10 Oleh-Oleh Khas Sragen Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Sragen

Berwisata ke Sragen terasa tidak lengkap jika belum membeli oleh-oleh khas daerah. Inilah rekomendasi jenis buah tangan yang dapat dijadikan referensi saat berkunjung.

Setiap daerah memiliki produk khas yang cocok dijadikan untuk oleh-oleh khas. Contohnya, jika kita ke Kota Malang tidak lupa untuk membeli oleh-oleh buah apel. Berburu oleh-oleh adalah waktu paling seru ketika kita sedang berwisata ke daerah tertentu.

Jika dalam waktu dekat Anda berkunjung ke Sragen, jangan lupa membeli oleh-oleh ketika masih berada di sana. Selain banyak destinasi wisata menarik yang di tawarkan, kuliner khas daerah juga tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Produk yang dihasilkan warga lokal Sragen baik itu berupa kuliner maupun cinderamata yang lain, dapat Anda bawa pulang untuk dijadikan buah tangan. Mari kita simak beberapa produk oleh-oleh khas Sragen yang recomended untuk dibawa pulang.

1. Gathot Sragen

Gathot Sragen

Image Credit: Perpus.jatengprov.go.id

Kuliner pertama yang wajib Anda cicipi dan bawa pulang untuk sanak saudara di rumah yaitu Gathot Sragen. Gathot adalah makanan asli dari tanah Jawa yang terbuat dari olahan singkong.

Proses untuk mendapatkan gathot yang manis legit yaitu dengan cara gaplek yang sudah lama tersimpan, direndam dengan air kemudian dicucuri, selanjutnya di potong sesuai selara sebelum dikukus.

Gathot sangat mudah di jumpai sekitar pasar tradisional Sragen. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau sekitar Rp 10.000 saja untuk setiap porsinya.

Pembuat Gathot, banyak yang berinovasi dengan penambahan rasa seperti nangka, pisang dan lain-lain. Tidak lupa juga untuk rasa original yang di dapat dari olahan gula aren, gula pasir, serta kelapa sebagai pelengkap.

2. Walangan

Walangan

Image Credit: Makananoleholeh.com

Walangan atau carang mas ini merupakan camilan khas Sragen yang berbahan dasar dari singkong. Manis dan gurihnya kudapan ini diperoleh dari proses memasak yang sangat lama bahkan bisa sampai satu hari penuh.

Walangan merupakan olahan singkong dan gula merah yang di goreng dengan minyak kelapa dan di diamkan sekitar satu hari. Dengan berkembang pesatnya oleh-oleh di Sragen membuat penjual berinovasi dengan penggunaan ubi ungu dalam bahan dasarnya.

Kudan yang berbentuk bulat ini, harganya sangat terjangkau juga sekitar Rp 6.000 per paknya. Jadi, jangan lupa masukkan walangan di daftar oleh-oleh Anda. Banyak yang menyebut makanan ini sebagai bola emas karena dibentuk bulat seperti bola dan mempunyai warna kecokelatan.

BACA:  10 Wisata Museum di Semarang yang Paling Favorit Dikunjungi

Walangan pisang juga tidak kalah uniknya dengan yang berbahan dasar singkong ataupun ubi jalar. Tekstur yang lebih empuk, menjadikan camilan yang paling di cari dan menjadi primadona di berbagai pusat oleh-oleh di sekitar Sragen.

3. Dawet Sragen

Dawet Sragen

Image Credit: Lpplbuanaasri.com

Selain memiliki kuliner makanan yang lezat, Sragen mempunyai minuman yang tidak kalah nikmatnya. Salah satunya adalah dawet Sragen ini.

Berbahan dasar dari olahan tepung beras, kemudian ditambah santan dan gula merah ini menjadi minuman dengan rasa gurih dan manis. Umumnya, dawet diberi pewarna hijau alami, yang terbuat dari sari daun pandan.

Banyak penjual yang menambahkan buah nangka dan es serut sebagai pelengkap sehingga menambah aroma dan rasa yang khas. Harganya pun sangat murah, yaitu Rp 5.000 saja per porsi.

Di Sragen yang terkenal adalah dawet kendil milik dari Agus Sarwono yang paling diminati. Nama dawet ini berasal dari wadah yang dipakai selama proses pembuatan dawet. Kendil adalah tempat yang dibuat dari kerajinan gerabah dan mempunyai bentuk bulat dan berukuran kecil.

4. Emping Garut

Emping Garut

Image Credit: Hartonomall.com

Makanan selanjutnya yang berasal dari Sragen yaitu emping Garut. Jangan salah sangka dulu, kudapan satu ini memang asli Sragen, penggunaan nama Garut ini bukan dari kota tetapi garut menurut warga Sragen adalah sejenis umbi-umbian khas daerah. Umbi yang digunakan sebagai emping garut, adalah umbi yang memiliki kualitas premium.

Dengan bahan dasar umbi, emping ini sangat aman untuk di konsumsi semua orang, termasuk orang yang mempunyai riwayat asam urat. Rasa tidak bisa dianggap remeh, karena emping Garut ini sangat gurih dan renyah ketika di makan.

Penjual di pusat oleh-oleh Sragen menjual emping Garut dengan 2 macam, yaitu dengan matang atau sudah di goreng, dan mentah atau belum di goreng. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 90.000 per kilo emping.

