Jombang merupakan salah satu kabupaten di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Kawasan ini terkenal dengan sebutan Kota Santri karena di sini banyak dijumpai pondok pesantren dan sekolah pendidikan agama Islam.

Sumber ekonomi kawasan ini cukup beragam. Yang paling besar adalah sektor pertanian, perkebunan dan kehutanan selain juga industri, perdagangan dan pertambangan.

Kawasan ini juga memiliki berbagai potensi wisata yang dapat Anda kunjungi, mulai dari pemandian, candi, dan air terjun. Jika Anda berkunjung ke Jombang, beberapa makanan khas Jombang wajib Anda cicipi dan dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk kerabat.

1. Kue Jenang Kupas

Kue Jenang Kupas
Image Credit by Putrielma.student.umm.ac.id

Salah satu kuliner khas Jombang yang banyak diburu wisatawan adalah jenang kupas. Jajanan ini menjadi primadona oleh-oleh khas kawasan ini terutama saat perayaan Idul Fitri karena menjadi salah satu oleh-oleh bagi pemudik.

Jenang kupas khas Jombang berbahan utama kelapa muda yang dibuat adonan jenang bersama tepung terigu, tepung ketan dan gula pasir. Rasa kue ini didominasi rasa manis dan legit dengan aroma kelapa muda yang khas. Teksturnya kenyal dan lembut.

2. Tahu Pong

Tahu Pong
Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Oleh-oleh khas Jombang lainnya adalah tahu pong yang memiliki cita rasa gurih dan renyah. Dinamakan tahu pong karena bagian tengah dari tahu kosong dan tidak padat.

Sangat lezat menikmati tahu pong dalam keadaan panas karena teksturnya masih renyah. Dan semakin nikmat disantap dengan cocolan saus tomat, sambal petis atau cabai.

3. Donat Kampoeng

Donat Kampoeng
Image Credit by Facebook.com @Dkudonuts.jbg

Dinamakan donat kampung karena donat dibuat dengan cara tradisional. Meskipun demikian, rasa donat ini tidak kalah dengan donat yang dibuat secara modern.

Terdapat satu produsen donat kampoeng yang paling terkenal di Jombang yaitu donat kampoeng Utami karena menyajikan donat ini dalam berbagai rasa topping berwarna-warni.

4. Jambu Bol Gondang Manis

Jambu Bol Gondang Manis
Image Credit by Jualo.com

Bukan cuma cemilan atau jajanan saja, buah jambu khas Jombang ini bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh karena varian jambu bol gondang manis ini hanya bisa Anda dapatkan di daerah Jombang.

Kulit jambu berwarna merah segar dengan daging buah berwarna putih. Tekstur dari buah ini cukup lunak dan empuk serta berwarna putih seperti kapas.

5. Kerupuk Beras

Kerupuk Beras
Image Credit by Facebook.com @Distributor kerupuk Beras Bawang Super

Kerupuk beras atau orang lokal Jombang menyebutnya gendar menjadi oleh-oleh khas daerah ini selanjutnya. Sesuai namanya tentu saja pangan ini berbahan utama adonan nasi yang ditumbuk hingga halus dan diberi bumbu-bumbu serta rempah-rempah.

Kerupuk beras memiliki cita rasa gurih dan khas. Cukup mudah mendapatkan kerupuk beras ini. Anda dapat membelinya di pasar-pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh.

6. Onde-Onde Kacang Merah

Onde-Onde Kacang Merah
Image Credit by Keluyuran.com

Anda tidak boleh ketinggalan membawa makanan ini sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Jombang. Yang menjadi ciri khas onde-onde Jombang adalah varian isian kacang merah selain terdapat pulang isian kacang hijau.

Kulit onde-onde yang bertekstur agak kenyal dengan rasa manis berpadu gurihnya wijen menjadi sangat bercita rasa dengan isian kacang merah yang memiliki rasa yang khas.

7. Brondong Ketan

Brondong Ketan
Image Credit by Adadijombang.blogspot.com

Brondong atau istilah populernya popcorn biasa terbuat dari jagung, berbeda dengan makanan khas Jombang satu ini. Popcorn atau brondong ini terbuat dari bahan utama ketan.

Brondong ketan ini bertekstur agak lengket yang berasal dari gula karamel yang merekatkannya. Panganan ini berbentuk bulat dengan rasa renyah dan dominan manis.

8. Bolu Plemben

Bolu Plemben
Image Credit by Youtube.com (MyPassionFruits Journey)

Panganan ini termasuk kue tradisional dan jadul khas Jombang. Terdapat dua varian bolu plemben yang bisa Anda pilih yaitu bolu kering dan basah. Bolu basah bertekstur lebih empuk sedangkan varian kering lebih renyah.

Cara pembuatan kedua jenis bolu ini sama, yang membedakan adalah bolu kering dioven sampai dua kali untuk menghilangkan kadar airnya. Ketahanan bolu juga berbeda. Bolu kering bertahan lebih lama yakni hingga satu bulan dibandingkan dengan bolu basah yang bertahan hanya beberapa hari.

9. Pia Kacang Hijau

Pia Kacang Hijau
Image Credit by Pia-alaska.business.site

Kue pia khas Jombang ini hampir mirip dengan pia ala Jogja namun dengan tekstur yang lebih lembut dan empuk. Cita rasa manis dan legit serta khas dari isiannya menjadikan makanan ini banyak diburu sebagai oleh-oleh.

Terdapat beberapa varian pia selain original kacang hijau, yaitu durian, coklat dan keju. Anda dapat membeli pia ini di toko oleh-oleh sekitaran Jombang, atau beberapa toko produsen pia yang memiliki merk pianya sendiri.

10. Aneka Olahan Salak

Aneka Olahan Salak
Image Credit by Serempak.id

Di Jombang terdapat sebuah kawasan yang mengolah buah salak menjadi aneka pangan yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Jombang. Salah satu diantaranya adalah jenang salak karena jenang memang menjadi ciri khas Jombang. Jenang berbahan buah salak ini bertekstur seperti jenang pada umumnya, namun memiliki rasa manis dengan aroma salak.

Selain jenang, buah salak diolah menjadi teh salak, sirup buah salak, kurma salak, manisan, asinan serta keripik buah. Buah salak dipilih dan diolah menjadi berbagai panganan karena buah ini cukup melimpah di Jombang sehingga dimanfaatkan agar harga jualnya meningkat.

5 Pusat Oleh-oleh Khas Jombang

1. Tahu Pong Gloria

Tahu Pong Gloria
Lokasi: Jl. Totok Kerot, Sawahan, Sambirejo, Kec. Sumobito, Kab. Jombang. – Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Tahu Pong Gloria adalah salah satu produsen tahu pong khas Jombang yang paling terkenal. Terletak di Sawahan, Jogoroto selalu menjadi jujukan para wisatawan untuk membeli tahu pong sebagai oleh-oleh.

Tempatnya cukup luas dengan papan nama yang sangat besar sehingga saat Anda melewati jalan utama Jombang pasti terlihat dan tidak akan terlewat. Di sini Anda dapat menikmati dan membawa pulang tahu pong baik yang telah matang maupun yang masih mentah.

2. Jenang Jombang

Jenang Jombang
Lokasi: Jl. bisri syansuri 44 rt 009 rw 001, Denanyar Utara, Denanyar, Kec. Jombang, Kab. Jombang. – Image Credit by Food.detik.com

Jenang yang menjadi oleh-oleh andalan Jombang dapat Anda dapatkan di Jenang Jombang yang terletak di daerah Denanyar Utara.

Tempat ini khusus memproduksi jenang Jombang berbahan kelapa muda. Anda bisa memilih kemasan jenang berukuran kecil atau jenang dalam loyang yang belum dipotong-potong.

3. Pia Alaska

Pia Alaska
Lokasi: Jl. Babat – Jombang No.09, Karang Don, Karang Pakis, Kec. Kabuh, Kab. Jombang. – Image Credit by Pia-alaska.business.site

Pia Alaska menyediakan kue pia khas Jombang dengan berbagai varian rasa seperti rasa original kacang hijau, keju dan durian.

Terletak di Karang Pakis, tempat ini sangat mudah dijangkau dan tidak sulit menemukannya. Yang menjadi keunggulan pia di sini adalah kulit dan isian nya yang lembut dengan rasa manis yang pas sehingga banyak dicari oleh para wisatawan.

4. Kunara

Kunara
Lokasi: Depan Balai, Kedung, Kedungrejo, Kec. Megaluh, Kab. Jombang. – Image Credit by Kunara.id

Kunara merupakan UKM Jombang yang memfokuskan diri pada produksi oleh-oleh khas Jombang yang terbuat dari olahan buah salak. Di sini anda dapat membeli aneka pangan seperti jenang, keripik dan manisan salak.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, anda bisa segera meluncur ke daerah Megaluh kabupaten Jombang.

5. Pusat Oleh-Oleh Risell

Pusat Oleh-Oleh Risell
Lokasi: Jl. Laksda Adi Sucipto No.21, Sambong Dukuh, Kec. Jombang, Kab. Jombang. – Image Credit by Google.com (Miftaqur Roflik)

Di pusat oleh-oleh Risell, Anda dapat berbelanja aneka panganan dan kue khas Jombang yang beragam. Mulai dari aneka jenang, keripik, dan pia bisa Anda dapatkan di sini.

Letaknya yang berada di pusat Jombang menjadikan toko ini mudah untuk dijangkau. Di sini Anda bisa mendapatkan oleh-oleh yang bermacam-macam sekaligus dalam satu tempat.

Jika Anda berkunjung ke Jombang, maka tidak ada salahnya berburu makanan dan jajanan khas Jombang yang bisa Anda cicipi sekaligus bawa pulang untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga, teman dan kerabat.