanah Liat

Poci Tanah Liat

Image Credit by Jogloijo.wordpress.com

Jika ingin membeli oleh-oleh yang lebih istimewa dan khas Tegal, cobalah memilih poci tanah liat. Poci yang biasa digunakan untuk menyeduh teh ini akan menjadi oleh-oleh yang sangat menarik.

Tegal memang sudah terkenal dengan minuman khasnya yaitu teh poci. Satu set poci tanah liat dengan harga yang tidak terlalu mahal ini bisa dibawa pulang untuk menikmati teh poci khas Tegal yang nikmat.

10. Kaos Galgil

Kaos Galgil

Image Credit by Kaosgalgil.tumblr.com

Kaos Galgil ini merupakan produk kreasi anak muda Tegal. Kaos ini memiliki ciri khas tulisan candaan khas Tegalan yang menggunakan Bahasa Tegal yang sangat unik dan menarik.

BACA:  16 Tempat Wisata di Banjarnegara Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Keberadaannya kaos ini telah lama eksis sejak dulu hingga sekarang. Tak sedikit artis nasional pula yang sudah pernah mengenakan produk ini.

5 Lokasi Penjual Oleh-Oleh Wajib di Tegal

1. Desa Bogares

Desa Bogares

Lokasi: JL. Raya Bogares Lor, Kepatihan, Bogares Lor, Kec. Pangkah, Kab. Tegal. – Image Credit by Ayotegal.com

Jika ingin mencari kacang bogares dengan harga yang jauh lebih murah, desa Bogareslah tempatnya.

Seperti namanya, di desa inilah kacang Bogares ini diolah. Sebagian besar penduduk di desa ini pun merupakan pembuat kacang lezat khas kota Tegal.

2. Kawasan Guci

Kawasan Guci

Lokasi: Jl. Raya, Guci, Kemaron, Tuwel, Kec. Bojong, Kab. Tegal. – Image Credit by Bangdaytraveller.com

Manisan buah cerme biasanya mudah ditemukan di kawasan Guci. Mayoritas pembuat manisan cerme yang berada di Kawasan Guci ini juga merupakan petani buah cerme itu sendiri.

Tak heran jika mereka sudah sangat piawai dalam memilih buah cerme terbaik yang kemudian diolah menjadi manisan lezat.

3. Pasar Pagi Tegal

Pasar Pagi Tegal

Lokasi: Jl. Barito, Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal. – Image Credit by Zaymarrohimah.blogspot.com

Di pasar pagi ini, banyak oleh-oleh khas Tegal yang bisa didapatkan.

Seperti Latopia salah satu contohnya. Latopia yang dibuat dalam berbagai variasi rasa ini biasanya dibandrol dengan harga yang cukup murah di pasar pagi ini.

4. Toko Tahu Murni Putra

Toko Tahu Murni Putra

Lokasi: Jl. P. Diponegoro, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal. – Image Credit by Tahu-murni-putra-nata-jaya.business.site

Jika bingung mencari penjual tahu aci di pinggir jalanan Tegal, cobalah menuju toko tahu Murni Putra ini.

Toko yang telah berdiri sejak lama ini bukan hanya menjual tahu aci untuk oleh-oleh, pengunjung pun dapat menikmati tahu dalam keadaan hangat di dalam toko.

5. Kawasan Talang

Kawasan Talang

Lokasi: Jl. Raya Talang, Wirantakan, Talang, Kec. Talang, Kab. Tegal. – Image Credit by Superadventure.co.id

Jika ingin mendapatkan poci teh dengan harga yang terjangkau, kunjungilah Kawasan Talang. Kawasan ini dipenuhi dengan banyak pengrajin poci.

Harga yang ditawarkan di Kawasan ini tentunya akan lebih murah jika dibandingkan dengan supermarket atau mall.

Membeli oleh-oleh ketika liburan atau mudik ke suatu tempat memang tak bisa dilewatkan. Terutama jika tempat berlibur ini memiliki banyak berbagai variasi oleh-oleh khas seperti di Tegal yang sayang sekali untuk dilewatkan. Apalagi kota-kota di Indonesia ini yang masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri.