10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Banjarnegara

Inilah deretan oleh-oleh khas asli Banjarnegara yang populer dan paling diminati wisatawan. Buah tangan unik berupa makanan dan minuman khas Banjarnegara yang bisa dibawa pulang.

Banjarnegara merupakan salah satu daerah yang memiliki pesona wisata alam yang menarik. Sebagian wilayahnya merupakan dataran tinggi yang sering dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan. Pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk menjadi daya tarik wisatawan untuk datang.

Wilayah dataran tinggi di Kabupaten Banjarnegara juga menjadi daerah yang digunakan untuk pertanian. Daerah ini pun terkenal dengan berbagai hasil pertanian berkualitas seperti kentang, kopi, dan sayur mayur. Komoditas pertanian dengan kualitas unggul yang paling terkenal dari Banjarnegara adalah kopi arabika.

Produk kopinya pun banyak dicari untuk dijadikan oleh-oleh khas Banjarnegara. Selain kopi, masih ada banyak oleh-oleh khas dari daerah ini seperti olahan buah carica, olahan buah salak, dan lain-lain. Berikut ulasan oleh-oleh khas dari Banjarnegara bisa menjadi rekomendasi pilihan untuk buah tangan saat Anda berkunjung ke daerah ini.

1. Jenang Salak

Jenang Salak

Image Credit: Salakazizah.blogspot.com

Dodol atau jenang salak merupakan kuliner olahan buah salak asli Banjarnegara. Proses pembuatannya cukup sederhana dan tidak jauh berbeda dengan cara membuat dodol biasa. Olahan salak ini kerap dicari wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Banjarnegara.

Harga jenak salak di pasar atau di toko oleh-oleh relatif murah. Soal rasa, jenang tradisional asli Banjarnegara ini sangat lezat dan unik. Jenang salak memiliki rasa yang lebih manis dengan aroma yang wangi. Jenang atau dodol salak sangat legit dan cocok untuk camilan dengan secangkir teh atau kopi.

2. Keripik Kentang

Keripik Kentang

Image Credit: Saptoadinugroho.wordpress.com

Dataran tinggi di Kabupaten Banjarnegara dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kentang. Hasil pertanian dari daerah ini memiliki kualitas yang bagus dengan ukuran yang cukup besar dibanding kentang di daerah lain. Biasanya kentang banyak dibeli untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Banjarnegara.

Kentang juga diolah menjadi makanan ringan seperti keripik. Jika berkunjung ke Banjarnegara, Anda akan menemukan keripik kentang kuning dan keripik kentang putih. Produk tersebut biasanya dibuat oleh masyarakat setempat atau oleh industri rumahan.

Keripik kentang cocok dijadikan buah tangan jika Anda berkunjung ke Banjarnegara. Rasanya enak dan gurih dengan cita rasa asin untuk keripik kentang original. Harga keripik kentang khas Banjarnegara ini pun cukup terjangkau dengan kemasannya apik. Kemasan khas keripik Banjarnegara biasanya adalah kemasan plastik kedap udara.

BACA:  Pokland, Tempat Wisata Hutan Pinus Kekinian di Cianjur

3. Carica

Carica

Image Credit: Medium.com

Carica merupakan jenis buah pepaya yang hanya tumbuh di dataran tinggi. Pepaya gunung banyak ditemukan di Banjarnegara. Carica memiliki ukuran lebih kecil dari buah pepaya pada umumnya. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan ringan.

Olahan buah carica dapat dibuat menjadi manisan, keripik, atau sirup. Produk olahan tersebut sering dijumpai sebagai produksi usaha rumahan masyarakat Banjarnegara. Olahan buah carica mudah ditemukan di pasar tradisional, supermarket, atau pusat oleh-oleh di Banjarnegara.

Manisan carica menjadi salah satu produk favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banjarnegara. Memiliki rasa yang enak dan segar, manisan carica cocok dijadikan oleh-oleh untuk Anda bawa pulang.

4. Kopi

Kopi

Image Credit: Shopee.co.id

Beberapa wilayah di Kabupaten Banjarnegara menjadi daerah pertanian kopi yang memproduksi jenis kopi robusta dan arabika. Kenikmatan kopi asli Banjarnegara ini sudah sangat terkenal di tanah air. Kopi dari daerah ini pun banyak digunakan di daerah-daerah lain seperti Yogyakarta, Purwokerto, dan lainnya karena rasanya yang enak.

Kopi robusta biasanya dibudidayakan di daerah yang memiliki ketinggian di bawah 1.000 mdpl. Sedangkan untuk kopi arabika ditanam di daerah yang lebih tinggi. Jenis kopi arabika dari Banjarnegara menjadi produk unggulan dengan ciri khas rasanya yang tidak pahit.

Kopi arabika khas Banjarnegara terkenal unik karena memiliki aroma yang wangi dan bisa ditemukan rasa kopi seperti teh. Perjalanan ke Banjarnegara akan kurang lengkap jika tidak mencoba kopi khas ini. Kopi Banjarnegara juga bisa dijadikan oleh-oleh karena banyak yang menjualnya dalam bentuk bubuk kopi dan harganya pun terjangkau.

5. Purwaceng

Purwaceng

Image Credit: Facebook.com @purwaceng.albain

Purwaceng merupakan tanaman yang hanya tumbuh di daerah berhawa sejuk seperti dataran tinggi Dieng, Banjarnegara. Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai minuman herbal untuk meningkatkan stamina. Kini purwaceng pun menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Banjarnegara.

Purwaceng biasanya diolah menjadi produk susu atau kopi. Bagian tanaman yang digunakan biasanya adalah biji dan akarnya. Minuman herbal dari tanaman gunung ini memiliki rasa pedas. Cocok untuk diminum di pagi hari atau saat cuaca sedang dingin.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Cilacap Paling Populer

Produk kopi dan susu instan dengan campuran purwaceng banyak dijual di pusat oleh-oleh. Jika tertarik untuk mencoba minuman purwaceng yang nikmat tersebut, tidak perlu khawatir karena harganya cukup terjangkau.

6. Kopi Biji Salak

Kopi Biji Salak

Image Credit: Ikiwonosobomas.com

Buah salak asli Banjarnegara banyak diolah menjadi produk makanan dan minuman yang unik. Tidak hanya bagian daging buahnya saja, masyarakat Banjarnegara juga menggunakan bagian bijinya untuk diolah menjadi bubuk kopi.

Ada banyak tempat oleh-oleh yang menyediakan produk kopi unik ini. Jika Anda termasuk pecinta kopi, wajib untuk mencoba kenikmatan kopi biji salak khas Banjarnegara. Minuman kopi dari bahan unik ini memiliki rasa yang nikmat dan berbeda dari kopi-kopi biasa.

Kopi biji salak bisa ditemukan dengan mudah dengan harga yang relatif murah. Produk kopi unik ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas Banjarnegara.

7. Keripik Salak

Keripik Salak

Image Credit: Bukalapak.com

Salak Banjarnegara memiliki daging buah yang gurih dengan rasa manis. Selain dimakan langsung, buah salak juga banyak diolah oleh masyarakat Banjarnegara menjadi makanan ringan. Salah satu produk makanan ringan berbahan buah salak yang terkenal adalah keripik salak.

Keripik salak dibuat dari buah salak segar yang berkualitas bagus. Setelah dibersihkan, buah salak dipotong kecil-kecil dan kemudian dikeringkan. Proses selanjutnya adalah menggoreng buah salak hingga garing untuk mendapatkan keripik salak yang renyah. Keripik salak memiliki aroma yang enak dan cita rasa yang manis gurih.

Kebanyakan produk olahan keripik salak dibuat oleh usaha rumahan. Namun industri pangan yang lebih besar juga ada yang mengolah keripik salak karena memang permintaannya yang cukup banyak. Produk ini mengisi banyak pusat oleh-oleh di sekitar kawasan wisata Banjarnegara.

8. Sirup Salak

Sirup Salak

Image Credit: Deskgram.net

Olahan unik dari Banjarnegara yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah sirup salak. Buah salak yang banyak dihasilkan di daerah ini memiliki ras manis dan tekstur buah yang gurih. Salak menjadi salah satu oleh-oleh khas Banjarnegara yang kerap dibeli oleh wisatawan.

Jika ingin lebih awet, produk sirup salah bisa menjadi pilihannya. Sirup unik dari buah salak ini dapat bertahan hingga beberapa bulan. Namun, jangan khawatir karena sirup salak dari Banjarnegara aman dan tanpa bahan pengawet tambahan. Biasanya sirup salak banyak dijual di toko oleh-oleh dengan kemasan botol.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Sragen yang Enak & Wajib Anda Coba

Sirup salak dapat dinikmati sebagai minuman yang menyegarkan saat cuaca terik. Selain itu, sirup ini juga bisa digunakan untuk bahan tambahan es campur dan es cendol. Harga satu botol sirup salak khas Banjarnegara pun terkenal cukup murah.

9. Dawet Ayu

Dawet Ayu

Image Credit: Detik.com

Dawet ayu khas Banjarnegara sudah begitu terkenal dengan kesegaran dan rasa manisnya. Dawet dari daerah ini kebanyakan dibuat dari bahan tepung beras. Tekstur dawet atau cendol ini pun lebih kenyal dan rasanya lebih nikmat. Dawet ini banyak dibuat menjadi minuman dingin yang menyegarkan.

Cendol dawet disajikan dengan campuran air santan dan gula merah cair. Rasanya manis dan nikmat untuk diminum saat cuaca sedang terik. Es dawet ayu sering dijumpai di pinggir-pinggir jalan sebagai jajanan yang murah meriah.

Beberapa penjual es dawet ayu juga menyediakan paket lengkap yaitu dengan menambahkan potongan buah nangka. Aroma gurih dari santan dan gula berpadu dengan aroma buah nangka yang kuat. Dawet ayu dapat dibungkus untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Banjarnegara.

10. Combro Kalipalet

Combro Kalipalet

Image Credit: Putratravel.net

Salah satu makanan ringan yang khas dari Banjarnegara adalah combro Kalipalet. Makanan tradisional ini terbuat dari singkong atau ketela yang dihaluskan dan dicampur dengan

bumbu rempah-rempah seperti ketumbar dan merica. Adonan combro dibentuk bulat-bulat dan kemudian digoreng hingga matang dan berwarna cokelat.

Combro Kalipalet memiliki ciri khas yaitu dari ukurannya yang sedikit lebih besar dari combro pada umumnya. Pada bagian dalam combro diberi isian, ada yang rasa asin, manis, dan juga pedas. Bahan untuk isian combro terbuat dari campuran oncom, cabai rawit, bawang merah, dan daun bawang.

Combro khas Banjarnegara ini harganya cukup terjangkau. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat Anda berkunjung ke daerah ini. Combro ini biasanya dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional, pusat oleh-oleh, atau warung makan di sekitar kawasan wisata Banjarnegara.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Banjarnegara yang bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang setelah berkunjung ke daerah ini. Selain oleh-oleh makanan khas, daerah ini juga memiliki batik tulis gumelem dan poci khas Banjarnegara untuk dijadikan buah tangan.