Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Saba, Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar, Bali; Map: Cek Lokasi

Pantai Saba adalah salah satu dari ratusan pantai yang ada di Pulau Dewata Bali. Terhitung per tahun 2022, setidaknya ada 160 lebih pantai di Bali dengan karakteristik masing-masing. Untuk pantai kali ini tidak terlalu ramai dan tidak juga terlalu populer jika dibandingkan dengan Pantai Kuta atau Pandawa. Tetapi tentu ada daya tarik sendiri yang menarik untuk dibahas.

Lokasinya berada di kecamatan Gianyar, objek wisata Gianyar ini cocok dijadikan alternatif liburan untuk mengisi waktu kosong. Lokasinya yang sepi membuat akses jalannya begitu mudah tanpa harus mengalami kemacetan. Letaknya pun tergolong strategis dan nyaris tanpa harus berjalan kaki dari lokasi parkir.

Tidak seperti pantai di Bali pada umumnya yang memiliki pasir putih, Pantai Saba memiliki bentangan pasir hitam. Meski demikian, ada keunikan tersendiri dari pasir ini, yakni adanya kerlip seperti glitter ketika terkena pancaran sinar matahari. Fenomena ini sebenarnya biasa karena ada kandungan garam dari air laut yang mengalami kristalisasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Saba

Daya Tarik Pantai Saba Bali
Image Credit: Google Maps Alex Amirov

Banyak wisatawan yang pernah mengunjungi Pantai Saba, kemudian ingin berkunjung untuk kesekian kalinya. Bukan tanpa alasan, semua dikarenakan daya tarik yang begitu memikat. Dalam hal ini, kami telah merangkum beberapa hal berikut dari berbagai sumber!

1. Keindahan Pantai Saba

Meskipun tidak terlalu terkenal, faktanya keindahan pantai ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pasir hitam legam yang membentang ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ketika siang hari, dimana pantulan sinar langsung menuju bibi pantai, terlihat kelap-kelip cantik disela-sela pasir.

Ombaknya lumayan besar dengan arus yang tidak bisa diprediksi. Arus air akan mengalir deras pada saat tertentu, terutama ketika air sedang surut atau pasang. Sementara itu, ombak menggulung tinggi yang pasti mencapai bibir pantai. Sapuan ombak ini ternyata dimanfaatkan wisatawan untuk berkejaran.

Ditempat anda berdiri menikmati pesona ombak Pantai Saba yang datang silih berganti, di belakangnya terdapat deretan pohon rimbun dengan warna hijau alaminya. Sebagian besar didominasi pohon kelapa yang memang merupakan tumbuhan khas pantai. Sebagian lagi berupa semak yang terlihat agak kering sehingga menampakkan gradasi warna cantik.

2. Pantai dengan Suasana Tenang dan Damai

Objek wisata bahari ini cocok dijadikan rujukan bagi anda yang ingin suasana tenang dan damai. Lokasinya yang masih sepi membuat liburan semakin menyenangkan, terutama yang ingin mendapatkan relaksasi pikiran. Apalagi semilir angin pantai yang terkadang bertiup ringan, suasana pun semakin damai.

Debur ombak di Pantai Saba terdengar jelas tanpa ada riuh ramai wisatawan. Suaranya terdengar bak nyanyian alam meskipun terkadang cukup keras. Lambaian pohon kelapa yang seolah memanggil pun semakin menenangkan hati dan sekaligus menyejukkan mata. Di waktu tertentu, samar-samar suara camar turut melengkapi suasana damai di pantai indah ini.

Daya Tarik Lain Pantai Saba Bali
Image Credit: Google Maps Ralf Blaich

3. Pesona Sunrise Terlihat Jelas

Pernah melihat keindahan matahari tenggelam? Jika belum, maka tidak ada alasan lain untuk menolak berkunjung ke Pantai Saba. Bagaimana tidak, salah satu daya tariknya adalah adanya pesona sunrise yang terlihat jelas. Bentangan pantai ini cocok dijadikan aktivitas yang selalu dinanti sebagian besar wisatawan tersebut.

Perlu diketahui, tidak semua pantai di Bali yang dilengkapi dengan pesona sunrise. Hanya beberapa saja yang garis pantainya membujur ke arah utara dan selatan. Panorama nya semakin sempurna karena tidak terlalu padat pengunjung sehingga tidak ada apapun yang menghalangi pandangan.

Untuk menikmati pesona alam dari matahari tenggelam ini, tentunya anda harus datang pada cuaca cerah. Setidaknya, tidak ada penghalang dari gumpalan awan tebal yang bakal menutupi pesonanya. Oleh sebab itulah disarankan datang ke lokasi ketika musim kemarau atau pada saat cuaca sedang baik.

4. Sebagai Tempat Penangkaran Penyu

Satu lagi daya tarik Pantai Saba yang belum tentu didapatkan di pantai lain yaitu adanya penangkaran penyu. Selain mendapatkan pemandangan alam dan suasana tenang, anda pun mendapatkan bonus dengan adanya penyu yang bertelur di lokasi yang telah disediakan pengelola. Pada umumnya, penyu akan menuju ke pantai pada bulan April.

Gerombolan penyu ini nantinya akan menggali pasir hitam dan meletakkan telurnya, kemudian ditutup lagi supaya terhindar dari predator. Dikarenakan sebagai tempat penangkaran, nantinya ada petugas yang mengambil telur-telur tersebut untuk ditetaskan. Setelah menetas, kemudian akan di bawa lagi ke pantai untuk dilepaskan di alam liar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Saba Bali
Image Credit: Google Maps Adji aja

Bagaimana, apakah anda tertarik mengunjungi Pantai Saba setelah menyimak daya tarik diatas? Lokasi pantai cantik ini berada di Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Apabila anda sering mengunjungi pantai di Gianyar, maka lokasi persis nya berada di antara Pantai Keramas dan Pantai Purnama.

Jarak pantai dari kota Denpasar hanya sekitar 16 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor, baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Apabila jalanan lancar, maka butuh waktu sekitar 30 menit supaya bisa sampai ke lokasi. Silahkan gunakan By Pass Ida Bagus Mantra sebagai patokan utama, kemudian ikuti rambu petunjuk yang ada di sekitar lokasi.

Lebih bagus lagi jika posisi anda saat ini berada di Kota Gianyar, karena hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk bisa sampai ke Pantai Saba. Waktu tersebut dibutuhkan untuk menempuh jarak kurang lebih 5 kilometer. Bagi pengunjung yang datang dari luar Bali, lebih baik gunakan jasa travel, atau bisa juga memanfaatkan Google Map jika membawa kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantai Saba Bali
Image Credit: Google Maps Anggurit Ratri

Objek wisata bahari yang tenang dan damai ini sudah dikelola oleh pemerintah setempat. Tetapi dalam hal biaya masuk, pemerintah tidak mewajibkan pengunjung untuk membeli tiket karena memang tidak ada loket penjualan untuk itu. Sebagai gantinya, diharapkan setiap pengunjung selalu menjaga kebersihan Pantai Saba dengan membuang sampah pada tempatnya.

Biaya hanya dibutuhkan jika anda datang menggunakan kendaraan pribadi, tentunya untuk retribusi parkir. Biaya nya pun sangat murah, parkir kendaraan roda dua hanya dikenakan 3.000 rupiah, sedangkan mobil cukup membayar 5.000 rupiah. Tambahan biaya akan dibutuhkan jika anda menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Saba

Aktivitas Pantai Saba Bali
Image Credit: Google Maps Alex Amirov

Pantai cantik ini memiliki bentangan pasir cukup luas, beberapa bagian menjorok ke laut menambah keunikan nya. Dari luasnya bibir pantai dan karakteristiknya, banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan.

1. Menikmati Ketenangan di Pantai

Sedikit tidak wajar jika ada berkunjung ke pantai tanpa melakukan aktivitas apapun. Tetapi aktivitas ini sangat penting bagi yang sedang mengalami beban dalam hal pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Suasana pantai yang tenang mampu memberikan relaksasi pikiran supaya lebih segar dan kembali seperti semula.

Beban pikiran pun seketika hilang dengan suara ombak bersamaan dengan angin semilir pantai. Dikatakan tadi bahwa terdapat deretan pohon di Pantai Saba yang didominasi oleh pohon kelapa. Ada saatnya pohon ini menghasilkan suara merdu ketika tertiup angin. Suasana tenang seperti inilah yang diharapkan sebagian pengunjung yang datang.

2. Surfing Seru dan Menantang

Bagi yang suka surfing atau berselancar, silahkan bawa peralatan sendiri dari rumah. Pantai ini masih belum menyediakan tempat penyewaan surfing. Karakteristik ombak yang tinggi membuat aktivitas ini semakin menyenangkan. Seru dan menantang, itulah kesan yang didapatkan jika anda melakukannya.

Tentunya dalam hal ini tidak boleh sembarang orang bisa melakukannya karena bisa jadi cukup berbahaya. Pastikan anda ahli dalam olahraga yang dapat memacu adrenalin ini. Paling tidak, anda pernah belajar menjaga keseimbangan diatas papan yang dihempaskan oleh ombak tinggi.

3. Tunggang Kuda Berkeliling Pantai

Pantai Saba menyediakan wahana unik yang jarang dimiliki pantai di tempat lain, yakni tunggang kuda. Apabila anda datang bersama keluarga, termasuk anak-anak, aktivitas ini pasti menyenangkan. Kuda yang disediakan lumayan banyak, jadi anda bisa bersama-sama naik dengan rombongan untuk berkeliling lokasi.

Meskipun tidak gratis, karena anda harus membayar untuk wahana ini, tetapi harganya tidak terlalu mahal. Selain itu, sensasi tunggang kuda di pantai tentunya berbeda jika dilakukan di tempat lain, seperti perkebunan atau perbukitan. Terlebih, semilir angin dan ombak yang menuju pantai menjadi pemandangan khas yang tidak akan terlewatkan.

Aktivitas Lain Pantai Saba Bali
Image Credit: Google Maps Alex Amirov

4. Jogging Santai

Sebagai informasi tambahan, bibir Pantai Saba membentuk garis lengkung yang terlihat eksotis jika dilihat dari salah satu sudut lokasi. Kecantikan ini sering dimanfaatkan warga sekitar dan beberapa pengunjung yang datang untuk aktivitas jogging. Selain mendapatkan manfaat kesehatan dengan olahraga lari santai ini, anda pun akan mendapatkan pesona alam cantik dan menenangkan.

Beberapa warga sekitar bahkan melakukan aktivitas ini ditemani hewan peliharaan mereka, tentunya yang dimaksud adalah anjing. Seperti halnya joging di tempat lain, kali ini pun lebih cocok jika dilakukan pada pagi atau sore hari. Cuaca pantai di siang hari kebanyakan panas dengan suhu udara kering, jadi justru tidak baik jika lari santai di waktu itu.

5. Menunggu Panorama Sunset

Sebagian orang tidak suka ketika harus dipaksa menunggu. Namun menunggu sesuatu di Pantai Saba ini berbeda. Bahkan dipastikan anda rela menunggunya berjam-jam jika melihat pesonanya. Apalagi kalau yang dimaksud bukan menunggu matahari terbenam. Panorama cahaya orange khas nya selalu dirindukan setiap orang yang pernah menyaksikannya.

Bagi yang belum, tentu mereka penasaran bagaimana keindahan yang dimiliki sunset. Terlebih jika ada kabut tipis, cahaya yang dipantulkan seolah tidak dapat menembus kabut dan secara otomatis menghasilkan gradasi warna yang cantik. Pastikan bahwa tidak ada awan tebal yang menghalangi pemandangan ini supaya terlihat lebih jelas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Saba Bali
Image Credit: Google Maps Hanan Isachar

Biaya yang gratis bukan berarti minim fasilitas. Justru fasilitas di Pantai Saba ini tergolong memadai dan jauh melebihi standar. Sebut saja tempat parkir yang luas, toilet yang nyaman digunakan karena airnya bersih, serta beberapa tempat duduk ditepi garis pantai. Fasilitas lain yaitu gazebo yang digunakan untuk istirahat serta penginapan bagi yang ingin bermalam.

Berbagai daya tarik telah disebutkan, begitu juga lokasinya supaya anda dapat dengan mudah menemukan lokasinya. Harga tiketnya pun gratis dengan fasilitas lengkap dan memadai. Jadi kesimpulannya adalah, Pantai Saba Bali layak dijadikan tujuan utama untuk mengisi hari libur berikutnya sebagai objek wisata keluarga yang murah.