Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Lenggang, Kec. Gantung, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu wisata yang tak asing lagi karena daerahnya telah dijadikan sebagai tempat syuting Laskar Pelangi. Pernah menonton film Laskar Pelangi? Yang memiliki latar di Pulau Belitung ini memiliki dampak yang besar terdapat objek wisata, yaitu yang terdekat Rumah Keong Belitung.

Salah satu scene paling memorial dari film tersebut adalah keberadaan bangunan SD Muhammadiyah Gantong yang menjadi latar anak-anak Laskar pelangi untuk belajar. Bangunan sekolah ini lambat laun selalu ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan yang berdatangan.

Lokasi Rumah Keong terletak tak jauh dari bangunan sekolah tersebut. Sebenarnya tempat wisata ini merupakan hasil dari bekas galian tambang timah. Galian timah yang tak terawat ini bentuk seperti membentuk sebuah dermaga. Setiap minggunya banyak yang berkunjung ke lokasi wisata yang eksotis ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Rumah Keong Belitung

Daya Tarik Rumah Keong Belitung
Image Credit: Google Maps Shii Official

1. Bangunan Rumah Keong

Awal mula penamaan nama keong adalah dari bentuk bangunannya. Menariknya, bangunan Rumah Keong Belitung membentuk melengkung seperti cangkang keong. Kawasan ini mempunyai bangunan 3 buah cangkang keong yang besar yang dijadikan sebagai cangkang keong utama mempunyai warna putih.

Selain itu terdapat 4 cangkang keong lagi yang berwarna asli yaitu warna kecoklatan kayu. Di dalam cangkang keong ini terdapat kursi yang terbuat dari rotan alami. Bangunan ini merupakan bangunan yang sengaja di buat kosong sehingga membentuk seperti cangkang keong.

Banyak pengunjung yang mengabadikan momen-momen di dalam bangunan. Di sekitar bangunan menghampar pepohonan-pepohonan yang menghijau dengan tumbuh secara liar. Bangunan ini beralaskan dengan lantai kayu yang masih kokoh dengan beberapa tiang yang tidak terlalu tinggi.

2. Keindahan Sekitar Rumah Keong

Kawasan destinasi unik ini memiliki keindahan yang disuguhkan untuk para wisatawan. Saat memasuki lokasi kawasan Rumah, terbentang hamparan rerumputan yang menghijau beberapa juga ada yang memiliki warna kecoklatan. Kawasan ini menyediakan jalanan khusus yang bertiang bagi para wisatawan.

Saat memasuki musim penghujan, kawasan ini di genangi oleh air, oleh karena itu disediakan jalanan khusus untuk wisatawan Terdapat juga bunga-bunga yang tumbuh berwarna-warni menghiasi kawasan destinasi. Letaknya yang tersembunyi dengan menyuguhkan udara yang masih asri dan segar dapat menenangkan pikiran anda.

3. Pemandangan Danau

Di kawasan belakang Rumah Keong Belitung tersedia danau yang dalam. Danau ini merupakan hasil bekas dari galian tambang yang sudah tak terpakai membentuk sebuah danau. Air danau sangat jernih berbeda dengan warna sungai. Danau ini memiliki warna yang biru kehijauan.

Danau ini memiliki kedalaman air sedalam 15 meter, merupakan hasil galian selama bertahun-tahun. Karena memiliki kedalaman yang cukup mengkhawatirkan, pengunjung dilarang untuk berenang di danau tersebut. Walaupun hanya berupa danau buatan, tetapi danau ini juga memiliki kehidupan didasar air.

Namun, sebagai gantinya pengunjung dapat berkeliling di dalam luasnya danau dengan menaiki perahu. Menikmati indahnya pemandangan. Di atas perahu wisatawan berkesempatan untuk menikmati hembusan air danau yang sejuk dan segar. Beberapa juga terlihat ikan-ikan yang berenang di dalam air.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Rumah Keong
Image Credit: Twitter Yunita A Achmadi

Destinasi wisata alam Rumah Keong berada di Kepulaun Bangka Belitung, lebih tepatnya berada di Kabupaten Belitung Timur, Kecamatan Gantung, berada di desa Lengang. Wisata ini merupakan bekas galian timah. Lebih tepatnya berada di depan Bangunan Sekolah yang menjadi latar di film Laskar Pelangi.

Jarak tempuh perjalanan dari titik pusat Bandara Hanandjoedin Tanjung Pandan adalah sekitar 65 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 setengah jam di perjalanan. Namun, jika anda berasal dari Kota Manggar maka jarak tempuh perjalanan menuju ke lokasi adalah sekitar 26 kilometer di perjalanan.

Pengunjung lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan beroda empat karena perjalanan yang cukup jauh. Tetapi juga bisa menggunakan kendaraan beroda dua. Perjalanan menuju ke lokasi wisata sangat bagus dengan jalanan yang sudah beraspal. Sepanjang perjalanan akan disuguhkan dengan pemandangan indah dan eksotis.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Rumah Keong
Image Credit: Google Maps Rizál

Destinasi alam ini dibebankan biaya retribusi tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per pengunjung. Biaya ini sangat terjangkau dan ekonomis yang ramah dikantong. Selain itu tidak dibebankan biaya parkir kendaraan.

Anda dapat memarkirkan kendaraan dengan puas serta dijaga oleh penjagaan yang ketat. Adapun untuk jadwal operasionalnya, destinasi ini dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu selama 24 jam nonstop.

Biasanya untuk waktu kunjung paling ramai dan padat di Rumah Keong adalah di akhir pekan dan pada hari-hari libur dan waktu sore hari. Anda dapat berkunjung di hari biasa dari Senin sampai dengan Jumat jika ingin mendapatkan suasana senang dan sepi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Rumah Keong

Aktivitas di Rumah Keong
Image Credit: Google Maps Maya Asmaya

1. Menaiki Perahu

Kawasan Rumah Keong Belitung tepatnya di bagian belakang terdapat sebuah danau buatan. Danau ini merupakan bekas hasil galian dari tambang. Danau yang memiliki kedalaman sekitar 15 meter ini dapat diarungi dengan menaiki perahu-perahu yang sudah disediakan.

Bentuk perahunya kecil hanya muat untuk beberapa orang saja. Perahu ini memiliki warna-warni yang menjadi ciri khasnya. Di atas perahu terlihat pemandangan yang menakjubkan. Kawasan ini masih terlindungi dengan pepohonan-pepohonan yang menghijau, lebat, rimbun dan rindang.

2. Hunting Foto

Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan adalah hunting foto. Saat memasuki lokasi Rumah Keong Belitung, yang nampak adalah bangunan-bangunan cangkang yang berupa keong yang berwarna putih dengan ornamen-ornamen minimalis ala-ala instagramable.

Setelah itu, terdapat juga kawasan untuk berfoto di cangkang keong yang berwarna kecoklatan di jalan menuju ke dermaga. Cangkang ini terbuat dari kayu-kayu yang cantik dengan ornamennya. Spot pemandangan di belakang cangkang ini berupa bangunan keong.

Terdapat juga beberapa spot pemandangan lainnya yaitu dari panorama pepohonan yang rindang di sekitar kawasan. Anda dapat mengabadikan foto di atas perahu yang berkeliling di tengah danau. Memotret ikan-ikan yang lincah berenang kesana kemari. Di sisi pinggir danau bertengger perahu-perahu yang berwarna-warni.

3. Menikmati Sunset

Rumah Keong juga merupakan destinasi wisata yang sangat menarik untuk menikmati sunset. Anda dapat menikmati suasana matahari senja di kawasan rumah bersama dengan pasangan maupun keluarga. Di penghujung hari, udara Rumah semakin sejuk ditambah juga dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Suasana ini sangat tenang. Selain menikmati momen senja di dekat kawasan bangunan rumah, pengunjung juga dapat menikmatinya di tepi sisi pinggir danau ataupun di atas perahu yang mengarungi danau. Suasana di tempat ini tak kalah indahnya dengan panorama keindahan alam yang menghijau sebagai latarnya.

Aktivitas Menarik di Rumah Keong
Image Credit: Google Maps Baron Sudharta

4. Susur Danau

Kegiatan lainnya adalah menyusuri danau. Danau ini merupakan danau buatan. Walaupun buatan, tetapi masih sangat asri dan tetap terjaga kebersihannya. Anda dapat melakukan aktivitas mengelilingi tepi danau sambil menikmati suasana yang sejuk dan rindang.

Tetapi disarankan untuk melakukan aktivitas di waktu pagi hari atau menjelang sore hari, karena saat siang matahari semakin terik bersinar membuat panas dan tubuh menjadi terbakar.

5. Bersantai

Aktivitas selanjutnya adalah bersantai. Kawasan ini menyediakan berbagai macam pondok-pondok yang cocok sebagai tempat santai. Selain pondok terdapat juga kursi-kursi unik yang terbuat dari kayu membentuk lingkaran. Anda dapat menduduki kursi-kursi tersebut untuk beristirahat.

6. Acara Gathering

Kegiatan ini cocok untuk para wisatawan yang datang bersama dengan rombongan ataupun berkelompok. Anda dapat membicarakan dengan pihak pengelola mengenai perlengkapan-perlengkapan gathering jika ingin menyewa langsung dengan pihak pengelola.

Kawasan ini memang sangat bagus untuk dijadikan tempat gathering, selain bangunan cangkang keong yang unik, area juga didukung oleh keindahan alamnya yang masih asri dan sejuk sehingga jika mengadakan gathering akan membuat para peserta menjadi lebih bersemangat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Rumah Keong
Image Credit: Google Maps Zullyaty Tjakra

Rumah Keong telah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Seperti untuk fasilitas umum terdapat toilet-toilet di sekitar kawasan. Tersedia juga kawasan lahan yang dikhususkan untuk parkir bagi kendaraan beroda empat maupun untuk yang beroda dua.

Destinasi wisata ini juga menyediakan berbagai macam warung-warung yang menjual makanan dan minuman ringan maupun berat. Warung ini terletak di dekat daerah danau dengan spot pemandangan di depan danau. Anda dapat menyantap makanan sambil menikmati suasana area danau.

Di sekitar kawasan juga menyediakan beberapa pondok-pondok untuk beristirahat dan kursi-kursi untuk bersantai dengan menikmati suasana lokasi. Terdapat juga berbagai macam spot yang menarik untuk mengabadikan momen-momen di dalam kamera seperti di rumah cangkang keong, di sekitar danau maupun di pemandangan hijau.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai Rumah Keong yang unik di Belitung Timur. Selain menyuguhkan pesona bangunan-bangunan yang uniknya, tempat ini juga menghadirkan suasana danau yang menghijau. Setiap harinya banyak pengunjung yang berdatangan, sehingga layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan.