16 Tempat Wisata di Gianyar (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Gianyar Bali

Gianyar merupakan salah satu kabupaten di Bali. Kabupaten ini menjadi pusat budaya ukiran di Bali. Daerah yang dihuni manusia sejak 2000 tahun yang lalu ini, banyak ditemukan situs dan peninggalan pada zaman dahulu. Di antaranya batu, logam, perunggu, serta relief.

Tempat yang menjadi daya tarik wisatawan ini menyimpan banyak sejarah. Selain itu, tempat ini banyak tumbuh seniman-seniman. Objek wisata yang beragam di daerah tersebut berupa pantai, pura, dan banyak lagi.

Apabila Anda berada di Pulau Dewata, Anda sudah tidak asing lagi dengan daerah ini. Di sini Anda juga akan puas dengan destinasi wisata yang beragam. Untuk lebih jelasnya, berikut 16 rekomendasi tempat wisata di Gianyar, Bali yang perlu Anda jelajahi saat anda berlibur di Bali.

1. Museum Seni Agung Rai

Museum Seni Agung Rai

Lokasi: Jl. Raya Pengosekan Ubud, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Wikipedia.org

Museum seni Agung Rai merupakan museum seni rupa di Bali. Museum ini menyimpan koleksi lukisan pelukis ternama. Lukisan yang dikoleksi berasal dari luar maupun dalam negeri.

Lukisan yang menjadi unggulan yaitu lukisan Kamasan Klasik. Lukisan tersebut dibuat di atas kulit kayu dan masterpieces dari tahun 1930-1940an. Tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

2. Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan

Lokasi: Jl. Raya Ubud, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Travelspromo.com

Tempat ini selain menyimpan beberapa koleksi, juga menonjolkan keindahan alam. Karya seni rupa yang ditampung menjadi beberapa galery.

Museum yang berada di kabupaten Gianyar ini juga menyuguhkan berbagai kesenian. Misalnya, seni tari hingga pasar seni. Museum ini juga berdekatan dengan objek wisata lainnya.

3. Museum Seni Neka

Museum Neka Ubud

Lokasi: Jl. Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Indonesiaimpressiontour.com

Neka diambil dari nama guru penggemar seni, Suteja Neka. Museum ini dibuka oleh beliau pada tahun 1982. Museum Seni Neka diisi oleh berbagai koleksi lukisan, keris dan patung. Mereka semua berasal dari seluruh Nusantara.

Tempat ini menyimpan nilai-nilai seni yang tinggi. Disini Anda juga dapat menikmati lukisan-lukisan indah. Jika Anda sedang liburan di Gianyar, tempat ini cocok sekali untuk Anda yang berjiwa seni.

BACA:  12 Tempat Wisata di Klungkung (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

4. Museum Blanco Renaissance

Museum Antonio Blanco Ubud

Lokasi: Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Honairesort.com

Gianyar memang menyimpan banyak sejarah. Beragam museum ada disini. Salah satunya adalah museum Blanco Renaissance. Tempat wisata satu ini sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Tempat ini kental sekali dengan kebudayaan Bali. Anda dapat menikmati lukisan karya seniman yang dikolaborasikan dengan suasana khas Bali.

5. Pura Puseh Desa Batuan

Pura Puseh Desa Batuan

Lokasi: Jl. Raya Batuan, Batuan, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar. – Image Credit by Mapio.net

Jika Anda berada di Bali, Anda tak akan ada hentinya menemukan pura. Khususnya di Gianyar, Anda akan menemukan banyak sekalli pura. Salah satunya adalah pura Peseh Desa Batuan yang merupakan pura tertua di Bali.

Peninggalan yang cukup kuno ini bisa Anda nikmati saat Anda liburan ke sana. Adanya legenda dan sejarah yang perlu Anda ketahui di pura ini. Sehingga, tak ada salahnya Anda mengunjungi tempat ini.

6. Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati

Lokasi: Jl. Kajeng, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kintamani.id

Pura yang yang desain arsiteknya diurus oleh bapak I Gusti Nyoman Lempad ini sangat populer. Sesuai dengan namanya, pura ini digunakan untuk pemujaan. Tempat ini menjadi tempat yang banyak dicari oleh wisatawan.

Lokasinya yang tepat dan strategis, membuat tempat ini viral. Pasalnya Anda bisa sekaligus mampir ke kafe yang berada di sampingnya. Disini tempat yang untuk Anda yang menyukai ukiran.

7. Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul Tampak Siring

Lokasi: Jl. Tirta, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kintamani.id

Pura Tirta Empul adalah salah satu pura yang bnyak dikunjungi wisatawan. Tempat ini terbilang cukup menarik, karena di sana Anda dapat menemukan mata air. Mata air ini digunakan masyarakat untuk pemandian dan memohon tirta suci.

Tempat ini juga sebagai jalur persinggahan wisatawan. Anda juga akan mampir sebentar di tempat ini. Sehingga, sebelum perjalanan bus Anda lanjut, Anda harus melihat-lihat keindahan pura ini.

BACA:  26 Makanan & Minuman Khas Bali yang Populer

8. Pura Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi Ubud

Lokasi: Banjar Penaka, Tampaksiring, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar. -Image Credit by Thebalibible.com

Pura yang namanya hampir mirip dengan nama sebuah candi di tempat yang sama, yaitu Gianyar. Pura ini terletak di dasar lembah. Pura ini memiliki candi disebut candi Gunung kawi.

Untuk dapat ke tempat tersebut, Anda harus menuruni 300an anak tangga yang diapit hamparan sawah. Di tempat ini Anda akan disuguhkan dengan sebuah makan Abu Raja Udayana. Jika Anda datang kesini, tak tanggung-tanggung, selain pengalaman Anda akan mendapat kesan cerita penuh sejarah.

9. Puri Saren Agung

Puri Saren Agung Ubud

Lokasi: Jl. Raya Ubud No.8, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Flickr.com @Jochen Hertweck

Peninggalan budaya yang bernilai tinggi akan Anda dapatkan di pura ini. Pura yang dikenal juga dengan pura Ubud ini merupakan istana pada zaman dahulu. Pura ini memang menjadi salah satu tujuan liburan yang paling tepat.

Di sini Anda akan disajikan berbagai pertunjukan khususnya di malam hari. Selain Anda menikmati sejarah masa lalu di puri ini. Tari tradisional bisa menjadi penghibur Anda ketika berkunjung ke sini.

10. Puri Dalem Agung Padangtegal

Pura Dalem Agung Padangtegal

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar. – Image Credit by Flickr.com @Max

Tak ada habisnya jika Anda akan melihat pura jika liburan di Bali. Di Gianyar banyak sekali pura, salah satunya pura dalem agung padangtegal. Pura yang berada dalam kawasan wisata monkey forest Ubud ini sangat cocok untuk Anda.

Jika Anda liburan di sini adalah tempat yang tepat. Selain bisa menikmati monyet yang lalu lalang, Anda juga akan dipandu oleh tour guide menelusuri seluruh pura ini. Di sini Anda juga bisa memberi makan monyet-monyet yang lucu, keren bukan?

11. Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi Ubud

Lokasi: Banjar Penaka, Tampaksiring, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar. -Image Credit by Thebalibible.com

Objek wisata ini adalah situs yang dilindungi di Bali. Candi ini disebut juga dengan candi tebing kawi. Pasalnya candi ini dipahat dan menempel pada gunung kawi. Jarak tempat ini dengan pusat kota kira-kira 40 kilometer.

BACA:  25 Oleh-Oleh Khas Bali Paling Populer

Jika Anda tertarik mengunjungi, Anda bisa naik motor pribadi atau kendaraan lain. Di sini Anda akan disajikan candi yang di sekitarnya terdapat sungai serta candi yang tertutup rimbunnya pohon. Konon, tempat ini sangat suci dan skaral. Anda perlu berhati-hati dalam menjaga sikap saat datang ke sini.

12. Bali Zoo

Bali Zoo

Lokasi: Singapadu, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar. – Image Credit by Bali-zoo.com

Salah satu tempat yang menyatu dengan alam adalah Bali zoo. Tempat ini memang didesain agar wisatawan dapat langsung hidup berdampingan dengan binatang. Di kebun binatang ini Anda akan disajikan beberapa opsi yang tentunya sangat mengesankan.

Anda juga bisa menikmati hidangan makanan bersama orangutan. Di sini Anda bisa mengajak anak Anda untuk memberi makan binatang, seperti gajah dan hewan lain. Dengan panduan penjaga kebun binatang Anda bisa berfoto bersama binatang-binatang di kebun itu.

13. Taman Nusa Gianyar

Taman Nusa Gianyar

Lokasi: Jl. Taman Bali – Banjarangkan Banjar Blahpane Kelod, Sidan, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kuta.com

Taman nusa Gianyar adalah taman budaya yang fokus pada budaya Indonesia. Di sini banyak informasi yang bisa Anda dapatkan. Untuk penyediaan informasi tersebut, taman ini menyediakan informasi secara aktraktif dan interaktif.

Selain menjadi taman budaya, Anda akan melihat pemandangan alam yang indah. Karena taman budaya ini dibangun di atas tebing yang di bawahnya terdapat sungai Melangit. Anda juga akan melewati konsep bangunan yang berbeda-beda pada setiap sudut taman ini.

14. Pantai Lebih Gianyar

Pantai Lebih Gianyar

Lokasi: Lebih, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar. – Image Credit by Kuta.com

Selain pantai Kuta, Anda liburan di Bali rasanya kurang jika belum ke pantai lebih Gianyar. Pantai ini dikenal dengan pantai berombak tinggi. Selain itu kulinernya yang enak-enak dapat menjadi santapan utama saat Anda di sana. Nama pantai ini juga sangat unik tapi bermakna.

Anda bisa menikmati pemandangan pasir hitam yang lembut. Bermain di pinggirnya dapat mengurangi stres Anda. Liburan akan menjadi menyenangkan ditambah dengan kuliner seefood yang dijamin menggiurkan lidah Anda.

15. Pasar Senggol

Pasar Senggol

Lokasi: Jl. Ngurah Rai, Gianyar, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar. – Image Credit by Goodnewsfromindonesia.id

Liburan di Bali akan terasa kurang jika belum berkunjung ke pasar. Pasar malam ini menjual banyak macam kuliner khas Bali. Selain itu, barang-barang seperti pakaian juga disediakan di sini.

Anda bisa menikmati masakan tradisional seperti babi guling, lawar dan makanan lain. Di sini Anda bisa berbelanja oleh-oleh untuk keluarga. Adanya pasar malam ini, Anda juga dapat bersantai sembari mencicipi makanan.

16. Pasar Sukawati

Pasar Sukawati

Lokasi: Jl. Raya Sukawati, Sukawati, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar. – Image Credit by Metrobali.com

Siapa yang tidak kenal dengan pasar Sukawati. Di pasar ini menyajikan barang-barang unik yang bisa jadi oleh-oleh. Pasar ini terletak 25 kilometer dari pusat kota.

Di sini Anda bisa berbelanja oleh-oleh khas Bali untuk keluarga Anda di rumah. Di pasar ini dijamin Anda bisa berhemat dalam berbelanja. Selain kualitasnya bagus, pasar ini juga menyediakan barang yang harganya murah.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Gianyar Bali yang harus Anda kunjungi. Jika anda liburan ke Bali, anda perlu menjelajahinya. Tanpa berkunjung ke Gianyar, liburan Anda akan terasa kurang berkesan.