17 Tempat Wisata di Salatiga

Salatiga merupakan kota di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Semarang. Kota ini memiliki sejarah dan budaya Jawa yang panjang sejak era Hindu Buddha hingga sekarang. Selain itu, pariwisata di Salatiga juga berkembang seiring dengan dukungan pemerintah dan warganya.

Sebelum membahas Tempat Wisata di Salatiga, kamu harus mengetahui lokasi dan bagaimana cara mengunjungi. Kota ini kecil karena hanya mempunyai 4 kecamatan. Salatiga dikelilingi oleh kabupaten Semarang dan berada di lereng Gunung Merbabu. Oleh karena itu, udaranya tidak panas sebab angin pegunungan membuat suasana tenang dan adem.

Untuk mencapai Salatiga, kamu dapat melalui Semarang atau jalur Solo. Kota ini memiliki akses jalan dan transportasi yang baik. Ada stasiun untuk mereka yang ingin jalur kereta. Untuk udara, kamu dapat berhenti di Semarang atau Solo lalu melanjutkan dengan kendaraan. Dibawah ini, tempat-tempat wisata di Salatiga yang dapat Anda dikunjungi.

1. Wisata Kopeng

Wisata Kopeng

Lokasi: Jl. Raya Salatiga – Magelang KM.15, Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Tempat wisata yang pertama adalah Kopeng. Namanya unik tetapi kamu akan mendapatkan wisata alam yang menarik dan bebas polusi. Kopeng didesain sebagai tempat untuk mereka yang suka aktivitas outdoor. Disini, kamu bisa outbound, camping, dan naik kuda.

Kopeng ditumbuhi Pohon Pinus yang sejuk di terik matahari. Area ini berada di lereng Merbabu sehingga pemandangan alamnya sangat indah. Kopeng berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Salatiga. Kawasan wisata ini juga berdampingan dengan kabupaten Magelang. Namun, nama Kopeng identik dengan Salatiga.

2. Wisata Merbabu

Wisata Merbabu

Lokasi: Suroteleng, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. – Image Credit by Kurio.co

Gunung Merbabu berada di Jawa Tengah dan Salatiga termasuk yang berada di kawasan gunung ini. Kamu bisa mendaki bersama teman untuk menikmati udara segar. Gunung ini juga terkenal karena jalur pendakian yang tidak sulit.

Di kawasan Merbabu, terdapat beberapa wisata alam seperti outbound dan camping. Kamu harus pastikan semua perlengkapan lengkap sebelum mendaki. Jalur pendakian ada tiga sehingga dapat memilih sesuai dengan kemampuan. Jika belum pernah mendaki, ada pemandu yang siap sedia mengantarkan para turis untuk naik ke puncak Merbabu.

3. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih

Lokasi: Jl. Hasan Nudin (Salatiga Kopeng) KM.4, Kumpulrejo Argomulyo, Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Youtube.com

Tempat wisata terpadu bertema agrobisnis banyak bermunculan. Untuk menarik banyak pengunjung, agrowisata harus memiliki konsep dan fasilitas memadai. Selain itu, tempat dekat dengan area perkebunan nan asri dan berudara alami. Semua itu kamu dapatkan di Agrowisata Salib Putih.

Pengelola menyediakan berbagai kegiatan. Turis dapat berkeliling kebun buah dan memetik secara langsung. Ada pula hotel dna resort dengan suasana alami dan asri. Bagi anak-anak, taman bermain tersedia yang mengadopsi konsep kedekatan alam. Terakhir, camping ground sangat luas untuk mereka yang suka berkemah.

4. Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta Ambarawa

Lokasi: Jl. Panjang Kidul No. 1, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelspromo.com

Ambawara memilki museum kereta api yang berisi koleksi kereta api tua sejak era kolonial. Zaman dahulu, kereta dibangun untuk mengangkut gula dari perkebunan di sekitarnya. Kereta-kereta bermesin uap menjadi saksi sejarah masa kolonial Belanda.

Di museum ini, pengunjung dapat melihat koleksi kereta, foto, diorama, serta peralatan yang digunakan pada masa itu. Selain itu, pihak museum juga sering mengadakan acara seperti tarian daerah untuk menghibur pengunjung. Jadi, museum ini masuk daftar tempat wisata yang harus dikunjungi ketika berada di Salatiga.

5. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo

Lokasi: Dukuh, Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Tempatwisataunik.com

Meskipun sebuah kota, Salatiga masih memiliki area wisata berbasis alam. Kamu harus mengunjungi tempat yang bernama Air Terjun Umbul Songo. Tempat ini masih asri dan airnya segar. Pemandangan sekitar juga belum tercemar aktivitas manusia.

Umbul Songo adalah air terjun di sekitar lereng Merbabu. Tingginya sekitar 15 meter dan terus mengalir meskipun musim kemarau. Jika ingin berkunjung, kamu harus hati-hati karena area sekitar cukup licin. Selain itu, bebatuan tajam juga harus diwaspadai ketika bermain di sekitar air terjun.

6. Rawa Pening

Rawa Pening

Lokasi: Jl. Lingkar Selatan Kilometer 3 Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Likesaldi.blogspot.com

Jika bertanya tentang Salatiga, tempat wisata yang banyak dikenal orang adalah Rawa Pening. Ini adalah rawa luas dengan air jernih. Pemerintah Kota Salatiga menetapkannya sebagai wisata unggulan. Turis atau pengunjung dapat menyusuri area pinggiran atau menggunakan perahu ke tengah rawa.

Pemandangan unik akan tampak ketika kamu berada di atas perahu. Kamu melihat rawa luas dan bentangan alam lereng dan Gunung Merbabu sebagai latar. Inilah salah keunikan dari Rawa Pening. Selain itu, eceng gondok bertebaran di atas rawa menambah keasrian hijau.

7. Bukit Cinta

Bukit Cinta

Lokasi: Kebondowo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Suka dengan suasana perbukitan yang sejuk. Kamu harus datang ke Bukit Cinta di Salatiga. Tempat ini dekat dengan Rawa Pening jadi bisa sekalian jalan untuk mampir dan menyusurinya. Bukit Cinta memiliki pemandangan yang indah dan berhawa sejuk.

Di musim libur, tempat ini sangat ramai. Akses mudah dijangkau serta kamu bebas melakukan apapun. Tentu saja, kegiatan menarik adalah menaiki hingga puncak lalu melihat sekeliling. Bukit Cinta telah dibangun untuk mampu menampung banyak orang. Selain itu, ada tangga untuk menyusuri hingga ke atas.

8. Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta Isep-Isep, Cebongan, Kec. Argomulyo, Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatakaka.com

Wahana Atlantic Dreamland adalah tempat wisata keluarga bertema air. Disini, kamu dapat bermain waterboom, kolam renang, jet coaster, boom boom car, dan flying fox. Selain itu, ada juga game center dan area permainan untuk anak kecil.

Tempat ini cocok untuk liburan keluarga di dalam kota. Letaknya mudah diakses dan cenderung ramai di musim liburan. Kamu tidak perlu khawatir karena Atlantic Dream menetapkan biaya terjangkau untuk pengunjungnya.

9. Kolam Renang Kalitaman

Kolam Renang Kalitaman

Lokasi: Jl. Kalitaman, Desa Kutowinangun, Kec. Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Tribunnews.com

Jika ingin sekadar berenang, kolam renang Kalitama adalah tempat yang harus dikunjungi. Tempat wisata ini adalah pertama muncul di Salatiga sehingga sebagai pionir. Pengelola masih fokus ke kolam renang untuk keluarga dan beberapa wahana lain.

Kamu dapat mengajak keluarga atau teman sembari berenang santai di Kalitaman. Tempat ini juga favorit ketika liburan. Jadi, jangan kaget jika padat pengunjung di libur sekolah atau akhir tahun. Akses juga mudah dan harga tiket terjangkau.

10. Tlogo Plantation

Tlogo Plantation

Lokasi: Jl. Raya Tuntang-Beringin KM.2, Ngelerak, Delik, Tuntang, Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Myimage.id

Suka dengan wisata perkebunan kopi dan Tlogo Plantation adalah tempat yang pas untuk dikunjungi. Area ini terletak sekitar 2 kilometer dari kota Salatiga. Tlogo Plantation adalah wisata terpadu dengan konsep integrasi antara perkebunan dan pariwisata.

Kamu dapat menyusuri perkebunan kopi lalu istirahat di pondokan dengan latar belakang alam. Untuk anak-anak, pengelola telah menyediakan area bermain khusus sehingga para orang tua tidak khawatir. Tlogo Plantation menjadi salah satu Objek Wisata di Salatiga yang harus dikunjungi.

11. Arrowhead Park

Arrowhead Park

Lokasi: Desa Tegalwaton, Kec. Tengaran, Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Hariansemarangbanget.blogspot.com

Untuk yang gemar berkuda, Arrowhead Park adalah tempat yang tepat. Lokasinya berada di desa tegal Waton daerah Tingkir. Arrowhead Park sengaja diperuntukkan bagi pencinta pacuan kuda. Kamu dapat berlatih atau sekadar melihat-lihat kuda-kuda di tempat ini.

Pembangunan tempat ini memang untuk memenuhi orang-orang dari luar kota seperti Semarang dan Solo terkait hobi berkuda. Kawasannya juga asri dan masih rindang dengan bentangan lapangan yang luas. Untuk pemula, ada staf dan pemandu yang ahli siap membantu dengan sigap.

12. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Lokasi: Desa Sidomukti – Jimbaran, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Tripadvisor.com

Ingin tahu rasanya berenang di puncak bukit, kamu harus mengunjungi Umbul Sidomukti. Ini adalah tempat wisata dalam bentuk kawasan kolam renang. Lokasinya berada di bukit sekitar Merbabu. Pengunjung dapat berenang dan bermain air sembari menikmati kesegaran udara bukit yang asri.

Umbul Sidomukti akan lebih baik ketika berenang di kala cuaca cerah. Kamu akan melihat awan dan langit secara langsung tanpa terpaan apapun. Lokasinya juga mudah dijangkau dari pusat Kota Salatiga.

13. Mata Air Senjoyo

Mata Air Senjoyo

Lokasi: Jl. Senjoyo IV, Kadipurwo, Gendongan, Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Afrizalr.com

Tempat alami lain di Salatiga adalah Mata Air Senjoyo. Lokasinya berada di Lereng Merbabu sebelah timur. Mata air ini merupakan kolam kecil hasil dari serapan air hujan. Oleh karena itu, kamu harus mengunjunginya di kala curah hujan sedang.

Air sangat jernih dan segar. Pada sore hari, banyak pengunjung di kawasan ini. Keindahan alam yang berpadu dengan kejernihan air adalah daya tarik utama Mata Air Senjoyo. Akses juga mudah, namun kamu harus menggunakan kendaraan pribadi. Sebagai kawasan wisata, banyak potensi yang belum dikembangkan dari Mata Air Senjoyo.

14. Desa Wisata Tingkir

Desa Wisata Tingkir

Lokasi: Desa Tingkir, Kab. Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Inibaru.id

Pernah mendengar nama Joko Tingkir? Namanya terkenal dan menjadi sultan Pajang setelah era Demak. Saat ini, desa Tingkir menjadi kawasan wisata karena kekayaan alam dan latar belakang historis. Ini adalah desa tempat kelahiran Joko Tingkir.

Apa yang kamu dapatkan di desa ini? Ada pasar murah yang menjual barang dengan harga terjangkau. Pasar tersebut juga menyediakan souvenir kerajinan tangan. Atraksi drumblek juga menarik untuk ditonton.

15. Prasasti dan Kawasan Budaya Plumpungan

Prasasti dan Kawasan Budaya Plumpungan

Lokasi: Desa Sidorejo, Kab. Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @handryjonathan

Kota Salatiga sudah ada sejak era Mataram Kuno yang dibuktikan dengan prasasti Plumpungan. Tulisannya menggunakan bahasa sansekerta dan berisi ucapan selamat untuk rakyat di daerah tersebut.

Kawasan Plumpungan menjadi area penghasil batik. Pengunjung dan turis dapat berkeliling menyaksikan pembuatan batik dan membeli batik dengan harga terjangkau. Lokasi tepatnya berada di kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.

16. Wisata Kuliner Salatiga

Wisata Kuliner Salatiga

Image Credit by Reservasiku.com

Berkunjung ke Salatiga tidak lengkap tanpa menikmati jajanan dan makanan khasnya. Kamu dapat mengunjungi daerah Sudirman dan Fatmawati. Kawasan tersebut adalah tempat berjualan kuliner dari yang umum hingga khas seperti Sate Kambing dan Wedang Ronde.

Selain itu, kamu juga dapat membeli jajanan khas Salatiga yaitu Roti Kering Sagu. Selain itu, ada pula jajanan khas Jawa Tengah seperti Keripik, Abon, dan sebagainya. Semuanya tersedia di toko-toko yang menjual oleh-oleh.

17. Wisata Budaya Salatiga

Wisata Budaya Salatiga

Lokasi: Jl. Patimura No. 35, Kauman Kidul, Kec. Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Yangrame.com

Membahas Salatiga tidak lengkap tanpa mengikutsertakan wisata budayanya. Jika kamu berkunjung di hari ulang tahun kota Salatiga, ada kirab budaya dan acara selametan. Selain itu di waktu-waktu tertentu juga ada kirab khusus.

Selain itu, Salatiga juga memiliki karnaval dan parade dari yang bersifat tradisional hingga modern. Sebelumnya, kamu harus cek terlebih dahulu kapan even tersebut dilaksanakan. Setelah itu, Kota Salatiga akan penuh dengan orang-orang yang ingin menyaksikan event tersebut.

Meskipun kota kecil, Salatiga memiliki latar belakang dan keunikan tersendiri. Wilayahnya berada di kabupaten Semarang sehingga kental dengan budaya Jawa perpaduan antara kultur keraton dari Solo dan budaya pinggiran pantura. Tentu saja, lereng Merbabu menjadikan Salatiga nyaman untuk dikunjungi. Berbagai Destinasi Wisata di Salatiga diatas menjadi acuan untuk kamu yang ingin berwisata di kota ini.