5. Wajik

Wajik

Image Credit: Beritagar.id

Berbahan dasar beras ketan, kudapan satu ini adalah camilan favorit bagi orang Jawa khususnya dari Sragen. Penambahan gula merah pada adonan menjadikan wajik tidak pernah sepi peminatnya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Wonosobo yang Enak & Wajib Anda Coba

Kue tradisional ini dimasak dengan cara di kukus sampai olahan beras ketan melumer. Daun pandan dan kelapa parut di atasnya menambah aroma dan rasa yang khas.

Wajik ini sangat mudah ditemui di daerah Kampung Cantel Wetan, Sragen, Jawa Tengah. Hanya dengan Rp 1.500 saja Anda sudah dapat membawa pulang kudapan enak ini.

6. Intip Mini Sragen

Intip Mini Sragen

Image Credit: Perpus.jatengprov.go.id

Rasa gurih dan manis menggugah selera siapa saja yang menikmatinya untuk menambah lagi dan lagi. Jika di daerah lain, intip dijual dengan ukuran yang sangat besar, tetapi khas Sragen memiliki bentuk bulat yang kecil.

Intip adalah camilan yang terbuat dari kerak nasi yang di goreng kemudian di tambah dengan gula merah di atasnya. Hanya ditambah bumbu bawang putih dan sejumput garam saja sudah menjadikan camilan ini sangat lezat.

Memiliki proses yang lama, intip mini di bandrol dengan harga yang sangat murah dengan Rp 2.000 saja Anda dapat membawa pulang buah tangan khas satu ini. Sekarang, intip mini dibuat dengan penambahan rasa pedas yang menjadi semakin nikmat.

7. Rengginang Tiwul

Rengginang Tiwul

Image Credit: Putratravel.net

Kuliner selanjutnya yang wajib Anda cicipi dan bawa pulang untuk sanak saudara di rumah yaitu rengginang tiwul. Dengan rasa yang nikmat sehingga siapapun yang menikmatinya akan merasa kurang sehingga ingin tambah lagi.

Yang membedakan rengginang tiwul dengan yang lainnya adalah bahan dasarnya yang berupa tiwul atau olahan dari singkong sehingga membuat tekstur yang lebih renyah. Selain itu, rasanya juga lebih gurih karena ada penambahan santan di dalamnya.

Biasanya rengginang ini tersedia di beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Sragen, salah satunya di daerah Pasar Bunder. Rengginang tiwul di bandrol dengan harga sekitar Rp 15.000 dengan seplastik berisi kurang lebih 10 biji. Camilan yang cocok dinikmati dengan segelas teh maupun kopi ini mempunyai rasa renyah dan gurih.

8. Saci

Saci

Image Credit: Masakandapurku.com

Saci adalah kependekan dari Sragen Munchies berbentuk dan bertekstur seperti dodol di daerah lain. Bagi Anda yang mempunyai selera mani legit, kudapan ini tidak boleh dilewatkan.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Kudus Favorit Wisatawan

Dibuat dari olahan tepung garut, santan, gula merah, dan lain sebagainya ini sangat nikmat jika di nikmati bersama segelas teh atau kopi. Penjual saci, pada umumnya membentuk saci sedemikian rupa guna menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Saci banyak dijumpai di beberapa pusat oleh-oleh yang tersebar di sudut kota Sragen. Selain dengan gula merah saja, saci ditambah dengan varian kacang mede atau dengan madu murni agar mempunyai tekstur dan rasa yang semakin legit di mulut.

Saci tergolong aman di konsumsi oleh berbagai kalangan dan segala umur. Karena tidak mengandung bahan pengawet sama sekali.

9. Ampyang

Ampyang

Image Credit: Tribunnews.com

Ampyang Sragen mempunyai jenis yang sama dengan Gula Kacang dari Jawa Timur. Nama Ampyang diambil dari bahasa lokal yang berarti jalan rusak, karena bentuk kudapan ini tidak teratur dan terkesan bergelombang.

Dengan proses pemilihan kacang yang berkualitas premium, ampyang ini kemudian di sangrai di atas tungku kayu yang di kontrol suhunya. Setelah di sangrai sampai kecoklatan, camilan ini siap di beri gula merah.

Makanan yang sangat mudah ditemui di beberapa sudut daerah Sragen ini memiliki citarasa yang gurih dan manis. Harganya juga cukup murah, dengan Rp 5.000 berisi 3-5 buah ampyang. Ampang juga memiliki berbagai varian rasa yang di tawarkan salah satunya seperti jahe sehingga dapat menambah rasa dan aroma pada camilan ini.

10. Keripik Tempe

Keripik Tempe

Image Credit: Umkmsragen.com

Kuliner terakhir yang dibahas adalah keripik tempe. Meskipun beberapa daerah di Indonesia memiliki beberapa sentra keripik tempe, Sragen menjadi salah satunya. Tetapi, disini keripik tempe yang di hasilkan sangat berbeda dengan daerah lainnya.

Perbedaan keripik tempe ini mempunyai rasa yang unik. Selain mempunyai rasa yang gurih, makanan ini mempunyai tekstur yang lebih empuk.

Mulai harga Rp 15.000 keripik tempe kemasan sedang yang dapat Anda bawa pulang untuk sanak saudara. Kudapan ini sangat cocok dijadikan buah tangan yang ringan tetapi sangat enak dan nikmat.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Sragen yang recommended dan dapat masuk daftar Anda. Banyak sekali makanan maupun minuman yang di bawa pulang untuk orang tua di rumah, ataupun sanak saudara yang ada. Produk yang dihasilkan oleh warga lokal Sragen di dominasi dengan rasa manis yang memang khas masakan Sragen. Semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda.