10 Oleh-Oleh Khas Magelang Paling Populer

Oleh Oleh Khas Magelang

Magelang terkenal dengan destinasi wisata Borobudur yang menjadi tujuan utama para wisatawan. Banyaknya wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung, membuat masyarakat sekitar terus berinovasi untuk menarik semakin banyak wisatawan.

Inovasi yang dilakukan ini salah satunya adalah pada aspek oleh-oleh. Selain menikmati destinasi menarik di Magelang, para wisatawan juga bisa mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khasnya. Kebanyakan oleh-oleh ini merupakan produk tradisional yang dikreasikan menjadi lebih menarik.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tujuan wisata tanpa membawa buah tangan khas daerah tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Magelang yang wajib Anda bawa ketika berkunjung.

1. Wajik dan Jenang Ny. Week

Wajik dan Jenang Ny. Week

Image Credit by Visitmagelang.id

Bukan tanpa alasan jika jajanan ini menjadi favorit dan harus dibawa menjadi oleh-oleh. Selain rasanya yang lezat, cita rasa wajik dan jenang Ny. Week ini terus dijaga dan menjadi salah satu oleh-oleh legendaris dari Magelang.

Wajik yang merupakan jajanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar ketan. Teksturnya lengket namun lembut di mulut dengan rasa manis yang khas. Biasanya wajik ini berwarna hijau. Namun disini, ada dua varian rasa wajik. Rasa gula kelapa dengan warna coklat dan rasa pandan berwarna hijau.

2. Ampyang / Gula Kacang

Ampyang Gula Kacang

Image Credit by Achmadmuttohar.web.id

Dari namanya saja bisa ditebak terbuat dari bahan apa jajanan ini. Jajanan tradisional ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang khas. Teksturnya lengket seperti permen dengan tekstur renyah dari kacangnya.

Pembuatan jajanan ini juga cukup mudah. Kacang tanah disangrai terlebih dahulu kemudian dicampurkan ke dalam cairan gula merah. Sebagai variasi tak jarang juga ditambahkan jahe. Karena itu, cita rasanya juga semakin variatif dengan rasa hangat dari jahe.

3. Gethuk Trio

Gethuk Trio

Image Credit by Wikipedia.org

Gethuk merupakan jajanan tradisional yang mudah ditemukan di Magelang. Saking banyaknya, kota ini bahkan juga dikenal sebagai kota gethuk. Nah, untuk oleh-oleh, gethuk trio ini bisa menjadi pilihan.

Jajanan gethuk yang terbuat dari bahan dasar ketela atau singkong ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang khas. Gethuk trio semakin menarik karena ada 3 variasi warna berbeda yang membuatnya unik dan berbeda dengan gethuk lainnya. Pengemasannya juga unik karena menggunakan besek (kotak dari anyaman bambu).

4. Gethuk Bolen

Gethuk Bolen

Image Credit by Pesonanusantara.co.id

Ketela atau singkong menjadi salah satu bahan favorit dalam pembuatan jajanan tradisional. Seperti gethuk bollen ini. Inovasi jajanan ini dijamin akan membuat Anda terpesona akan cita rasanya yang unik.

Jajanan ini dibuat dengan cara membungkus gethuk di dalam kulit pastry. Setelah itu, dibentuk menjadi seperti mangkuk kemudian di atasnya dibubuhi pasta. Rasa manis gethuk dan gurihnya pasta dijamin membuat Anda ketagihan.

5. Tape Ketan

Tape Ketan

Image Credit by Ksmtour.com

Kalau Anda ingin mencari alternatif oleh-oleh khas yang tidak terbuat dari bahan singkong, tape ketan ini pilihan tepat. Terbuat dari bahan dasar beras ketan yang difermentasi, tape ketan khas Magelang memiliki ciri khas pada warnanya yang menarik, yaitu warna hijau alami.

Tak perlu khawatir karena warna hijau ini terbuat dari bahan alami, yaitu ekstrak daun katuk atau pandan. Jajanan ini coxok dijadikan oleh-oleh karena selain tahan lama, Anda bisa menjadikannya sebagai campuran minuman. Tidak hanya dimakan langsung, tape ketan bisa dijadikan campuran untuk membuat wedang tape atau es tape ketan.

6. Grubi

Grubi

Image Credit by Travelingyuk.com

Selain singkong, ubi juga menjadi bahan favorit untuk membuat oleh-oleh khas Magelang. Seperti salah satunya adalah Grubi ini. Namanya unik, dengan cita rasa yang unik pula.

Bahan dasar ubi diiris memanjang kemudian dibentuk menyerupai bola. Setelah itu, bola-bola ubi ini digoreng hingga matang dan berwarna coklat. Setelah matang kemudian dibumbui dengan gula jawa. Ketika digigit, rasa renyah dan manis akan membuat Anda tak bisa berhenti memakannya.

7. Permen Tape

Permen Tape

Image Credit by Bukalapak.com (Snack Nusantara)

Satu lagi jajanan tradisional yang bisa menjadi buah tangan dari Magelang adalah permen tape. Terbuat dari bahan dasar tape kemudian ditambahkan dengan gula dan kelapa lalu dimasak bersamaan hingga mengental.

Setelah menjadi adonan, didinginkan hingga mengeras. Kemudian dipotong kecil-kecil menjadi seperti permen. Makanan ini cukup tahan lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

8. Keripik Slondok

Keripik Slondok

Image Credit by Bukalapak.com (Klara Arum)

Olahan berbahan dasar singkong ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Singkong sebagai bahan dasar diolah terlebih dahulu dengan bumbu rempah. Setelah itu, singkong akan dijemur.

Setelah kering, kemudian digoreng menjadi keripik. Selain membawa pulang keripik yang sudah jadi, Anda pun bisa membawa yang belum matang. Jadi, oleh-oleh dari Magelang Anda bisa bertahan lebih lama.

9. Pothil

Pothil

Image Credit by Solo.tribunnews.com

Masih berbahan dasar singkong, selanjutnya adalah pothil. Makanan ini adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong dan dibentuk menjadi bentuk menyerupai cincin.

Tekstur jajanan ini renyah dengan rasa gurih yang khas. Selain menjadi cemilan, pothil ini juga bisa menjadi lauk makan juga.

10. Buntil

Buntil

Image Credit by Tanyachocohut.blogspot.com

Terakhir ada makanan bernama buntil yang bisa menjadi salah satu oleh-oleh wajib dari Magelang. Terbuat dari daun talas, daun pepaya kemudian ditambah dengan potongan ikan tonglol lalu dibungkus daun pisang.

Cita rasa makanan ini sangat lezat dan cocok untuk dijadikan lauk. Namun oleh-oleh ini tidak bertahan lama, sehingga mungkin tidak cocok untuk dibawa pulang oleh wisatawan yang berasal dari kota yang jauh dengan Magelang.

Pusat Oleh-Oleh Khas Magelang

1. Istana Oleh-Oleh Endang Jaya

Istana Oleh-Oleh Endang Jaya

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.299, Rejowinangun Selatan, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang. – Image Credit by Madangwae.com

Tempat pertama yang harus Anda tuju untuk mendapatkan oleh-oleh khas Magelang adalah Istana Oleh-Oleh Endang Jaya. Tempat ini cukup mudah dijangkau sehingga bisa menjadi tujuan utama jika mencari oleh-oleh.

Disini Anda bisa mendapatkan berbagai jenis oleh-oleh khas Magelang. Karena berada di satu tempat, Anda juga lebih dimudahkan dalam membeli berbagai jenis oleh-oleh.

2. Pusat Oleh-Oleh Gethuk Trio

Pusat Oleh-Oleh Gethuk Trio

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.58, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang. – Image Credit by Daerahwisata.com

Tempat ini bisa langsung dituju jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh gethuk trio. Di pusat oleh-oleh gethuk trio ini Anda bisa menemukan berbagai varian gethuk dengan ukuran beragam pula.

Letaknya juga mudah dijangkau dan dekat dengan beberapa tujuan wisata. Selain gethuk trio, Anda juga bisa memilih jajanan lain untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Kios Roti Lezat

Kios Roti Lezat

Lokasi: Jl. Ikhlas No.1, Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang. – Image Credit by Jelajahjajan.blogspot.com

Meskipun namanya kios roti, tempat ini tidak hanya menjual roti. Disini Anda bisa menemukan semua jenis oleh-oleh khas Magelang, bahkan Jawa Tengah.

Anda bisa menemukan gethuk trio, permen tape dan berbagai jajanan lainnya disini. Lokasinya pun sangat strategis, yaitu di pinggir jalan dan juga dilewati oleh kendaraan umum.

4. Gethuk Eco

Gethuk Eco

Lokasi: Jl. DI Panjaitan No.5, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang. – Image Credit by Visitmagelang.id

Satu lagi pusat oleh-oleh yang harus dikunjungi jika Anda ingin mendapatkan buah tangan berupa gethuk. Gethuk Eco ini menyajikan berbagai jenis gethuk buatan sendiri.

Tidak hanya gethuk, disini Anda pun bisa menemukan beberapa jenis oleh-oleh lain. Seperti misalnya lanting, bakpia, jenang, ampyang dan intip.

5. Pusat Oleh-Oleh Massugi

Pusat Oleh-Oleh Massugi

Lokasi: Jl. Magelang – Yogyakarta, Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang. – Image Credit by Facebook.com (Massugi OLEH OLEH)

Terakhir ada pusat oleh-oleh Massugi yang juga menjadi tujuan kunjungan para wisatawan. Di pusat oleh-oleh ini juga tersedia berbagai jenis jajanan dan makanan khas Magelang.

Lengkapnya jajanan yang disediakan serta lokasinya yang mudah diakses membuat pusat oleh-oleh ini tidak pernah sepi pembeli. Karena itu, Anda juga harus sabar mengantre.

Itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Magelang yang bisa Anda jadikan buah tangan saat berkunjung ke daerah ini. Dengan referensi oleh-oleh dan tempat membelinya ini akan semakin memudahkan Anda memilih buah tangan untuk kerabat dan teman-teman setelah berkunjung ke Magelang.